selasar-loader

Film cinta apa yang paling Anda sukai, apa alasannya dan bagaimana jalan ceritanya?

Last Updated Feb 3, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Anggarini DNastiti
mencintai diri sendiri

mUDEGlOrJKZuATLsNg_rynPzcRNnh7Jn.png

Jika berbicara menganai film bertemakan cinta, mungkin mayoritas akan mengarah pada cerita sepasang muda-mudi yang sedang mabuk cinta atau kisah sehidup semati dua insan manusia. Tapi pasti banyak juga yang menyadari bahwa "cinta" tidak hanya sebatas itu. Salah satu film tentang cinta yang menjadi favorit saya adalah film It's Kind of a Funny Story.

It's Kind of a Funny Story sebenarnya memiliki genre drama-komedi. Dari judulnya saja, film ini tidak terdengar romantis sama sekali. Film ini cukup memberikan pencerahan kepada saya bagaimana cara mencintai diri sendiri,keluarga, teman-teman, lingkungan sosial, serta bersyukur dengan hidup yang kita miliki. Dalam film ini kita, ditunjukkan bahwa hidup tidak selamanya selalu bahagia. Masalah kecil pun bisa sangat mengusik jika kita tidak mengerti cara mengatasinya. Kebanyakan orang saat ini merasa bahwa dirinyalah yang paling menderita. Berkaitan dengan hal itu, film ini mengingatakan kita untuk selalu bersyukur karena bahkan banyak orang yang mempunyai masalah lebih sulit dari yang kita alami.

Dalam film ini, diceritakan kisah seorang anak remaja laki-laki bernama Craig (Keir Gilchrist),16 tahun, yang mengalami depresi. Craig mengalami depresi karena ia merasa memiliki masalah dengan lingkungan sekolah, keluarga, dan pertemanannya, namun tidak memiliki tempat untuk mencurahkan segala kegelisahannya. Tidak jarang, Craig melakukan percobaan bunuh diri, tapi selalu gagal, sampai akhirnya Craig benar-benar merasa membutuhkan bantuan karena ia menyadari apa yang ia lakukan tidak normal.

Craig pergi ke tempat rehabilitasi gangguan jiwa (Rumah Sakit Jiwa) dan ia meminta untuk direhab selama beberapa hari di sana.

5TtF3fP1VHd4u_zUteLp29u47aZ7pHf_.gif

Belum sampai batas waktu rehab yang ditentukan, Craig malah sudah meminta pada dokter untuk dipulangkan karena merasa takut dan tidak nyaman dengan keadaan di dalam tempat rehab tersebut. Di dalam sana, Craig mendapatkan banyak pelajaran dari orang-orang yang memiliki masalah bahkan lebih rumit daripada yang ia alami. Sampai akhirnya Craig kembali ke rumah berkumpul dengan keluarganya dan kembali ke sekolah bersama teman-temannya dengan lebih mensyukuri apa yang ia miliki dan mencintai diri sendiri serta orang-orang di sekitarnya.

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Anna Boden dan Ryan Fleck, dirilis pada tahun 2010. Namun sebenarnya film ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama, diterbitkan tahun 2006. Film ini bisa jadi rekomendasi bagi remaja atau siapapun agar lebih bersyukur dan mencintai apa yang telah dimiliki.

Answered Mar 12, 2017
Baskoro Aris Sansoko
Cinta itu Ada di Segala Spektrumnya

AYZU60uinO2Y5bxVOme5uO0Xh_I5YBUU.jpg

Ada tiga film terangkai dalam sebuah trilogi yang menjadi kesukaanku. Judul ketiganya sesuai urutan adalah Before Sunrise, Before Sunset, dan Before Midnight. Tiga film ini disutradarai oleh Richard Linklater. Trilogi ini mengambil kisah tentang Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpy) dari awal mereka bertemu hingga menjadi tua. Ada dua keunikan konsep dari trilogi ini.

  1. Antara film pertama, film kedua,film kedua dengan film ketiga berjarak 9 tahun dengan aktor yang sama. Ini membuat Ethan Hawke dan Julie Delpy benar-benar tumbuh di setiap filmnya. Perbedaan usia 9 tahun ini membuat dialog di masing-masing film memiliki nuansa berbeda. Di film pertama, usia mereka sekitar 22-23 tahun, setara  mahasiswa yang baru lulus atau di tahun akhir.
  2. Ketiga filmnya hanya berisi Jesse dan Celine berjalan di suatu kota dan mereka berbincang. Hanya itu. Hanya dua orang berbincang bersama sambil jalan-jalan. Film pertama di Vienna, film kedua di Paris, dan film ketiga aku lupa kotanya apa, tapi yang pasti di Yunani. Film ini tidak melibatkan konflik-konflik dramatis dan memfokuskan pada dialog antara mereka yang benar-benar menarik di setiap filmnya.

Keunikan trilogi inilah yang menjadikan aku menganggap tiga film ini benar-benar bisa menggambarkan secara jujur bagaimana pasangan itu hidup dan tumbuh bersama. Di masing-masing usia, ada perbincangan dan masalahnya tersendiri sehingga menjadikannya lebih menarik untuk direnungkan. Di sisi lain, aku sangat nyambung dengan film ini karena aku dan pasanganku yang sekarang adalah dua orang yang suka berbicara. (Juga jalan-jalan. haha.) Kami sempat menontonnya bersama, kurang film yang terakhir.

Sementara ini, kami lebih suka film yang kedua daripada film yang pertama. Kami merasa lebih nyambung dengan isi dialognya dan lebih menarik. Padahal, seharusnya usia karakter pada film kedua sekitar 31-32 tahun, sedangkan kami masih di awal dekade kedua hidup kami. We have such old souls. Tuwek! Haha.

Tapi yang pasti, ketiga film ini wajib ditonton untuk setiap orang yang hendak dan sedang berpasangan. Tidak alay. Tidak lebay. Dan paling bisa untuk kembali mengingatkan kita bahwa inti hubungan adalah di percakapan. Terutama untuk yang berencana memiliki hubungan yang lama; apalagi sehidup semati.

Answered Mar 13, 2017

Question Overview


5 Followers
692 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apakah di masa yang akan datang, ada film yang menyaingi ranking The Shawshank Redemption dan The Godfather di IMDB?

Mengapa sebagian besar film yang masuk ke bioskop Indonesia berasal dari Amerika dan bukan dari India?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapat dari menonton film?

Apa judul film Indonesia terbaik sepanjang masa?

Mana yang lebih bagus; film yang berdasarkan kisah nyata atau yang 100% fiksi?

Apakah The Walking Dead serial TV yang bagus?

Film apakah yang dianggap paling berpengaruh dalam memperkenalkan budaya populer?

Pada film apakah kita bisa melihat pengaruh nilai-nilai post-modernisme?

Bila saya ingin melihat pengaruh nilai-nilai modernisme, film apa yang Anda rekomendasikan?

Menurut Anda, negara manakah yang menguasai industri populer saat ini?

Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Bagaimana rasanya ditinggalkan oleh orang yang sangat dicintai?

Lagu apa yang membuat Anda teringat pada mantan kekasih?

Siapa nama mantan pacar pertama kamu? Bagaimana kabar dia saat ini?

Bagaimana cara mendekati/PDKT dengan wanita yang benar?

Siapakah cinta pertama Anda?

Gejala apakah yang biasanya dialami oleh orang yang sedang jatuh cinta?

Seperti apa patah hati (broken heart) terhebat yang pernah Anda alami?

Apakah menyukai pria mapan lantas membuat perempuan menjadi materialistis (matre)?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?