selasar-loader

Bagaimana cara mengecilkan perut buncit paling efektif?

Last Updated Feb 5, 2017

Saat ini mungkin kamu termasuk orang yang mulai terganggu dengan melar dan buncitnya perut kamu. Menggunakan baju pun sudah tidak lagi nyaman dirasakan karena perut kamu yang menonjol. Lalu sebenarnya bagaimana cara mengecilkan perut buncit yang paling efektif agar badan kita kembali berbentuk ideal?

2 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Tidak hanya mengganggu penampilan karena perut lebih menonjol dari bagian lain, siapa sangka jika ternyata perut buncit erat kaitannya dengan penyakit. Perut buncit disebut juga sebagai obesitas sentral atau obesitas perut. Perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak di bagian perut. Ada dua lemak yang tertumpuk di bagian perut ini, yakni lemak subkutan dan lemak viseral.

Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah lapisan kulit sehingga bisa terlihat seandainya kita mencubit bagian ini. Sedangkan lemak viseral adalah lemak yang berada di sekitar organ dalam tubuh dan tipe lemak yang sangat berbahaya bagi kesehatan karena meningkatkan risiko terkena penyakit lain. Kabar buruknya, kumpulan lemak ini bisa mengeluarkan senyawa peradangan yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan darah tinggi serta hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Selain itu, lemak viseral ini sulit dihilangkan dan berhubungan dengan perut buncit yang kamu miliki.

Menyeramkan bukan?

iwCXgTNeXPDE4xisVfwb69RQOSKR2hXh.jpg

Jadi jangan sepelekan perutmu yang mulai menonjol dan menunjukkan tanda-tanda “buncit” itu. Karena ada bahaya seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke yang tersembunyi di balik perut buncit yang identik dengan tanda kemakmuran itu.

Sebelum mencari cara untuk mengetahui cara mengecilkan perut buncit, kita harus tahu terlebih dahulu mengenai risiko yang diakibatkan oleh timbunan lemak di daerah perut. Untuk orang-orang yang mempunyai bentuk tubuh seperti apel, perut buncit yang tampak lebih banyak disebabkan karena adanya timbunan lemak yang biasanya berada di dalam rongga perut dan di sekitar di sekitar organ-organ yang ada di perut.

Kehadiran perut buncit yang berisikan lemak perut memiliki efek yang buruk, tidak hanya di sekitar perut, tetapi juga bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan juga. Perut buncit disinyalir bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Yang harus dicatat dan digarisbawahi adalah keberadaan lemak di dalam perut ini dapat merupakan salah satu tanda adanya sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah sekumpulan masalah kesehatan yang diderita tubuh, hal ini erat kaitannya dengan berbagai penyakit. Selain penumpukan lemak di daerah perut atau pinggang yang tercermin dari besarnya angka lingkar pinggang, berikut beberapa kondisi kesehatan lainnya yang menjadi kriteria sindrom metabolik, setidaknya terdapat beberapa gangguan pada:

1.     Tekanan darah yang meningkat

2.     Kadar gula darah yang meningkat

3.     Kadar trigliserida yang meningkat

4.     Kurangnya kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh

Pada jangka panjang, kondisi-kondisi tersebut juga dapat meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Untuk itu, jangan biarkan perut Anda tetap buncit, perhatikan bentuknya, dan segera kecilkan perut Anda.

Untuk mengecilkan perut buncit, ternyata tidak semudah membuatnya buncit. Lemak viseral yang berada di dekat organ dalam tubuh inilah yang membuat perut buncit ini susah dihilangkan. Namun meski begitu, bukan berarti perut buncit tidak bisa sama sekali dihilangkan. Para Ahli sepakat bahwa seiring dengan upaya menurunnya berat badan, lemak di perut pun berkemungkinan menghilang.

Untuk itu, diperlukan gaya hidup sehat dengan cara rajin berolahraga dan melakukan diet atau pola makan sehat yang disesuaikan dengan keadaan perut buncit kamu. Sebagai ukuran, jika kamu laki-laki dan memiliki lingkar pinggal di atas 90 cm, bisa dipastikan kamu harus melakukan berbagai cara mengecilkan perut di bawah ini. Begitu juga dengan kamu, wanita yang memiliki lingkar pinggang di atas 80 cm. Apakah kamu termasuk ke dalam kriteria tersebut? Berikut ini cara mengecilkan perut buncit paling efektif yang harus kamu catat dan mulai aplikasikan dalam hidup kamu sekarang juga.

1. Jangan malas bergerak, Olahraga!

n0xANQF6JgKn4hMMpj5YvEyESC1mtT__.jpg

Ini adalah kunci utama dalam mengecilkan perut. Perut yang buncit terjadi karena asupan kalori yang lebih tinggi daripada yang kalori yang dikeluarkan saat kita bergerak. Untuk itu, lakukan salah satu olahraga di bawah ini agar perut kamu bisa segera mengecil. Cara mengecilkan perut buncit yang pertama dan mungkin paling direkomendasikan adalah dengan mencukupi kebutuhan serat dan rajin berolahraga. Beberapa bukti medis menunjukkan bahwa kombinasi keduanya cenderung bisa mengurangi lemak perut lebih cepat dan aman. 

Selain serat, rajin berolahraga adalah kegiatan pendamping yang sama pentingnya, terutama latihan kardio. Jika dilakukan secara rutin beberapa kali seminggu, dapat membantu Anda membakar kalori. Disarankan untuk melakukannya selama 2,5 jam tiap minggu dengan membaginya per hari. Padukan dengan bentuk latihan ketahanan fisik  untuk memaksimalkan manfaat olahraga.

a. Latihan Kardio

Latihan kardio adalah jenis latihan atau olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh. Kamu dapat melakukan latihan kardio ini dalam aktivitas bersepeda, berlari, atau yang sedang tren saat ini HIIT (High Intensity Interval Training). Sisihkan waktumu 20-30 menit perhari untuk melakukan berbagai latihan kardio dimulai dari jalan cepat, jogging, lompat di tempat, sit up push up, dan berbagai gerakan tubuh lainnya. Dengan rutin melakukan latihan kargio, hampir semua otot di dalam tubuhmu akan melakukan gerakan sehingga mempermudah pembakaran lemak yang ada di tubuhmu, terutama di bagian perut.

b. Senam aerobik

Senam aerobik ini sangat direkomendasikan dalam menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit kamu. Mengapa? Karena dengan mengikuti senam ini kalori kamu akan dibakar secara bertahap dan konsisten. Senam aerobik memiliki ritme dengan intensitas yang teratur dan berkesinambungan. Hal ini membuat asupan oksigen yang dipakai saat senam tidak cepat habis sehingga dapat membakar kalori dan mengecilkan perut buncitmu dengan efektif.

c. Renang

Renang adalah olahraga yang sangat menyenangkan. Siapa sangka bahwa renang dapat menjadi salah satu olahraga yang dapat mengecilkan perut buncit kamu. Renang adalah olahraga yang dapat mengecilkan perut buncit...(more)

Answered Mar 6, 2018
Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Aduh! Siapa sih yang suka dengan perut buncit? Kamu mungkin merasa sangat terganggu dengan perut buncit yang kamu punya dan ingin segera mengecilkan perut buncit yang ada. Memiliki perut buncit bisa mengganggu dan membatasi penampilanmu. Misalnya saja kamu jadi tidak percaya diri memakai beberapa bajumu karena itu akan membuat perutmu buncitmu kelihatan menonjol. Faktanya, seiring di zaman teknologi seperti sekarang, semakin banyak orang yang memiliki perut buncit. Mungkin kamu bertanya-tanya alasannya. Sebenarnya, perilaku kita sehari-hari bisa memicu timbulnya perut buncit.

Seperti halnya obesitas, perut buncit ini timbul oleh karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktivitas fisik. Untuk lebih rincinya, di bawah ini dijelaskan beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan perut buncit.

Jarang berolahraga

Jarang berolahraga bisa menyebabkan lemak tertimbun karena otot-otot pada bagian tersebut paling jarang digunakan dan dilatih. Selanjutnya, hal itu akan menyebabkan pembakaran lemak dan kalori yang terjadi di sana sangat minimal. Hal tersebut tentu akan membuat perut semakin buncit.

Riwayat obesitas pada keluarga, kebiasaan merokok, dan stres juga berpengaruh terhadap timbulnya perut buncit. Lemak yang tertimbun di perut itu bisa berbahaya. Jadi, kalau kamu memiliki perut buncit akibat timbunan lemak, kamu harus waspada.

Lemak pada perut buncit dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung. Hal ini karena lemak pada perut buncit dapat memicu perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembuluh darah atau yang disebut dengan angiotensin.

Tapi sebenarnya, dalam keadaan seperti apa perut buncit bisa berbahaya?

Untuk mengetahui apakah perut buncitmu berbahaya atau tidak, kamu bisa mulai dengan mengukur lingkar pinggangmu. Kamu bisa menggunakan meteran untuk mengukurnya. Posisikan meteran sejajar dengan ujung tulang panggul dan pusar. Seorang laki-laki dinyatakan menderita obesitas perut apabila lingkar pinggang melebihi 90 cm. Sedangkan pada perempuan, di atas 80 cm.

Mudah mengukurnya, bukan?

Mengonsumsi makanan ringan

Walaupun kelihatan sepele, tapi terlalu sering ngemil juga bisa membuat perut menjadi buncit. Hindarilah makanan-makanan ringan yang banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan berlebihan.  Kandungan dalam makanan yang demikian itu tidak akan dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan kita. Hal ini tentu akan menyebabkan usus terganggu.

Makan sebelum tidur

Sebenarnya tubuh memang secara alami membakar sebagian timbunan lemak saat tidur. Masalahnya, jika kamu tidur dalam keadaan perut penuh, tubuh tidak akan membakar secara efisien. Tentu itu akan semakin menambah timbunan lemak di perut.

Tidak hanya itu, berbaring ketika perut dalam keadaan kenyang juga bisa menyebabkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Hal itu terjadi karena perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak mampu menarik makanan di perut menuju ke bawah.

Kurang tidur

Ketika kamu kurang tidur, tingkat kortisol (hormon stres) akan meningkat dan menyebabkan kamu mengonsumsi makanan dengan tingkat gula yang berlebih untuk menggantikan tenaga yang tidak didapat karena kurang tidur.

***

Setelah tahu penyebab perut buncit, kamu pasti sudah mulai bisa menebak-nebak apa yang harus kamu lakukan untuk mengecilkan perutmu. Mengecilkan perut buncit memang bukan hal yang mudah. Tapi kamu tetap bisa melakukannya dengan mencoba cara-cara di bawah ini.

Kurangi konsumsi minuman beralkohol

Selain tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan perutmu menjadi buncit.

Hindari stres

Stres dapat memicu perut buncit. Usahakan jangan sampai merasa stres. Jika kamu sedang memiliki masalah, kamu bisa cobalah untuk bermeditasi, relaksasi, dan berbincanglah dengan orang terdekatmu. Percaya, deh, itu akan membuat bebanmu terasa, setidaknya, sedikit lebih mudah!

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup juga dapat membantu mengecilkan lemak pada perut. Lemak jaringan pada tubuh dapat berkurang jika tidur setidaknya 6-7 jam.

Perhatikan pola makan

Perhatikan makanan yang dikonsumsi dan asupan kalorinya. Untuk meminimalisasi lemak pada perut, kamu perlu mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Konsumsi kalori setidaknya harus dikurangi 500-1000 kalori per hari dari total kebutuhan.

Cobalah untuk mengurangi karbohidrat dan mulai mengonsumsi banyak sayuran, buah, produk susu rendah lemak, produk biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.

Perbanyak aktivitas fisik

Sudah disebutkan di atas, kurangnya olahraga dapat membuat Anda kesulitan mengecilkan perut buncit. Jadi, kalau mau mengecilkan perut, kuncinya adalah jangan malas bergerak!

Ada banyak aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti video ini:

 

...atau seperti di bawah ini.

Elbow plank

Ini adalah gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah, namun efek yang diberikan sangat bermanfaat untuk menyingkirkan lemak di perut kamu. Tidak hanya melatih otot perut, namun Elbow Plank juga berguna untuk melatih stabilitas tubuh serta otot inti yang ada pada tubuh atau core muschles berpusat pada perut, paha serta pinggang.

Leg Raise

Gerakan ini memusatkan latihan pada area otot perut bawah dan juga bisa kamu lakukan tanpa memerlukan alat bantu apapun. Meski gerakan ini terlihat mudah, namun dengan melakukannya beberapa set saja maka akan membuat otot area perut kamu serasa terbakar karena pembakaran lemak sedang berlangsung.

Heel touch

Heel Touch juga menjadi salah satu gerakan olahraga yang terbukti ampuh mengecilkan perut dalam waktu lumayan cepat apabila dilakukan dengan rutin. Untuk melakukan gerakan ini, anda hanya perlu berbaring dan menggerakkan badan ke arah kanan dan kiri secara bergantian.

Crunch

Crunch merupakan gerakan dasar dalam membentuk otot pada area perut khususnya perut bagian atas kamu dan tentunya juga mengecilkan perut kamu secara otomatis. Gerakan crunch ini seperti saat hendak melakukan gerakan sit up, namun tidak dilakukan dengan mengangkat badan sepenuhnya. Agar...(more)

Answered Mar 22, 2018

Question Overview


3 Followers
647 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Bagaimana cara mengatasi kram perut?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk mencegah naiknya asam lambung?

Nutrisi apa yang paling direkomendasikan untuk seseorang yang terkena penyakit maag? Mengapa?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengatasi sakit maag?

Mengapa lemak di perut sulit sekali untuk dihilangkan?

Apa yang menyebabkan perut menjadi buncit?

Apa tips terbaik untuk mencegah sakit usus buntu?