selasar-loader

Apa perbedaan antara 'namun' dan 'tapi'?

Last Updated Feb 6, 2017

Di mana kita harus menggunakannya?

1 answer

Sort by Date | Votes

Hasil gambar untuk bahasa indonesia

via www.ubaya.ac.id (SUM) 

Sebelumnya saya ingin meluruskan bahwa tapi adalah kata tidak baku dan yang bakunya adalah tetapi. Oleh sebab itu, jawaban untuk pertanyaan ini saya gunakan kata namun dan kata tetapi karena perbedaan dari kedua kata tersebut akan terlihat ketika berada di dalam tulisan yang menggunakan ragam formal.

Pada dasarnya, secara definisi, kata namun dan tetapi memiliiki persamaan yaitu kata yang menunjukkan perlawanan atau pertentangan. Di dalam Sintaksis, kata namun dan tetapi digolongkan ke dalam kelas kata konjungsi, yaitu kata yang bertugas untuk menghubungkan dua hal, baik klausa maupun kalimat. Konjungsi ini dapat menghubungkan dua hal yang setara, sejara, hingga berlawanan atau pertentangan. Namun, untuk kedua kata tersebut adalah konjungsi yang menghubungkan dua hal yang berlawanan atau bertentangan.

Perbedaan dari kedua kata tersebut adalah sebagai berikut.

Kata namun digunakan ketika untuk menunjukkan pertentangan yang dapat digunakan, baik di dalam satu kalimat (intrakalimat) maupun dalam dua kalimat (antarkalimat). Berbeda dengan kata tetapi yang hanya dapat digunakan di dalam kalimat saja, tidak bisa di awal kalimat yaang menghubungkan dua kalimat. Konjungsi yang sama dengan kata tetapi tetapi yang bisa diletakkan di awal kalimat (antarkalimat) adalah konjungsi akan tetapi

Answered Apr 13, 2017