selasar-loader

Apa itu Open Data? Apa bedanya dengan Satu Data Indonesia?

Last Updated Feb 17, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Bayu Wicaksono
open data enthusiast

_p0KDu-xnWAGQQATYwL52lnmMIwWRHsL.jpg

via twitter.com

Data terbuka atau open data adalah data yang memiliki kaidah “terbuka”, dapat digunakan secara bebas, dimanfaatkan, dan didistribusikan kembali oleh siapapun tanpa syarat kecuali dengan mengutip sumber, pemilik data. Definisi ini adalah definisi umum yang disadur dari Open Data Handbook yang dikeluarkan oleh OKFN (Open Knowledge Foundation Network). Anda bisa merujuk pada definisi lengkapnya di sini: http://opendatahandbook.org/en/what-is-open-data/

Sedangkan, Satu Data Indonesia adalah sebuah inisiatif Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan interoperabilitas dan pemanfaatan data pemerintah. Pemanfaatan data pemerintah tidak terbatas pada penggunaan internal antarinstansi, tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat. 

sumber: data.go.id 

Answered Feb 17, 2017
Qaedi Aqsa
Political Science University of Indonesia.

VtfB54nHvYP_ZmJQgfZ8INBnPEpnqzni.png

Satu Data Indonesia adalah ikhtiar dari Pemerintah Indonesia untuk bisa memperbaiki tata kelola data di setiap Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Tujuannya adalah untuk mempermudah pertukaran data antarlembaga pemerintahan atau internal lembaga itu sendiri sehingga nantinya kebijakan yang diambil berdasarkan data yang real time. Data yang ada nantinya juga tidak hanya digunakan oleh instansi pemerintahan, namun juga oleh publik, seperti pelaku bisnis, media, NGO, insan akademik, serta pihak lainnya. 

Sedangkan, Open Data adalah konsep data yang digunakan oleh Satu data Indonesia. Open Data adalah prinsip data terbuka yang bisa dimanfaatkan secara bebas dan bisa didistribusikan kembali oleh siapapun. Dengan kata lain, perbaikan tata kelola data yang dilakukan Satu Data Indonesia juga berusaha memperbaiki data internal pemerintah dari format tertutup menuju format yang terbuka.

Saya melihat bahwa gerakan Satu Data Indonesia akan bisa menciptakan akuntablitas dan transapransi dari internal pemerintah sendiri. Selain itu, rilis semua data pemerintah akan bisa menjadi pemantik bagi publik untuk bisa ikut berpartisipasi dalam pengawasan kebijakan pemerintah.

Memang, isu mengenai Open Data (Data terbuka) masih menjadi perhatian sebagian kecil pihak, namun saat ini, dunia sedang bergerak ke arah keterbukaan data. Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang didapatkan ketika menerepkan prinsip keterbukaan data. Coba lihat dan pelajari disini http://data.go.id/ & http://opendatabarometer.org/.

Answered Feb 19, 2017