selasar-loader

Apa yang dimaksud dengan design sprint?

Last Updated Nov 16, 2016

24 answers

Sort by Date | Votes
Hana Fitriani
Belajar menahan startup

mYyX0qUB5mP7wZsclGne0MXkwqsLmcdl.jpg

via cachefly.net

 

Idenya adalah bagaimana mendesain produk berdasarkan data yang akurat dan less assumption. Pada design sprint, ada tahapan validasi, mulai dari penentuan masalah hingga produk yang ingin dibangun sehingga produk dibuat sesuai dengan masalah yang benar ada, target market yang sesuai, dan solusi yang tepat guna.

Answered Nov 23, 2016

Design Sprint adalah metode  perancangan suatu produk sebelum melakukan eksekusi pembuatan suatu produk. Pada umumnya Design Sprint dilakukan selama 2-5 hari oleh sebuah tim setidaknya 3 orang atau lebih. Setiap anggota dalam tim akan saling berdiskusi, sehingga akan muncul gagasan masing-masing pihak dan akan digunakan dalam eksekusi project yang fix sesuai dengan keputusan bersama.

 

Mengapa design sprint membutuhkan banyak tenaga ahli design?

karena setiap designer memiliki skill kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan kelebihan dan kekurangan tersebut diharapkan dapat melakukan support satu sama lain. Sehingga Project dapat diselesaikan secara tepat waktu dan memiliki daya cipta yang menarik dan bagus

Answered Jan 18, 2017

Design Sprint adalah metodologi yang diciptakan oleh Google. Metodologi ini berguna membantu tim untuk menyelesaikan dan menguji masalah design dalam 2--5 hari dengan menggabungkan dua konsep: Sprint dari Agile dan Design Thinking oleh IDEO.

Answered Aug 8, 2017
Ami Cifa
subchaan

Suatu metode untuk membangun konsep produk dan prototype dalam waktu 5 hari dimana memiliki 5 tahapan yang sangat komunikatif dan interaktif untuk mengeluarkan semua ide, inspirasi, kreatifitas, masalah-masalah yang ada, solusi yang kemudian diwujudkan dalam prototype yang harus dan di cross check ke calon pengguna. Design Sprint akan membantu seluruh tim untuk mendapatkan tujuan dan arah yang jelas. Penggunaan metode ini sangat membantu untuk memulai produk baru, penambahan feature produk, workflow, bisnis dan memecahkan permasalahan terhadap produk yang ada.

Answered Aug 16, 2017
Chacha Khoirunisa
Syariah dan hukum || hukum tata negara

design sprint adalah suatu metode untuk build product concept dan prototype dalam waktu 5 hari dimana memiliki 5 tahapan yang sangat komunikatif dan interaktif untuk mengeluarkan semua ide, inspirasi, masalah yang ada, solusi yang kemudian diwujudkan dalam prototype yang harus dan di cross check ke calon pengguna.

Answered Aug 19, 2017

design sprintadalah suatu metode untuk build product concept dan prototype dalam waktu 5 hari dimana memiliki 5 tahapan yang sangat komunikatif dan interaktif untuk mengeluarkan semua ide, inspirasi, masalah yang ada, solusi yang kemudian diwujudkan dalam prototype yang harus dan di cross check ke calon pengguna.

Answered Aug 19, 2017

Merupakan metodologi yang diciptakan oleh google yang membantu tim untuk menyelesaikan dan menguji masalah desain dalam 2-5 hari menggabungkan dua konsep

Answered Aug 20, 2017
Heri Kurnia
Ketua Majelis Pertimbangan LD MII FMIPA UI | Peserta RUMAH KEPEMIMPINAN

metode untuk membangun konsep produk dalam waktu 5 hari dengan cara memiliki 5 tahapan yang komunikatif dan interaktif untuk mengeluarkan semua ide, inspirasi, kreatifitas, masalah-masalah yang ada, 

 

#Jawabanku Agustus 2017

#Rumah Kepemimpinan

#RK Regional Jakarta

Answered Aug 31, 2017
Armaya Fitra Akbar Sirait
Peserta Rumah Kepemimpin angkatan 8 | I like sharing,helping,and discussing.

metode untuk membangun produk ataupun prototype dalam jangka waktu tertentu dan bebrapa langkah yang digunakan begitu unik.

Answered Sep 4, 2017
Juli Ayu Ningtyas
Mahasiswa FTUI dan Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan

Bisa dikatakan, design sprint merupakan metodologi ciptaan Google yang dibuat untuk membantu tim dalam menyelesaikan dan menguji masalah design dalam 2-5 hari dengan menggabungkan dua konsep, yaitu sprint dari Agile dan design thinking oleh IDEO.

Sebelum sprint, ada sprint master (pemimpin tim) yang bertugas:

  • menjabarkan challenge;
  • menyiapkan semuanya untuk sprint; dan
  • mengundang semua tim interdisciplinary.

Selama sprint, mereka bekerja dengan tim interdisciplinary selama satu minggu, berdasarkan paradigma design thinking.

Answered Nov 25, 2017
Himang Sharatun
Bot Developer at Skyshi Digital Indonesia; Code is a mean to change the world

Design sprint adalah serangkaian fase atau metode yang harus dilalui untuk menghasilkan sebuah produk. Design sprint biasanya diterapkan pada produk yang dekerjakan sebagai tim dan bertujuan untuk memaksimalkan kolaborasi antar anggota tim. Ada berbagai macam model design sprint yang dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan dan culture sebuah tim. Salah satu model design sprint adalah sebagai berikut:

  1. Memahami Masalah (Understand)
  2. Membuat Sketsa Solusi (Sketch)
  3. Memutuskan Solusi Tebaik (Decide)
  4. Membuat Prototipe (Prototype)
  5. Validasi Hasil (Validate)

Pada tahap pertama yaitu understand, dilakukan pemetaan terhadap masalah yang akan diselesaikan. Pemetaan ini dilakukan bersama dengan semua anggota tim untuk melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang. Dalam proses pemetaan akan menghasilkan sebuah rumusan terhadap masalah yang akan diselesaikan serta menyatukan pandangan mengenai tujuan pembuatan produk. Pada tahap ini akan diperoleh standar minimum dari produk yang akan dibuat contohnya: produk dapat membantu pengguna untuk menulis kode secara efisien. 

Tahap kedua yaitu sketch, merupakan tahap dimana anggota tim secara individu membuat sketsa solusi terhadap masalah yang diperoleh. Tahap ini dilakukan secara individu untuk memaksimalkan kreativitas masing-masing anggota. Jika tahapan ini dilakukan sebagai tim akan memakan waktu lama dan setiap anggota tim akan terbatas ruang berpikirnya dengan ide yang lebih dahulu diusulkan. 

Tahap ketiga, decide, adalah tahap untuk mengumpulkan ide-ide dari semua anggota dan menentukan solusi terbaik untuk kemudian dieksekusi sebagai tim. Pada tahap ini akan didiskusikan kekurangan dan kelebihan dari ide-ide yang diajukan. Tahap ini tidak semata merupakan tahap memilih ide namun juga melihat kemungkinan untuk mengkolaborasikan ide satu dengan yang lain.

 

Tahap selanjutnya yaitu prototype adalah tahap eksekusi dimana dibuat mock-up produk. Pada tahap ini akan dilakukan pembagian tugas untuk masing-masing anggota tim. Tahap ini tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan mock-up namun juga tahap dimana masing-masing anggota dapat berkesperimen dengan ide-ide lain yang mungkin dapat ditambahkan pada produk. 

Tahap terakhir adalah validation yaitu tahap dimana dilakukan serangkaian uji coba untuk menentukan apakah mock-up yang dibuat sudah sesuai dengan standar minimum yang ditentukan pada tahap pertama. Uji coba ini biasanya dilakukan oleh pengguna atau orang lain yang tidak terlibat secara langsung pada tahap pembuatan mock-up

Biasanya design sprint dilakukan berulang-ulang sampai dihasilkan produk akhir. 

Answered Nov 29, 2017
Rudi Agusman
Sultan Rumah Kepemimpinan 6 Medan

bersumber dari artikel yang saya baca. Design sprint adalah sebuah proses untuk desain, prototyping, dan melakukan user test terhadap prototype tersebut untuk menjawab pertanyaan bisnis yang dilakukan dalam 6 tahapan dan dalam waktu tertentu, biasanya dilakukan dalam 5 hari. Design Sprint dilakukan untuk mengurangi resiko ketika meluncurkan sebuah produk atau fitur. Dengan Design Sprint kita tidak perlu menunggu minimum product untuk diluncurkan ke pasar terlebih dahulu untuk mengetahui respon dari user, karena di akhir step ada user testing terhadap prototype kita. Tim yang biasanya terlibat dalam Design Sprint ini adalah kolaborasi dari desainer, product manager, decision maker, business team (marketing, sales).

Answered Dec 2, 2017
deni nur fauzi
Rumah Kepemimpinan Surabaya

Bisa dikatakan Design Sprint merupakan metodologi yang diciptakan oleh Google yang membantu tim untuk menyelesaikan dan menguji masalah design dalam 2-5 hari menggabungkan dua konsep: sprint dari Agile dan Design Thinking oleh IDEO.

Secara garis besar prosesnya terdiri dari tiga bagian:

Sebelum sprint, ada sprint master (pemimpin tim)

  • Menjabarkan challenge
  • Menyiapkan semuanya untuk sprint
  • Undang semua tim interdisciplinary

Selama sprint:

  • Bekerja dengan tim interdisciplinary selama satu minggu, berdasarkan paradigm design thinking

Setelah sprint:

  • Lakukan semua usaha agar solusinya dapat diimplementasikan

Answered Dec 2, 2017
Bimo Maulidianto
Public Administration UI | Rumah Kepemiminan Angkatan 8 Regional Jakarta

Design Sprint adalah suatu metode untuk membangun konsep produk dan prototype dalam waktu singkat dengan tahapan yang sangat komunikatif dan interaktif untuk mengeluarkan semua ide, inspirasi, kreatifitas, masalah-masalah yang ada, solusi yang kemudian diwujudkan dengan hasil yang maksimal dalam prototype dan sudah melalui tahap cross check.

Design Sprint akan membantu seluruh tim untuk mendapatkan tujuan dan arah yang jelas. Penggunaan metode ini sangat membantu untuk memulai produk baru, penambahan feature produk, workflow, bisnis dan memecahkan permasalahan terhadap produk yang ada.

Proses design sprint ini terdiri atas 6 tahapan :

  • Pemahaman (Understand)
  • Menentukan (Define)
  • Variasi (Diverge)
  • Konvergensi (Decide)
  • Purwa Rupa (Prototype)
  • Validasi (Validate)
#Jawabanku Desember 2017
#Rumah Kepemimpinan
#RK Regional Jakarta

Answered Dec 29, 2017
Parlaungan Iffah Nasution
Student of UNAIR | RK Surabaya 8 | Sekjen ILP2MI

Sebuah metodologi yang dibuat oleh google dalam rangka pemecahan masalah keseharian. Metodologi ini menggabungkan dua konsep Sprint dari Agile dan Design Thinking oleh IDEO. Sprint terdiri dari 6 tahapan yaitu Understanding (memahami permasalahan secara mendalam), Defining (Menjaring dan menemukan konsep dari penemuan tersebut), Membagi-bagi ide (pembagian kerja), menentukan ide mana yang akan dipilih, prototype, dan validasi. 

Answered Jan 2, 2018
AHMAD ZIKRI
Rumah KePEMINPINan R6 Medan

Design sprint is a time-constrained, five-phase process that uses design thinking to reduce the risk when bringing a new product, service or a feature to the market. It has been developed and popularised by Jake Knapp, John Zeratsky and Braden Kowitz and is being used in almost all industries.

Answered Jan 3, 2018
Hanifah Nisrina C
Co-founder, Field Researcher @Bantuternak | Rumah Kepemimpinan Batch 8

Layaknya membuat masakan. Desain sprint adalah bahan dan bumbu racikannya.

Ikbt90TQoMTjmey41q9uBgMAbdPujBv4.jpg

Sekarang kita akan membuat sebuah produk innovative bernama burger. Ya! Burger!

Desain sprint dapat disimpulkan lebih dari sekedar mindset atau desain thinking, filosofi, dan sistem kerja yang merupakan step by step untuk memproduksi dan mengetest ide.

Di analogi ini kita membanyangkan desain sprint merupakan resep. Ini menunjukkan bahan apa yang di perlukan, apa yang harus dilakukan, kapan melakukannya dan dalam kasusyang lebih besar, siapa yang harus melakukan apa.

“The sprint is a five-day process for answering critical business questions through design, prototyping, and testing ideas with customers”
-Jake Knapp, Author of SPRINT and one of the inventors of the Design Sprint

Answered Jan 4, 2018
Goro Suseno Tumanggor
Alasan Orang Takut Berbisnis

Bisa dikatakan Design Sprint merupakan metodologi yang diciptakan oleh Google yang membantu tim untuk menyelesaikan dan menguji masalah design dalam 2-5 hari menggabungkan dua konsep: sprint dari Agile dan Design Thinking oleh IDEO.
 
Secara garis besar prosesnya terdiri dari tiga bagian:
Sebelum sprint, ada sprint master (pemimpin tim)
  • Menjabarkan challenge
  • Menyiapkan semuanya untuk sprint
  • Undang semua tim interdisciplinary
Selama sprint:
  • Bekerja dengan tim interdisciplinary selama satu minggu, berdasarkan paradigm design thinking

Setelah sprint:

  • Lakukan semua usaha agar solusinya dapat diimplementasikan

Answered Feb 2, 2018
Zaid Sulaiman
Peserta Rumah Kepemimpinan 8 | mahasiswa ITS 2015 | teknik Material & metalurgi

Desaign sprint adalah metode untuk membantu perusahaan membuat produk berdasarkan pemahaman akan desain yang ada di pemikirannya. Sehingga mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan business plan  dengan membuat project dan menciptakan prototype dan juga menguji ide bisnis tersebut kepada user atau customer

Answered Feb 2, 2018
Romi Sangaji
mahasiswa teknik fisika ITB | anggota Rumah kepemimpinan

Design Sprint merupakan metodologi yang diciptakan oleh Google yang membantu tim untuk menyelesaikan dan menguji masalah design dalam 2-5 harimenggabungkan dua konsep: sprint dari Agile dan Design Thinking oleh IDEO.

Pada Prosesnya sebelum melakukan sprint, akan dilakukan penjabaran challange oleh sprint master kepada semua tim yang terdiri dari latar belakang disiplin ilmu yang berbeda agar esmuanya siap untuk melakukan sprint.

Setelah itu sprint dilakukan selama satu minggu berdasarkan paradigma berfikir design thinking.

Setelah melakukan sprint, akan dilakukan berbagai usaha agar solusi yang muncul dapat diimplementasikan.

Answered Mar 6, 2018