selasar-loader

Apa yang terlintas di pikiranmu waktu melihat atau mengenal mahasiswa ilmu komunikasi?

Last Updated Mar 4, 2017

Apa yang terlintas di pikiran waktu melihat atau mengetahui tentang mahasiswa ilmu komunikasi?

9 answers

Sort by Date | Votes

4lOJ2NleY5chVZ9yhorLYMmZlougSiO6.jpg

Saya akan memberikan pendapat mengenai apa yang terlintas di pikiran sewaktu melihat mahasiswa komunikasi.

Yang pertama, mahasiswa komunikasi mempunyai pikiran yang kreatif. Ini dimungkinkan karena mereka dituntut untuk mengerjakan tugas-tugas seperti membuat berita, film, dan iklan. Enggak heran, saat ada acara-acara tertentu di luar jurusan, biasanya anak komunikasi didaulat untuk merancang acara dan mengerjakan hal-hal yang berbau kreativitas. 

Lalu, mereka dianggap mudah bergaul dan jago ngomong. Anak komunikasi sudah seharusnya dianggap mahir berbicara di depan umum. Karena pandai berbicara itulah, mereka juga dikenal sebagai pribadi yang supel dan pandai bergaul. 

Yang terakhir, memiliki pemikiran terbuka. Dibandingkan dengan mahasiswa dari jurusan lain, mahasiswa komunikasi terkenal lebih fleksibel dan mudah bersosialisasi. Hal tersebut membuat mereka lebih berpikiran terbuka dalam menerima perbedaan.

Masih banyak lagi pandangan pandangan masyarakat terhadap mahasiswa komunikasi. Sekian pendapat dan pangan dari saya terhadap mahasiswa komunikasi. Terimakasih. 

Answered Mar 6, 2017

BCOnQp6MwEkHf2wmmRccRsielUsRn3fy.png

via hipwee.com

Saya akan menjawab pertanyaan Anda. Dalam pikiran saya, mahasiswa dengan jurusan komunikasi adalah mahasiwa yang cerdas, kuat, dan kreatif. Mereka bisa me-manage waktu dengan sedemikian baik jika ditugaskan dalam membuat acara, seperti yang diajarkan dalam Event Organizer dan Manajemen Media Massa.

Mahasiswa komunikasi juga diajarkan "tahan banting" karena dalam pembelajarannya, mereka dituntut untuk terjun ke lapangan. Sebagai contoh, mahasiswa jurnalistik dituntut untuk meliput berita yang sedang terkini atau sedang terjadi dan langsung mewawancarai narasumber yang terkait.

Pada intinya, mahasiswa komunikasi adalah kreatif. Mereka mampu mengemas isi pernyataan (pesan) yang akan disampaikan melalui media kepada publik dengan pesan yang sederhana, namun jelas sehingga bisa merubah mindset pembacanya.

Jika Anda mencari jawaban atau argumentasi tentang komunikasi, mungkin Anda bisa membaca komentar saya, karena menjadi mahasiswa komunikasi sangat menyenangkan dan prospek kerjanya pun sangat luas.

Answered Mar 11, 2017
Raden Mas Sony Prasetio
Fakultas Ilmu Komunikasi IISIP JAKARTA 2015

_HatJfoLaWB2HqA2ILiW0JPFVnRXtVWw.png

via cloudfront.net

Mahasiswa komunikasi itu cerdas. Mengapa cerdas? Karena ia tepat dalam memilih fakultas. Mengapa demikian? Karena negara Indonesia termasuk tinggi tingkat sosialnya, disamping itu komunikasi sangat penting di dalam kehidupan sosial.

Answered Mar 12, 2017
Dinda Rahma
IISIP 2k'15

TMHYxDIWdVC-z6DMgLJquFc6NC0SY20w.png

via rofikmenulis.blogspot.com

Saya, Dinda Rahma Sari, mahasiswi IISIP Jakarta dengan jurusan Manajemen Komunikasi akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Menurut saya, mahasiswa Ilmu Komunikasi sangatlah berpotensi dalam semua bidang mengapa begitu? Karena, apapun kegiatan yang akan dilakukan diawali dengan berkomunikasi. Contohnya, dalam dunia pekerjaan, jika tidak ada ilmu komunikasi maka terhambatlah segala sesuatunya.

Seringkali kita melihat dalam acara yang dibuat event organizer atau katakanlah setiap event, bukan hanya acara yang dibuat oleh jurusan komunikasi saja tetapi jurusan lain, pasti kita dapat menemukan banyak mahasiswa komunikasi. Mengapa demikian?

Karena mahasiswa ilmu komunikasi juga harus pintar dan kreatif; pintar dalam mengatur waktu dan kreatif dalam merancang isi pesan agar mudah dipahami serta menyampaikan isi pesan kepada komunikan. Mahasiswa komunikasi juga dituntut untuk kreatif dalam merancang susunan acara. Bagi anak komunikasi, hal seperti itu sudah sangat biasa. Mereka bisa sangat dipercaya untuk dapat me-manage acara tersebut. 

Biasanya, mahasiswa ilmu komunikasi terkenal begitu mudah dalam bersosialisasi. Bagaimana tidak? Jurusannya saja sudah komunikasi, sudah pasti mereka cenderung "banyak omong" sehingga mudah sjaa bagi mereka untuk banyak teman dan untuk bergaul di mana saja. Banyak omong ini tentu dalam arti positif, ya. 

Selain itu, mereka dituntut untuk mempunyai pikiran yang luas dan terbuka, sebab seringkali bersosialisasi dengan orang banyak. Dengan pikiran tersebut, mereka akan lebih bisa menerima perbedaan dan masukan-masukan dari orang lain. 

Ini hanya sekedar penilaian saya terhadap mahasiswa Ilmu Komunikasi. Mungkin masih banyak lagi penilaian yang berbeda dari kalian. Demikian yang dapat saya tuliskan. Mohon maaf jika dalam penulisan saya, banyak sekali kekurangan.

 

Answered Mar 12, 2017

S0tRXdu6slGfehtzzelQvOHYTtKgP9pp.png

Saya Ahmad Azhari mahasiswa IISIP Jakarta dengan jurusan manajemen komunikasi akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam menyampaikan isi pernyataannya kepada manusia lain. Ilmu komunikasi tidak diperuntukkan bagi orang pendiam atau jarang ngomong? Itu salah. Karena seperti kita tahu, komunikasi bisa dilakukan lewat lisan maupun tulisan sehingga pernyataan itu cuma mitos. Siapapun asal punya minat, niat, dan passion di jurusan ini pasti enjoy banget dan asyik menjalaninya.

Mahasiswa ilmu komunikasi terkenal mudah bersosialisasi dan biasanya, mahasiswa komunikasi pasti nggak jauh-jauh dari media, baik media cetak maupun media pertelevisian. Maka, ada anggapan bahwa mahaiswa komunikasi merupakan mahasiswa media.

Karena jurusan ini paling netral dibandingkan dengan jurusan lainnya, secara umum lulusannya bisa bekerja sebagai penulis, reporter, pembawa acara tv, fotografer, desain komunikasi visual, editor gambar dan video, produser, sutradara, penyiar radio, public relation perusahaan, bahkan dapat bekerja di bank juga.

Menjadi mahasiswa komunikasi akan membuka wawasan Anda tentang berbagai ilmu dan kebebasan berekspresi yang sesuai dengan norma. Sekarang, Anda tidak akan asing lagi dengan statistika yang sebelumnya belum dipelajari. Saya sendiri sadar bahwa komunikasi dibutuhkan dalam berbagai bidang karena komunikasi mencakup semua komponen dalam bidang keilmuan. Tanpa komunikasi, otomatis semua tidak berjalan teratur. Hehehe.

Nah, hanya ini yang saya bisa tuliskan dan banyak sekali mungkin pendapat dari kalian yang lebih baik dari apa yang saya tuliskan. Mohon maaf apabila dalam penulisan saya banyak sekali kekurangan.

Answered Mar 12, 2017

v84ACgJxKqEENzMPv2R_rQ8wXs7q2mY9.jpg

Sebagai Mahasiswa Ilmu Komunikasi IISIP Jakarta, saya, Ananda Regie Pratama Putra, akan menjawab pertanyaan Anda. Sebelumnya pengertian dari Ilmu Komunikasi itu sendiri adalah usaha manusia dalam menyampaikan isi pernyataannya kepada manusia lain. Jadi, ilmu komunikasi itu diperuntukkan bagi orang yang mempunyai komunikasi yang baik, good manners, dan attitude yang baik bagi orang lain, tidak bagi orang-orang yang pendiam dan tidak memiliki pergaulan yang baik atau penyendiri.

Mahasiswa komunikasi itu tidak terlepas dengan komunikasi, entah itu cara berkomunikasi kita dengan keluarga, orang terdekat, maupun masyarakat. Mahasiswa komunikasi tidak luput dari media, baik media cetak, media online, media televisi, atau media lainnya. Kebanyakan mahasiswa yang lulus biasanya bekerja di pertelevisian dan media-media lainnya.

Di Kampus Tercinta IISIP Jakarta ini, fakultas komunikasi dibagi menjadi 3 jurusan, yaitu:

  1. Jurnalistik
  2. Hubungan Masyarakat
  3. Manajemen Komunikasi

Di IISIP ini, kebanyakan orang mengambil jurusan jurnalistik, untuk saya pribadi jurusan jurnalistik ini merupakan jurusan yang tepat bagi saya karena di sini, saya bisa mendapatkan pembelajaran yang banyak untuk bekal terjun ke media nanti, seperti penulis berita, reporter, penyiar radio, pengarah acara (sutradara), pemimpin redaksi, dan sebagainya.

Saya melihat mahasiswa komunikasi sebagai sosok berpandangan luas, berpikir kritis, dan mempunyai bakat yang tertentu. Untuk itu, saya menyadari akan peran penting Ilmu Komunikasi. Tentunya, saya ingin membuat artikel tentang pemberitaan yang terkini, memberikan fakta yang akurat kepada masyarakat, dan memberikan pemberitaan yang tidak hoax atau palsu.

Saya ingin tulisan atau pendapat saya berdampak positif untuk masyarakat supaya masyarakat mengetahui tentang Mahasiswa Komunikasi. Sebelumnya, saya berterimakasih kepada Selasar karena saya bisa menulis artikel saya. Mohon maaf jika pendapat saya berbeda dengan yang lain. Mohon maaf juga jika ada tulisan saya yang berantakan atau salah. Demikian dari saya. Terima kasih sebelumnya.

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Answered Mar 13, 2017
Anonymous

0g0nGjyIjmt4RgpXGp7rJcbRk555CKFw.png

Nama saya Vient Proklamazia. Saya mahasiswi konsentrasi Ilmu Periklanan di Institut Ilmu Sosial dan Politik. Ketika saya memilih jurusan ini pun saya ragu, karena sejujurnya saya juga sama sekali tidak mengetahui apapun tentang jurusan ini. Yang saya tahu hanya ketika mengambil jurusan ini, kita akan bekerja di stasiun TV atau belakang layar.

Tapi, saya salah. Ternyata Ilmu Komunikasi dibagi menjadi beberapa bagian. Ada Humas (Hubungan Masyarakat), Periklanan, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, dan Administrasi Bisnis. Di sini, saya memberanikan diri untuk mengambil jurusan D3 Periklanan. Kenapa saya hanya mengambil D3? Karena saya tahu kapasitas diri saya. Saya malas dan saya tidak mau lama-lama berada di dalam kampus.  

Namun saya pun sebenernya tidak tahu menahu tentang jurusan ini. Yang saya pikir saat itu, “Ya sudah, jalani saja." Sampai akhirnya, saya mengikuti segala mata kuliah yang ada di jurusan tersebut. Banyak mata kuliah saya yang bergabung dengan mahasiswa jurusan lain. Di situ, saya bisa melihat cara mereka berpikir dan berbicara sesuai jurusan yang mereka ambil. Dari situ pun saya mulai mempelajari bahwa Ilmu Komunikasi memiliki banyak cabang yang berbeda sesuai dengan minat setiap mahasiswanya.

Saat saya melihat mahasiswa Ilmu Komunikasi, khususnya di Intitut Ilmu Sosial dan Politik, menurut saya, rata-rata mahasiswa mengambil jurusan Jurnalistik. Di situ, saya melihat dari cara mereka berpakaian. Cara mereka berbicara pun membuat mereka lebih banyak bekerja di lapangan ketimbang di dalam ruangan.Saya pun jadi tahu bahwa di setiap jurusan, ada beberapa ilmu yang memang di semua jurusan pun sama-sama mengajarkannya.

Yang saya sangat suka ketika melihat mahasiswa Ilmu Komunikasi solidaritasnya sangatlah kuat dan mau melakukan sesuatu secara bersama-sama. Tapi itu pun tergantung dari pribadi masing-masing mahasiswa, karena ada pula mahasiswa yang individualisme dan mementingkan kepentingan diri sendiri. Sedangkan, yang saya tahu, bekerja di dalam sebuah perusahaan seperti agency itu harus kompak dan mampu berkerjasama dengan baik. Ini pengalaman saya ketika saya sedang menjalani mata kuliah Pratikum Periklanan, ketika saya harus melakukan Kuliah Kerja Lapangan di sebuah perusahaan sesuai dengan jurusannya masing-masing.

Answered Mar 13, 2017
Bob Aditya Hidayat
Ilmu Komunikasi UI 2014 | Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Regional Jakarta Putra

Hasil gambar untuk mahasiswa ilmu komunikasi

Kalau menurut pandangan orang sih katanya hedon ya, haha. Menurut saya, mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah mahasiswa yang melek dengan perkembangan media.

 

Ilustrasi via hipwee.com

Answered Jul 22, 2017
Bima Aji Sentosa
Mahasiswa Manajemen Komunikasi, IISIP Jakarta

2urmmuqNBaqUc0LPUNID2d5t0kR9B4DI.jpg

Nama saya Bima Aji Sentosa, saya sebagai salah satu mahasiswa ilmu komunikasi IISIP Jakarta . Saya akan menjawab pertayaan anda , menurut saya ketika kita bertemu dan mengenal salah seorang dari mahasiswa ilmu komunikasi itu sangat menyenangkan kenapa demikian? karena menurut saya disaat kita bertemu dengan mahasiswa ilmu komunikasi kita bisa membangun sebuah topik pembicaraan yang lebih menarik.

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa mahasiswa ilmu komunikasi itu mempunyai wawasan yang luas,aktual dan kreatif tentang informasi terbaru suatu masalah yang terjadi disekitar kita yang dituangkan melaluai media massa, media cetak , dan media online. Banyak sekali ide-ide kreatif yang dapat kita dapatkan dari sebuah perbincangan dengan mahasiswa komunikasi. Kita tidak akan merasa rugi ataupun menyesal jika mengenal mahasiswa komunikasi , mengapa demikian ? karena banyak sekali manfaat dan informasi yang bisa kita dapatkan dari seorang mahasiswa komunikasi.

Mengapa saya mengambil jurusan komunikasi ? padahal saya belum mengenal lebih jauh apa dan bagaimana menjadi seorang mahasiswa komunikasi. Sebelum saya menjadi mahasiswa komunikasi di IISIP Jakarta, saya bertemu dan berkenalan dengan salah seorang mahasiswa komunikasi yang menginspirasi saya , mahasiswa ini memberikan sebuah informasi yang membuat saya yakin mengambil jurusan komunikasi.

Mahasiswa tersebut mengatakan bahwa menjadi mahasiswa komunikasi itu tidak mudah dan tidak begitu sulit. Jika anda nantinya menjadi mahasiswa ilmu komunikasi anda akan belajar bagaimana tata cara yang benar dan efektif dalam berkomunikasi, membuat analisis sebuah permasalahan , belajar bagaimana pemasaran sosial , public speaking dan masih banyak yang lainnya yang membuat kemampuan dalam berkomunikasi anda lebih baik dan memiliki wawasan yang luas akan ilmu komunikasi.

Bukan hanya belajar teori-teori saja tentang ilmu komunikasi , anda juga akan diajarkan dan mengasah kemampuan anda dalam sebuah pratikum-pratikum yang ada. Agar jika anda sudah lulus nanti anda sudah mempunyai bekal untuk karier anda kedepannya. Hal ini yang membuat saya bangga menjadi seorang mahasiswa komunikasi dan mengenal banyak mahasiswa komunikasi, banyak hal yang akan kita ketahuai jika kita menjadi salah seorang mahasiswa komunikasi tersebut.

Semoga dengan cerita singkat ini bisa menginspirasi anda , bahwa mengenal mahasiswa komunikasi itu bukanlah tindakan yang salah , tapi ini suatu langkah yang tepat untuk menjadikkan anda suatu hari nanti sebagai seseorang yang bisa menuangkan informasi dan ide-ide kreatif berupa tulisan atau suara anda kepada masyarakat luas . Karena dari sebuah tulisan yang anda tulis akan bermanfaat bagi semua orang , jika tulisan yang ada tulis memiliki sebuah ide-ide yang kreatif didalamnya. 

Answered Sep 11, 2017

Question Overview


12 Followers
1235 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana Anda mendapatkan IPK tertinggi sewaktu kuliah?

Apa manfaat aktif organisasi selama masa kuliah yang Anda rasakan?

Apa nasihat Anda untuk remaja kuliahan sebagai bekal menghadapi masa depannya?

Bagaimana cara masuk UI (Universitas Indonesia)?

Bagaimana cara kuliah tanpa merepotkan orang tua?

Keisengan apa yang paling kamu ingat sebagai mahasiswa?

Apa yang paling kamu sesali dari masa-masa kuliah?

Bila kamu diberikan kehidupan kedua sebagai mahasiswa, apa yang akan kamu lakukan?

Bagaimana cara mendapatkan keringanan biaya kuliah?

Bila kamu ditakdirkan bebas finansial sebelum lulus kuliah, masihkah kamu kuliah?

Bagaimana cara mengomunikasikan sesuatu terhadap orang yang merasa tahu segala hal?

Apa krisis PR/komunikasi terburuk yang pernah dialami sebuah perusahaan?

Bagaimana mengatasi krisis komunikasi/PR yang terjadi dalam perusahaan pada umumnya?

Bagaimana melatih skill komunikasi publik seorang pemimpin yang pada dasarnya pendiam?

Dari ketiga kontestan Pilkada DKI 2017, siapa Paslon yang memiliki strategi komunikasi politik terbaik?

Bagaimana membangun jaringan editor?

Menurut Anda, apakah media sosial bisa menjadi pemicu perkembangan peradaban?

Bagaimana cara agar tidak grogi saat berbicara atau berpidato di depan khalayak banyak?

Apa kelebihan layanan operator telepon Telkomsel?

Apa perbedaan antara transponder C-band dan Ku-Band?

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Universitas apa yang paling indah di dunia?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Pelajaran terbaik apa yang kamu dapatkan dari kehidupan kampus?

Siapa teman terbaik yang pernah kamu kenal di kampus?

Peristiwa besar apa yang dimulai dari kehidupan di kampus?

Ketika ada mahasiswa senior yang memberikanmu ancaman di awal masa kuliah, apa yang kamu lakukan?

Mata kuliah apa yang paling susah menurut Anda dan mengapa?

Mata kuliah apa yang paling mudah menurut Anda dan mengapa?

Apa pembelajaran paling berharga yang Anda dapatkan ketika di kampus?

Apa saja bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan mahasiswa untuk belajar sekaligus mendapatkan pendapatan, tapi tidak begitu mengganggu kuliah?