selasar-loader

Apa yang dimaksud dengan growth hacker?

Last Updated Nov 16, 2016

19 answers

Sort by Date | Votes
Achmad Zaky
Pendiri dan CEO Bukalapak

Hasil gambar untuk growth hacker

Sumber gambar via http://neilpatel.com/ (SUM)

Growth hacker dalam arti spesifik bisa bermakna posisi dalam sebuah startup yang memang fokus bagaimana menciptakan pertumbuhan yang signifikan. Namun, dalam makna yang lebih luas, ada juga yang menerapkan bahkan setiap orang dalam perusahaan adalah growth hacker.

Beberapa aktivitas yang umumnya dilakukan growth hacker adalah sebagai berikut.

- Menganalisis data, mencari masalah

- Mencari opsi solusi masalah

- AB Testing (menguji hipotesis)

- Scale (melebarkan skala solusi sehingga memiliki efek yang lebih besar)

- Evaluasi terus menerus lewat data

Answered Nov 26, 2016

Growth Hacker merupakan teknik marketing yang dikembangkan startup melalui kreativitas, analisa dan data sosial media untuk menjual produk atau jasa dan mendapatkan sorotan. Growth Hacking merupakan gabungan antara ilmu sosial marketing dan kemampuan teknis. Growth hacker (orang yang ahli) menggunakan berbagai teknik seperti SEO (Search Engine Optimization), analisa website, konten marketing dan A/B testing.

Answered Jan 18, 2017

Growth hacker adalah orang yang fokus untuk memahami kebutuhan user dan memposisikan bagaimana user dalam memakai produk sehingga perusahaan dapat menghasilkan produk dengan fitur yang memang dibutuhkan dan disukai user.

Answered Jan 18, 2017

Growth hacker adalah teknik marketing yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan startup bidang teknologi dengan berbasis kreativitas, kemampuan berpikir analitis, dan metrik-metrik sosial untuk menjual produk dan mendapatkan pemberitaan/publikasi.

Answered Aug 7, 2017
Dina Mariana
Mathematics student'17 of UIN Jakarta

Growth hacker adalah sebutan jabatan atau profesi di mana sebagai peretas pertumbuhan, yaitu orang yang ahli dalam menggunakan SEO (Search Engine Optimization),konten marketing, analisa website, dan A/B testing yang umumnya dipakai pada industri startup company

Answered Aug 12, 2017
Roudhoh Nurfatimah
Mahasiswi Fakultas Adab dan Humaniora , Bahasa dan Sastra Inggris Uin jakarta 17

Pertumbuhan dan permintaan growth hacker tengah berkembang pesat. Jika Manajer Pemasaran Digital (Digital Marketing Manager) berfungsi melakukan pemasaran melalui media digital dengan tujuan mencapai pertumbuhan pelanggan dan pertumbuhan kesadaran merek (brand awareness), growth hacker bertanggung jawab terhadap pertumbuhan pengguna secara kuantitatif (angka).

Answered Aug 19, 2017
Alfan Amin
Fakultas adab dan humaniora jurusan sastra inggris

Seperti halnya para hacker situs web yang memiliki pemikiran menghalalkan segala cara untuk bisa meretas situs-situs tertentu, growth hacker juga memiliki pemikiran yang sama. Bedanya, growth hacker fokus untuk menjadikan sebuah digital marketing dikenal oleh masyarakat luas. 

Answered Aug 19, 2017

Growth hacker adalah sebuah jabatan yang lazim digunakan secara formal oleh berbagai perusahan di luar negeri, terutama di silicon valley. Walau belum banyak yang memakainya di Indonesia, diyakini ada banyak pelaku growth hacking di dalam negeri, namun dengan nama jabatan yang bervariasi. Istilah growth hacker yang jika diterjemahkan "peretas pertumbuhan" umumnya dipakai pada industri digital (startup company).

Answered Aug 19, 2017

Growth hacker adalah teknik marketing yang dikembangkan oleh perusahaan startup bidang teknologi dengan bisnis kreativitas.

Answered Aug 19, 2017

Orang yang ahli menggunakan berbagai teknik seperti Search Engine Optimization, analisa website, konten marketing dan A/B testing.

Answered Aug 20, 2017

Pertumbuhan pembajakan

 

Answered Aug 20, 2017

Growth hacker harus bisa membuat sebuah produk atau situs web dikenal banyak orang, apapun caranya. Seorang growth hacker tidak hanya harus bisa berpikir kreatif, tapi juga bisa berpikir secara analitis dan statistik. Growth hacker harus bisa membuat produk atau nama sebuah perusahaan jadi dikenal banyak orang dalam waktu singkat dengan cara sekreatif mungkin atau out of the box. Cara seperti ini biasanya akan lebih cepat viral di kalangan pengguna internet sehingga nama produk atau perusahaan bisa terkenal dengan cepat.

Answered Aug 20, 2017

Arti dari growth hacker adalah ''peretas pertumbuhan''. Growth hacker merupakan sebutan atau jabatan yang lazim digunakan oleh perusahaan-perusahaan di luar negeri. Tujuan akhir dari seorang growth hacker adalah membangun sistem/mesin pemasaran yang dapat menyentuh jutaan konsumen secara otomatis.

Answered Aug 24, 2017
Teddy Aprilianto
Programmer and Trainer

vwb1EnpgoRAqDKG9hfspW-95Z0zgZlLB.jpg

Growth Hacker?

Yuk, kita mulai dengan memahami pengertian kata-katanya.

Hacking adalah memanfaatkan celah yang tidak dilihat orang kebanyakan. Hacker adalah orang yang melakukan hal tersebut.

Growth artinya pertumbuhan. Growth Hacker bisa diartikan seseorang yang mencari celah yang dapat mempercepat suatu pertumbuhan.

Pertumbuhan apa? Umumnya, ini dikaitkan dengan bisnis/pengembangan produk. Tugas utama growth hacker adalah melakukan berbagai analisa, melakukan berbagai ujicoba, dan menyimpulkan suatu produk/jasa yang "market fit", artinya sesuai kebutuhan, yang benar-benar dibutuhkan atau bisa jadi mengisi celah/ceruk pasar yang tidak dimiliki oleh produk lain.

Perusahaan teknologi dewasa ini banyak yang sudah menggunakan jasa growth hacker untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya.

Semoga menjawab. :)

 

Ilustrasi via eurovps.com

Answered Oct 28, 2017
Muhammad Faisal
Peserta Rumah Kepemimpinan Regional VII Makassar

Growth hacking merupakan teknik marketing yang digunakan oleh perusahaan startup dalam bidang teknologi yang berbasis kemampuan berpikir analitis, kreativitas, dan metrik sosial untuk mendapatkan publiksasi dan menjual produk. Jadi, dalam pengembangan startiup, istilah ini sangat dibutuhkan.

Lalu apa manfaat dari growth hacking itu sendiri? Pelaku growth hacking atau biasa disebut dengan growth hackers merupakan orang-orang yang ahli dalam memakai teknik SEO (search engine optimization), pemasaran konten, analisa situs, dan melakukan testing. Jadi dalam dunia internet marketing, seorang growth hacker memang sangat dibutuhkan. Tanpa adanya mereka, website sebuah startup tidak akan dikenal oleh banyak orang.

Answered Dec 5, 2017
Zaid Sulaiman
Peserta Rumah Kepemimpinan 8 | mahasiswa ITS 2015 | teknik Material & metalurgi

Hmm jika saya searching-searching dan mencoba belajar sedikit terkait definisi Growth Hacker merupakah sebuah Teknik dalam marketing yang biasanya dikembangkan oleh  berbagai macam perusahaan start up. Apanya yang di kembangkan? Bisa dalam kreativitasnya , kemampuan berpikir analitis nya dan cara-cara sosial untuk mejual produk serta bagaiaman mendapatkan pemberitaan / publikasi. Para Growth Hacker ini sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang masih di level awal, dan memiliki keterbatasan anggaran. Karena seorang Growth Hacker memiliki kemampun untuk menemukan cara lain untuk tidak menggunakan pemasaran tradisional yang menelan banyak anggaran.

Answered Jan 1, 2018
Hengky Syahputra
Peserta Rumah Kepemimpinan angkatan 8

Growth Hackers  adalah kumpulan orang-orang dengan penguasaan mengenai teknik SEO (Search Engine Optimization), analisa situs, pemasaran konten dan A/B testing yang sudah digunakan secara umum.

Answered Jan 3, 2018
Yarabisa Yanuar
Mahasiswa Universitas Gadjah Mada | Alumni Ma'had Al Ilmi Yogyakarta

Growth Hacking adalah teknik marketing yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan startup bidang teknologi dengan berbasis kreativitas, kemampuan berpikir analitis dan metrik-metrik sosial untuk menjual produk dan mendapatkan pemberitaan / publikasi (Holiday, Ryan (17 Desember 2012), Fast Company).

sementara growth hacker adalah pelakunya

Answered Feb 3, 2018

Samuel membagikan beberapa hal yang perlu diketahui oleh startup tentang growth hacking agar dapat mengembangkan startup dengan efektif:

Inovasi dalam keterbatasan

Selain pemasaran, hal-hal teknis lain seperti membangun engagement, membuat aplikasi berjalan dengan baik, juga termasuk bagian growth hacking.

Jangan ketinggalan zaman

Permasalahan yang kamu temukan hari ini tentunya sangat berbeda apa yang kamu temukan lima tahun yang lalu. Oleh karena itu, diperlukan strategi dan tool yang berbeda juga untuk menyelesaikan permasalahan di era yang berbeda.

Ciptakan pasar terbatas

Saat ini marak startup yang bersifat two-sided market. Artinya, startup tersebut perlu melayani dan memberikan manfaat untuk dua kelompok pengguna yang berbeda.

Buat produk menjual dirinya sendiri

Growth hacking tidak selamanya tentang distribusi pasar atau produk. Tapi, bagaimana caranya membuat sebuah produk dapat mendistribusikan dirinya sendiri. 

Sumber:

https://id.techinasia.com/tip-growth-hacking-untuk-startup-dari-ceo-hypergrowth

Answered Apr 4, 2018