selasar-loader

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Last Updated Nov 18, 2016

8 answers

Sort by Date | Votes
Reza Firmansyah
Mathematician. Writer. Futurist. Trying to leave good marks as my legacy.

Perkuat teknik marketing-nya. Sebuah produk budaya pop, sebagus apa pun, akan sulit bertahan apabila tidak banyak dikenal orang lain.

VXi-6g16pC3Yml4bHJlUVUfYh218fWVP.jpg

Gambar via blogs.sas.com

Answered Dec 15, 2016
El Hakim Law
Founder Lingkar Studi Islam & Kepemimpinan (@larsik.id)

"Om telolet om" mengajarkan bahwa kenaifan barat dan kehebohan anak muda kita masih punya harapan.

Hasil gambar untuk budaya populer indonesia

Ilustrasi via kompas.com

Answered Dec 31, 2016
Shendy Adam
Pernah mengisi halaman lifestyle di Harian Merdeka

XvupaIsYGxzKYa8GIout9PIkC-aNXakx.jpg

Sumber

 

Belajar dari suksesnya K-Pop dalam menguasai dunia, dibutuhkan kerja keras dari seluruh stakeholders, bukan cuma para pelaku industri budaya. Dukungan penuh dari pemerintah dibutuhkan untuk bisa melakukan promosi secara masif ke banyak negara. Promosi pun tidak melulu dilakukan dengan cara konvensional. 

Lagi-lagi kita ambil contoh cara Korea. Jika kita menyaksikan film-film Korea, secara tidak langsung kita adalah sasaran iklan fashion, kuliner, gadget, kendaraan, dan berbagai produk dari Korea lainnya. Semua komoditas itu semakin memperkuat positioning K-Pop di kancah global. Selain dukungan pemerintah, masyarakat baik yang tinggal di Indonesia maupun para diaspora harus bisa menjadi agen promosi utama setiap produk kita.

Answered Jan 9, 2017
Anzhar Pratama
ESL FEM IPB 2016 | Ketua Departemen Kastrat BEM PPKU 2017

https://1.bp.blogspot.com/-skd1yiykg1w/WY0m7J-b9DI/AAAAAAAACDk/mOT6VpmSFmo9DQ9xffYh9DHRX5bznWYNgCLcBGAs/s1600/10-37-49-cinta-indonesia.png

Menurut saya, yang mendasar adalah mengubah mindset generasi muda Indonesia agar bisa bangga dengan budaya negeri sendiri ketimbang budaya asing. Mengubah pola pikir generasi muda Indonesia agar sadar bahwa kebudayaan Indonesia adalah yang terbaik di dunia. Mengubah paradigma yang melekat bahwa dengan menjunjung tinggi budaya Indonesia itu kuno, ndeso, dsb.

Berbicara mengenai budaya/kebudayaan. Saya langsung teringat sosok Dedi Mulyadi. Bupati Purwakarta saat ini. Melihat sosoknya yang dengan gigih dan keukeuh membawa nilai nilai kebudayaan sunda dalam pembangunan di Kabupaten Purwakarta. Pemikiran beliau juga menurut saya sangat menarik ketika berbicara mengenai kebudayaan di Indonesia. Dalam cuplikan video yang saya tonton di Youtube, Kang Dedi Mulyadi pernah berujar yang kurang lebih seperti ini, bahwa seharusnya kebudayaan itu menjadi suatu nilai yang melekat dalam kehidupan sehari-hari. Karena kebudayaan bukan cuma tentang kesenian. Budaya meliputi seluruh aspek yang menjadi nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat.

Sudah seharusnya masyarakat Indonesia kembali pada jati dirinya yang asli. Sebagai manusia yang berbudaya sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para nenek moyang kita dahulu. Kalau masyarakat Indonesia bisa kembali menemukan jati dirinya sebagai manusia Indonesia yang berbudaya, maka saya yakin masyarakat dunia pun akan melihat Indonesia dan bahkan bisa menjadikan kebudayaan Indonesia sebagai pemimpin dalam kebudayaan di dunia.

Sumber gambar: zawiyah news

Answered Aug 5, 2017
Latifah
Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora

Menurut pendapat saya, pertama kita harus mengenali dan mencintai budaya kita terlebih dahulu. Setelah itu, kita sebagai generasi muda harus melestarikan budaya kita dengan penuh suka hati. Agar budaya kita lebih dikenal oleh dunia. 

Answered Aug 19, 2017
Muhammad Abimanyu Setyo Puji Asyhari
Pemuda Nganjuk, Mahasiswa Teknik Komputer ITS 2014, Peserta Rumah Kepemimpinan 8

Kata kunci yang paling simple menurut saya adalah Action. Do it!

Kedua, kita biasakan diri kita dan orang-orang bagian bangsa Indonesia untuk membaca, melihat, menikmati dan mencintai kebudayaan Indonesia sendiri. Sebab, menurut Soekarno bahwa bangsa yang besar itu adalah bangsa yang mengetahui sejarah dari negaranya.

Terakhir, kita bisa menanyakan "pertanyaan ini" ke setiap orang yang kita temui, dan effectnya akan terasa.

Thanks buat yang bikin pertanyaan ini!

Answered Jan 2, 2018
Okky Tria Kurniadi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM

Hal paling mendasar bagi saya adalah bagaimana Indonesia mengenal lebih dalam lagi tentang dirinya. Karena hal itu akan menjadi worldwide terhadap Indonesia. Budaya seperti apa yg bisa dijual? dengan pasar seperti apa? Instrumen apa saja yg perlu digunakan?

Hal" mendasar yg perlu Indonesia pastikan terlebih dahulu sebelum menampilkannya dipentas dunia

Answered Jan 2, 2018
Kinanti Indah
Mahasiswa Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Universitas Gadjah Mada 2014

Langkah utama yang harus dilakukan adalah menanamkan jati diri dan idealisme kepada seluruh masyarakat Indonesia. Menginternalisasikan nilai-nilai luhur yang menjadi instrumen penting dalam menanamkan rasa kecintaan terhadap aset yang dimiliki bangsa ini terutama kekayaan budaya dan keragaman suku dan agama. Setelah memiliki suatu pemahaman dan kecintaan mendasar yang baik terhadap kepemilikan kekayaan budaya, perlu kiranya untuk merujuk kepada tahap pengkapasitasan dengan membumikan beragam aspek budaya dalam setiap lini kehidupan masyarakat terutama dalam lingkup kecil utamanya didesa ataupun kelurahan. Agendakan suatu kegiatan untuk mengenalkan budaya hingga masyarakat di tataran lokal sekalipun berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. 

Answered Mar 2, 2018