selasar-loader

Siapa KH Ahmad Dahlan?

Last Updated Mar 20, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Afina Mahardhika
Indonesian Studies, University of Indonesia and avid Selasares.

ct4uUyi3flvKmzjZDfusUGJs3eNx3qnm.jpeg
Ahmad Dahlan via Kompasiana.

Mbah Dahlan, masa kecilnya bernama Muhammad Darwis. Dikenal banyak orang sebagai pendiri organisasi Muhammadiyah. Ia lahir di Yogyakarta dan merupakan keturunan Maulana Malik Ibrahim, seorang penggiat penyebaran agama Islam di Jawa. Saat berusia 15 tahun, beliau bertolak ke Mekah untuk menimba ilmu dan menunaikan ibadah haji. Usai menimba ilmu di sana, beliau mengubah nama menjadi Ahmad Dahlan.

Selama di Yogyakarta, Ahmad Dahlan tergabung dalam organisasi pemuda Boedi Oetomo bersama kaum nasionalis lainnya. Setelah Boedi Oetomo, Ahmad Dahlan kemudian mendirikan Muhammadiyah. Awal mula pendirian Muhammadiyah adalah keinginan beliau untuk membenahi penyimpangan yang dilakukan dalam berdakwah. Sejak awal, Muhammadiyah menyatakan untuk mengembangkan sayap dalam bidang pendidikan. Usaha Ahmad Dahlan untuk mendirikan Muhammadiyah bukanlah jalan yang singkat dan mudah. Namun, hal tersebut tidak meruntuhkan niat Ahmad Dahlan untuk berjuang dalam memperbaiki dakwah di Indonesia yang saat itu masih bercampur dengan konsep animisme dan dinamisme. Saat ini, organisasi bentukan Ahmad Dahlan tersebut telah berkembang menjadi organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Ahmad Dahlan berpulang pada usia 54 tahun, tetapi cita-citanya tetap dilanjutkan oleh penerusnya. Ahmad Dahlan telah banyak memberikan sumbangsih dalam dunia pendidikan dan pembaharuan Islam di Indonesia. Untuk itu, sangat pantas apabila beliau mendapatkan kehormatan sebagai Pahlawan Nasional.

Answered Apr 11, 2017
Mhd Fadly
KPI Fak. Agama Islam UMSU, Alumni Pon-pes Ibadurrahman Stabat

Mungkin ini dapat menjawabnya.

 

Answered Jun 14, 2017