selasar-loader

Apa makanan yang enak namun tetap sehat?

Last Updated Mar 3, 2017

Makanan sehat seringkali identik dengan rasa yang tidak begitu enak. Sebaliknya, kebanyakan makanan enak biasanya tidak begitu sehat. Pernahkah Anda menemukan makanan yang memenuhi unsur keduanya? Bisa ceritakan pada kami pengalaman kuliner Anda?

4 answers

Sort by Date | Votes

cjLUi0AjIOtfAYkQfmyGJ1mBfu2MZIjK.jpg

Jika Anda adalah seseorang yang sedang menjalankan program diet pada saat ini, sudah tentu pasti anda sangat menghindari segala bentuk makanan yang mengandung karbohidrat serta berlemak. Padahal, lemak sebenarnya masih dibutuhkan oleh tubuh kita, meskipun dalam jumlah yang tidak banyak, terutama lemak tak jenuh yang memiliki manfaat bagus untuk tubuh.

Penting sekali Anda ketahui bahwa terdapat beberapa makanan yang berlemak tapi masih baik untuk dikonsumsi dan kandungan gizinya masih dibutuhkan oleh tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Buah Alpukat

Buah alpukat aman dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalankan proses diet. Tapi, konsumsinya harus dalam porsi yang wajar ya. Alpukat memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu, alpukat ini merupakan jenis buah yang sehat dan kaya serat. Ia mampu membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

2. Ikan 

Ikan mengandung senyawa protein yang penting sekali untuk metabolisme tubuh. Di samping itu, kandungan omega 3 dalam ikan sangat berguna untuk kesehatan dan perkembangan otak.

3. Kacang–kacangan

Ada beberapa jenis kacang–kacangan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti walnut. Kacang ini memiliki kanduingan lemak yang baik untuk jantung jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat.

4. Telur

Mungkin Anda akan khawatir ketika mengkonsumsi telur. Tapi tenang saja, telur dengan kandungan protein tinggi dan memiliki lemak baik cukup aman untuk dikonsumsi. Tapi Anda harus batasi untuk mengkonsumsinya hanya 1 butir telur saja per hari agar tetap aman untuk diet Anda.

5. Berbaga jenis sayuran

Beberapa jenis sayuran yang cukup baik untuk dikonsumsi diantaranya adalah kubis, kale, dan bayam. Jenis sayuran-sayuran ini dapat memberikan asupan omega 3 yang cukup untuk tubuh Anda.

Semoga bermanfaat untuk Anda. Jagalah kesehatan Anda karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Answered Mar 12, 2017
Riyana Rochmawati
Gizi Kesehatan FK UGM | ILMAGI | Duta HIV/AIDS DIY | Rumah Kepemimpinan Reg 3 YK

Makanan tidak sehat namun cenderung enak ada banyak, misalnya saja makanan berlemak. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak menimbulkan rasa gurih yang kita sukai.

Rasa enak dan tidak enak ini relatif bagi setiap orang dan dipengaruhi oleh pola konsumsi di masa lalu, terutama ketika usia balita. Pada usia ini, indra perasa akan dikenalkan untuk pertama kalinya pada berbagai macam rasa. Ketika dulu kita dibiasakan makan buah dan sayur yang sehat dengan sedikit tambahan perasa, misalnya dari gula dan garam, maka rasa original akan melekat pada memori kita sehingga pada saat dewasa kita makan sayur dan buah pun akan terasa enak. Tapi sayangnya, orang tua seringkali kasihan terhadap anak dan banyak mencekoki dengan makanan manis, gurih, bahkan pedas di masa pengenalan rasa. Ini akan mempengaruhi standar 'enak' pada anak di masa dewasa.

Jadi, apa makanan yang enak namun tetap sehat?
Smoothies! Enak dan Sehat!

2I7N-hDolcCSI36FKbixQSW84oIi5sKx.jpgactive.com

Sejauh ini, smoothies adalah minuman yang sehat bahkan bisa dijadikan sebagai camilan namun tetap enak. Dari warnanya saja sudah menarik. Saya paling suka smoothies strawberry. Buah/sayur yang digunakan juga bisa dimodifikasi sesuai kesukaan. Jika Anda menghindari susu karena lemaknya, bahannya bisa dimodifikasi dengan susu low fat, yoghurt, atau bahkan soy milk. Satu paket! Anda akan mendapatkan serat yang sehat untuk kesehatan pencernaan, vitamin dan mineral yang melimpah, serta energi yang cukup untuk aktivitas sehai-hari. Cobalah nikmati kesegarannya untuk sarapan atau makanan penutup di malam hari.

Selamat mencoba! :)

Answered Feb 26, 2018
Silmy Kaaffah
Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI. Peserta Rumah Kepemimpinan Jakarta

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang. Jika seseorang sakit, maka akan sangat mempengaruhi produktivitas nya. Maka, menjaga pola hidup sehat penting, termasuk soal urusan makanan. 

Makan enak tersedia banyak sekali tapi tidak jarang mengandung kandungan yang jahat yang dapat mempengaruhi kesehatan kita. Tapi bukan berarti tidak ada makanan enak yang sehat. Kalau saya sendiri sedang berusaha memperbanyak makan buah. Buah mengandung vitamin yang berguna bagi fungsi tubuh kita.

Tidak jarang saya mengganti buah untuk makan pagi atau malam, tapi lebih sering menjadikannya sebagai Snack. Saya sendiri punya karakteristik buah yang disukai seperti melon, buah naga, dan jeruk. Nah, kamu bisa pilih buah yang karakternya kamu sukai, misalnya yang banyak airnya, lembut atau Krenyes, manis atau asam tinggal sesuaikan dengan keinginan kamu.

Ingat, bahwa setiap makan akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Untuk itu daripada mengonsumsi Snack yang gulanya tinggi, lebih baik kita pilih buah sebagai penggantinya. Semangat hidup sehat!

Answered Mar 29, 2018
Affan Mahfudz
Occupational Health and Safety FKM UNAIR 2015| HEROBOYO 8

 

zIF-LDBceasZUf9aR8KZWoNAqzncfw-5.jpg

Manusia membutuhkan sumber energi dari makanan. Energi digunakan untuk melakukan kegiatan aktivitas sehari-hari. Maka, tanpa makanan manusia tidak dapat bergerak banyak atau aktivitasnya terbatas. 

Makanan yang enak dan sehat menurut saya adalah Jus Buah. Kita dapat memvariasi makanan dengan mengubah bentuk makanan itu. Buah mengandung banyak vitamin yang berguna bagi tubuh. Selain itu, buah macamnya banyak sehingga tidak mudah membuat kita bosan memakannya, rasanya pun berbeda-beda.

Perlu kita ketahui, makan yang enak belum tentu makan yang bergizi. Hal yang harus kita lakukan adalah selektif dalam memilih makanan. Dasar pemilihan kita terhadap makanan adalah menentukan kandungan zat gizi makanan tersebut. Setidaknya kita telah mengenal apa itu karbohidrat, lemak, protein, air serta vitamin dalam beberapa makanan yang akan kita pilih. Kesimpulannya makanlah yang bergizi bukan makan yang enak.

Source gambar: National Geographic Indonesia

Answered May 3, 2018

Question Overview


5 Followers
773 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Adakah makanan/minuman yang berasal dari era Perang Dunia II?

Bagaimana cara memasak rendang yang enak?

Apa nama restoran Jepang terbaik di Jakarta dan sebutkan alasannya?

Mengapa masakan Jepang sering disajikan dalam keadaan mentah?

Dari setiap masakan/makanan Jepang yang ada, apa yang terbaik menurut Anda dan apa alasannya?

Makanan apakah yang melambangkan Amerika?

Makanan apakah yang menurutmu 'Jepang banget'?

Apa restoran Padang terbaik di Jakarta? Mengapa?

Kuliner apa yang menurut Anda spesial di Sydney?

Kuliner apa yang paling kamu rekomendasikan di Jakarta?

Seperti apakah pengaruh budaya populer pada makanan?

Benarkah anggapan bahwa sayur itu menyehatkan tubuh?

Makanan apa yang paling layak mewakili Indonesia sebagai brand makanan dunia?

Kenapa Indomie bisa enak dan murah sekali?

Bagaimana asal mula menjamurnya tenda pecel lele di Indonesia?

Sebagai negara kelautan, mengapa masyarakat Indonesia jarang mengkonsumsi ikan?

Makanan Indonesia apa yang paling Anda suka?

Apa saja makanan asli dari leluhur/pendahulu Indonesia?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?