selasar-loader

Apakah Tahu Warung Mbah Cokro "Indonesia Masih Ada"?

Last Updated Jan 25, 2017

JKnGMbnza0dPynt6-nTFGYRSWpXYzTOB.jpg

Di Surabaya itu ada warung, namanya Warung Mbah Cokro. Ingin tau taglinennya, "Indonesia Masih Ada". Kalau membaca cukup biasa saja, Warung Mbah Cokro "Indonesia Masih Ada". Warung ini berada di Jalan Prapen 22, Surabaya. Berdiri tahun 2014. Warung ini didirikan oleh M. Zurqon, mantan jurnalis sekaligus mantan pendiri media watch di Surabaya. 

Zurqoni mendirikan warung ini terinspirasi oleh tokoh besar bangsa kita, HOS Tjokroaminoto. Tahu kan HOS Tjokro? Guru bangsa yang melahirkan orang hebat Indonesia, Ada Musso, Kartosuwirjo, dan Soerkarno. Banyak lagi,ada Semaun, Alimin, Agus Salim juga pernah belajar di HOS Tjokro Jalan Peneleh, Surabaya. 

Itulah ide dasar, kenapa Zurqoni memberi nama warungnya, Warung Mbah Cokro "Indonesia Masih Ada"?   Jika mau jujur berbagai latar belakang orang itu biasanya ada di warung, sambil ngopi, beriskusi atau ngobrol berbagai macam hal  Begitu pula yang terjadi di rumah HOS Tjokro; berbagai diskusi berlangsung akhir menemukan Indonesia sesungguhnya. Mesk ada beberapa sudutyang masih perlu diperbaiki.

Ya, warung dan rumah HOS Tjokro di Jalan Peneleh Surabaya, itu yang saya tangkapmenjadi landasan pemikiran Zurqoni menjadirikan Warung Mbah Cokro "Indonesia Masih ada"  

Tentu di Warung mbah Cokro sangat menarik.Sambil kita ngopi, biasanya ada diskusi menarik, ludrukan, baca puisi, pameran lukisan dan banyak kegiatan. Orang Jakarta boleh ke warung Mbah Cokro. begitu pula dari daerah lain, Ambon, Manado, Pontianak, Palembang, Aceh seluruh bangsa Indonesia kalau sedang ke Surabaya, mainlah ke warung Mbah Cokro. 

 

Kalau penasaran, ketik saja, WarungMbah Cokro "Indonesia Masih Ada". Pasti banyakphoto menarik yang keluar di Gogle searching. Jangan penaaran datang saja ke Warung Mbah Cokro "Indonesia Masih Ada". Selamat bertemu. Salam damai, sehat dan selalu berkreasi. . 

No answers yet