selasar-loader

Apa yang kamu tahu tentang Filologi?

Last Updated Apr 1, 2017

61f5Jd_K6r0qHnLfyVvm-lgNFz-fqxZB.jpg

Sumber: http://rubik.okezone.com/uploads/contents/19724/naskah_kuno.jpg

2 answers

Sort by Date | Votes
Kartika Aprilia
Indonesian Literature, University of Indonesia.

fCTLlF9v0-l0S3tep7NbLRN5tpW4MG4g.jpg

Gambar via i0.wp.com

Menurut pengetahuan saya, ilmu filologi adalah ilmu yang mempelajari naskah-naskah kuno, khususnya naskah Melayu Klasik. Dalam pelajaran filologi, kita akan diajarkan mengenai pengkajian naskah klasik, ilmu linguistik naskah klasik, naskah-naskah klasik yang ada di dunia, khususnya Indonesia, tokoh-tokoh yang berkaitan dengan naskah klasik, dan masih banyak lagi.

Dalam mempelajari ilmu filologi, kita juga akan berjumpa dengan naskah-naskah lama peninggalan tetuah kita terdahulu. Naskah tersebut biasanya bisa dijumpai di Perpustakaan Nasional, rumah-rumah penduduk, atau di daerah yang lainnya.

Mempelajari ilmu ini sama dengan mempelajari sejarah karena kita akan tahu dari mana asal ilmu tersebut dan kajiannya seperti apa.

Selain itu, berdasarkan pengalaman yang pernah saya dapatkan, saat mempelajari ilmu filologi kita juga akan mentransliterasikan naskah dari huruf jawi; aksara Arab, Bahasa Melayu. Kita akan bertemu dengan huruf-huruf Arab gundul yang sebenarnya jika dibaca adalah kata-kata Bahasa Melayu.

Mengasyikan jika kita belajar naskah klasik atau filologi, namun kita juga harus sabar dan telaten,

Answered Apr 13, 2017
Ari Setiawan
Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UGM l Kepala Departemen Eksternal JMME FEB UGM

Menurut KBBI, filologi adalah ilmu tentang bahasa, kebudayaan, pranata, dan sejarah suatu bangsa sebagaimana terdapat dalam bahan-bahan tertulis. Ada juga yang mengatakan filologi adalah suatu ilmu yang meneliti secara saksama teks-teks yang di dalamnya berisi buah pikiran, perasaan, kepercayaan, adat istiadat, dan nilai-nilai yang berlaku pada suatu bangsa di masa lampau. Jadi, pada pengertian terakhir sudah terjawab bahwa objek kajian filologi adalah teks-teks lama, yaitu informasi yang terkandung dalam naskah.

Dalam studi filologi, ada yang disebut teks dan naskah. Menurut Baried (1994: 57), teks adalah kandungan atau muatan di dalam naskah. Teks adalah sesuatu yang abstrak, artinya hanya bisa dibayangkan sebelum membaca teks tersebut secara keseluruhan.


sumber

http://zaen.blog.uns.ac.id/2016/02/28/objek-kajian-filologi/

Answered May 6, 2018