selasar-loader

Pada umur berapa sebaiknya anak dipaksa untuk menjalankan ritual keagamaan?

Last Updated Nov 18, 2016

Ada anggapan menyuruh dan bahkan memaksa anak melaksanakan solat (dalam Islam) sejak usia dinia lebih baik untuk mengajarkan kedisiplinan waktu. Namun ada juga yang menganggap untuk ritual keagamaan orang tua tidak boleh memaksa anaknya.

4 answers

Sort by Date | Votes

Anak bagaikan kertas putih mau diisi tinta tulisan baik atau buruk

Mendidik anak seharusnya dari lahir ,usia dini diajak untukmengenal dan mencintai Allah, yang menciptakannya dan seluruh alam semesta, mengenal dan mencintai Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam,

Usia 2-5 tahun kita ajarkan kepada mereka kalimat-kalimat yang baik serta bacaan Al-Qur-an biasa dimasukin ortu di PAUD, TPA, TPQ

jadi sedini mungkin mengenal ibadah toh ga ada ruginya..malah UNTUNG...

demikian
aa RT

 

 

Answered Jan 27, 2017
Andrian Habibi
Hidup dengan menulis karena menulis memberikan kehidupan

zpB8QKslXVHoAcl9zI4xEOS9ffY0jZcM.jpg

Pemaksaan untuk beribadah tidaklah baik. Sejatinya, sejak mulai kecil anak meniru kegiatan orang tua. Dengan demikian, saya melihat bahwa saat orang tua menjalankan perintah agama sepanjang waktu, hal itu akan secara langsung mempengaruhi anak untuk ikut menajalankan perintah agama (khususnya beribadah). Sejak kecil juga anak akan mulai bertanya-tanya soal agama sehingga orang tua harus siap untuk menjawab semua pertanyaan anak tanpa ada unsur paksaan atau amarah kepada anak.

Sebagai contoh, ayah yang salat akan mampu mengarahkan anak untuk salat. Sebaliknya, ayah yang tidak sholat akan kesulitan mengarahkan anaknya untuk salat, kecuali sang ayah yang tidak salat menggunakan kekerasan kepada anak untuk salat. Namun, hal ini akan menyebabkan kemarahan di dalam jiwa anak yang kemudian hari menjadi perlawanan terhadap orang tua.

Menurut saya, kalaupun kata "mengharuskan" dipakai, maka sejak belajar di tahap PAUD, anak sudah bisa diarahkan untuk menjalankan ibadah keagamaan. Dengan demikian, PAUD memiliki peran besar untuk mengajarkan bagaimana anak-anak memulai kegiatan keagamaan.

Answered Mar 10, 2017

 Nama : fathia khairin nashriyah

 NIM : 11170541000055

fakultas: dakwah dan ilmu komunikasi

jurusan: kessos

 Pada umur 7 th orng tua sudah harus mengajari anaknya untuk melakukan tlritual keagaman

   #pbakuinjkt2017

Answered Aug 18, 2017
Ismi Haerwati
Tersenyum bagian dari hidupku

Sejak umur 7 tahun, dengan cara dinasihati

Jika sudah berumur 9 tahun, maka wajib dipukul tapi untuk mendidik, bukan menghabisi.

Answered Aug 18, 2017