selasar-loader

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Last Updated Nov 17, 2016

14 answers

Sort by Date | Votes
Mas Badiyo
Penulis dan Blogger

Hasil gambar untuk aksi damai 411

Presiden Joko Widodo tidak mungkin asal bicara dengan mengatakan bahwa Aksi Damai 411 itu ditunggangi aktor politik. Presiden sebagai kepala pemerintahan jelas mempunyai mata dan telinga bernama BIN yang tentu telah mencium aroma kepentingan politik dalam Aksi Damai 411. Jangankan presiden, masyarakat awam pun bisa dengan jelas membaca hal itu. Semua orang tahu bahwa isu SARA itu sangat sensitif di negeri dengan penduduk muslim terbesar di dunia ini.

Karena itu, pihak yang punya kepentingan politik dengan cerdas memanfaatkan momentum tersebut. Ada dua kepentingan politik, jangka pendek, yakni Pilkada 2017 dan Pilpres 2019. Dalam Pilkada 2017 DKI, tentu untuk memuluskan calon yang diusung, sedangkan Pilpres 2019 adalah untuk menurunkan elektabilitas Jokowi yang kemungkinan besar akan maju lagi dan di saat yang sama bisa menaikkan elektabilitas calon yang akan diusungnya.   

Gambar via sorotindonesia.com 

Answered Dec 6, 2016
Anonymous

Hasil gambar untuk aksi damai 411

Politik adalah seni mencapai tujuan, maka Aksi Damai 411 tentu saja ditunggangi kepentingan politik yaitu kepentingan yang berbentuk seni mengakomodir kekuatan massa demi terpenuhinya tujuan aksi massa. Sederhana kan, jangan diperumit, bawa ngopi saja.

Gambar via 4.bp.blogspot.com

Answered Dec 9, 2016
Boby Lukman
Pedagang Rupa-rupa

Tidak. Karena aksi itu tidak mungkin dilakukan oleh kelompok politik. Aksi 4-11 murni aksi solidaritas keagamaan, bukan aksi bayaran, apalagi aksi untuk menggulingkan pemerintahan yang sah.

Answered Jan 11, 2017
Ilmia Rahayu
Politics & Economics Graduate. Banking Industry

Massa bergerak dengan berbagai latar belakang: kepentingan politik karena yang didemo adalah lawan politiknya, motive agama (walaupun kalau ditanya banyak yang belum mendengarkan/melihat videonya, menonton tapi tidak tahu detail isinya, tidak mengetahui bahwa tafsir AlQuran sudah diubah MUI sejak tahun 2000 soal Al Maidah 51 bahwa yang dimaksud adalah teman karib/tergantung, dan sebagainya kondisi yang berbeda2), motive sentimen ethnisitas, atau (mungkin diberikan kompensasi) uang, dan motive2 lainnya, namun karena ada yang kepentingan politik yang diuntungkan oleh aksi massa tersebut dan karena itu lawan politiknya mendukung dan atau mengamini. 

Answered Jan 13, 2017
(A)gansky
Ngalamers. Bataknese. Loving Annelies.

Dalam politik, segala kemungkinan dapat terjadi. Menganggap mobilisasi atau aksi massa semacam 411 ditunggangi kepentingan politik, adalah hal yang lumrah. Politik sendiri merupakan suatu cara mendapatkan apa yang kita inginkan. Semenjak kecil, sebenarnya kita sudah melakukan perilaku politik.

Apabila 411 dianggap ditunggangi politik, terdapat beberapa indikator yang memang membuat anggapan itu bisa terjadi. Antara lain: Sasaran utamanya adalah Ahok. Momennya pada masa kampanye Pilkada DKI, dimana Ahok tetap ikut serta. Selain itu penggerak massa aksi adalah kelompok yang selama ini memang selalu kontra dengan Ahok. Kemudian, elektabilitas Ahok juga sedang tinggi. Awam juga mampu memahami.

Answered Jan 13, 2017
Anonymous

Entah ditunggangi kepentingan politik atau tidak, aksi 411 adalah suatu bentuk perlawanan terhadap orang yang secara sengaca menistakan agama lain...

Answered Jan 15, 2017
Richa Miskiyya
Penulis, Ibu Rumah Tangga

Pasti ada, dan ini tentunya sudah bisa dibuktikan lewat adanya upaya makar beberapa pihak

Answered Jan 15, 2017
Ahmad Shoifi
Sarjana Hukum Lulusan UGM angk 98, Auditor di Bank BUMN

pasti ditunggangi Pihak lawan politik Ahok, karena kesalahan Ahok berhubungan isu agama yang sangat empuk untuk menjatuhkannya. tidak mungkin tidak ada yang menunggangi. dan terbukti dari banyak polling bahwa suara pendukung Ahok jauh berkurang karena Isu penistaan agama tersebut,

Answered Jan 31, 2017
Shabilla Indah
Mahasiswa Teknik Industri Univ. Trisakti 2016

Jika tidak ditunggangi kepentingan politik, lantas kenapa para pencetus aksi tersebut terus saja berkoar-koar dan seolah menonjolkan ke-pro-annya terhadap politik tersebut?

Jelas terbaca sudah..

Answered Jan 31, 2017

Sulit untuk tidak mengatakan bahwa aksi tersebut ditunggangi oleh kepentingan politik.  Terlepas dari berbagai isue yang bertebaran, dipandang secara sepintas saja sudah dapat di ketahui adanya "siluman" yang ikut bermain.  Dan saat ini semakin kentara...

Answered Feb 1, 2017

Sangat setuju. Jelas dan terang benderang sekali.

Answered Feb 23, 2017
Anonymous

Hasil gambar untuk aksi damai 411

Menjawab pertanyaan ini, isi kepala kita harus di-setting ulang bahwa hubungan antara politik dan agama tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Termasuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Memisahkan keduanya adalah cara pola pikir yang cenderung bergerak ke pendekatan sekulerisme bernegara. Agama secara luas mengatur kehidupan di dunia dan di akhirat.

Di dunia, agama mengatur kita dari bangun tidur sampai tidur lagi. Di akhirat, setiap tindakan termasuk keberpihakan pada ideologi politik praktis pun tidak luput dari pertanggungjawaban yang bermuara pada perilaku beragama kita di dunia. Kepentingan politik dalam 411 jelas ada. Tetapi seharusnya sebagai seorang muslim kita harus "menyetel" ulang posisi agama dan politik. Politisasi agama tentu adalah kata yang berbeda dengan politik agama.

Gambar via hidayatullah.com

Answered May 15, 2017
Anonymous

vdNx19TA6M3F2B8N13XHm7jzSPol8Yfb.jpg

Ya, pasti ditunggangi kepentingan partai politik. Hal tersebut dikarenakan tidak ada aksi massa yang murni seperti ini.

 

sumber gambar: inilah.com

Answered Jun 8, 2017
Fahmi Ali Rajab
Kehutanan USU 2014 | Rumah Kepemimpinan R6 Medan | Kadept Kadri Asyjaar

Menurut saya aksi damai 411 itu bukanlah atas kepentingan politik melainkan ini adalah aksi riil murni kerena aspirasi kaum muslimin . Kita ketahui bersama bahwasanya aksi damai 411 iini benar-benar bukan hasil rekayasa. Banyaknya yang berpartisipasi dan ikut turun kejalan dari berbagai macam daerah dan dari berbagai kalangan baik elit maupun yang berkecukupan ke satu titik yaitu Jakarta hanya ingin menuntut proses hukum dan keadilan atas tindakan Ahok yang telah menistakan alquran.

Answered Nov 3, 2017