selasar-loader

Bagaimana memilih dan menentukan Sumber Daya Manusia yang kredibel dan sesuai kompetensinya?

Last Updated Jan 30, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Bhayu Mahendra H.
Perintis topik SDM di selasar.com. Memiliki perusahaan konsultan MSDM.

dneD1e6D-yaIalE68QY-mx1Ek-5QOnxi.jpg

Sebelum proses rekrutmen dimulai, ditentukan lebih dulu jenis pekerjaan dan jabatan yang dibutuhkan pengguna (user). Pihak Departemen SDM atau konsultan akan mendeskripsikannya secara jelas. Ini namanya "job requirement" sebagai syarat dasar bagi pelamar. Tahapan ini biasanya masuk sebagai seleksi administratif. 

Setelah mendapatkan kandidat, akan ada tes tertulis yang umumnya terbagi dua: Tes Psikologi.dan Tes Potensi Akademik. Pada profesi tertentu juga ada Tes Ketrampilan Kinerja. 

Untuk ke tahap selanjutnya disusun Kamus Kompetensi, dimana ini akan dibaca bersama oleh HRD, pengguna, dan manajemen atas. Wawancara biasanya berada di tahap akhir yang bisa bertingkat berhadapan dengan beberapa pihak seperti HRD, pengguna, manajemen, dan direksi atau pemilik. Di tahapan wawancara, pewawancara sudah memegang hasil tes pelamar. 

Bila disetujui, maka kepada pelamar ditawarkan paket berupa kontrak kerja. Paket ini tergantung kebutuhan perusahaan; ada kontrak kerja berjangka waktu bagi pegawai sementara, ada pula kontrak kerja percobaan untuk calon pegawai tetap. 

Proses rekrutmen berlapis seperti ini merupakan upaya mendapatkan pegawai yang tepat dan cocok bekerja di perusahaan tersebut. Karena bila sekedar mendapatkan pegawai kredibel dan kompeten mungkin banyak, tapi kecocokan dengan iklim dan budaya kerja perusahaan justru lebih penting.

 

Answered Feb 11, 2017
Isdar Gazali
Departemen Manajemen Unhas 2014 || Rumah Kepemimpinan Reg. 7 Makassar Ang. 8


UC6fbM8hF1RK8NLIt6umdN7z0FFh9SO6.jpg

Dalam memilih dan menentukan SDM terlebih dahulu perlu dilakukan Analisis jabatan (Job Analysis). Analisis jabatan merupakan salah satu dari fungsi utama dalam manajemen sumber daya manusia. Human Resources Department (HRD) yang berhubungan langsung dengan hal ini pertama-tama akan mengkaji dan mempelajari tugas-tugas dan taggung jawab tiap posisi/jabatan yang ada di dalam organisasi atau perusahaan.  Dari Job Analysis ini lahirlah dua istilah yaitu Job Description dan Job Specification.  Job Description atau Uraian pekerjaan merupakan deskripsi yang menggambarkan bagaimana suatu pekerjaan/jabatan itu dilaksanakan, bagaimana tanggung jawab, wewenang, dan hubungannya dengan pekerjaan/jabatan lain. Sedangkan Job Specification adalah uraian mengenai persyaratan yang diperlukan seseorang untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau mengisi suatu jabatan. Tujuan dilakukan analisis jabatan ini untuk mendapatkan SDM yang sesuai dengan kualifikasinya. Analisis jabatan juga merupakan dasar dalam mengeluarkan kebijakan rekrutmen dan seleksi. Jadi, sebisa mungkin organisasi memberikan informasi mengenai pekerjaan/jabatan dengan sangat detail sehingga didapat calon pelamar yang sesuai dengan harapan organisasi.

Dalam melakukan analisis jabatan harus benar-benar matang agar tidak terjadi kesalahan saat proses rekrutmen dan seleksi. Tentunya untuk menghindari hal tersebut HRD akan melibatkan seluruh stakeholder yang ada di organisasinya untuk sama-sama mengidentifikasi dan mempelajari tugas-tugas yang ada di dalam organisasi serta persyaratan yang dibutuhkan seseorang untuk mengerjakan tugas tersebut. Jadi, untuk mendapatkan sumber daya manusia yang kredibel dan sesuai kompetensinya sangat tergantung dengan hasil dari analisis jabatan yang dilakukan organisasi.

Sumber gambar: k12hrsolutions.com

#Jawabanku Oktober 2017 #Rumah Kepemimpinan #RK Regional Makassar

Answered Nov 2, 2017

Question Overview


3 Followers
918 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Mengapa banyak perusahaan yang menginginkan fresh graduate memiliki banyak pengalaman, padahal mereka bekerja untuk mencari pengalaman itu sendiri?

Kenapa pekerjaan seperti guru (yang belum PNS atau bersertifikasi) atau wartawan tidak digaji sesuai UMR?

Apa yang harus dipersiapkan saat akan diwawancarai HRD sebuah perusahaan dan mengapa hal itu penting?

Apa yang menyebabkan seseorang resign/pindah kerja ke tempat lain?

Bagaimana menyusun key performance indicator (KPI) untuk fungsi kebersihan dan keamanan di sebuah perusahaan?

Formula apa yang paling membedakan konsep berjejaring Facebook, Twitter, dan Instagram? Algoritma siapa yang lebih menarik?

Bagaimana pilihan karier terbaik untuk perempuan?

Bagaimana cara memutuskan antara bekerja, berbisnis, dan melanjutkan S2?

Selain menjadi akademisi, karier apakah yang menuntut seseorang meraih pendidikan formal setinggi-tingginya?

Bagaimana cara Anda meniti karier dari bawah sampai ke puncak?

Bagaimana cara meniti karier sebagai seorang selebriti?

Apa yang membuat daya tawar seorang fresh graduate besar di mata perusahaan?

Mengapa seorang lulusan fakultas ekonomi/bisnis sangat menginginkan bekerja di Konsultan Asing/Perusahaan FMCG?

Pekerjaan apa yang paling Anda idamkan setelah kelulusan?

Berapa jumlah gaji yang pantas diterima oleh seorang fresh graduate perguruan tinggi?

Skill apa saja yang seharusnya dimiliki oleh seorang pekerja profesional di 3 tahun masa kerjanya?