selasar-loader

Darimana kekayaan anak-anak Soeharto yang sangat besar berasal?

Last Updated Nov 17, 2016

Seperti yang kita tau beberapa anak Soeharto mengikuti program Tax Amnesty dengan kekayaan yang fenomenal.

1 answer

Sort by Date | Votes
Pepih Nugraha
Mengenal Soeharto, pernah menyusup ke Cendana saat Gus Dur menemuinya

Hasil gambar untuk soeharto

Sumber gambar: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/76/Suharto_family.jpg/220px-Suharto_family.jpg (SUM)

Kekayaan anak-anak Soeharto yang sangat besar itu diperoleh karena pengaruh bapaknya, yaitu Presiden ke-2 Republik Indonesia yang berkuasa selama lebih dari 32 tahun.

Sebagaimana tergambar dari buku Kapitalisme Semu (Ersatz Capitalism) karya Kunio Yoshihara, Soeharto membangun Indonesia, tepatnya Jakarta sebagai kota metropolitan dengan pondasi yang rapuh. Sebagian dana pembangunan berasal dari hasil utang yang sangat besar dengan dalih pinjaman lunak dan bahkan hibah.

Selama 32 tahun itulah Soeharto menyerahkan "kue" pembangunan dalam arti membangun infrastruktur, perusahaan, BUMN, swasta murni, konsesi hutan (HPH) kepada kroni-kroninya, termasuk kepada anak-anaknya, terutama Hutomo Mandala Putra, Sigit Hardjojudanto, Bambang Trihatmodjo, dan Siti Hardiyanti Rukmana. Adapun Siti Herdianti dan Siti Hutami tidak terlalu "menggurita".

Banyak para sahabat Soeharto seperti LB Moerdani yang mengingatkan Soeharto agar tidak terlalu kemaruk dengan membebaskan anaknya agar tidak terlalu tamak dalam berbisnis. Moerdani bahkan meminta Soeharto berhenti tidak menjabat lagi di tahun 1993 tetapi Soeharto tidak menggubris nasihat Moerdani dan malah mendepaknya.

Kini, perusahaan di bawah anak-anak Soeharto masih berkibar-kibar. Tommy atau Hutomo dengan Humpuss-nya, Mbak Tutut dengan bisnis tolnya, dan seterusnya. Perusahaan-perusahaan mereka masih eksis karena pada awalnya disokong dana besar , yaitu saat Soeharto berkuasa.   

Answered Nov 24, 2016