selasar-loader

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Last Updated Nov 18, 2016

Bagaimana asal mula Mazhab Frankfurt?

5 answers

Sort by Date | Votes
Anggun Widiastuti
Sangat cinta terhadap tarian tradisional.

lzUjDlNL4yj0iIDSe54zoKWmb0N6Jfge.jpg

Frankfurter Schule (Mazhab Frankfurt) pada awalnya adalah sekolah tinggi Filsafat yang banyak melahirkan pemikiran. Para filsuf yang lahir dari Frankfurter Schule antara lain, Max Horkheimer, Herbert Marcuse, Jüngen Habermas, dan Walter Benjamin. Mereka memiliki ketertarikan pada teori Marxisme. Motif utama dalam penelitian mereka adalah pada sebuah pertanyaan, mengapa pemikiran yang tercerahkan di mana orang-orang seharusnya sudah tidak percaya lagi pada takhayul, dapat condong kepada barbarisme sosialis nasionalis.

Ketertarikan kelompok atau mazhab ini terhadap pemikiran Marxisme disebabkan oleh ketidakpuasan mereka pada penggunaan pemikiran Marx oleh orang-orang yang berpandangan sempit terhadap pemikiran tersebut. Menurut mereka, pandangan sempit ini tidak sesuai dengan situasi mereka pada saat itu, ketika kekuatan politik NAZI meningkat di Jerman. Oleh karena itu, mereka merevisi pemikiran Marxisme. Ini adalah cikal bakal neue Linke (gerakan kiri baru).

Frankfurter Schule ini para pemikir utamanya adalah Yahudi. Max Horkheimer menjabat sebagai ketuanya. Teori kritis Horkheimer berlandaskan pemikiran Marxisme. Menurutnya kritik Marxis terhadap kapitalisme masyarakat industri seharusnya diwujudkan dengan metode sosial yang empiris. Bidang-bidang yang mereka kaji adalah psikoanalisa, filsafat, teori budaya, dan sosiologi.

Gambar via pinterest

Answered Dec 16, 2016
Ign Joko
Menulis beberapa artikel seni dan budaya, serta sketsa drawing pen,bikin kartun

Hasil gambar untuk MAZHAB FRANKFURT

Menurut saya, mazhab Frankfurt itu berhubungan dengan teori-teori yang dikembangkan oleh Mark Horkheimer pada tahun 1923, meneruskan teori kritis dan berhubungan dengan filsafat kritis yang sudah lebih dulu dilakukan oleh Hegel dan Karl Marx. Mazhab Frankfurt memberi pengaruh pada pemikiran-pemikiran kritis di antaranya dari tokoh-tokoh terkenal seperti mazhab Fankfurt akhirnya dikenal berkat dua tokoh ilmuwan, yaitu Theodor Adorno dan dan Herbert Marcuse. Mazhab tentang kritik seni, kritik sosial yang menyoroti secara tajam lewat sudut pandang sosial membuat mazhab ini mengembangkan pemikiran "kekiri-kirian", dan mahasiswa yang mengikuti mazhab Frankfurt dikenal dengan "The New Left Movement".

Ilustrasi via blogspot.com

Answered Dec 19, 2016

d3jxdwWF2fJHh5TLWye-XWs_Y_U3piK3.jpg

Mazhab Frankfurt adalah ideologi intelektual kritis yang lahir di Jerman sebagai pembanding mazhab Chicago yang berkembang di Amerika.

Frankfurt mendorong wacana Postmodernisme untuk mempertanyakan kembali standar kebenaran yang diproduksi oleh kapitalisme. Bahwa tafsir dunia modernisme terhadap realitas mendorong manusia menjadi konsumerisme.

Jika mazhab Chicago bercorak positivistik dalam penelitian keilmuan, maka mazhab Frankfurt cenderung holistik (menyeluruh).

foto via blogspot.com

Answered Jul 10, 2017

 Mazhab Frankfurt adalah sebuah istilah yang diberikan kepada pemikiran yang dihasilkan oleh kelompok filsuf yang memiliki afiliasi dengan pemikir-pemikir lainnya yang dipengaruhi oleh mereka.

Answered Aug 19, 2017
Munifan Habibi
Manajemen 2014|Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan|focus, practice,result

Mazhab Frankfurt (bahasa JermanFrankfurter Schule) adalah sebuah istilah yang diberikan kepada pemikiran yang dihasilkan oleh kelompok filsuf yang memiliki afiliasi dengan Institut Penelitian Sosial di FrankfurtJerman, dan pemikir-pemikir lainnya yang dipengaruhi oleh mereka. Tahun yang dianggap sebagai tahun kemulaian Mazhab Frankfurt ini adalah tahun 1930, ketika Max Horkheimer diangkat sebagai direktur lembaga riset sosial tersebut. Beberapa filsuf terkenal yang dianggap sebagai anggota Mazhab Frankfurt ini antara lain Theodor AdornoWalter Benjamin, dan Jürgen Habermas. Perlu diingat bahwa para pemikir ini tidak pernah mendefinisikan diri mereka sendiri di dalam sebuah kelompok atau 'mazhab', dan bahwa penamaan ini diberikan secara retrospektif. Walaupun kebanyakan dari mereka memiliki sebuah ketertarikan intelektual dengan pemikiran neo-Marxisme dan kritik terhadap budaya (yang di kemudian hari memengaruhi munculnya bidang ilmu Studi Budaya), masing-masing pemikir mengaplikasikan kedua hal ini dengan cara-cara dan terhadap subyek kajian yang berbeda.

Ketertarikan Mazhab Frankfurt terhadap pemikiran Karl Marx disebabkan antara lain oleh ketidakpuasan mereka terhadap penggunaan teori-teori Marxisme oleh kebanyakan orang lain, yang mereka anggap merupakan pandangan sempit terhadap pandangan asli Karl Marx. Menurut mereka, pandangan sempit ini tidak mampu memberikan 'jawaban' terhadap situasi mereka pada saat itu di Jerman. Setelah Perang Dunia Pertama dan meningkatnya kekuatan politik NaziJerman yang ada pada saat itu sangatlah berbeda dengan Jerman yang dialami Karl Marx. Sehingga jelaslah bagi para pemikir Mazhab Frankfurt bahwa Marxisme harus dimodifikasi untuk bisa menjawab tantangan zaman.

Patut dicatat bahwa beberapa pemikir utama Mahzab Frankfurt beragama Yahudi, dan terutama di perioda awal secara langsung menjadi korban Fasisme Nazi. Yang paling tragis ialah kematian Walter Benjamin, yang dicurigai melakukan bunuh diri setelah isi perpustakaannya disita oleh tentara Nazi. Beberapa yang lainnya, seperti Theodor Adorno dan Max Horkheimer terpaksa melarikan diri ke negara lain, terutama Amerika Serikat.

Sumber: https://id.wikipedia.org

Answered Apr 2, 2018