selasar-loader

Film kartun apa yang paling Anda sukai semasa kanak-kanak?

Last Updated Mar 2, 2017

8 answers

Sort by Date | Votes
ajeng pramesty
ajengpramesty

SYvVywBSbHNCl6uCMFnXMBB8P7Xav2pD.png

Banyak sekali judul kartu yang biasa saja, namun jalan cerita yang dikemas semenarik mungkin dengan penuh fantasi anak-anak adalah yang mungkin tak pernah terjadi.

Saya adalah salah satu orang yang sampai sekarang masih menikmati film kartu, seperti Doraemon, Spongebob, dan Scooby Doo. Ketiga kartun itu memiliki alur cerita dan karakter yang menarik.

Misalkan, film Scooby Doo menceritakan tentang 4 orang anak muda dan 1 anjing yang memiliki jiwa petualang dan ingin memecahkan setiap misteri yang kadang berbau mistis. Jika diamati lagi, film Scooby Doo memperlihatkan dan mengajarkan manusia untuk menyayangi binatang peliharaan mereka meski dengan cara sederhana, seperti yang biasa dilakukan oleh Shaggy dan Scooby. Mereka selalu makan dan berjalan-jalan bersama. Shaggy tidak pernah membedakan porsi makanannya dengan Scooby, karena Shaggy menganggap bahwa Scooby adalah teman baiknya. Begitu juga dengan teman-temannya yang lain.

Sebenarnya, dengan belajar dari hal-hal kecil dan sederhana ituah kita bisa belajar arti pertemanan atau kekeluargaan yang sesungguhnya.

Answered Mar 13, 2017

rM_WLtKKFCY8VVtV9UYrGlHizGPuHMyf.jpg

Sejak kecil, kartun yang paling saya tunggu adalah Crayon Shinchan. Cerita yang disajikan setiap harinya sangat menghibur. Tokoh utamanya adalah seorang bocah berusia lima tahun. Ia adalah murid taman kanak-kanak yang sering membuat ulah dan membuat repot semua orang di sekitarnya.

Mari bahas sedikit sinopsis tentang kartun ini. Shinchan tinggal dengan kedua orang tuanya, seorang adik perempuan, dan seekor anjing. Tingkah lakunya yang konyol selalu membuat saya tertawa. Dalam setiap episode yang ditampilkan, pasti ada saja masalah yang dibuat Shinchan dan membuat orang-orang kesal. 

Saya sadari memang perilaku yang ditunjukkan Shinchan kadang tidak patut untuk dicontoh anak-anak usia dini. Dalam kartun tersebut, banyak ditampilkan adegan-adegan porno dan perilaku Shinchan yang seakan berani melawan orang tua. Shinchan juga terkadang menggoda seorang gadis perempuan di dalam kartun tersebut. Hal-hal itu memang sangat tidak pantas untuk dilakukan pada anak-anak usia dini.

Kemudian, muncul pro kontra di kalangan masyarakat Indonesia tentang tayangan kartun Crayon Shinchan yang menurut mereka tidak pantas untuk dilihat anak-anak. Karena banyak laporan negatif tentang tayangan kartun Crayon Shinchan, akhirnya kartun itu tidak ditayangkan kembali. 

Saat saya mengetahui hal itu, saya sangat kecewa karena kartun yang saya suka tidak tayang lagi. Namun, walaupun kartun tersebut tidak ditayangkan lagi, sampai saat ini pun saya masih sering melihat kartun tersebut di YouTube.

Answered Mar 13, 2017
Dina Adr
A former Communication student at UI. Take career path in communication world.

DKWpHBHU-K1_qcoFQDe9yLuZsl6F4FD7.jpg

1. Doraemon

Doraemon itu bagi saya kartun yang everlasting. Siapa sih yang sampai saat ini tidak tahu Doraemon? Popularitasnya masih jauh tinggi dibanding karakter-karakter kartun lainnya kalau saya datang ke acara anak-anak.

Kartun yang berceritakan tentang kucing robot dari masa depan ini merupakan teman baik Nobita yang selalu menolongnya dengan beragam alat-alat canggih yang keluar dari kantong ajaibnya.

Hal yang selalu saya tunggu-tunggu tiap membeli komik atau menontonnya di hari Minggu pagi adalah 'alat baru apa sih yang akan dikeluarkan Doraemon kali ini?' Yup, di banding dengan alur ceritanya, saya lebih tertarik untuk mengetahui macam-macam isi kantong si Doraemon.

Saya sendiri secara khusus adalah penggemar semua episode spesial Doraemon yang berkisah tentang pertualangan. Kenapa? Karena pasti selalu muncul satu alat kesukaan saya, alat yang paling canggih, yang paling diimpi-impikan, yang akan saya beli kalau memang benar ada di dunia nyata: Pintu Kemana Saja! 

YeRmpXcTD9hxKUNHHJphGAVQxBNkM_TQ.jpg

2. Captain Tsubasa

Ayo kawan semua... Kapten kita datang...

Seluruh penjuru kota... Puji kehebatannya...

Kupu kupu kupu... Juga rerumputan...

Mengumandangkan namanya ke semua penjuru...

Bahkan, opening song-nya saja masih saya hapal betul liriknya. Ini adalah satu-satunya kartun yang saya minta untuk dibelikan DVD lengkapnya. Karena saya berulang-ulang kali menonton Tsubasa kapan pun lewat DVD, saat masih kecil, saya hafal sekali cerita di setiap episodenya.

Captain Tsubasa memiliki tempat yang spesial di hati saya. Walau bercerita tentang permainan sepak bola yang tidak saya pahami, kartun ini selalu punya alur cerita yang menarik untuk diikuti. Ada saja hal-hal yang mengharukan di tiap episodenya yang sering membuat saya menangis. Seingat saya, kartun ini juga tidak banyak menonjolkan tokoh antagonisnya. Justru lebih banyak mengangkat kisah persahabatan dan solidaritas dari tim sepak bola mereka. 

Sebagai anak kecil perempuan yang polos, saat itu cinta pertama saya jatuh kepada Misaki....

wr8pjn9MtjZ7heBzwIyhlqJbw-FxZb8l.png

3. Naruto

Beranjak sedikit dewasa, kartun favorit saya beralih menjadi Naruto. Sebenarnya, saya tidak membaca komik atau pun mengikuti episodenya tiap tayang di TV. Namun, karena adik saya suka sekali dengan Naruto, akhirnya saya ikut menyaksikan kalau dia sedang menonton.

Saya suka Naruto karena selain ceritanya dikemas dengan banyak lelucon, jurus-jurus yang dimiliki para ninja just simply keren banget. Tokoh favorit saya dari kartun ini adalah Shikamaru dengan jurus bayangannya. 

Sayangnya, semakin kesini, ceritanya jadi semakin rumit. Semakin dewasa Narutonya, leluconnya juga semakin sedikit. Saya rasa Adik saya pun juga juga berpikir seperti itu karena akhirnya kita sama-sama tidak pernah nonton bareng Naruto lagi di tiap sore hari sepulang sekolah.

Answered Mar 14, 2017
Venusgazer E P
A man who loves reading, writing, and sharing

TbGIuPjW187-0NewqHJfBcb7dJ7ZanWY.jpg

Serial kartun masa kanak-kanak yang saya sukai adalah Scooby Doo. Film ini bisa masuk film horor yang tidak membuat anak-anak takut. Malah, ada banyak adegan-adegan konyol dan lucu di dalamnya.

Bagian yang paling menarik adalah tebakan tentang siapa di balik hantu jadi-jadian. Ini yang harus dipecahkan oleh Scooby dkk yang tergabung dalam Mystery, Inc. itu. Biasanya, penjahatnya sosok yang tidak disangka-sangka, lalu diketahui juga motif di balik kejahatannya itu.

Oh ya, dulu biasanya saya menonton film ini selepas mandi dan sambil makan. 

 

Answered Mar 15, 2017
Ida Dwi Anggraeni
Sesekali menonton tipi

Image result for Film kartun 90an

sumber gambar: youtube

Masa kanak-kanak, terutama era 90an adalah masa emasnya serial kartun anak. Terutama di hari Minggu, secara marathon di teve akan bermunculan beragam kartun dan serial anak lain, yang rata-rata berdurasi 30 menit dengan sedikit iklan.

Hari Minggu--dan hari libur--adalah harinya anak-anak. Maka tak heran jika anak-anak yang sudah menghabiskan enam harinya untuk sekolah dan belajar, akan rela menghabiskan waktu untuk menonton teve sepanjang pagi, dan bermain dengan teman selama siang dan sore.

Film kartun adalah yang paling mendominasi acara anak di hari Minggu. Ada banyak judul yang ditayangkan secara bergantian, dengan waktu tayang tak sampai satu jam --rata-rata hanya 30 menit, dan sedikit iklan.

Sebagai generasi 90an, saya juga menyukai acara kartun tersebut. Sebagian bahkan tak tahu judul filmnya, hanya hapal nama tokohnya. Akan tetapi seperti kebanyakan perempuan di masa itu, kami menyukai kartun dengan tokoh anak perempuan, seperti Wedding Peach, Chibi Maruko, dan Sailor Moon, atau dengan tokoh utama binatang lucu misal Hamtaro. Untuk film lain, rasa sukanya ada di bawah level film-film yang saya sebutkan.

Answered Mar 26, 2017

Hasil gambar untuk doraemon

Sumber gambar via http://assets.kompasiana.com/ (SUM)

Ada beberapa film kartun anak yang saya sukai semasa kecil bahkan hingga saat ini. Beberapa film kartun itu antara lain, Doraemon, Telettubis, Shinchan, dan berbagai cerita puteri dari Disneyland. Ketika masa kecil saya dulu, entah mengapa saya sangat menyukai film-film kartun tersebut. Mungkin karena visual dan audio dari filmnya yang lucu sehingga membuat saya tertarik untuk menontonnya.

Saya menyukai film Doraemon karena cerita-cerita tokoh Nobita dan Doraemon yang lucu. Akan tetapi, kesukaan saya pada Doraemon hanya berlaku bagi film Doremon versi Indonesia karena menurut saya, suara yang dimiliki oleh tokoh-tokoh itu memiliki karakter tersendiri dan memiliki kelucuannya sendiri sehingga ketika saya terbiasa akrab dengan suara versi Indonesia, saya kurang tertarik dengan film versi aslinya. Kesukaan ini berlaku pula pada film-film kartun lainnya yang hanya terbatas pada versi Indonesia saja, bukan versi asingnya.

Answered Apr 10, 2017
Uli Elysabet Pardede
Karyawan Biasa, Blogger, Make-Up Addicts

Hasil gambar untuk DORAEMON

Sumber gambar via https://cdn.parhlo.com/ (SUM)

Doraemon dan Chibi Maruko Chan. Film kartu yang biasa saya tonton pada hari Minggu pukul 8 pagi sampai-sampai sering membuat saya absen sekolah Minggu gara-gara ingin menonton.

Hasil gambar untuk film kartun doraemon dan chibi maruko chan

Sumber gambar via https://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/ (SUM)

Saya menyukai Doraemon karena kasihan dengan Nobita, hikssss.. Kalau Chibi Maruko Chan gara-gara lucu melihat foto rambutnya si Maruko. Sampai sekarang saya masih suka Doraemon, masih suka nonton via Youtube. Bahkan, dulu saya mempunyai boneka dan baju Doraemon tetapi semuanya sudah ditinggal di Pekanbaru.

Answered Apr 10, 2017
Medina Aulia Nugraha
Penikmat Hukum Tata Negara

 

3LYDzqAKvr7DzZw03Fo12MvzFqY3klSS.jpg

Sumber gambar via MAN

Jika ditanya anime favorit saya semenjak kecil, jawabannya adalah Digimon Adventure. Tak terbantahkan lagi, anime garapan Akiyoshi Hongo ini sudah terkenal seantero dunia. Soundtrack khasnya yang berjudul "Butterfly" yang dinyanyikan oleh Kouji Wada, rasa-rasanya tidak asing di telinga anak-anak generasi 90-an.

Sampai sekarang Digimon Adventure masih tetap berproduksi hingga mencapai sekuel Digimon Adventure Tri yang dirilis pada tahun 2015. Bagi kalian anak-anak 90-an yang masih "kangen" dengan euforia Taichi dkk dapat menyaksikan kembali aksi mereka yang tentunya sudah beranjak dewasa pada serial Digimon Adventure Tri.

Selamat menonton!

Answered Apr 10, 2017

Question Overview


10 Followers
1183 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apakah di masa yang akan datang, ada film yang menyaingi ranking The Shawshank Redemption dan The Godfather di IMDB?

Mengapa sebagian besar film yang masuk ke bioskop Indonesia berasal dari Amerika dan bukan dari India?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapat dari menonton film?

Apa judul film Indonesia terbaik sepanjang masa?

Mana yang lebih bagus; film yang berdasarkan kisah nyata atau yang 100% fiksi?

Apakah The Walking Dead serial TV yang bagus?

Film apakah yang dianggap paling berpengaruh dalam memperkenalkan budaya populer?

Pada film apakah kita bisa melihat pengaruh nilai-nilai post-modernisme?

Bila saya ingin melihat pengaruh nilai-nilai modernisme, film apa yang Anda rekomendasikan?

Menurut Anda, negara manakah yang menguasai industri populer saat ini?

Bagaimana kisah hidup Walt Disney yang membuatnya menciptakan karakter Mickey Mouse?

Apa yang Anda ketahui tentang Naruto?

Anime manakah yang menurut anda seru? One Piece atau Naruto?

Siapa tokoh kartun yang paling Anda sukai?

Mengapa kartun hasil karya Anak Indonesia bisa kalah bersaing dengan kartun hasil karya bangsa asing?

Mengapa film Upin dan Ipin laku di Indonesia?

Apakah kartun Oggy & The Cockroaches dapat dikatakan mirip dengan Tom & Jerry?

Mengapa masyarakat lebih menyukai kartun buatan Amerika daripada buatan Jepang?

Bagaimana cara mengembangkan kartun Indonesia agar setara dengan kartun Amerika dan Jepang?

Serial anime atau manga apa yang paling Anda sukai? Mengapa?

Jika Anda penggemar manga atau anime One Piece, siapa tokoh yang Anda suka dan Buah Setan jenis apa yang ingin Anda makan? Mengapa?

Mengapa banyak orang menyukai anime?

Mengapa banyak orang menyukai One Piece?

Mengapa banyak orang menyukai Dragon Ball?

Mengapa banyak orang menyukai Naruto?

Apa yang membuat film Kuroko No Basuke menarik dan tokoh siapa saja yang mengesankan Anda dalam film itu?

Apa daya tarik terbesar film-film anime Jepang?

Apa nasihat paling berkesan dari manga favoritmu?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa yang membuat serial Keluarga Cemara enak ditonton?

Apakah perbedaan news anchor dan news presenter?

Apa perbedaan antara jurnalisme televisi dan jurnalisme cetak?

Kenapa acara TV di Indonesia banyak yang tidak mendidik?

Apa yang membuat acara ILC TvOne begitu menarik dilihat banyak orang?

Apa rahasia sukses suatu talkshow televisi?

Bagaimana cara jadi presenter televisi?

Bagaimana nasib industri televisi di tahun-tahun mendatang?

Bagaimana tips dan trik melahirkan ide dalam membuat program televisi yang diminati khalayak?

Apa program televisi terbaik sepanjang sejarah pertelevisian Indonesia menurut Anda?

Apakah pekerjaan orang tua (Ayah dan Ibu) yang sangat sibuk menjadi penghalang untuk bisa bersama dengan Anda?

Apa faktor yang menyebabkan seorang perempuan berselingkuh dari kekasih atau suaminya?

Apa perbedaan Anda dan pasangan Anda?

Apa persamaan Anda dan pasangan Anda?

Bagaimana rasanya diselingkuhi?

Apa yang melandasi suami mengizinkan istri untuk berkarir/bekerja di luar rumah?

Apa saja yang menjadi alasan sebagian perempuan memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga?

Apa saja yang menjadi alasan sebagian perempuan memutuskan untuk menjadi wanita karir?

Bagaimana cara mengelola amarah terhadap pasangan?

Apa yang harus dilakukan untuk berdamai dan mengembalikan keadaan setelah mengalami pertengkaran dengan pasangan?