selasar-loader

Bagaimana cara bebas finansial?

Last Updated Feb 18, 2017

3 answers

Sort by Date | Votes
Joice Santi
Financial journalist, interested in investment and personal finance.

V90hdNL7aOfR4t0EGNjphIjSmNM2DyZx.jpg

Bebas finansial bermakna kita tidak tergantung lagi dengan penghasilan aktif, tetapi masih bisa memenuhi kebutuhan. Bekerja aktif maksudnya melakukan sesuatu sehingga kita mendapatkan penghasilan. Seperti bekerja sebagai karyawan di perusahaan ataupun bekerja sebagai wirausahawan. Kalau aktif bekerja, kita tidak punya penghasilan. Padahal, bekerja secara aktif banyak risikonya. Seperti sakit, mengalami pemutusan hubungan kerja bahkan kematian. Misalnya kita punya toko, tetapi kita sakit sehingga tidak bisa buka toko, jadi tidak dapat penghasilan.

Nah, ada cara untuk meraih kebebasan finansial yaitu memiliki penghasilan pasif. Penghasilan yang tetap ada meskipun kita sakit, bahka ketika kita meninggal. Penghasilan seperti ini didapatkan dari surat berharga seperti memiliki saham, obligasi, reksa dana, bisnis seperti memiliki usaha toko yang dijalankan orang lain, dan properti yang disewakan. Dividen saham akan tetap diberikan ketika kita sakit. Rumah sewaan tetap memberikan hasil bahkan ketika kita meninggal.

Kebebasan finansial berasal dari kepemilikan aset. Aset ini dapat dikumpulkan sedikit-demi sedikit. Coba sisihkan 10 persen penghasilan untuk menumpuk aset selagi kita sehat dan dapat bekerja aktif. Lama-lama bukan tidak mungkin pengeluaran kita ditutupi dengan dividen, kenaikan nilai aktiva bersih reksa dana, bisnis atau uang sewa properti. Ketika pengeluaran kita jauh lebih kecil dari penghasilan pasif kita, kala itulah kita mencapai kebebasan finansial kita.

 

ilustrasi via ruangfreelance.com

Answered Apr 14, 2017
Achmad Zaky
Pendiri dan CEO Bukalapak

Memiliki harta sekitar 500x gaji kita kalau Anda bekerja. Kalau gaji kita 10 juta (rata-rata sampai pensiun), memiliki 5M adalah angka yang aman untuk bebas finansial. Jika diinvestasikan dengan return 8% setahun (konservatif sekali), maka setiap tahun kita akan menghasilkan 400 juta alias 33 juta per bulan. Sepertiganya bisa dipakai untuk hidup dan setengahnya untuk diinvestasikan ulang agar tidak tergerus inflasi.

Nah, bagaimana cara mendapatkan 500x dari gaji? itu mungkin pertanyaan besarnya.

1. Menabung

Ngirit adalah cara paling pasti untuk mendapatkannya. Pertahankan gaya hidup ngirit Anda. Jika Anda bisa mempertahankan 80% gaji Anda setiap bulannya untuk ditabung di deposito/instrumen investasi lain yg konservatif 8% (bisa lebih mungkin), maka dengan hukum bunga berbunga, Anda membutuhkan sekitar 16 tahun untuk mengumpulkan 500x gaji. Begini hitungannya: 80% x 10 juta x 180 bulan x (1,08)^15 (bunga berbunga), kira-kira hasilnya mendekati 5M. Tentu hasil ini akan berbeda, tergantung investasi yang Anda pilih, kenaikan gaji, serta level kengiritan Anda. Poinnya ada di bunga-berbunga itu. Main-mainin saja. :)

2. Investasi/Bisnis

Menggeluti dunia bisnis adalah jalur lainnya, tapi sekali lagi, ini berisiko, beda sekali dengan poin pertama. Cobalah mulai berbisnis atau berinvestasi pada suatu saham. Investasikanlah harta Anda pada sesuatu yang akan booming dan orang lain nggak lihat. Jika perhitungan Anda tepat, bisa jadi Anda akan mendapatkan jackpot berlipat-lipat. Saya sendiri alhamdulillah mendapatkan jackpot lumayan dari pilihan kedua ini.

Silahkan pilih jalur Anda masing-masing. :)

Answered Apr 15, 2017
Arief Mizan
Praktisi Komunikasi Pemasaran

zcuOtMnllvcZFqH7yHcwyYiGiFgf8Iza.jpg

Kalau mau gampangnya, saya tentu akan merujuk buku Robert Kiyosaki dan mengadopsi kuadrannya yang terkenal itu. Anda harus hijrah dari E (Employee) ke S (Self Employee) kemudian ke B (Businessman) dan akhirnya menjadi I (Investor). Hanya dengan menjadi investorlah uang akan bekerja untuk Anda. Kira-kira itulah saripati Rich Dad, Poor Dad karya Kiyosaki. Dan ia membuktikannya. Di usia 40-an, dia memutuskan pensiun dan membiarkan uang investasinya bekerja untuk dirinya, sementara ia berlibur ke tempat-tempat eksotis dan menikmati hidup. 

Lalu, tiba-tiba saja sebuah kabar berhembus kencang. Salah satu anak perusahaannya dinyatakan bangkrut dan orang-orang mulai meragukan kredibilitas Kiyosaki. Padahal banyak juga investor lain yang bangkrut. Presiden AS Donald Trump, misalnya, dikabarkan 20 kali menyatakan bangkrut. Bukan berarti Donald tidak mahir mengelola keuangannya, melainkan memang iklim bisnis yang serba tidak pasti membuat investasi sebaik apapun bisa hancur dalam hitungan menit. Lihat saja krisis 2008, bagaimana bisnis riil estat porak poranda.

Bahkan saat manusia sampai di kuadran investor pun, ia tak kunjung mendapatkan kebebasan.

Untuk itulah bagi saya makna kebebasan finansial terbaik yang pernah saya dapatkan justru dari teman saya sendiri, CEO Selasar, Miftah Sabri.

"Duit itu ga penting. Ya cuma buat isi-isi kantong aja."

Ya, memang saya sudah kenyang dengan istilah-istilah dan pemaknaan-pemaknaan ajaib khas Miftah. Tapi mungkin memang itulah definisi bebas secara finansial; ketika duit tidak lagi jadi persoalan. Dengan begitu, fungsi uang dapat digantikan dengan hal lain yang lebih bermakna seperti ide, visi, keluarga, teman, lingkungan, dsb yang secara tidak langsung pada ujungnya memberikan kekayaan yang bukan hanya rohani, tapi juga secara materi melalui peluang-peluang bisnis yang berkesinambungan. 

Answered Apr 19, 2017

Question Overview


6 Followers
809 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

Bagaimana cara Jerman membangun kembali ekonominya setelah Perang Dunia II?

Apakah kunci sukses pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pada puncak bonus demografi di Indonesia (2025-2035)?

Apakah penggunaan alat ukur Gross Domestic Product (GDP) masih relevan untuk menghitung tingkat kesejahteraan sebuah negara?

Mengapa perhitungan Gross National Product (GNP) jarang digunakan sebagai alat ukur kinerja ekonomi?

Apa yang Anda ketahui tentang Green GDP?

Apakah inflasi selalu berdampak buruk untuk perekonomian?

Apakah konsekuensi deflasi terhadap kinerja perekonomian sebuah negara?

Ketika terjadi apresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar, langkah taktis apa yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan kerja perekonomian?

Apakah depresiasi nilai tukar selalu memiliki dampak negatif untuk perekonomian?

Bagaimana cara mendapatkan kekayaan 1 miliar rupiah pertama Anda?

Bagaimana transaksi keuangan dilakukan di Jerman pada Perang Dunia II?

Berapa pendapatan seorang motivator terkenal Indonesia setiap bulan?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan kala bulan ramadhan?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan kala akhir bulan menjelang?

Bila diwarisi utang Rp 1 miliar, apa yang akan Anda lakukan?

Apa masalah utama dari banyaknya UKM/bisnis di Indonesia sulit membesar?

Apa hal penting dalam mengelola keuangan yang harus diketahui agar bisnis kita melejit?

Bagaimana cara meningkatkan jumlah investor dalam negeri di BEI?

Mengapa IPO di BEI masih minim dan apa yang harus dilakukan otoritas terkait?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan untuk pasangan muda?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan untuk seorang mahasiswa?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan pasca PHK?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan untuk mempersiapkan kelahiran anak?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan untuk mempersiapkan pernikahan?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan pasca pensiun?

Jenis investasi apakah yang tepat untuk seorang karyawan?

Apakah proses pengaturan keuangan (financial management) itu penting? Mengapa?