selasar-loader

Apakah anime lebih terkenal di Jepang atau di luar Jepang?

Last Updated Nov 18, 2016

Adakah statistik yang mendukung pernyataan Anda?

1 answer

Sort by Date | Votes
x y
Tukang Nujum Cabul

Hasil gambar untuk anime

Konsumsi anime secara umum, sama seperti konsumsi budaya yang lain, hanya bisa terukur dengan cukup akurat bila terjadi transaksi legal dalam berbagai platform distribusi produk budaya. Bila tidak tersedia produk tersebut secara legal dalam platform yang bisa diakses secara global atau lewat distribusi TV, maka kemungkinan besar orang-orang yang tertarik dengan anime akan mengonsumsinya lewat jalur ilegal, yang sulit tercatat.

Untuk memperkirakan tingkat minat internasional tentang anime, mungkin Google Trends bisa membantu memperkirakan. Dari trend di atas, tampak minat global tentang anime terus meningkat. Dari sebuah data, tampak bahwa pencarian tentang anime tersebar luas di seluruh dunia, dan Jepang memimpin pencarian dengan nilai indeks 100.

Tapi untuk menjawab pertanyaan di atas, rasanya data ini cukup mencengangkan. Crunchyroll sebagai salah satu situs yang khusus menyediakan tayangan anime untuk pengguna internet di Amerika Serikat, memiliki 750 ribu pengguna berbayar. Jumlah ini sekitar 6% penduduk Jepang yang di tahun 2015 mencapai sekitar 126 juta orang. Andaikan di Amerika Serikat yang memiliki indeks minat tentang anime sebesar 14 terdapat 750 ribu orang yang mengakses anime secara legal melalui satu situs, maka mungkin secara global, ada jauh lebih banyak lagi peminat anime yang tidak kita ketahui karena tiadanya akses legal yang memudahkan pengukuran ataupun survey yang bisa diakses secara mudah.

Gambar via static.tvtropes.org

Answered Dec 13, 2016