selasar-loader

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Last Updated Nov 18, 2016

8 answers

Sort by Date | Votes
Ahmad Fikri Arief Rasyid
Mahasiswa Fakultas Hukum UGM | Bukan Peserta Rumah Kepemimpinan

iwdXJxqKjel1bXPN1xmRD3_RWmuWm_C5.jpg

Menurut pengalaman saya, lama maksimal olahraga dalam sehari itu adalah 2 jam. Ketentuan ini untuk orang yang bukan atlet olahraga, untuk atlet olahraga sendiri mungkin bisa lebih tapi untuk pastinya saya juga tidak tahu.

Kenapa saya bilang 2 jam? Kebetulan olahraga yang saya tekuni kurang lebih dalam 1 tahun ini adalah fitness. Fitness terlalu lama sebenarnya tidak baik bagi tubuh dan bisa meningkatkan risiko cedera. Begitu pula dengan olahraga lainnya. Kunci olahraga yang optimal itu bagi saya adalah biarlah sebentar, asal rutin dan konsisten. Karena tak ada gunanya juga dalam sehari olahraga selama 6 jam tapi cuma dilakukan 2 kali sebulan. 

 

sumber gambar: kompasiana.com

Answered Dec 17, 2016
Marwan Azis
Founder Terkini.com & Everest.id

B--jYhTXW89bosqDukdL4yWkm_KbUsdz.jpg

Saya biasanya olahraga pagi di komplek rumah atau sesekali ke GBK terutama pada akhir pekan. Biasanya, saya berolaraga sekitar 30 menit perhari.

Hal ini sejalan dengan sebuah riset dari Universitas Copenhagen yang menyimpulkan, jangka waktu olahraga paling tepat dilakukan selama 30 menit per hari. Jika berolahraga sampai dua kali lebih lama, menurut penelitian, hasilnya tetap sama.

 

Sumber gambar: pixabay

Answered Jan 13, 2017
Rido Budiman
Bujang Piaman Asli. Keep Struggling.

Saya biasanya olahraga setiap hari setelah pulang kerja.
Lama durasinya antara 1-3 jam maksimal. Efeknya bagus untuk kesehatan fisik dan psikis saya.

Answered Jan 13, 2017
Ibnu Zubair
Menolak tua dengan rutin tertawa

Saya lakukan 30 - 40 menit sebelum bekerja, dan 30 menit sebelum tidur. Menurut saya, olahraga minimal satu jam tiap hari secara rutin sudah cukup, apalagi kalau di kantor membiasakan diri dengan naik tangga dua atau tiga lantai, jantung akan sehat.

Answered Jan 30, 2017

Minimal 30 menit setiap hari untuk bisa memberikan kesehatan pada fisik kita.

Answered Aug 20, 2017

Batas maksimal seseorang berolahraga dalam sehari adalah 3-4 jam.

Answered Aug 23, 2017
Restu Bagus Riyanto
Wakil Ketua BEM IM FKM UI 2017 | Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8

ojpKoQDVgsE-wXsXZ4WDudB89kz5JmtO.jpg

Menurut saya, batasan waktu berolahraga dalam satu hari tidak ditetapkan dengan pasti. Setiap orang pasti memiliki ketahanan fisik yang berbeda. Islam mengatakan yang berlebihan itu tidak baik. Begitu pun dalam berolahraga. Jika ingin bermanfaat, kegiatan olahraga seseorang dapat dilakukan secara rutin. 

Dr. Ian Janssen dari Queen University, Toronto, mengatakan, "Hasil penelitian kami mengindikasikan, tidak peduli latihan apa yang dipilih asal bisa mengakumulasi total seminggu latihan. Minimal diperlukan waktu 150 menit atau 2 jam setengah."

Lembaga internasional pun menyarankan orang dewasa untuk berolahraga selama 30 menit dengan durasi insensitas olahraga moderat sehingga mencapai pengeluaran energi lebih dari 1000 kalori per minggu. Anda tidak diharuskan untuk berolahraga dalam satu waktu yang lama. Namun, untuk mendapatkan jumlah kalori yang sama, olahraga dapat pula dilakukan dengan frekuensi beberapa kali dalam sehari dengan jangka waktu yang lebih pendek. 

Jadi, dalam seminggu, tubuh Anda harus diolahragakan dengan total waktu kurang lebih 150 menit atau 2 jam setengah/minggu. Atau jika Anda ingin olahraga setiap hari, berarti kalkulasinya  adalah 150 menit : 7 hari = 21 menit. Maka, luangkan waktu untuk olahraga 21 menit/hari.

Perlu Anda ketahui, penghentian olahraga dalam waktu 3 minggu dapat mengurangi manfaat dari olahraga rutin yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh penurunan volume dan daya pompa jantung sebagai akibat dari hilangnya efek pengisian jantung yang lebih besar saat berolahraga. Sedikitnya darah yang masuk menyebabkan darah yang dipompa oleh jantung berkurang.

Sumber: 
http://www.halodok.com
pixabay

 

#Jawabanku September 2017 
#Rumah Kepemimpinan 
#RK Regional Jakarta 

Answered Oct 1, 2017
Adibah Rasikhah Amanto
Health Nutrition UGM 2016

Olahraga itu aktivitas yan dilakukan untuk melatih tubuh seseorang secara jasmani-rohani agar mendapatkan tubuh yang sehat dan tidak terserang penyakit. Seperti stretching, jalan cepat, latihan beban, bersepda, dan lainnya.

Tubuh kita ngapain aja sih pas kita berolahraga ? Pertama jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya, karena tubuh meminta lebih banyak oksigen yang mengalir untuk bahan bakar energi pas plahraga. Terus pembuluh darah kita bakal berkontraksi lebih cepat dan akibatnya bakal lebih elastis dan kuat, darah semakin lancar mengalir karena timbunan lemak berkurang. Tak lupa otot juga bakal ikut berkontraksi dan menghasilkan kualitas yang lebih kuat. Olahraga sendiri ga cuma buat kesehatan tapi juga buat meningkatkan kualitas fisik, psikis, dan sosial. 

Olahraga yang baik itu yang cukup dan tidak berlebihan apalagi mendadak cepat. Misal dari yang tidak pernah lari eh langsung disuruh lagi 1 mil ya tepar langsung (prinsip latihan beraturan). Ini berarti tubuh kita itu butuh adaptasi dengan olahraga yang diberikan. Nah, olahraga itu harus mulai dari yang mudah dulu, kemudian bertingkat naik ke yang ditargetkan, diberikan sesuai kemampuan dan disesuaikan oleh keterbatasan seseorang. Misal, sepedaan 2 kilometer dulu, terus besok lanjut 4 kilometer, dan selanjutnya.

Nah, kalo ditanya batas olahraga maksimal ya tidak ada jawaban spesifik. Karena setiap jenjang usia dan setiap orang punya kemampuan berbeda. Minimal coba dulu bersepeda (bagi yan suka) setiap hari 30 menit, atau berenang 1 kali setiap dua hari. Biasakan tubuh untuk bergerak dan lainnya.

Answered Jan 2, 2019