selasar-loader

Apa sebab munculnya ekstremisme di dunia ini?

Last Updated Apr 2, 2017

4 answers

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Pemerhati Indonesia

U-_YhTE9LXXA_oTbfwQiCmb3svF1mGbf.jpg

via sciencefriday.com (FR)

Ekstrimisme yang berujung pada perpecahan dalam masyarakat umumnya terjadi karena sikap merasa paling benar dan yang lain pasti salah. 

Menurut saya, sikap yang seperti ini bisa terjadi karena umumnya mereka (yang ngerasa paling benar) hanya belajar dari satu cabang ilmu, atau bergaul dengan temen-temen yang relatif homogen. 

Hal ini pastinya akan berdampak sama sikapnya yang (relatif) tidak open-minded, kaku, ekstrem, dan mudah menyalahkan orang lain. 

Menurut saya, solusinya adalah menyediakan akses informasi yang unlimited.

Saya hanya membayangkan ketika masa trans-human ini terjadi, saat itu otak kita bisa secara otomatis terkoneksi dengan sebuah device (bisa Jadi chip atau at least kayak USB) yang bisa menghimpun setiap informasi yang berkembang di dunia ini.  Saya percaya saat ini akan datang. Masa dimana kehadiran trans-human (cyborg) menjadi kenyataan. Saya berharap hal tersebut benar terjadi. Secepatnya.

Atau macam super artificial intelligence, seperti "Jarvis" di film iron Man, yang bergabung dengan tubuh manusia.

Dengan teknologi ini, otak dari Tuhan yang bisa melakukan klasifikasi dan analisis, diigabungkan dengan kemampuan mesin utk mendapatkan informasi secara lebih banyak dan lebih cepat, akan membuat permasalahan keterbatasan informasi yang dimilikinya manusia ini jadi terselesaikan.

Lewat teknologi ini pula seseorang akan dengan lebih mudah menguasai skill tertentu yang padahal sama sekali tidak kuasai, atau mudah menyerap kitab sahih bukhari yang sangat tebal dalam hitungan detik, ataupun bisa mendapatkan informasi di belahan dunia yang berbeda secara cepat dan akurat.

Menariknya, kalo masa ini udah ada, saya percaya manusia akan lebih bijak memahami perbedaan, lebih open-minded dan pastinya rukun dan selalu bergerak konstruktif.

Ketika masa itu datang, ekstrimisme akan mati!

 

Answered Apr 4, 2017
Abdullah Majid
Project Manager at Software House Mazzido Studio

Hasil gambar untuk ekstremisme

Sumber gambar via https://era-m.us/ (SUM)

Menurut saya, ekstremisme bisa eksis di muka bumi karena disebabkan beberapa hal. Informasi yang diterima si ekstrimis tidak utuh atau parsial sehingga menyebabkan cara berpikir bahwa "saya adalah yang paling benar dan yang lain salah". Ini sesuai dengan sebuah penelitian yang disebut dengan "Efek Dunning–Kruger" di mana "kesalahan dalam menilai orang yang inkompeten berawal dari kesalahan menilai diri sendiri". Karena parsialnya informasi yang diterima si pelaku ekstrimis menyebabkan "cacat pikir".

Output pemikiran yang baik hanya akan dihasilkan jika input yang diterima mencukupi dan proses berpikir yang sistematis. Tanpa kedua hal tersebut output yang dihasilkan tidak akan baik. Cacat pikir seperti inilah yang bisa menyebabkan sikap menyalahkan orang lain dan berujung pada tingkat ekstrimisme. Latar belakang lingkungan, yah lingkungan sangat mempengaruhi. Seekor singa jika dipelihara oleh seekor kambing sejak lahir, maka singa akan berperilaku seperti kambing. Ini bisa menjadi analogi bahwa lingkungan yang mendidik pola pikir secara terus menerus dalam waktu yang cukup akan menghasilkan suatu output yang tidak akan jauh dari kebiasaan lingkungan tersebut. Inilah alasan kenapa NII merekrut anak muda kemudian melakukan pencucian otak selama sekian bulan di mana lingkungan pencucian otak tersebut hanya terdapat orang-orang yang sepemikiran saja agar proses perubahan pola pikir bisa berjalan dengan cepat.


 

Answered Apr 8, 2017

Hasil gambar untuk EKSTREMISME

Sumber gambar via http://www.detskjerimoss.no/ (SUM)

Penyebab munculnya ekstremisme adalah pemikiran/pandangan yang sangat sempit dalam menginterpretasikan ayat-ayat dalam kitab suci dan fanatisme yang berlebihan terhadap agama atau kelompok radikal tertentu. Di samping itu, ketidakpuasan terhadap pencapaian kesejahteraan hidup juga ikut andil dalam peningkatan gerakan ekstremisme. Ditambah pula faktor semacam gengsi kalau dikatakan tidak beragama atau tidak taat beribadah, sehingga praktik agama hanya merupakan ritual yang bersifat superfisial.

Answered Apr 9, 2017
Gregorius Reynaldo
komunikasi itu kewajiban, menulis politik itu panggilan dan passion

bJKQPZCt94t6Kq0cAW2BR7rDJJPBClZO.jpg

Munculnya kelompok atau aliran radikalis dan ekstremis ini sejatinya sudah banyak dibahas dari banyak sekali kajian ilmu, khususnya Ilmu Sosial. Pertanyaan tentang siapakah kaum ini, mengapa mereka bisa ada, dan apa tujuan mereka terbentuk menjadi bahan diskusi yang cukup gurih untuk dibicarakan.

Saya mencoba menyaring dan mencarikan beberapa alasan yang dapat menjawab pertanyaan ini. Kaum ekstremis memang identik dengan aliran SARA, dan pandangan politik. Kita bisa melihat contoh bagaimana Hitler dengan pandangan ras Arya-nya yang cukup gakers (Garis keras) untuk menurunkan martabat ras lainnya di Eropa, khususnya di Jerman. Kita juga bisa melihat ISIS, kelompok teroris yang paling terorganisir abad ini. Kelompok yang menyerukan negara Islam meski dengan cara yang sangat tidak Islam.

Mengapa mereka bisa berpandangan seperti ini?

Saya sepenuhnya percaya bahwa mereka merupakan antitesa dari masyarakat yang masuk dalam lingkaran masyarakat yang termobilisasi. Mereka adalah masyarakat yang muncul dari  ketidakmampuan untuk menyerap dan menerima informasi secara menyeluruh tentang keberagaman. Pada umumnya, kaum ekstremis adalah kaum yang memiliki orientasi berbeda dengan masyarakat umumnya. Biasanya tampak pada tuntutan atau pembelaan terhadap sesuatu, yang tentu saja di luar kebiasaan masyarakat atau lingkungan di sekitarnya.

Ada beberapa alasan mengapa kaum ekstremis ini bisa muncul.

1. Ketidakpuasan

Kaum ekstremis tampak pada apa yang mereka tuntut atau inginkan. Ketidakbiasaan atau justru keluarbiasaan tuntutan mereka lahir dari ketidakpuasan terhadap situasi yang ada di masyrakat, termasuk yang mereka alami. Sekali lagi, kelompok ekstremis merupakan kelompok yang gagal termobilisasi oleh pengetahuan baru tentang keberagaman dan perbedaan. Ketidakpuasan itu dapat muncul karena kegagalan pemerintah, kesenjangan ekonomi, birokrasi politik yang kacau, maupun peperangan.

2. Masalah komunikasi

Hambatan (noise) dalam masalah komunikasi dapat menyebabkan tidak tersampaikannya pesan dari komunikator kepada komunikannya secara efektif. Resikonya adalah pesan menjadi tidak tersalurkan sebagaimana mestinya, interpretasi pesan yang berbeda, dan feedback yang tidak sesuai dengan pesan. Hambatan ini, selain karena masalah pada media atau kecakapan komunikator, juga yang kadang fatal adalah kekurangan pengetahuan komunikan yang berdampak pada ketidakmampuan dia untuk menginterpretasikan informasi dengan benar. Sempitnya wawasan seseorang tentang dunia dan keberagaman membuatnya bisa saja menginterpretasikan sebuah informasi hanya dengan pengetahuan yang ada di kepalanya.

3. Sikap etnosentris

Adolf Hitler merupakan salah satu referensi gampang untuk contoh yang satu ini. Tentu saja dengan propaganda luarbiasanya tentang ras Arya, yang justru memantik rasa nasionalis buta masyarakat Jerman terhadap ras-ras lain di Jerman, khususnya terhadap ras Yahudi.

Kaum ekstremis yang sudah terjebak dalam situasi seperti ini akan dengan mudah dipengaruhi, karena mereka akan dengan sengaja membatasi dirinya dengan pengetahuan lain, di luar kepercayaan dan pemahamannya, sehingga sulit untuk diajak berdiskusi.

4. Agama

Bagi gereja katolik, sangat fatal jika konsili vatikan II tahun 1962-1965 tidak terjadi. Karena disitulah sebuah titik tolak gereja katolik untuk membuka pemahaman baru tentang kehidupan di luar gereja, bahkan untuk membuka mata bahwa ada agama-agama lain di luar gereja yang derajatnya sama. Hal ini sangat penting sebagai titik tolak pengetahuan baru manusia akan kehidupan lain di luar pengetahuannya.

Ini menjadi salah satu contoh bagaimana agama punya peran untuk mengajarkan dan mengarahkan  kesadaran jiwa dan raga terhadap keberagaman. Tentu saja pemahaman yang setengah-setengah dan terbatas membuat pandangan seperti ini menjadi kabur.

 

salam

 

 

sumber gambar : republika.co.id

Answered Apr 30, 2017

Question Overview


5 Followers
1227 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana implementasi growth hacking atau akuisisi user baru yang paling efektif untuk sebuah produk media digital?

Mengapa Indonesia merupakan negara yang miskin?

Bagaimana pendapat Anda terkait pernikahan beda agama?

Perubahan seperti apa yang Anda inginkan di Indonesia?

Mengapa teleskop tidak bisa melihat lebih jauh dari 13,8 miliar tahun cahaya?

Mengapa langit berwarna biru?

Bagaimana nasib perempuan-perempuan Jerman setelah Nazi kalah dalam Perang Dunia II?

Bagaimana cara Nazi mengenali orang Yahudi pada Perang Dunia II?

Apa yang bisa Indonesia lakukan untuk meningkatkan kejayaan industri filmnya?

Apa kebenaran atau prinsip yang Anda yakin benar tapi semua orang di sekeliling Anda mengatakan itu salah?

Bagaimana membuktikan bahwa Tuhan ada?

Apa dunia ini adil?

Mengapa ada gravitasi di alam semesta ini?

Jika memang hanya satu diantara tiga agama langit (Islam, Kristen dan Yahudi) yang benar, mengapa Tuhan tidak menimpakan adzab kepada ajaran yang salah seperti yang Tuhan lakukan kepada kaum Ad, Nuh, Tsamud?

Mengapa kisah-kisah Israiliat seringkali dijadikan referensi yang sahih dalam mengajarkan hikmah dalam budaya Islam?

Apa agama orang tua Muhammad SAW? Jika mereka non-Islam, apakah mereka masuk neraka?

Apakah sebagai seorang manusia biasa, para nabi juga memiliki dosa? Jika benar demikian, apa saja dosa mereka?

Bagaimana Anda dapat menjelaskan keberadaan Tuhan dan Malaikat secara ilmiah?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengakhiri konflik Palestina dan Israel?

Siapakah pemenangnya jika terjadi perang antara Indonesia dan Australia?

Siapakah pemenangnya jika terjadi perang antara Indonesia dengan Malaysia?

Siapakah pemenangnya jika terjadi perang antara Indonesia dengan Singapura?

Siapakah pemenangnya jika terjadi perang antara Indonesia dengan Filipina?

Siapakah pemenangnya jika terjadi perang antara Tiongkok dengan ASEAN?

Apa itu Peperangan Asimetris atau assymetric warfare?

Apa itu perbedaan perang generasi 1, 2, dan 3?

Apakah kedamaian di dunia Islam/Timur Tengah bisa terwujud?

Apa yang membuat Israel menang dalam perang melawan gabungan negara-negara Arab?

Mengapa tingkat survival warga minoritas lebih tinggi/ulet di tengah kehidupan warga mayoritas?

Bagaimana cara mengurangi rasa malu sekaligus meningkatkan kepercayaan diri secara sosial?

Bila buang angin dengan suara keras dalam keramaian, apa yang Anda lakukan?

Mengapa kelompok pekerja minta gaji berdasar kebutuhan bukan karena kemampuannya?

Mengapa persoalan beragama begitu marak saat ini? Apa andil penguasa akan hal ini?

Bisakah hipnoterapi mengungkap rahasia seseorang?

Apakah pengaruh menonton film kartun pada balita?

Apa itu megalomania dan bagaimana cara mendeteksinya?

Siapa Michael Hogg?

Siapa Hamdi Muluk?