selasar-loader

Apa kelebihan IISIP dibanding institut atau perguruan tinggi lainnya?

Last Updated Mar 10, 2017

5 answers

Sort by Date | Votes
Avinda
News Production CNN Indonesia

ie9HSPrf3daQCjIIqJ_ypoyeXSLbZg3q.jpg

From my perspective, kebanyakan, para tenaga pengajar IISIP adalah orang-orang yang berpengaruh di bidang media. Fokus mereka itu detail. Saya sebagai mahasiswi konsentrasi Ilmu Jurnalistik merasa seperti jurnalis sungguhan karena selama proses pembelajaran di kelas, dosen sering menugaskan langsung para muridnya untuk meliput suatu peristiwa. Jadi, perlakuannya lebih banyak praktik, karena realitanya, ilmu praktik sangat berguna di real job of media.

Answered Mar 10, 2017
Tsaltsa Meza koesmawaty
ثلاثه ميزا كيماواتي بنت أحمد كوسا سه زين Management of communication-iisip

y_3VJIp0rtBT5WRwLDuzQvZMpT3Df5dr.png 

Apa kelebihan IISIP dibanding institut atau perguruan tinggi lainnya? 

Menurut saya, IISIP adalah salah satu institut atau perguruan tinggi yang mempunyai bidang jurnalistik atau media yang sangat baik. Karena, hal itu ditunjang oleh kualitas pembimbing atau dosen yang mengajar di sana. Mereka adalah orang-orang yang sangat menguasai bidang media. 

Selain itu, IISIP tidak hanya diajarkan sekedar teori, melainkan langsung ke lapangan untuk praktik. Mahasiswa pun lebih mandiri, kreatif, dan dapat merasakan langsung kondisi di lapangan. 

Walaupun terdaftar sebagai salah satu mahasiswa jurusan konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi, saya merasakan tantangan dan urgensi dari peran media.

Answered Mar 10, 2017
puti selaras sari
Bachelor of communication soon to be

al1YufshavjiQ1sRhDbp4rjFQVDjFXIh.jpg

via wikimapia.org

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta (IISIP) merupakan perguruan tinggi yang cukup terkenal di kalangan media massa karena mempunyai bidang jurnalistik yang sangat baik. Banyak lulusan IISIP yang juga bekerja menjadi jurnalis di beberapa media massa.

Selain itu, mayoritas dosen yang mengajar di perguruan tinggi IISIP adalah orang-orang yang menguasai bidang jurnalis atau media yang tidak diragukan lagi kemampuannya.

Di perguruan tinggi IISIP, mahasiswa selalu diajarkan untuk kritis dalam berpendapat agar ketika lulus dan memasuki dunia kerja di media massa, mereka dapat mengemukakan pendapatnya dengan baik.

Perguruan tinggi IISIP tidak hanya memberikan teori tentang bidang jurnalistik namun juga mengajarkan praktik atau turun langsung ke lapangan, seperti mencari sebuah berita yang aktual dan meliput peristiwa yang ada di masyarakat. Ini diperlukan agar mahasiswa tidak kaget dan dapat merasakan langsung kondisi di lapangan. Mengapa? Karena sejatinya, ilmu praktik sangat berguna untuk menunjang pengalaman di kemudian hari.

Saya adalah mahasiswi IISIP di bidang manajemen komunikasi, tetapi saya merasa bangga dengan bidang jurnalistik dan berharap perguruan tinggi IISIP dapat berkembang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Answered Mar 12, 2017
Thereis Kalla
IISIP JAKARTA

QVCJFyDRx0YSGqRX7p5_oEpfcI_XAH1F.jpg

Membaca pertanyaan ini sungguh sangat mengusik sanubari saya sebagai mahasiswa IISIP. Rasanya, saya sudah sangat gatal untuk menjawab pertanyaan ini .

IISIP Jakarta merupakan kampus jurnalistik tertua yang dulu pada awalnya disebut STP (Sekolah Tinggi Publististik). Kampus ini berdiri pada tahun 1953. Melihat umurnya saja sudah tak bisa diragukan lagi kualitasnya, karena analoginya, semakin tua seseorang, maka semakin banyak pengalamannya. Begitu juga dengan IISIP Jakarta yang setiap tahunnya menghasilkan lulusan yang kredibel di bidang jurnalistik dan komunikasi. 

Lulusan IISIP Jakarta sudah dikenal di media-media. Sekedar berbagi cerita, pernah saya menghadiri Campus Media Gathering yang diselenggarakan oleh Liputan 6.com di SCTV Tower, Senayan, Jakarta. Saat memasuki gedung, saya disambut oleh security, lalu dia menyuruh saya menggunakan almamater kampus. Maka, saya pakailah almamater IISIP yang berwarna biru dongker itu.

Setelah menaiki lantai 8 dengan lift, sampailah saya di ruangan tunggu, tempat para mahasiswa dari berbagai kampus menghadiri acara tersebut. Namun, tak jauh dari situ, saya lihat ada beberapa karyawan dan reporter yang menunggu. Lalu, saya membuka pintu masuk ruang tersebut. Baru saja selangkah masuk, saya sudah dipanggil oleh mereka. Begini dialognya.

"Dek, sini dulu dek," ujar salah satu dari mereka.

Saya pun kaget. Ada apa? Lalu, saya menghampiri mereka.

 "Kenapa yaa, Bang?" tanya saya.

"Lu ngapain anak IISIP di sini?" tanya salah satu dari mereka kembali.

"Ini, Bang, ada acara," ujar saya sambil cengengesan.

Lalu, dengan bangga, dia berseloroh begini.

"Gua dulu juga anak IISIP, nih! Angkatan 90, tapi, hahaha...."

Lalu yang lain juga bersahut, "Gua juga dulu di IISIP angkatan 2000!"

Kemudian, saya disuruh bersalaman dengan mereka yang ternyata hampir semuanya adalah lulusan IISIP. Tak jauh dari sana, mahasiswa kampus lain yang ramai itu mengamati keakraban saya dengan para karyawan Liputan 6 ini. Pengalaman tersebut membuktikan bahwa lulusan IISIP merupakan lulusan yang kompeten di bidang jurnalistik. Buktinya, di media mainstream seperti Liputan 6 saja mereka bisa diterima.

Berbicara tentang sistem belajar mengajar di IISIP, tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Mahasiswa dididik untuk mandiri dan bertanggung jawab. Tugas-tugas rutin untuk liputan sudah seperti makanan sehari-hari bagi anak-anak Jurnalistik. Para pengajar merupakan akademisi dan praktisi yang kompeten di bidangnya. Nama-nama mereka berpengaruh dalam kancah perkembangan media di Indonesia. Setiap harinya, pengalaman dan ilmu mereka ditransfer kepada kami. Beruntung rasanya bisa mendengar dan menerima ilmu mereka yang mahal itu.

Ditambah, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di IISIP semakin menambah skill kami di bidang jurnalistik. Saya sebagai anggota KAPHAC 32 yang merupakan UKM Fotografi di IISIP juga merupakan UKM Fotografi terbaik kedua se-Jakarta. Di KAPHAC 32, kami tidak sekedar merekam momen, namun juga harus bisa memvisualisasikan isi pesan kami ke dalam sebuah subyek di foto. Masih banyak UKM lainnya di IISIP yang baik untuk mengasah minat mahasiswa.

Pakem-pakem mengenai komunikasi dan jurnalistik dari A.M Hoetasoehoet sudah merasuk dalam falsafah hidup kami. Coba saja tanyakan apa itu IP ke anak IISIP, pasti jawabnya Isi Pernyataan. Karena, komunikasi itu tak jauh-jauh dari isi pernyataan.

Disiplin sangat dijunjung tinggi di sini. Bolos tiga kali artinya mengulang di semester depan. Mengumpulkan tugas harus tepat waktu. Kalau tidak, ya, tidak diperiksa oleh dosen. Mungkin alur ini mengikuti kehidupan di media yang harus taat pada deadline. Maka dari itu, kami dididik sejak dini mengenai hal tersebut.

Beginilah kampus yang disematkan sebagai Kampus Tercinta. Saya pun yang berkuliah di sini tak bisa menjelaskan kenapa IISIP Jakarta disebut Kampus Tercinta. Karena mencintai itu bukan menjelaskan, tapi memahami, hahaha.

 

Answered Mar 12, 2017
Raden Mas Sony Prasetio
Fakultas Ilmu Komunikasi IISIP JAKARTA 2015

BJh9Romw8Rsysiu8_qO8EoJclmk_jhAG.jpg

Pertanyaan ini yang awal terlintas di dalam fikiran saya waktu pertama kali menjejaki di kampus tercinta ini. Setelah saya masuk di dalam keluarga besar IISIP ternyata terjawab sudah pertanyaan saya. Kelebihan yang saya rasakan terutama dari kinerja para dosen yang sangat berpengalaman yang menuntut saya untuk aktif menjadi mahasiswa, mereka yang membuka pemikiran saya betapa pentingnya generasi muda mahasiswa untuk berkarya. Karena generasi mahasiswa inilah yang akan membuat perubahan untuk negara ini. Mahasiswa yang sukses itu bukan hanya lulus dalam sidang, tetapi harus beguna bagi bangsa dan negaranya kelak. IISIP Jakarta menanamkan hal itu di dalam diri saya dan mahasiswa yang lainnya.

 

sumber gambar: republika.co.id

Answered Jun 15, 2017

Question Overview


6 Followers
3012 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Universitas apa yang paling indah di dunia?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Pelajaran terbaik apa yang kamu dapatkan dari kehidupan kampus?

Siapa teman terbaik yang pernah kamu kenal di kampus?

Peristiwa besar apa yang dimulai dari kehidupan di kampus?

Ketika ada mahasiswa senior yang memberikanmu ancaman di awal masa kuliah, apa yang kamu lakukan?

Mata kuliah apa yang paling susah menurut Anda dan mengapa?

Mata kuliah apa yang paling mudah menurut Anda dan mengapa?

Apa pembelajaran paling berharga yang Anda dapatkan ketika di kampus?

Apa saja bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan mahasiswa untuk belajar sekaligus mendapatkan pendapatan, tapi tidak begitu mengganggu kuliah?

Apa saja tantangan manajemen perusahaan radio?

Adakah unsur edukasi program siaran televisi?

Apa pertimbangan Anda kuliah di Manajemen Komunikasi di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta?