selasar-loader

Bagaimana cara mendirikan sebuah perusahaan?

Last Updated Nov 16, 2016

21 answers

Sort by Date | Votes
Andreas Senjaya
Pendiri dan CEO iGrow

OaH7jcZ16DRuDcSOuLnhqteABo0WwFcv.jpg

Ada dua pendekatan yang kita bisa lakukan:

1. Mulai dari masalah yang cukup berarti untuk diselesaikan, jangan repot-repot selesaikan masalah yang tidak penting/dibutuhkan jika ingin membangun bisnis yang besar. Lalu cari solusi yang bisa menyelesaikan masalah tersebut, kalau bisa bukan hanya perbaikan progresif, tapi juga perubahan yang signifikan, atau keadaan akan 10X lebih baik dengan menggunakan solusi dari kita. 

Hal itu akan menjadi competitive advantage bagi ide bisnis kita karena kita bisa melahirkan sebuah solusi yang bisa menghilangkan kepusingan orang lain terhadap masalahnya. Setelah ketemu masalahnya, carilah cara untuk bisa menciptakan solusinya, ajak orang lain bergabung jika kita butuh keahlian di luar keahlian kita untuk menciptakannya.

2. Mulai dari keahlian, pengalaman, pengetahuan, jejaring kita. Setiap orang punya keunggulan dan kelebihan tersendiri dari salah satu atau beberapa hal tersebut. Kita bisa memanfaatkan salah satu atau beberapa advantage tersebut untuk memulai bisnis. Jika kita lahir di keluarga yang banyak menjadi pengusaha tekstil dan menguasai jejaring tekstil, tentu akan menjadi advantage yang spesial jika kita membuat bisnis yang berhubungan juga dengan hal itu. 

Jika kita punya pengalaman bekerja profesional selama lebih dari 5 tahun di bidang keuangan, tentu akan jauh lebih optimal jika kita mendirikan perusahaan di bidang tersebut. Setelah ketemu bidangnya, kita bisa mulai dengan mencari masalah yang signifikan dan painful di bidang tersebut untuk kita selesaikan.

Answered Jan 2, 2017

Cara menidirikan perusahaan :

1. Menyiapkan data-data sebagai berikut : Opsi Nama Perusahaan (Minimal 3), Bidang Usaha, Domisili Perusahaan, Nama-Nama Pemegang Saham & KTP , Komposisi Pemegang Saham, Modal Dasar Perusahaan(Minimal Rp51.000.000), Modal Disetor (Minimal Rp51.000.000), Susunan Direksi dan Komisaris, KTP Direktur dan Komisaris, NPWP Direktur, Fasfoto 3x4 2 lembar

2. membuat akte perusahaan

3. mendapatkan Surat Keterangan Domisili Usaha

4. mengurus NPWP perusahaan

5. mendapatkan Surat Keputusan Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan dari Departemen Hukum dan HAM

6. mengurus SIUP

7. mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Answered Jan 18, 2017
Miftah Sabri
Pendiri dan CEO Selasar

jDFPAOBCuU1g98-htnlSkQp2_uURDsKe.jpg

via birojasanotaris.com


Membuat usaha berbeda dengan mendirikan perusahaan. Jika mau berbisnis, meminjam istilah Yusuf Mansyur, langsung saja mulai. Just do it. Pancang tiangnya. Kibarkan benderanya. Nanti akan belajar sambil berjalan. Learning by doing. Itu kalau mau berbisnis.

Berbisnis beda dengan mendirikan perusahaan. Ini terikat aspek legal. Badan Hukum. Artinya, kita harus mengacu pada aturan main yang berlaku di sebuah negara. Setiap negara berbeda-beda. Namun, yang sama adalah bahwa mendirikan perusahaan harus di depan notaris. Notaris akan mencatatkan badan hukum kita ke lembar negara melalui Dirjen AHU Kemenkumham. Perbedaan jenis perusahaan terkait dengan besaran modal dan jenis usaha. 

Setelah mendapatkan akta notaris resmi dari negara, selanjutnya SIUP, SKDP, TDP NPWP perusahaan lah yang perlu disiapkan. Apa itu? Akan saya jawab di lain kesempatan. Yang jelas, kalau mau jadi entrepreneur, penguasaan atas hukum bisnis dasar harus dimiliki.

Sekian.

Wallahua'lam.

Answered Mar 2, 2017

Dengan keiginan yang kuat, tekad yang bulat, dan modal yang cukup.

 

Answered Aug 12, 2017

Mempunyai modal, pengetahuan, keahlian, ketekunan, kesabaran, dan tim yang kuat.

Answered Aug 14, 2017

Dengan keyakinan dan tekad yang kuat, serta sudah memikirkan matang-matang risiko apa saja yang akan ia peroleh. Modal yang cukup pun sangat diperlukan dalam mendirikan sebuah perusahaan.

Answered Aug 15, 2017

memulai usaha/cara mendirikan usaha atau cara merintis usaha yang pertama adalah :
1. Menentukan produk

Dalam menemtukan produk, kita dapat melihat berdasarkan tiga hal, yang pertama adalah berdasarkan keahlian kita, menemtukan produk berdasarkan keahlian kita, kita melihat apa yang dapat kita buat, apakah kita ahli masak, atau kita dapat membuat kerajinan atau jasa, nah keahlian kita itulah yang kita jadikan produk. Yang kedua adalah menentukan produk berdasarkan trend, bertdasarkan trend ini kita menentukan produk dengan melihat apa yang sedang digemari oleh masyarakat, misalkan saja masyarakat diindonesia sedang gemar dengan makanan pedas, nah dari situ kita dapat ikut serta dalam usaha makanan pedas tersebut, kita belajar membuat makanan pedas, kita bersaing. Dan cara menentukan produk yang ketiga adalah menentukan produk berdasarkan peluang, menentukan produk berdasarkan peluang ini kita melihat peluang apa yang ada yang dapat kita manfaatkan untuk dijadikan produk, setelah kita menemukan peluang usaha, kita manfaatkan peluang itu, kita jadikan peluang tersebut sebagai usaha kita.


Cara memulai usaha/cara mendirikan usaha atau cara merintis usaha yang kedua adalah :
2. Menentukan target pasar

Cara memulai usaha atau cara mendirikan usaha yang kedua ini, kita harus menentukan sasaran pasar yang kita tuju, menentukan kepada siapa produk kita akan dijual, apakah akan dijual kepada kalangan atas, kalangan menengah atau kalangan bawah, jika kita akan menjual produk kita kepada kalangan bawah maka kita sesuaikan dengan kebutuhan atau daya beli kalangan bawah, saya rasa tidak mungkin jika kita memproduksi barang mewah tetapi kita memasarkannya kepada kalangan bawah. Atau kita menentukan target pasar kita berdasarkan umur, apakah kita akan menjual produk kita kepada anak-anak, atau kepada remaja, orang dewasa, atau kepada orang tua, kita harus sesuaikan produk kita dengan kebutuhan mereka.


Cara memulai usaha/cara mendirikan usaha atau cara merintis usaha yang ketiga adalah :
3. Menguji kelayakan usaha

Dalam menguji kelayakan usaha yang akan kita dirikan, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu biaya investasi, biaya modal kerja, dan prediksi kas masuk. Misalkan saja kita akan mendirikan usaha warung bakso, disini biaya investasi meliputi berapa biaya yang dibutuhkan sampai warung bakso tersebut berdiri ( biaya bangunan, meja, kursi, dan lainya yang relatif tahan lama), untuk biaya modal kerja, kita menghitung berapa yang dibutuhkan dalam suatu waktu untuk warung bakso tersebut dapat beroperasi (biaya bahan baku bakso, gula, dan lainnya yang sekali habis), sedangkan untuk prediksi kas masuk kita menghitung laba yang kita peroleh dalam suatu waktu. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini

Cara memulai usaha/cara mendirikan usaha atau cara merintis usaha yang keempat adalah :
4. Struktur manajemen

Cara memulai usaha atau cara mendirikan usaha yang keempat ini kita menentukan struktur manajemen dalam usaha kita, apakah kita akan menggunakan manajemen sederhana atau kita menggunakan menejemen yang cukup rumit. Manajemen sederhana, yaitu hanya ada kita sebagai bos dan karyawan sebagai anak buah yang membuat produk, tidak ada manajemen pemasaran, manajemen operasi, dan manajemen lainnya selai kita sendiri, sedangkan manajemen yang cukup rumit, selain kita sebagai bos dan karyawan sebagai anak buah yang membuat produk, kita harus membuat manajemen-manajemen lainnya, seperti manajemen keuangan. operasi atau pemasaran, dan setiap manajemen tersebut memerlukan lagi beberapa karyawan.

Cara memulai usaha/cara mendirikan usaha atau cara merintis usaha yang kelima adalah
5. Modal

Mungkin modal menjadi sebuah hambatan untuk memulai atau mendirikan usaha, bagi saya sendiri modal juga merupakan sebuah hambatan untuk memulai usaha. Bisa kita bayangkan jika memulai usaha tanpa modal sama sekali, apa bisa ?
Saya rasa dalam memulai usahasebuah modal tidak hanya sebatas pada uang, tapi juga tenaga dan waktu, kalau modal tenaga dan waktu ini, saya rasa akan terasa mudah jika kita memiliki keinginan yang besar dan kuat, sedangkan modal uang tidak sesimpel itu saya rasa. Modal uang dapat diperoleh melalui beberapa cara, yaitu dari tabungan sendiri, saham, obligasi, dan lainnya. untuk menjelaskan ini lebih lanjut, silahkan anda kunjungi disini

Cara memulai usaha/cara mendirikan usaha atau cara merintis usaha yang keenam adalah :
 6. Bentuk usaha

Kita dapat menentukan bentuk usaha sesuai dengan yang kita inginkan, apakah kita ingin bentuk usaha perorangan, atau PT, atau CV, ataupun bentuk usaha lainnya yang mungkin dapat kita lakukan.
 

Answered Aug 19, 2017
Anonymous

Menurut saya kalo kita mau mendirikan sebuah perusahaan, kita harus berusaha, tetapi membangun perusahaan tidak cukup hanya perusaha saja, tetapi harus memilik otak yg cerdas. Kalo kita ingin mendirikan usaha kita juga harua memerima apapun yg terjadi bila perusahaannya bangkrut, karna didalem sebuah perbisnisan pasti akan memgali jatuh bangu. 

Answered Aug 19, 2017
Armaya Fitra Akbar Sirait
Peserta Rumah Kepemimpin angkatan 8 | I like sharing,helping,and discussing.

Take action!

Answered Oct 2, 2017
Goro Suseno Tumanggor
Alasan Orang Takut Berbisnis

L89wnZ9VvTEZmouYm7SG9NOewcTgje84.jpg

Ada setidaknya tiga hal.

  1. Hal pertama yang harus Anda miliki sebagai pengusaha adalah harus menemukan sumber daya manusia dan alam yang sesuai dengan usaha Anda. Jumlah total modal harus dikalkulasikan dengan baik dan benar. Modal bisa diperoleh dari kantong pribadi atau tabungan, pinjaman dari sanak keluarga atau saudara, serta pinjaman dari lembaga keuangan bank dan nonbank.
  2. Kedua adalah harus menyusun dan membuat pembukuan yang berisi tentang:
  • keadaan dan jumlah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan;
  • kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan;
  • perjanjian kerja yang terjadi baik dengan pihak pemerintah atau swasta;
  • keluar masuknya surat, dokumen, korespondensi;
  • laporan keuangan perusahaan per periode (bulan, tahun, kuartal); dan
  • arsip dari segala surat, kegiatan dan lainnya.
  1. Ketepatan dan kepatuhan dalam membayar pajak. Ada beberapa jenis pajak yang harus dibayarkan, antara lain: pajak penghasilan (PPH), pajak pertambahan nilai produk baik barang dan jasa, pajak bumi dan bangunan, serta pajak penjualan atas barang mewah.

Ilustrasi via pixabay

Answered Oct 2, 2017
Eka Awlya Yuladina
Universitas Brawijaya - Mahasiswa Agrobisnis Perikanan

Mendirikan sebuah perusahaan ternyata tidak semudah memballikan telapak tangan. mendirikan perusahan sebuah perusahaan ternyata memerlukan sebuah peikiran yang benar-benar matang sebelumnya. hal ini bertujuan agar perusahaan yang didirikan tersebut dapat berlangsung terus-menerus serta meminimalisir terjadinya kebangkrutan. jadi langkah tepat sebelum mendirikan sebuah perusahaan diawali dengan untuk siapa perusahaan tersebut didirikan. kemudian perusahaan jenis apa yang cocok didirikan saat ini. serta yang terakhir adalah bagaimana langkah awal untuk membangunnya agar menjadi perusahaan yang dapat bermanfaat bagi siapa saja.

Answered Dec 23, 2017

Salah satu cara yang dapat ditempuh dalam mendirikan suatu perusahan adalah dengan mempelajari model bisnis kanvas. Bisnis kanvas merupakan salah satu strategi bisnis yang dapat mendesain, menggambarkan hingga menyimpulkan aspek – aspek bisnis menjadi satu strategi yang utuh. Bisnis Canvas terdiri atas sembilan aspek, yaitu:

1.Customer Segments

Customer Segments menjadi blok area yang paling utama karena dari customer lah Anda akan mendapatkan income.

Customer Segments meliputi 2 hal penting, yakni;

  • Siapa customer Anda?
  • Kepada siapakah produk atau layanan Anda akan dijual atau ditujukan?

2.Value Proposition

Dalam bisnis selalu ada produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Dalam blok area Value Proposition mencakup produk atau layanan apa yang Anda tawarkan untuk calon customer.

3. Channels, Channels merupakan sarana untuk Anda menyampaikan nilai atau manfaat dari produk kepada customer segment. Hal ini mencangkup dua hal, yaitu;

  • Bagaimana Anda memberikan layanan kepada customer?
  • Bagaimana cara customer dapat memperoleh produk?

4. Customer Relationship, Di dalam lingkup ini yang dinilai adalah bagaimana Anda menjalin hubungan dengan pelanggan. Agar pelanggan tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain, maka jalinlah hubungan yang baik. Selain itu, diperlukan juga pengawasan yang ketat dan intensif.

5. Revenue Stream, Model bisnis kanvas adalah mencakup langkah-langkah yang harus dikuasai oleh seorang pebisnis. Bisa dikatakan bahwa Revenue Stream adalah bagian paling vital dari Model Bisnis Kanvas ini karena pada bagian inilah yang menentukan kemampuan Anda dalam memperoleh pendapatan dari pelanggan.

6. Key activities, Key activities mencakup segala aktivitas yang harus dilakukan seorang pelaku bisnis untuk menghasilkan produk atau layanan yang baik dan memuaskan. Yang termasuk dalam lingkup ini adalah branding, packaging, pesaran internet dan lainnya.

7. Key Resources, Yang termasuk dalam area Key Resources adalah berbagai sumber daya yang dimiliki pebisnis atau organisasi untuk mewujudkan proposisi nilai seperti manusia, brand, peralatan, dan teknologi.

8. Key Partnership, Key Partnership berisi pihak-pihak yang menjadi penentu terhadap jalannya suatu bisnis. Key Partnership mempengaruhi suksesnya suatu bisnis. Hal ini selaras dengan fakta bahwa bisnis yang baik tidak hanya mampu menjalin hubungan dengan para pelanggan saja, tapi juga dengan pihak yang bersangkutan lainnya seperti supplier dan tim pemasaran.

9. Cost Structure, Meliputi biaya-biaya apa saja yang harus dikeluarkan untuk membentuk, memproduksi dan memasarkan produk atau layanan bisnis.Dengan pengelolaan biaya yang benar, bisnis yang kita jalankan akan menjadi lebih efisien, hemat dan meminimalkan resiko kerugian.

Answered Dec 26, 2017
Abdullah Aljabir
Material Engineering Student in ITS Surabaya | Rumah Kepemimpinan Surabaya

Perusahaan adalah  sebuah lembaga yang kita dirikan atas jerih payah kita dan rekan-rekan kita. Secara umum membuat perusahaan adalah hal yang sederhana, cukup kita aktualisasikan ide kita dalam menghasilkan produk atau jasa apapun lalu kita patenkan dalam sebuah "brand" lalu kita kenalkan ke masyarakat luas atau target pasar kita. Besarnya perusahaan tergantung dari ide dan jerih payah kita sebagai pendiri perusahaan. Ide yang bagus akan memancing banyak nya investor untuk membiayai perusahaan kita agar semakin berkembang jika tidak kita harus memasarkan sendiri dengan jerih payah sendiri untuk membesarkan perusahaan kita sendiri. Namun kebanyakan perusahaan besar dengan cepat karena idenya yang mampu menyentuh "Pain Poin" masyarakat yang menjadi kebutuhan paling dicari , sehingga dengan mudah ide dari perusahaan ini berkembang dengan pesat, namun tidak menutup kemungkinan ide kita yang biasa-biasa saja asalkan bisa survive dan ada yang menggunakan jasa atau produk kita tetap akan terus berjalan, hanya tinggal di berikan sentuhan inovasi agar tetap bertahan dan bahkan berkembang menjadi besar. Kuncinya adalah keyakinan dan usaha.

Answered Jan 4, 2018
Rizky Gian Pratama
Pemuda Minang|Rumah Kepemimpinan 8| Ketua HMTI ITS 16/17|Industrial Engineer

Mendirikan perusahaan harus didahului dengan kajian kelayakan. banyak aspek kelayakan yang harus dilihat yaitu aspek keuangan, aspek risiko, aspek peraturan dan lainnya. aspek keuangan tentunya untuk melihat seberapa bisa perusahaan menghasilkan keuntungan, aspek risiko melihat ketidakpastian apa yang akan dihadapi perusahaan, aspek legalitas atau peraturan melihat feasibilitas usaha dari segi hukum pendirian dan lain sebagainya. namun saat ini cara mendirikan perusahaan tidak seribet yang dibayangkan, banyak perusahaan kecil yang memulai dari digital tanpa harus menempuh sekian banyak alur birokrasi

Answered Jan 8, 2018
Ilham Syahputra
Seorang mahasiswa pecinta pena yang terlahir diujung pelosok pulau sumatera

Mendirikan sebuah perusahaan besar tentunya diawali dengan langkah kecil yang pasti. Kalangan mahasiswa sebagai akademisi adalah generasi terbaik yang harus disiapkan untuk membangun bangsa ini. untuk memulai sebuah usaha sangat dibutuhkan adanya modal materi. maka langkah awal adalah mencari modal dengan cara bekerja atau membuka usaha kecil-kecilan. seperti halnya seorang dosen yang bekerja tetap pada sebuah universitas memiliki perusahaan besar. lantas mengapa ia masih bekerja sebagai dosen? dari dosen inilah awal merintis sebuah usaha. mengumpulkan modal dari hasil gaji sedikit demi sedikit. sampai pada akhirnya berkembag dan terus berkembang. membangun perusahaan juga harus membentuk sebuah tim yang tangguh. karena keberhasilan perusahaan terlihat dari kepemimpinan seorang pemimpin untuk mengatur seluruh anggotanya.

Answered Feb 1, 2018
Maulana Fikri
Mahasiswa Teknik Mesin ITB 2014 - Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 2 Bandung

Membuat ide usaha yang inovatif. Lalu mencari tim yang memiliki visi sama. Bangun tim tersebut agar solid. Lalu membuat komitmen bersama, visi bersama, SOP bersama dan berproseslah sampai bisa berjalan beberapa waktu. Setalah dirasi cukup dan mempunyi modal besar. Bangunlah perusahaan tersebut dengan mendafatarkannya secara resmi.

Answered Feb 1, 2018
Galang Novan
Entrepreneur

Mengangkat CEO atau DIrektur dan Membangun Jaringan yang Kuat serta Value yang Kuat pula

Answered Feb 2, 2018
Zaid Sulaiman
Peserta Rumah Kepemimpinan 8 | mahasiswa ITS 2015 | teknik Material & metalurgi

Pertama, membuat akte perusahaan

Karena perusahaan berbadan hukum maka sangat mutlak perlu membuat akte perusahaan Anda. Biasanya akte ini berisi informasi tentang nama perusahaan, bergerak di bidang apa, nama para pemilik modal, modal dasar, modal disetor, pengurus perusahaan seperti siapa direktur utama, direktur, dan para komisaris.

Kedua, mendapatkan Surat Keterangan Domisili Usaha.

Ini Anda dapatkan dari kantor kelurahan atau kantor kepala desa di mana perusahaan Anda berdomisili. Berdasarkan surat ini, Camat mengeluarkan surat keterangan yang sama.

Untuk mendapatkan surat keterangan domisili, Anda memerlukan salinan akte perusahaan Anda. Selain itu, petugas kelurahan kadang atau sering juga menanya apakah tempat usaha disewa atau milik sendiri. Bila disewa, mereka menanya copy perjanjian sewa menyewa. Bila milik sendiri, mereka meminta copy sertifikat tanah dan IMB. Kadang, ada juga yang minta copy bukti bayar PBB- apakah sudah lunas atau tidak.

Biasanya, mengurus sk domisili dipungut biaya administrasi. Biaya administrasi ini bervariasi dari satu kelurahan ke kelurahan lain,

Ketiga, mengurus NPWP perusahaan.

Untuk mendirikan aperusahaan, NPWP perusahaan adalah mutlak. Untuk mendapatkan NPWP, Anda memerlukan salinan akte perusahaan dan surat keterangan domisili.

Ada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah tertentu meminta copy SK Menteri tentang Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan. Ada juga yang hanya meminta akte dan sk domisili.

Biasanya pembuatan NPWP hanya butuh 1/2 jam. Bila Anda memasukkan berkas di pagi hari ke kantor pajak, pagi itu juga Anda bisa  mendapat NPWP.

Keempat, mendapatkan Surat Keputusan Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan dari Departemen Hukum dan HAM.

Untuk mendapatkan ini, diperlukan salinan akte perusahaan dan Surat Keterangan Domisili. 

Kelima, mengurus SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

SIUP merupakan bagian dari proses mendirikan PT agar perusahaan Anda bisa beroperasi.

Mengurus SIUP relatif sama di berbagai tempat.

Keenam, mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

TDP merupakan bagian dari proses pendirian perusahaan. Biasanya ini diurus setelah Anda mendapatkan SIUP. Pada pemda tertentu, Anda dapat mengurus SIUP dn TDP sekaligus. Persyaratannya relatif sama untuk berbagai daerah.

Itulah langkah-langkah utama untuk mendirikan perusahaan di republik ini secara umum.

 

sumber : https://www.putra-putri-indonesia.com/mendirikan-perusahaan.html 

Answered Mar 2, 2018
Lutfi Ilham Pradipta
Teknologi Industri Pertanian IPB 2014 | Rumah Kepemimpinan Bogor | Kab. Batang

Mulai aja. Kerjain konsep mateng. Ajak temen. Cari mitra. Cari mentor. Action, action, actiooooonnnnnnnnnnnN!!!!!!!!!!!!!!!

Answered Mar 3, 2018
Anonymous

punya modal yang baik baru buka perusahaannya

Answered Apr 2, 2018