selasar-loader

Apakah nama perusahaan startup terbaik di Indonesia?

Last Updated Nov 16, 2016

Mengapa Anda menganggapnya terbaik?

100 answers

Sort by Date | Votes
Achmad Zaky
Pendiri dan CEO Bukalapak

Bukalapak dong :)

Alasannya? langsung coba sendiri belanja di aplikasi dan webnya :)

Answered Nov 17, 2016
Pepih Nugraha
COO Selasar.com dan Techpreneur, yakin dengan masa depan bisnis rintisan digital

yvYCsaB8S2YMn2d909KTMzqzDPRYKwpm.jpegTiga hal sebuah perusahaan digital rintisan (start-up) dilirik oleh investor, yaitu 1. memiliki "big data" yang bisa diolah dan dimanfaatkan untuk monetize, 2. tersambung ke "IoT" (Internet of Thing) di mana platform digital bisa membuat benda-benda (things) menjadi pintar dan fungsional karena tersambung ke internrt, 3. memiliki "payment gateway" yang baik sehingga pembayaran tidak dilakukan secara manual/konvensional lewat ATM, misalnya.

Jika ada perusahaan rintisan yang memiliki 3 hal yang kemungkinan dilirik investor sebagai syarat utama menjadikan starttup menjadi perusahaan besar, itu layak masuk kategori "perusahaan rintisan digital terbaik". Dari sisi pengelolanya sendiri, users dan terutama investor akan melihat, apakah founder start-up itu punya tujuan jelas (purpose), dilakukan dengan sepenuh hati dan minat tinggi (passion), dan punya ingritas (integrity) dalam mengerjakannya juga produk yang dihasilkannya.

Menyebut nama perusahaan rintisan digital terbaik mungkin saja relatif, sebab tergantung bagi users tergantung dari sisi manfaatnya juga. Go-Jek mungkin masih membakar duit dan belum return dari sisi cash-flow, namun aplikasi itu sangat diminati masyarakat banyak karena manfaatnya (utility/usability). BukaLapak adalah e-commerce terbaik bikinan anak negeri dengan member di atas 1 juta yang semuanya pelaku dagang (ekonomi) dalam hal ini UKM, tetapi harus memacu terus kuantitas member premiumnya lebih banyak lagi agar uang segar mulai diraup.

Kegunaan bagi users itu memang menentukan apakah sebuah startup disebut terbaik atau berhak menyandang perusahaan rintisan paling prospektif. Terikait dengan fungsi yang berbeda itulah saya berani menyebut bahwa Selasar.com (yang saat ini sedang diujicobakan melalui subdomain sayembara.selasar.com adalah platform "sharing knowledge and ideas" adalah yang paling keren di Indonesia. Situs Question/Answer web/apps platform ini menjadi pelopor situs berbagi idea dan pengetahuan di Indonesia dan bahkan Asia Tenggara.

Di Selasar.com saat ini terdapat 5.000 expert yang selain bisa menuangkan/berbagi gagasannya dalam bentuk tulisan (blogging), juga bisa dijadikan tempat bertanya para users di seluruh dunia yang mengerti bahasa Indonesia. Kelak expert itu akan bertambah eksponensial setiap tahunnya dan dalam waktu kurang dari lima tahun sudah menggaet 1 juta expert di berbagai bidang keahlian dan profesionalitas. Selasar.com akan menjadi kampus virtual terbesar di Asean, Asia, dan bahkan dunia, sebab tidak ada situs lain di dunia ini yang credo-nya berburu expert dan profesional.

Memang ada LinkedIn, tetapi itu sekadar etalase biodata orang yang ingin menunjujkkan keahliannya agar korporasi besar mudah "mengintip" mana orang-orang yang akan direkrut sebagai karyawannya. Mereka tidak bisa menunjukkan keahliannya dalam bentuk literal maupun verbal. Selasar.com karena interaktivitasnya yang tinggi, memungkinkan menjadi gabungan dari LinkedIn, Facebook, dan Quora. Meski sudah tidak bisa dianggakl start-up lagi, sudah melewati pivot, tetapi Selasar.com tetaplah situs berbagi ide dan pengetahuan yang akan menjadi ikon Indonesia di masa yang tidak lama lagi.

Answered Nov 19, 2016
Andy Nugroho
Passionately write every review. Especially travel, tech,

"Bukalapak"

Sejak awal saya tertarik dengan startup ini karena dari namanya sudah kelihatan layanan apa yang dia berikan ke pelanggannya, nama ini juga Indonesia banget.

 

Answered Jan 14, 2017

Start up terbaik menurut saya adalah Hijup. Karena hijup memiliki niat mulia untuk niche audienche mereka, yaitu untuk setiap muslimah tidak perlu merasa minder dengan hijabnya. Karena menggunakan hijab merupakan kewajiban bagi setiap muslimah, maka dari itu mba ajeng mendirikan Hijup dengan maksud agar setiap muslimah dapat Percaya Diri dengan tampilan Hijab Style yang mereka gunakan. Berhijab tapi tetap bisa tampil modis dan stylish di Hijup ! :)

Answered Jan 18, 2017

Menurut saya Sale Stock Indonesia

Answered Jan 18, 2017

the first unicorn!

soal branding, dampaknya ke grass root, dan kepercayan investor ya

Answered Jan 18, 2017
Dedy Syahril
Saya suka film, buku dan kacang garuda

nAJ3Uw2V1RKkOLHSZ6upMK1s02hMIZ0V.png

Jika pertanyaannya hanya menanyakan tentang nama, maka jawaban saya adalah GOJEK.

Penamaan Gojek menurut saya brilian. Kedekatan pengucapan Ojek dengan Gojek membuat pihak Gojek tidak terlalu susah untuk membangun brand awareness. Kata Ojek sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun lalu. WJS Poerwadarminta (tokoh sastra Indonesia) pada tahun 1979 di Harian Kompas menyebutkan bahwa Ojek adalah sepeda yang ditaksikan.

Di Jakarta, Ojek pertama kali muncul di daerah Tanjung Priuk berupa ojek sepeda sebagai akibat dari larangan bemo dan becak memasuki kawasan pelabuhan. Seiring perkembangan jaman, sepeda pun diganti dengan kendaraan roda dua bermotor. 

Jika kemudian Gojek di awal kemunculan mendapat banyak pertentangan dari penyedia layanan transportasi konvensional, itu bukanlah sesuatu yang aneh. Saya percaya dahulu ketika ojek motor mulai muncul juga mendapat tentangan dari ojek sepeda. Industri transportasi termasuk industri yang lama berevolusi. Begitu terpapar dengan inovasi baru, berdampak mematikan. Innovate or perish.

Fact check: sampai sekarang jika kamu pergi ke sekitar daerah Tanjung Priuk, kamu masih bisa menemukan ojek sepeda.

Gambar diambil dari: kupongojek.com

Answered Jan 24, 2017
Miftah Sabri
Pendiri dan CEO Selasar

eEgL_mwbcE9th2hGzvJMzcNhU4w35L81.png

Selasar.

Paltform Berbagi Pengetahuan,Pengalaman,dan Wawasan. Pertama dan satu satunya di Indonesia. 

Sendiri kami tanpa ada kompetitor. Dan memang pengetahuan itu bukan untuk dikompetisi kan, tapi dibagi. 

Hanya ada satu knowledges sharing platform di setiap  bangsa.

 

Vivat Selasares!

Selasar Berbagi Pengetahuan Pengalaman dan Wwasan 

Answered Jan 24, 2017
Anhar Ismail
Vi Veri Veniversum Vivus Vici | Human - Idealist - Maestro

Bagi saya, startup terbaik saat ini adalah iGrow.

QWkPFnLy9NIrOBC6MWjidkwr5wNIwtPu.jpg

via freelancer.sg

Startup ini sudah jelas menghasilkan profit dan nyata dalam membentuk solusi terhadap masyarakat. Hebatnya, startup ini akan mampu bertahan tanpa mayoritas investor.

Answered Jan 31, 2017
mohamad nurfahmi budiarto
seseorang yang selalu menjadi dan bernuansa muda, dinamis dan kritis.

j6QgVmOc7nlEuw_p-NM25tiAbsIhVff-.png

KMK Online

Answered Mar 18, 2017
Yulia Yuli
Cek twitter @Julayjo IG @julayjo FB: Julayjo

Rd6YckQCexVGps_REDdKeY6n5REjBRgV.png

via play.google.com

Sepertinya, startup terbaik ialah antara Lazada, OLX dan Bukalapak. Mereka selalu berinovasi dalam mengembangkan strategi promosi di samping ada beberapa layanannya yang harus dibenahi.

Answered Mar 26, 2017
Jonathan Sadikin
Tinggal di Indonesia.

vCQ2XZCKua5s9K8d0X09wFd-YPDiOfn7.jpg

GO-JEK adalah perusahaan startup terbaik di Indonesia. Sekarang memang keberadaan GOJEK sering diasosiasikan dengan perusahaan transportasi raksasa yang sudah diberi suntikan dana luar biasa besar oleh investor luar dan dalam negeri, tapi beberapa tahun yang lalu GO-JEK adalah perusahaan startup biasa.

Saya punya banyak keluhan soal GOJEK, tapi tidak diragukan keberadaan aplikasi ini membawa perubahan yang besar dan positif bagi jutaan orang Indonesia. Ojek tradisional yang mahal dan ugal-ugalan kini tersingkir perlahan-lahan dan alternatif yang lebih murah dan aman kini tersedia untuk siapa saja.

Selain menyediakan jasa, GOJEK juga membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi puluhan ribu orang setiap hari. Dari pengakuan mereka, pendapatan tambahan ini sangat membantu perekonomian keluarga masing-masing atau kebutuhan lain seperti edukasi atau kesehatan.

GOJEK tidak sempurna. Customer service yang payah (non-eksisten) dan keamanan yang masih perlu diperbaiki (karena konflik dengan tukang ojek tradisional) adalah beberapa isu yang harus ditangani untuk jangka panjang. Tapi untuk perusahaan startup, saya sudah merasakan manfaat besar dari GOJEK setiap hari!

 

sumber gambar : kominfo.go.id

Answered Apr 25, 2017
Galuh Koco Sadewo
Co Founder & Business Dev at Botika Indonesian Chatbot

Botika dong, cobain chatbot-nya deh. :)

UweJpXEpn_b-qdZ2SY3XDPppU86ZJ6Hk.jpg

Botika adalah artificial intelligent yang menggunakan Natural Language Processing (NLP) dalam bahasa Indonesia, sehingga dapat mengenali percakapan sehari-hari. Botika dapat terhubung dengan banyak layanan dan menawarkan rekomendasi pilihan kepada pengguna.

Botika adalah juga sebuah platform yang dapat digunakan oleh perusahaan lain untuk membangun respons otomatis di bidang seperti customer service, airline ticket, dan hotel reservation, movie schedule, consulting, restaurant reservation, dan sebagainya

http://botika.online/

Ngobrol dengan Botika: https://www.facebook.com/botikaonline/

Gambar via pbs.twimg.com

Answered May 27, 2017

_YbgJt-d532upLnN1nwdlbeY52jHyzAA.jpg

Saat ini belum ada.

gambar via liputan6.com

Answered Jul 25, 2017

Menurut saya, perusahaan start up terbaik di Indonesia adalah Go-jek, karena sangat membantu banyak orang dan sukses juga mudah dipakai segala kalangan.

Answered Aug 1, 2017
Galang Novan
Entrepreneur

Go Jek, karena mereka memiliki valuasi yang hebat dalam waktu yang singkat.

Answered Aug 1, 2017
Qorin Ratal
Fakultas Ilmu Keperawatan 2017

PT Sale Stock Indonesia

Answered Aug 2, 2017

PT Traveloka Indonesia.

Answered Aug 7, 2017

Go-jek.

Answered Aug 8, 2017
Emma Afifah
Mahasiswi Ilmu Komputer UGM 2014 | Rumah Kepemimpinan #8 | Education Enthusiast

Bagi saya adalah "Pinerang" soon to be released. :D

Answered Aug 10, 2017

Question Overview


and 162 more
180 Followers
4148 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa beda antara startup dan perusahaan lainnya? Mengapa istilah startup begitu naik daun?

Bagaimana cara membangun tim awal startup/perusahaan?

Bagaimana proses mendirikan Bukalapak?

Siapa pengusaha paling top di Indonesia menurut Anda?

Apa yang menyebabkan sebuah startup digital mengalami kegagalan pada tahun pertamanya?

Apa yang menyebabkan jumlah venture capital di Indonesia tidak sebanyak di Amerika?

Apa rahasia membangun sebuah startup digital yang sukses?

Apa yang dimaksud dengan design thinking?

Apa yang dimaksud dengan design sprint?

Mengapa design sprint digunakan untuk membuat produk digital?

Apa yang membuat Steve Jobs sukses membangun Apple?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Apa tujuan utama yang harus dicapai perusahaan ketika menggunakan media sosial sebagai alat komunikasinya?

Bagaimana melatih skill komunikasi publik seorang pemimpin yang pada dasarnya pendiam?

Apa tips yang dapat Anda berikan bagi pejuang SBMPTN?

Apa enaknya jadi mahasiswa?

Apa yang menyebabkan Nokia kalah dalam persaingan global?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apakah "mood booster" terbaik Anda?

Apa itu Rumah Kepemimpinan?

Apa perbedaan menulis esai dengan menulis gagasan?

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

Mengapa Indonesia sebagai negara maritim harus mengimpor garam?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Teknik Metalurgi?

Apa perbedaan antara sosiologi ekonomi dan ilmu ekonomi?

Apa yang menyebabkan manusia selalu menilai dari apa yang dia lihat?

Bagaimana efek otonomi daerah terhadap pengontrolan mutu di Indonesia?

Kabupaten apa yang mengalami inflasi paling tinggi pada tahun 2017?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Komunikasi?

Apa saja hukum/prinsip fisika yang diterapkan pada sebuah roller coaster?

Apakah HIV dan AIDS itu sama?

Bagaimana cara masuk UI (Universitas Indonesia)?

Mengapa kuliah di Universitas Indonesia begitu menarik dan prestisius?

Mengapa iPod mampu mengalahkan Walkman dalam bisnis peranti musik dunia?

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

Siapa film director (sutradara film) terbaik menurut Anda?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Mengapa banyak anak perempuan yang menjadikan ayahnya sebagai cinta pertamanya?