selasar-loader

Apa yang dimaksud dengan usability testing?

Last Updated Nov 16, 2016

13 answers

Sort by Date | Votes
Hana Fitriani
Belajar menahan startup

cLMrn-7ZvnPlRjChBNokE-8v9RwHa5BW.jpg

Usability testing adalah uji yang dilakukan untuk melihat cara user berinteraksi dengan produk. Hal ini bisa dilihat dari seberapa mudah, intuitif, dan berguna produk ini di mata user.

Dalam usability testing, tester akan memberikan arahan berupa task khusus kepada user, contohnya "berbelanja sepatu merek X dengan harga Y". Kemudian, user mencoba melakukan task tersebut. Ketika itu, tester mengamati gelagat dan perilaku user ketika berinteraksi dengan produk. Termasuk, apakah dia kesulitan mencari suatu tombol tertentu, apakah dia bingung dengan flow yang ada, dan sebagainya.

Gambar via bouvet.no 

 

Answered Dec 13, 2016
Pepih Nugraha
COO Selasar.com dan Techpreneur, yakin dengan masa depan bisnis rintisan digital

dxTAcmjvDHLzsOKvkH_mPJhxUXGIXevQ.png

Saya tidak biasa menghafal definisi, apalagi mengingat-ingatnya. Tetapi istilah usability testing, selain sudah sangat umum dalam dunia industri, khususnya kegunaan suatu produk, mudah diraba dari sisi makna bahasa. Secara ringkas, usability testing adalah metoda uji coba yang dilakukan produsen dengan calon konsumen (users). Uji coba dilakukan kepada orang-orang terdekat, yakni kepada karyawan sendiri serta keluarganya. Jika ternyata mudah dalam penggunaannya dan tidak pake ribet, maka produk itu kemungkinan dapat diterima pasar.

Umumnya orang beranggapan usability testing dilakukan pada produk-produk digital seperti aplikasi web. Tetapi sebenarnya tidak mutlak benar. Produk biasa pun bisa menggunakannya. Bahkan, dalam penulisan novel pun, usability testing digunakan sejumlah novelis. Salah satunya adalah Ahmad Fuadi saat menulis novel Negeri 5 Menara. Dalam sebuah perbincangan dengan saya beberapa tahun silam penulis novel best seller ini mengungkapkan, yang pertama kali membaca draft novelnya adalah istrinya sendiri. "Istri sayalah yang pertama mengritik draft novel itu," katanya.

Jika kalimatnya mudah dimengerti dan penggambaran suasana, tempat, dan suspens-nya dapat dipahami dan secara tidak langsung memengaruhi si "tester", maka novelis tinggal melanjutkan ke bagian berikutnya dan terus mengikuti pola yang diterima pembaca. Tidak cukup hanya satu orang yang menguji apakah users dapat menerima produk kita, tetapi lebih dari satu, belasan, bahkan puluhan. Dari testimoni para tester inilah sebuah barang bisa diproduksi secara massal. Dalam hal penulisan novel, maka draft novel siap dikirim ke penerbitan.

Dalam produk otomotif yang saya rasakan langsung adalah saat saya menguji keandalan sebuah produk otomotif baru. Sebut saja produsen mobil C dengan mobil terbarunya "X". Saya mempertanyakan posisi kursi kedua di mana kursi yang bisa diangkat (removable) agar orang bisa naik ke kursi ketiga paling belakang kenapa justru berada di sisi kanan alias sejajar dengan sopir. Mengingat Indonesia menganut setir kanan, maka membuka pintu belakang kanan agar penumpang bisa naik dan duduk di kursi paling belakang sangat membahayakan penumpang.

Selidik punya selidik, ternyata mobil itu masih menggunakan pola setir kiri di Amerika atau Eropa di mana posisi removable seat tepat ditempatkan di pintu kanan. Di Indonesia, yang berpola setir kanan, seharusnya kursi yang bisa diangkat itu diletakkan di sebelah kiri saat membuka pintu belakang kiri.

Saya mengambil kesimpulan, produsen mobil tersebut tidak melakukan usability testing bagi penumpang (users) Indonesia. Dia tidak mau ambil pusing dan hanya copy paste begitu saja tanpa menghiraukan kenyamanan penumpang yang dalam saat-saat tertentu dalam posisi terancam bahaya.   

Terlebih lagi di dunia digital saat saya terlibat membangun Selasar.com, sebuah aplikasi web untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasan. Usability testing dilakukan di antara developer (IT) dan konseptor sampai kepada hal-hal yang sedetail-detailnya, sampai kepada apakah satu fitur memerlukan notifikasi (pemberitahuan) antarpara penggunanya atau tidak. Bahkan, pemilihan jenis huruf untuk melakukan sign in atau sign out pun diuji secara cermat. 

Ilustrasi via assets.jalantikus.com

Answered Dec 28, 2016

Usability Testing adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengevaluasi suatu produk dengan cara mengujinya langsung kepada si audience atau pengguna.Hal ini dapat dilihat sebagai tak tergantikan kegunaan praktek, karena langsung memberikan masukan tentang bagaimana sebenarnya pengguna menggunakan sistem. Hal ini kontras dengan kegunaan pemeriksaan metode di mana ahli menggunakan metode yang berbeda untuk mengevaluasi antarmuka pengguna tanpa melibatkan pengguna. 

Answered Jan 18, 2017

Cara untuk mengevaluasi sebuah produk atau jasa dengan cara mengujinya kepada calon pengguna. Biasanya, selama pengujian, pengguna akan mencoba untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, sedangkan pemilik produk akan mengamati, mendengar, dan mencatat temuan.

Answered Aug 16, 2017

Usability testing adalah Suatu tes/uji coba pada suatu alikasi dimana pembuat menjadi penguna yang mana seakan akan pengguna ini belum pernah menggunakan aplikasi ini. 

Dengan demikian pembuat akan merti apakah alikasi ini mudah untuk di gunakan atau malah sebaliknya.

Answered Aug 19, 2017
Anonymous

Muhammad Rizqi 

Fakultas Tarbiyah 

Jurusan pendidikan biologi 

Usabilility testing adalah sebuah metode ujian/evaluasi suatu produk aplikasi langsung kepada pengguna 

Answered Aug 19, 2017
Shinta Maharani
a forever learner

a_hqPiSFhriTnt5Ux8z9oF0YcgQDGLrt.jpg

Usability testing adalah pengujian dari suatu system/product yang telah dibuat oleh produsen kepada konsumen (user).

Tujuan dari usability testing adalah untuk mengetahui seberapa paham user dalam menggunakan system/product yang kita buat. Apakah dalam implementasinya, user mengalami hambatan atau kesulitan dalam menggunakan system/product tersebut, dari hambatan atau kesulitan tersebut, produsen dapat menganalisis kekurangan dari system/product dan merekomendasikan solusi dari kekurangan tersebut.

 

Ilustrasi via vincentjordan.com

Answered Sep 20, 2017

Usability Testing adalah Jenis testing yang digunakan untuk evaluasi produk (aplikasi atau website) dengan pengujian sebagai pengguna. Kebanyakan software testing membuat scenario test untuk usability testing dengan memposisikan dirinya sebagai orang yang belom pernah mencoba produk tersebut. Bagiaman alur dari software/website tersebut apakah mudah untuk digunakan atau sulit digunakan, serta mencoba User Interface dari produk tersebut apakah sudah sesuai dengan UX (user experience) atau malah membingungkan.

Answered Feb 2, 2018
Muhammad Faisal
Peserta Rumah Kepemimpinan Regional VII Makassar

Usability Testing adalah Jenis testing yang digunakan untuk evaluasi produk (aplikasi atau website) dengan pengujian sebagai pengguna. Kebanyakan software testing membuat scenario test untuk usability testing dengan memposisikan dirinya sebagai orang yang belom pernah mencoba produk tersebut. Bagiamana alur dari software/website tersebut apakah mudah untuk digunakan atau sulit digunakan, serta mencoba User Interface dari produk tersebut apakah sudah sesuai dengan UX (user experience) atau malah membingungkan.

Answered Feb 3, 2018
Parlaungan Iffah Nasution
Student of UNAIR | RK Surabaya 8 | Sekjen ILP2MI

Usability testing adalah pengujian dari suatu sistem/produk yang telah dibuat oleh produsen kepada konsumen (user). Kemudian, Usability Testing dapat juga diartikan sebagai aplikasi dimana pembuat menjadi pengguna yang seakan-akan pengguna ini belum pernah menggunakan aplikasi ini. 

Answered Mar 2, 2018
Alfian Tegar Prakasa
Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta Putra

Usability Testing adalah cara untuk mengevaluasi sebuah produk atau jasa dengan cara mengujinya kepada calon pengguna. Umumnya, selama pengujian, pengguna akan mencoba untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, sementara pemilik produk akan mengamati, mendengar, dan mencatat temuan.

Sumber : https://id.techinasia.com/talk/langkah-usability-testing-untuk-produk

Answered Mar 6, 2018
Anonymous

Usability testing is a way to see how easy to use something is by testing it with real users.

Users are asked to complete tasks, typically while they are being observed by a researcher, to see where they encounter problems and experience confusion. If more people encounter similar problems, recommendations will be made to overcome these usability issues

 

Sumber : https://www.experienceux.co.uk/faqs/what-is-usability-testing/

Answered Apr 1, 2018
deni nur fauzi
Rumah Kepemimpinan Surabaya

usability Testing adalah Jenis testing yang digunakan untuk evaluasi produk (aplikasi atau website) dengan pengujian sebagai pengguna. Kebanyakan software testing membuat scenario test untuk usability testing dengan memposisikan dirinya sebagai orang yang belom pernah mencoba produk tersebut. Bagiaman alur dari software/website tersebut apakah mudah untuk digunakan atau sulit digunakan, serta mencoba User Interface dari produk tersebut apakah sudah sesuai dengan UX (user experience) atau malah membingungkan.

Answered Apr 2, 2018