selasar-loader

Apa yang membedakan pengusaha sukses dengan yang tidak?

Last Updated Nov 16, 2016

79 answers

Sort by Date | Votes
Achmad Zaky
Pendiri dan CEO Bukalapak

VdA_MWKUKQPtbngegTS9hNPz6E1JZMd9.jpg

via anchalblogs

 

Yang paling membedakan adalah karakternya.

Kegigihan/Pantang Menyerah

Pengusaha yang berhasil umumnya gigih dan pantang menyerah. Mereka menyadari bahwa kegagalan adalah keniscayaan. Dari kegagalanlah mereka belajar. Mereka terus bangkit dan akhirnya menang. Sedang yang tidak berhasil umumnya mudah menyerah jika ada tantangan berat atau kegagalan.

Memiliki Visi Panjang

Kita sering kali temui pengusaha-pengusaha banyak yang bangkrut. Kalau saya analisa beberapa diantaranya umumnya karena materialisme. Ketika mereka mencapai keberhasilan, mereka mudah senang dan kemudian hura-hura, lalu datanglah masa sulit yang menerpa mereka. Ini yang membedakan yang berhasil dan yang tidak. Yang berhasil umumnya menyiapkan mentalnya untuk jangka panjang, bukan pendek. Jadi ketika berhasil pun, mereka tetap hati-hati akan apa yang terjadi selanjutnya. Yang tidak berhasil umumnya memiliki mindset jangka pendek.

 

Answered Nov 21, 2016
Yoga Rokhmana
Owner www.bonekahorta.biz

Pengusaha sukses bergaul di lingkungan yang dipenuhi dengan orang-orang yang punya visi dan semangat yang sama. Dengan saling berinteraksi dan bertukar pikiran mereka akan semakin maju mengembangkan bisnisnya. Mereka juga bisa berkolaborasi mendukung bisnis satu sama lainnya. Saling memotivasi dan menginspirasi dengan hasil karya nyata yang dihasilkan.
Pengusaha yang tidak sukses berada di lingkungan yang tidak mendukung. Suasana yang terbentuk menjadi negatif terhadap kemajuan diri dan usahanya.

Saya ingin menutup pendapat saya dengan sebuah cerita yang saya dapat dari internet.

Dalam perjalanan pulang dari hutan seorang pemburu mendapati sebuah sarang burung yang terjatuh dari dahan pohon yang besar. Setelah dilihat lebih seksama, ternyata masih ada sebutir telur yang utuh, tidak pecah. Dibawanya telur itu pulang. Sesampainya di rumah telur tersebut diletakan jadi satu dengan telur-telur ayam miliknya yang sedang dierami oleh induknya.
 
Ketika menetas ternyata telur burung yang ditemukan oleh pemburu tersebut adalah telur burung elang. Karenanya ketika anak-anak ayam tersebut mulai besar, si anak burung elang mempunyai postur yang berbeda dengan “saudara-saudaranya” yang lain.

Pada suatu siang yang terik, ayam-ayam itu sedang mencari makan di ladang, tiba-tiba datanglah seekor burung elang mencari mangsa. Dengan suaranya yang melengking, burung elang terbang berputar-putar di atas ladang. Kontan saja, ayam-ayam yang sedang asyik makan diladang lari tunggang langgang mencari tempat persembunyian. Tetapi si anak burung elang tetap terdiam di tengah ladang seraya menatap burung elang yang masih berputar-putar di udara. Si anak burung elang masih berpikir ternyata ada “ayam” besar yang mirip dirinya bahkan bisa terbang dengan gagahnya. Mendadak si anak burung elang terbesit keinginannya untuk terbang. Setiap hari ia berlatih untuk bisa terbang, tapi selalu gagal.

Ketika sedang belajar terbang dan hampir putus asa, tiba-tiba datang kembali burung elang mencari mangsa. Sekali lagi, si anak burung elang tidak mau sembunyi, tapi terus memperhatikan burung elang yang terbang berputar-putar di atasnya. Tiba-tiba si burung elang terbang menukik dan menyambar anak elang yang masih terbengong. Dengan cengkeraman kakinya, burung elang dewasa membawa anak burung elang terbang. Inilah kali pertama dia mengalami pengalaman terbang. Dan mulai saat itu, si anak elang belajar terbang dengan burung elang dewasa itu.

ELANG TIDAK MUNGKIN BISA TERBANG, KALAU DIA HIDUP DI KUMPULAN AYAM

Ada seorang bijak yang mengatakan bahwa buku yang saat ini kita baca dan teman kita saat ini-lah yang akan memberikan gambaran kondisi kita lima tahun yang akan datang. Karena itu, berhati-hatilah memilih teman karena mereka akan mempengaruhi pola pikir dan sikap kita dalam kehidupan. Tetaplah bergaul dengan orang-orang yang senantiasa memberi pengaruh energi positf kepada kita.

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Tanpa bermaksud untuk membeda-bedakan dalam berteman, akan lebih baik kalau kita selalu bergaul dengan orang-orang yang sukses, orang yang cerdas. Mereka adalah orang-orang yang tidak hanya sukses dunia (materi) tapi juga sukses akhirat.

 

Answered Jan 14, 2017

Cara membedakan pengusaha sukses dan pengusaha yang tidak sukses adalah sbb :

1. Pengusaha sukses akan berpikir untuk membuat produk yang dapat bermanfaat oleh setiap manusia/target market. Sedangkan pengusaha tidak sukses hanya berpikir produk laku terjual dan mendapatkan keuntungan yang tinggi

2. Pengusaha sukses akan berpikir menggunakan omset keuntungan untuk diputer kembali untuk meningkatkan kinerja perusahaan. sedangkan pengusaha yang tidak baik akan menggunakan uang hasil keuntungan untuk berfoya-foya bersama keluarganya

3. pengusaha sukses akan terus berpikir untuk melakukan inovasi produk agar bisnisnya dapat terus berkembang. sedangkan pebisnis tidak sukses akan merasa cukup akan apa yang dia dapatkan

4. pengusaha sukses adalah pengusaha yang terus belajar dan selalu terus ingin tumbuh. Sedangkan pengusaha tidak sukses adalah pengusaha yang hanya berorientasi kepada uang dan tidak terus belajar

Answered Jan 18, 2017
Feby Fahriza
CEO Estavel Food

Pengusaha bisa disebut sukses apabila memberikan manfaat kepada orang-orang disekitarnya. Tidak hanya keuntungan pribadi yang dikejar tapi bisa ikut menaikan taraf kehidupan orang lain. 

Answered Jan 20, 2017
Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

OxQe-iMk8mN3O3D55O9sESEaWBbUrsNs.jpg

via renderasbusiness.com (ASAM)

Pengusaha sukses memiliki sikap yang komitmen dan konsistens.

Answered Apr 2, 2017
Florensius Marsudi
Lelaki, satu istri, satu putri. Masih belajar menulis....

TvIvq0-t9ULf0ZANP9_GwJ0D9jx0_psi.jpg

via bp.blogspot.com (FR)

Pembeda pengusaha sukses dan pengusaha yang tidak sukses, yaitu:

Pertama, pengusaha sukses berorientasi pada pemanusiaan manusia, bukan pada pada orientasi materi. Hal tersebut berarti, apapun yg dilakukan oleh seorang pengusaha, harus melihat siapa manusia yang berusaha bersamanya. Pengusaha tidak sukses,  tak pernah melihat bahwa orang-orang yg bersamanya adalah aset utama yg perlu dikelola.

Kedua, pengusaha sukses mengedepankan logika (empati manusiawi) dan materi. Pengusaha tidak sukses mengedepankan materi, manusiawi injak harga diri manusia,  baru olah nalar-logika (itupun jika sudah terpaksa harus mikir).

Ketiga, pengusaha sukses selalu mau koreksi diri. Sedangkan pengusaha tidak sukses, segala kesalahan bahkan kemunduran perusahaan ditimpakan orang orang yg bersamanya. Sang pengusaha tidak ingin berkaca.

Keempat, pengusaha sukses jg bisa dilihat kualitas SDM yg direkrut.  Pengusaha tidak sukses akan asal comot manusia yg mau berkarya. Bila perlu sang pengusaha kolusi, dan nepotisme.

Terakhir, dalam beberapa hal, kesuksesan pengusaha juga ditentukan oleh berapa orang yang masuk dan berapa orang yang mengundurkan diri dari perusahaan. 

Intensitas orang yg mengundurkan diri semakin sering, bahkan semakin banyak, itu pertanda sang pengusaha tidak sukses. Ia tidak becus kelola perusahaan, dalam arti nggak cerdas mengelola manusia sebagai partner berusaha!

Answered Apr 3, 2017
Ahmad Bayu Aji
Chemistry Education Student of Universitas Pendidikan Indonesia 2014

G6cOMcLnnm7JPdqMdvbfJoqJGBfYdyBo.jpg

Pertama, konsistensi itu adalah hal mendasar yang dibutuhkan setiap individu ataupun pengusaha, sekaligus kalau dilihat,  pengusaha dipisah menjadi peng- dan usaha, jadi orang yang melakukan kerja untuk suatu tujuan tertentu. Nah dari sini, secara umum usaha adalah sesuatu yang harus dijaga konsistensinya hingga membuahkan sebuah keberhasilan. Lain hal dengan yang tidak sukses, maka ketika berada di ambang kondisi yang tidak memungkinkan dia akan cepat untuk mundur dan menyerah.

Kedua, optimis. Hal ini yang akan membuat kamu lebih bersemangat dan lebih energik dalam melakukan sesuatu dan seandainya bila itu tidak mungkin, sekaligus maka suatu saat akan terjadi karena semesta mendengarkan setiap usaha kita.

Ketiga, tidak cepat untuk menyerah. Ini hal yang paling sulit untuk kebanyakan orang karena merubah kondisi hati ataupun keadaan pikiran akan sangat sulit dilakukan.

Keempat, motivasi dalam diri. Hal ini sungguh penting karena inner motivation adalah hasrat untuk mencapai sesuatu atau melakukan sesuatu demi kehidupan yang lebih baik lagi.

Kelima, komunikasi antar sesama, keterbukaan, sikap, dan hal positif lainnya akan membawa kita ke dalam jurang keberhasilan.

gambar via liputan6.com

Answered Jul 18, 2017
Tiara Kirana
Akuntansi Vokasi

Yang membedakan pengusaha sukses dengan yang tidak adalah dapat dilihat saat mereka berada di ambang kesuksesan dan di ambang kegoyahan seakan hancur. Mereka yang sukses akan cenderung tidak puas dan terus ingin berinovasi saat di ambang kesuksesan tentunya diimbangi dengan rasa syukur akan apa yang telah mereka dapatkan serta ketika mereka di ambang kehancuran karier, mereka tidak menyerah dan tetap tersenyum dan bersabar, berjuang untuk memperbaiki apa yang sekiranya rusak, sedangkan mereka yang tidak sukses cenderung merasa puas dan menyombongkan apa yang telah mereka raih, saat karier mereka hancur, mereka berputus asa dan menganggap semuanya telah usai. 

Tiara Kirana P_1706010722_Azhiga

Answered Aug 1, 2017
Rizki Najib Makarim
Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Pengusaha yang sukses dapat dilihat ketika ia mengalami suatu musibah atau kegagalan. Jika ia berhasil bangkit dan mampu menghadapi kegagalan tersebut, maka ia adalah seorang pengusaha yang sukses.

Answered Aug 2, 2017
Parlaungan Iffah Nasution
Student of UNAIR | RK Surabaya 8 | Sekjen ILP2MI

Yang membedakan adalah bagaimana pengusaha tersebut memanfaatkan waktunya untuk mengembangkan usahanya.

Answered Aug 2, 2017

Yang membedakan adalah bermanfaat atau tidaknya dia. Pengusaha sukses akan memberikan yang terbaik untuk orang-orang di sekitarnya, contohnya dalam hal harta, pengusaha sukses akan menggunakan sebagian hartanya untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Selain dalam hal harta, bisa juga dalam hal lingkungan, misalnya dia mempunyai pabrik, nah, pabrik tersebut tidak akan merusak lingkungan, sedangkan pengusaha yang tidak sukses, dia tidak akan memikirkan orang lain di sekitarnya, dia hanya menggunakan hartanya untuk kepentingannya sendiri, tak peduli apa yang ada di sekitarnya, yang terpenting baginya adalah "Aku kaya".

Vokasi-Komunikasi Adv'17

Answered Aug 2, 2017
suci ika Dewi
Mahasiswa FIK UI 2017

Menurut saya, yang membedakan pengusaha sukses dengan yang tidak adalah cara perjuangan dan usaha mereka. Karena hasil tidak akan menghianati usaha

 

Suci Ika Dewi_Fakultas Ilmu Keperawatan_Jagaraga 8

Answered Aug 5, 2017

Keuletan dan keberuntungan.

Answered Aug 7, 2017
Rizqa Amalia
Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Diponegoro

Pengusaha sukses adalah pengusaha yang mampu berorientas di masa depan serta berani mengambil risiko dengan segala tanggung jawabnya.

Answered Aug 7, 2017

Kegigihan/Pantang Menyerah

Pengusaha yang berhasil umumnya gigih dan pantang menyerah. Mereka menyadari bahwa kegagalan adalah keniscayaan. Dari kegagalanlah mereka belajar. Mereka terus bangkit dan akhirnya menang. Sedang yang tidak berhasil umumnya mudah menyerah jika ada tantangan berat atau kegagalan.

Memiliki Visi Panjang

Kita sering kali temui pengusaha-pengusaha banyak yang bangkrut. Kalau saya analisa beberapa diantaranya umumnya karena materialisme. Ketika mereka mencapai keberhasilan, mereka mudah senang dan kemudian hura-hura, lalu datanglah masa sulit yang menerpa mereka. Ini yang membedakan yang berhasil dan yang tidak. Yang berhasil umumnya menyiapkan mentalnya untuk jangka panjang, bukan pendek. Jadi ketika berhasil pun, mereka tetap hati-hati akan apa yang terjadi selanjutnya. Yang tidak berhasil umumnya memiliki mindset jangka pendek.

Answered Aug 8, 2017

Pengusaha sukses itu pasti lebih maju usahanya daripada yang tidak sukses.

Answered Aug 9, 2017

Pengusaha sukses jika ia mampu bangkit saat terpuruk. Sedangkan yang tidak sukses, ia tak mencoba untuk bangkit dan tetap di zona nyaman.

Answered Aug 10, 2017

Konsisten

Kerja keras

Efisien 

Inovatif

Pemasaran yang luas 

Berani ambil resiko

Rasional

Answered Aug 10, 2017

Seorang pengusaha yang sukses akan menunjukkan potensi dan kemampuan yang ia miliki. Ia akan menggunakan skill dan opportunity yang ia miliki dalam sebuah usaha. Salah satu yang terpenting adalah percaya diri dan berani berkarya dan berinovasi. Seorang pengusaha bisa dikatakan sukses jika ia berani membuat sebuah inovasi dan dapat berpikir kritis dan kreatif. Jika seseorang merasa tidak percaya diri dan takut untuk mencoba dan berkarya, ia akan menjadi seorang pengusaha yang gagal atau tidak sukses karena didasarkan oleh hal tersebut.

Answered Aug 10, 2017
Anonymous

Pengusaha yang sukses adalah  pengusaha yang memiliki konsep yang tapi ulet di dalam menjalani diiringi dengan perjuangan yang pantang menyerah .

Pengusaha yang tidak sukses adalah pengusaha yang tidak terkonsep yang tidak ulet dalam menjalani usaha itu dan cepet menyerah.

Answered Aug 10, 2017

Question Overview


and 86 more
104 Followers
2588 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa beda antara startup dan perusahaan lainnya? Mengapa istilah startup begitu naik daun?

Bagaimana cara membangun tim awal startup/perusahaan?

Apa yang menyebabkan sebuah startup digital mengalami kegagalan pada tahun pertamanya?

Apakah nama perusahaan startup terbaik di Indonesia?

Apa yang menyebabkan jumlah venture capital di Indonesia tidak sebanyak di Amerika?

Apa rahasia membangun sebuah startup digital yang sukses?

Apa yang dimaksud dengan design thinking?

Apa yang dimaksud dengan design sprint?

Mengapa design sprint digunakan untuk membuat produk digital?

Apa yang membuat Steve Jobs sukses membangun Apple?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa pengalaman terburuk yang pernah Anda alami seumur hidup?

Apa pengalaman terbaik/terindah yang pernah Anda alami sepanjang hidup Anda?

Bagaimana cara Anda meniti karier dari bawah sampai ke puncak?

Bagaimana rasanya ditipu/difitnah/dizalimi oleh orang lain?

Apa hal yang paling berbahaya/berisiko yang pernah Anda lakukan?

Apa pengalaman yang paling mengesankan selama hidup Anda?

Apa cerita nyata yang Anda alami tapi banyak orang tidak percaya?

Apa cerita hebat mengenai orang tua Anda yang akan ceritakan ke anak Anda?

Apa pengalaman kehidupan yang paling berkesan dalam diri Anda?

Apa hal paling menyedihkan yang pernah Anda dengar, baca, dan lihat?

Apa itu Rumah Kepemimpinan? Apa saja program dan kegiatannya?

Kenapa Selasar akhir-akhir ini mengunggah tulisan para peserta Rumah Kepemimpinan?

Mengapa anda memilih Rumah Kepemimpinan sebagai tempat menimba ilmu, berproses, dan menginfakkan diri dalam lingkaran yang disebut keluarga?

Bagaimana Anda memaknai tujuan kehidupan?

Siapa orang yang selalu menyemangati hidup Anda?

Apa saja hukum-hukum fisika yang penting tapi tidak banyak diketahui orang lain?

Bagaimana cara yang masih dapat dilakukan manusia untuk memanfaatkan energi yang dikeluarkan oleh matahari?

Siapa Drs. Musholli, pendiri Nurul Fikri?

Bagaimana cara kamu mengatasi kesedihan?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Psikologi?

Bagaimanakah Pendidikan yang paling baik?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apa itu Business Model Canvas? apa kelebihannya dibanding pemodelan yang lain?

Kenapa rumah harus ada pintu dan jendela?

Menurut Anda, adakah ganda campuran yang pantas menggantikan Owi-Butet?

Apa arti "kesembuhan" bagi anda?

Apakah skill atau keahlian paling utama yang harus dimiliki seorang guru taman kanak-kanak?

Apa kabar mahasiswa masa kini?

Apa ketakutan terbesarmu?

Apa yang pertama kali harus dilakukan oleh orang tua manakala diketahui anaknya menonton video porno?

Jika Milea adalah istrimu sekarang, apakah kamu tidak cemburu dengan kisahnya bersama Dilan?

Tempat nongkrong apa yang paling asyik di Surabaya?