selasar-loader

Mengapa orang dapat terjerumus dalam narkoba?

Last Updated Nov 18, 2016

Faktor-faktor apa sajakah yang memengaruhi hal ini?

5 answers

Sort by Date | Votes
Hari Nugroho
Suka single origin kopi Indonesia

lj87DKga5A_ev3Ej65D313EMHwVvRUjj.jpg

Orang yang menjadi menggunakan narkoba tidak disebabkan oleh satu faktor saja. Pada dasarnya orang menggunakan narkoba adalah hasil interaksi kompleks antara faktor biologi, psikologis, dan sosial.

Faktor biologi misalnya adalah variasi genetik, dan kondisi otak, sementara faktor psikologi misalnya adalah kepribadiannya, banyak pengguna narkoba yang memiliki kepribadian antisosial dan kepribadian ambang (borderline), terjadi suatu gangguan seperti depresi. Sedangkan faktor sosial misalnya adalah tekanan rekan sebaya, kemudahan mendapatkan narkoba, lingkungan yang cuek, dan keluarga yang tidak berkomunikasi efektif dan berantakan.

Pada dasarnya orang memakai narkoba karena 3F, yaitu

  1. Fun, orang memakai narkoba untuk tujuan yang sifatnya rekreasi dan kesenangan.
  2. Forget, orang memakai narkoba untuk melupakan atau mengurangi gejala-gejala gangguan jiwa atau masalah yang terjadi.
  3. Functioning, orang memakai narkoba supaya dapat berfungsi sebagaimana sedia kala, misalnya para pelajar atau  mahasiswa yang memakai zat stimulant supaya kuat bergadang untuk belajar, atau para pegawai yang menggunakan stimulant supaya prestasi kerjanya naik

Sementara itu, National Institute on Drug Abuse (NIDA) Amerika Serikat, merumuskan bahwa orang memakai narkoba karena 4 alasan, yaitu

  1. To feel good
  2. To feel better
  3. To do better
  4. Curiosity or because other use it

 

Gambar via glory95.blog.widyatama.ac.id

Answered Dec 27, 2016
Fathurrohman
Analis Kejahatan Narkotika

GF0fMWgk57YFBvLsozsHxGFFhJ-92i6c.jpg

via kompasiana.com

Alasan mengkonsumsi narkoba. Ini adalah pertanyaan klasik, tapi memang harus dijawab agar kita semakin sadar untuk menjauhinya. Saya coba jawab juga.

Secara awam, yang paling bahaya dari narkoba adalah sifatnya yang adiktif, termasuk rokok berarti, yah. Adiktif itu bahaya karena cara untuk menghentikannya menjadi masalah. Satu batang rokok itu tidak berbahaya, tapi seseorang yang terkena adiksi rokok bisa mengonsumsi ratusan atau ribuan batang. Dan itu bahaya. Bahaya secara kesehatan dan ekonomi. Narkoba seperti shabu, xtc, atau lainnya akan berimplikasi jauh lebih berbahaya karena dapat berkorelasi dengan kejahatan lainnya seperti pencurian, perampokan, korupsi, dan lain-lain.

Sekali menggunakan narkoba, Anda mentoleransinya dengan alasan apapun, semisal alasan membeli dengan uang sendiri (bukan mencuri), ajakan teman atau lingkungan dekat, atau dengan alasan hanya rekreasional (menggunakan sewaktu-waktu), atau alasan-alasan lainnya yang terlihat sederhana, maka masalah akan bertambah. 

Lingkungan itu sangat berpengaruh. Karenanya, bergabunglah Anda di komunitas-komunitas positif, semisal komunitas olah raga, lingkungan, dan keagamaan, lalu sibukkanlah diri Anda dengan kegiatan positif. Tempat-tempat potensial seperti tempat hiburan malam, tempat tongkrongan tertentu, atau tempat yang Anda tahu di sana berada banyak pemakai, jauhi saja karena itu akan membuat Anda terjerumus dalam lingkungan narkoba.

Sementara bagi pengedar, kurir dan bahkan bandarnya, satu alasan mereka adalah uang. Mereka merasa itu bukan uang rampokan, jadi dianggap maklum, halal. Tapi sesungguhnya itu haram karena narkoba jelas-jelas merusak. 

"Janganlah Anda merasa senang denga narkoba, karena sesungguhnya itu adalah semu. Janganlah Anda merasa tenang dengan narkoba, karena itu adalah tipu daya. Selama Anda maklum dengan narkoba, maka akan tiba masanya Anda merugi."

Answered Feb 24, 2017
Venusgazer E P
A man who loves reading, writing, and sharing

ikRR9q7ttvdHxr7rwJXiX9wwIzvntYOD.jpg

Kebanyakan orang terjerumus dalam narkoba karena awalnya coba-coba. Ada yang awalnya mencoba karena rasa solidaritas, seperti tidak enak untuk menolak. Sementara itu, sebagian lagi sengaja mencari narkoba sebagai pelarian terhadap masalahnya.

Orang mengira bahwa mudah saja untuk berhenti mengkonsumsi narkoba. Tetapi, pada kenyataannya tidak. Akhirnya, mereka masuk dalam tahap addicted atau kecanduan narkoba.

Kecanduan narkoba bisa dikategorikan sebagai sebuah penyakit. Hingga kini, tidak ada obat yang mampu menyembuhkan orang dari kecanduan narkoba. Penyakit ini menyerang otak manusia yang selalu menginginkan untuk mengkonsumsi narkoba. Maka, jangan heran jika lembaga-lembaga tertentu dan Puskesmas menyediakan jarum suntik gratis bagi para pencandu narkoba.

Bagaimana dengan rehabilitasi kecanduan narkoba? ...sepertinya lebih bagus untuk thread yang berbeda.

Answered Feb 24, 2017

Fakto agama= orang yang imannya kuat tidak akan mengkonsumsi narkoba karna dia tau lebih banyak kehancurannya dari pada kebaikannya 

Faktor keluarga: keluarga yg didalamnya tercipta suasana nyaman dan damai tdk akan tersentuh narkoba, beda dgn keluarga broken home karna suasana keluarganya kacau ia butuh penenang sehingga ia lari ke narkoba

Faktor lingkungan= orang yg bergaul dgn tukang minyak wangi ia akan wangi, begitupun orang yg bergaul dgn pecandu narkoba ia akan ikutan memakai

Faktor pekerjaan= dunia kerja sering menuntut orang untuk tampil maksimal sehingga orang tak punya pilihan lain selain mengkonsumsi narkoba

Answered Aug 19, 2017
Heri Kurniawan
Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 7 Makassar

Narkoba menjadi momok bagi masyarakat, kecanduan akan narkoba sangat sulit diatasi, orang yang kecanduan akan sulit untuk berhenti dari jeratan narkoba. Namun, sebelum narkoba betul-betu menjangkiti diri, keluarga, maupun teman sebaiknya kita mengetahui faktor yang bisa mengakibatkan seseorang dapat terjerumus ke lembah penggunaan Narkoba. Hal tersebut misalnya saja keluarga, keluarga menjadi kontrol pertama akan tindakan yang mengarah ke penggunaan obat-obatan terlarang, keluarga harus menjaga keterbukaan akan maslaah yang dihadapi antar sesama anggota keluarga. Menurut pakar keluarga yang broken home akan sangat mudah terjerumus untuk menggunakan Narkoba. Hal yang lain adalah lingkungan, pergaulan dengan banyak orang memang baik namun alangkah baiknya jika dapat memilah pertemanan yang mengarahkan ke perilaku positif. Akibat pergaulan negatif bukan hanya mengarah ke penggunaan obat terlarang tapi perbuatan kriminal lain seperti pencurian, penganiayaan, pembunuhan, hingga tindakan asusila. Pekerjaan juga dapat mendekatkan seseorang terhadap penggunaan Narkoba, tekanan pekerjaan tanpa di barengi oleh penguatan diri untuk menyebabkan stress dan perilaku menyimpang sehingga seseorang yang mengalami tekanan pekerjaan cenderung mencari aktivitas yang dapat mengurangi masalah pekerjaannya, baik jika perbuatan itu positif namun jika mengarah ke negatif akan sangat membahayakan bagi diri, keluarga, dan tentu saja pekerjaannya,

Answered Mar 6, 2018

Question Overview


6 Followers
1171 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apakah kenakalan remaja mengacu pada pergaulan bebas dan narkoba?

Kenapa sebagian orang menginginkan adanya legalisasi ganja?

Apa yang harus kita lakukan ketika menghadapi orang atau teman yang overdosis?

Kenapa pemberantasan narkoba di Indonesia terlihat begitu sulit?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Bagaimana sikap Anda terhadap teman yang melakukan semua kenakalan remaja, mulai dari miras, balap liar, tawuran, hingga seks bebas dan narkoba?

Darimana datangnya Amphetamine ke Indonesia?

Apakah saya orangtua yang baik, saya membawa anak saya ke polisi karena mengkonsumsi narkoba?

Apakah Duterte Style dalam perang terhadap narkoba cocok jika diterapkan di Indonesia? Mengapa?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?