selasar-loader

Apa yang dimaksud dengan venture capital (VC)?

Last Updated Nov 16, 2016

13 answers

Sort by Date | Votes
Achmad Zaky
Pendiri dan CEO Bukalapak

Venture Capital (VC) adalah lembaga keuangan yang melakukan kegiatan pengelolaan dana investasi yang menyasar pada bisnis-bisnis rintisan (startup) yang diharapkan memiliki pertumbuhan yang tinggi di masa depan. Karena masih dalam tahap awal sebuah bisnis, umumnya perusahaan portfolio investasi dari Venture Capital ini memiliki resiko kegagalan yang tinggi. Analogi sederhananya VC bisa investasi di 10 perusahaan rintisan (startup), walau 9 diantaranya gagal, 1 saja yang memiliki performa sangat baik seperti Google, Facebook, dll sudah cukup untuk menutup kegagalan yang lain.

Answered Nov 18, 2016

Venture Capital (VC) adalah modal dalam bentuk uang yang diberikan kepada startup yang potensial dan sedang berkembang. Mereka yang menjalankan aktivitas manajemen dan administrasi pendanaan, penyaluran, serta pengawasan VC ini biasa disebut Venture Capital fund atau Venture Capitalist. Jadi Venture Capital adalah uangnya, dan Venture Capitalist adalah mereka yang menjalankan bisnisnya.

Answered Jan 18, 2017
Pepih Nugraha
COO Selasar.com dan Techpreneur, yakin dengan masa depan bisnis rintisan digital

oy9CvPWYA1MNtBsw6QkbnpBlbgUZbJ4q.jpg

Venture Capital (VC) atau Modal Ventura (MV) dalam bahasa Indonesia adalah suatu investasi berbentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta, baik perusahaan yang sudah mapan atau perusahaan yang baru berdiri (startup). MV bertindak selaku pasangan usaha (investee company) dalam perusahaan yang diajak kerjasamanya itu untuk jangka waktu tertentu. 

Umumnya, pelaku MV melakukan kerjasama dalam bentuk penyerahan modal secara tunai. Modal yang disertakan inilah yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha. Pemodal ventura atau venture capitalist adalah seorang investor yang berinvestasi pada perusahaan modal ventura. Biasanya, ia sudah mapan secara keuangan. 

Namun demikian, modal yang disertakan tidak melulu berbentuk uang tunai. Investasi modal ventura dapat juga berbentuk pemberian bantuan manajerial dan teknik. Akan tetapi, bagi perusahaan rintisan, biasanya yang diminati adalah modal dalam bentuk uang tunai karena modal ini berguna untuk mengembangkan usaha, membangun infrastruktur, dan menggaji pegawai.

Answered Feb 3, 2017
Rudi Agusman
Sultan Rumah Kepemimpinan 6 Medan

Venture capital itu seperti pendanaan yang diberikan oleh instansi atau kelompok tertentu pada bisnis startup yang lagi berkembang atau lagi "naik daun" atau lebih gampangnya, venture capital ini seperti para investor pada sebuah perusahaan. Selain itu, VC juga menjalankan fungsi manajemen, dari mulai planning, organizing, controling, dan actuating.

Answered Aug 2, 2017
Latifah
Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora

Venture Capital adalah modal dalam bentuk uang yang diberikan kepada startup yang potensial dan sedang berkembang.

Answered Aug 20, 2017

Modal dalam bentuk uang Yang diberikan kepada startup yang potensial dan sedang berkembang

Answered Aug 20, 2017
Zaid Sulaiman
Peserta Rumah Kepemimpinan 8 | mahasiswa ITS 2015 | teknik Material & metalurgi

Venture Capital (VC) adalah modal dalam bentuk uang yang diberikan kepada startup yang potensial dan sedang berkembang. Mereka yang menjalankan aktivitas manajemen dan administrasi pendanaan, penyaluran, serta pengawasan VC ini biasa disebut Venture Capital fund atau Venture Capitalist

dan sumber pemberi dana venture capital ini berasal dari para pengusaha yang sudah sukses dalam bidang entepreneur dan investor-investor. Keneral Partner atau GP yang menentukan jumlah pendanaan dan menghasilkan sebuah "offering memorandum" atau memorandum penawaran.

setelah uang dikumpulkan dari dana pensiun dan investor lainnya dan dana tersebut 'ditutup', GP akan mencari kesempatan investasi, atau menurut bahasa mereka "mencari kesepakatan". GP juga yang akan bergabung sebagai direktur dari perusahaan-perusahaan ini untuk mengelola investasi yang diberikan.

mungkin ini informasi sedikit terkait apa itu venture capital, siapa dan bagaimana venture capital beroperasi. semoga bermanfaat.

sumber :

https://www.ziliun.com/mengenal-lebih-dalam-tentang-venture-capital/

Answered Dec 1, 2017

Venture Capital adalah modal dalam bentuk uang yang diberikan kepada startup yang potensial dan sedang berkembang. Mereka yang menjalankan aktivitas manajemen dan administrasi pendanaan, penyaluran, serta pengawasan VC ini biasa disebut Venture Capital fund atau Venture Capitalist.

Semuanya berawal dari LP yang “menitipkan” uang mereka kepada Venture Capitalist, plus mereka juga meminjamkan uang untuk management feekepada Venture Capitalist untuk menjalankan dan mengawasi investasi mereka. Disebut meminjamkan karena ketika investasinya sudah menghasilkan returnVenture Capitalist harus mengembalikan return investasi plus juga uangmanagement fee kembali kepada LP.

Venture Capitalist kemudian akan mendistribusikan uang investasi LP tersebut ke beberapa startup yang masuk ke dalam radar dan kualifikasi mereka. Kemudian yang mereka lakukan adalah menunggu. Tidak literally hanya menunggu sih memang, mereka bisa memberikanadvice, mereview kinerja berkala startup, dan mencari peluang untuk mendapatkan return dari investasi mereka.

Venture Capitalist dapat return dari investasi saat mereka bisa ExitExit ini bisa beragam cara, misalnya saat startup yang mereka investasi IPO/go public, diakusisi/dijual, divestasi sebagian/seluruhnya dari Venture Capitalist yang lebih besar. Dari return tersebut sangVenture Capitalist biasanya mendapat 20% dari return investasi dan megembalikan 80%-nya plus management fee yang dulu pernah diberikan kepada LP.

Sumber: 

https://www.ziliun.com/mengenal-lebih-dalam-tentang-venture-capital/

Answered Dec 3, 2017
Latifa Ayu
Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8, Mahasiswa Teknik Industri UI

Dana yang dikeluarlan oleh seekumpulan orang yang bersumber dari dana pensiun, perusahaan asuransi, dan saham, dan aset-aset lainnya. Mereka mengalokasikan sekitar 10 persen uang mereka ke dalam investasi yang lebih berisiko dengan imbalan yang lebih tinggi, yaitu pada perusahaan start up

Answered Dec 31, 2017
Adi Syah Putra
Mahasiswa Agribisnis, FEM, IPB | Peserta Rumah Kepemimpinan

Venture Capital (VC) adalah modal dalam bentuk uang yang diberikan kepada startup yang potensial dan sedang berkembang.

Answered Jan 1, 2018
deni nur fauzi
Rumah Kepemimpinan Surabaya

Screen-Shot-2016-06-14-at-1.44.47-PM.png

Venture Capital (VC) adalah modal dalam bentuk uang yang diberikan kepada startup yang potensial dan sedang berkembang. Mereka yang menjalankan aktivitas manajemen dan administrasi pendanaan, penyaluran, serta pengawasan VC ini biasa disebut Venture Capital fund atau Venture Capitalist. Jadi Venture Capital adalah uangnya, dan Venture Capitalist adalah mereka yang menjalankan bisnisnya.

Venture Capitalist sederhananya, punya proyeksi keuntungan dari kepemilikan yang mereka dapatkan dari perusahaan yang mereka berikan investasi. Mereka sendiri bisa punya uang untuk alokasi investasi startup karena mereka diinvestasi juga dari investor mereka yang biasa disebut Limited Partners (LP). LP ini biasanya adalah para orang-orang super kaya, perusahaan keluarga, dana pensiun, dana mengendap (endowment), atau sumber-sumber lainnya yang bisa banyak macam jenisnya.

Answered Jan 2, 2018
Zaki Vernando
Material Physics Student | Rumah Kepemimpinan

Venture Capital (VC) merupakan hal yang sangat penting dalam dunia start up. Venture Capital itu sendiri merupakan dana/modal dalam bentuk uang yang diberikan kepada start up yang sedang berkembang dan dinilai potensial. 

Answered Feb 2, 2018
Anonymous

Menurut sumber yang saya baca Venture Capital (VC) adalah modal dalam bentuk uang yang diberikan kepada startup yang potensial dan sedang berkembang. Mereka yang menjalankan aktivitas manajemen dan administrasi pendanaan, penyaluran, serta pengawasan VC ini biasa disebut Venture Capital fund atau Venture Capitalist. Jadi Venture Capital adalah uangnya, dan Venture Capitalistadalah mereka yang menjalankan bisnisnya.

Answered Apr 2, 2018