selasar-loader

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Last Updated Nov 17, 2016

19 answers

Sort by Date | Votes
Michael Edwin
You are what you ask!

Hasil gambar untuk PARFUM MAHAL

via cdn.klimg.com (SUM) 

Karena dengan memakai parfum, "harga diri" orang yang memakainya juga akan ikut bertambah "mahal".

Answered Dec 2, 2016
Rizal Kurniawan
Veterinary | Agriculture Animal Health

Harga parfum ditentukan asal biang parfum. Tentu campuran makin baik dan banyak memberikan wangi yang banyak

Answered Jan 13, 2017
Mustafid Sawunggalih
Status pekerjaan di KTP berprofesi sebagai wiraswasta :D

Untuk parfum mahal, selain bahan-bahan parfumnya yang mahal, bisa jadi karena kemasannya. Apalagi misalnya diproduksi terbatas. Kalau pingin yang murah ya beli di tempat refill parfum :D

Answered Jan 14, 2017
suhaeri mukti
Peneliti, Pernah belajar Psikologi dan Sosiologi.

Kemampuan sebuah parfum menghipnotis setiap lubang hidung yang membuat harga parfum mahal, tak peduli terbuat dari bahan terbaik atau bahan ala kadarnya.

Answered Jan 14, 2017

Brand and trust.

dan itu butuh effort besar untuk membangunnya.

Answered Jan 25, 2017
Dedy Syahril
Saya suka film, buku dan kacang garuda

Merk, Bahan Baku, Riset, Packaging

Empat dari banyak alasan mengapa parfum original itu mahal. Perlu riset, eksperimen dan talent untuk menghasilkan sebuah produk parfum yang bagus. Dengan kata lain, perfumery adalah multimillion dollar industry.

Bahan baku juga menjadi faktor penyumbang mahalnya sebuah parfum. Bahan baku yang mengeluarkan aroma unik dan langka tentu tidak didapatkan dengan mudah. Saya ingat di Selasar ada yang bertanya apa kegunaan muntahan paus untuk parfum? Saya sendiri tidak tahu, tapi tidak setiap hari kita bisa melihat paus muntah kan?

Talent juga menjadi penentu apakah target aroma tertentu dari suatu parfum bisa diciptakan. Tahukah kamu orang yang mempunyai bakat untuk membedakan dan meramu wewangian di industri parfum disebut apa? A Nose. Gaji seorang Nose juga tidak murah. Tahukah kamu berapa penghasilan mereka? Tidak ada angka pasti, tapi diyakini mulai dari puluhan ribu sampai jutaan dolar. Salah satu "pemilik-hidung-termahal" di industri parfum adalah Jo Malone. 

Terakhir packaging. Botol parfum original kosong pun jika dijual tetap laku. Salah satu serial TV favorit saya adalah Storage Wars di History Chanel. Sering jika dari gudang terbengkali itu ditemukan botol parfum, harganya jualnya bisa mencapai seribuan dolar.

Ada satu film bagus tentang parfum yang bisa saya rekomendasikan. Judulnya Perfume: The Story of a Murderer. Bercerita tentang Jean-Baptiste Grenouille yang memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Jika manusia normal belajar mengenali benda disekitarnya dengan cara melihat, maka Grenouille menggunakan hidungnya. Ia terobsesi menciptakan ultimate scent perfume. Parfum surgawi.

S2mUp1hlT5gi32AWuymIxaTSolvwHN6k.jpeg

Answered Jan 25, 2017
Pebriansyah Ariefana
member AJI Jakarta, pe@jalankaki, gado-gado lover

Yang memakainya..... kalau yang pakai tukang becak, pasti harganya murah. Kalau yang pakai Dian Sastro pasti harganya mahal...

Answered Jan 31, 2017
Faizul M M Nurullah
Sastra, aesthetic, poet, and novel. And adventure

Parfum mahal karena untuk mendapatkan essential oils tersebut membutuhkan biaya produksi dan harga bahan baku yg juga cukup mahal. Akar wangi salah satunya. Dari satu kuintal akar wangi kering, hanya didapatkan beberapa liter bibit minyak wangi setrlah disuling. Belum lagi jika bibit tersebut didapatkan dari bunga yang harganya relatif lebih mahal.

Answered Jan 31, 2017
Edho Naga
Sedikit menulis, sedikit membaca, suka mendengar..(Jurnalis Baru)

xDoPcR2nfy0Oiws57T-Zvxq35yAe75CU.jpg

bukalapak.com

Parfum asli (original) mahal? Kalau menurutku sih karena bahannya, ya. Asli dari alam dan ada beberapa yang impor. Kebayang dong, berapa ongkir (ongkos kirim)-nya saja?

Selain itu, ada beragam cara dalam membuatnya. Pembuatannya pun melalui proses yang rumit, sih. Ya, wajar kalau mahal. 

Answered Jan 31, 2017
Rininta Ariastyanti
Dreamer, Explorer, Kepoer

6rNdgKp0OA8KQBzbe7-GO13TxrEiVe_n.jpg

Parfum atau yang dikenal sebagai minyak wangi adalah bahan yang digunakan untuk memberi bau harum pada sesuatu. Parfum seringnya digunakan untuk menutupi bau yang tidak diinginkan dan memberi aroma tertentu. Tidak berbeda dari barang lain, parfum memiliki kualitas yang ditentukan oleh harga. Apa saja yang membuat harga parfum mahal?

1. Branding

Parfum dengan merk-merk terkenal mancanegara pasti lebih mahal dari parfum merk lokal. Soal aroma, sifatnya relatif, tetapi parfum level internasional menjual gengsi pemakai. Pemakai dapat dengan bangga mengucapkan merk parfumnya ketika ditanya dan dapat dipandang sebagai orang kaya, berkelas, elegan, dan sebagainya.

2. Kualitas Bahan

Kualitas bahan yang dipakai oleh parfum juga menjadi penyebab mahalnya harga parfum. Wangi esens yang pas, bahan yang tidak merusak kain dan kulit, dan keramahan lingkungan merupakan ciri dari kualitas bahan parfum yang baik. Tentu saja, untuk mendapatkan kualitas bahan yang baik, diperlukan biaya yang mahal sehingga harga parfum pun dibuat mahal. Jika ada parfum serupa yang memiliki harga yang jauh lebih murah, mungkin saja bahan parfum sudah dicampur sesuatu sehingga kemurniannya kurang.

3. Model

Di zaman fangirl dan fanboy seperti ini, sangat mungkin bagi orang untuk membeli barang yang digunakan oleh sang idola. Tidak terkecuali parfum. Parfum yang memiliki model seorang artis sangat mungkin digemari fansnya. Seorang fans yang benar-benar terpaut dengan idolanya tidak pernah keberatan untuk merogoh kocek lebih demi mendapat barang yang digunakan idolanya. Inilah yang dimanfaatkan penjual parfum untuk menaikkan harganya.

 

Answered Feb 21, 2017

D3ISyRaEenKVxKtOgBP8VOetCgwPUZpb.jpg

via flickr.com

Harga itu tergantung dari jenis brand-nya. Selain value dari brand-nya, alasan lain yang membuat harga parfum menjadi mahal adalah wanginya yang lebih tahan lama.

Answered Mar 8, 2017

zX15qjCIPk_1_bDws6SPBUSzFKyHZlFk.jpg

via http://weheartit.com (FR)

Parfum mahal bukan berdasarkan biaya produksi, melainkan hanya merek. Parfum merupakan kebutuhan tersier yang menjadi sebuah prestise (sesuatu yang bisa dipamerkan). Jika seseorang hanya sekadar menutupi bau badan, mereka bisa membeli deodoran yang terjangkau atau cologne yang wanginya awet. Namun, wangi saja tidak cukup, mereka harus memastikan wangi yang dipakainya memiliki ciri khusus yang dapat dikenali dari merk tertentu.

Answered Mar 31, 2017

 Branding, kualitas barang, dan model desain parfum itu sendiri.

Answered Aug 10, 2017
Uun Ushwatun Khasana Opier
jadi wanita harus pintar

Yang membuat harga parfum mahal karena dilihat dari merek parfum dan baunya yang tahan lama. Kalau mereknya berkualitas bahanya bagus otomatis harga parfumnya mahal.sama juga dengan baunya wangi dan tahan lama harganya juga tetap akan mahal karena parfum yang mahal itu di lihat dari tingkat kualitasnya.

Answered Aug 12, 2017

Yang membuat parfum itu mahal karena wanginya yang tahan lama dan tidak membosankan ketika dipakai.

Answered Aug 18, 2017
Anonymous

Wangi

Answered Aug 19, 2017
Alya Kaltsum
Assalamual nama saya alya saya jurusan hukum keluarga fakultas syariah dan hukum

Kualitas parfum tersebut,wangi parfum,tempat parfum juga ada yg berbeda-beda sesuai kesukaan orang-orang dan asal parfum tersebut dari negara lain

Answered Aug 19, 2017

kualitas dan tahan lamanya parfum

Answered Aug 20, 2017
Anonymous

Mahalnya harga parfum tentunya tergantung dari Merek yang notaben produk-produk lain juga memakai brand mereka demi mendongkrak harga dari produk mereka. Tapi, klo dari segi kualitas parfum tentunya berbeda. Ada yang memang jadi Top Brand entah karena paling diminati masyarakat atau memang mereka membuat wewangian parfum tersebut tahan lama hingga tidak hilang sampai beberapa jam atau bahkan sampai hitungan hari.

Answered Aug 23, 2017