selasar-loader

Apa saja makanan khas daerah di Indonesia yang terbuat dari (beras) dan tepung ketan?

Last Updated Jan 23, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Indria Salim
A freelance writer & translator. Having worked in some international NGOs.

Kue khas daerah yang terbuat dari ketan, antara lain: Wajik Kletik khas Magelang. Rasanya manis dan gurih serta bisa disimpan beberapa hari. Ciri khas kue ini adalah "klethik"-nya, tidak lembek namun kering meskipun asyik dikunyah. Dalam perkembangannya, wajik yang beredar di pusat jajanan ataupun makanan khas Magelang ini dikenal sebagai Wajik Week, karena produsen aslinya adalah Nyonya Week.
K4Fkn21zw_Bd7EVpnzjEMazvFEiouKqS.jpg

Wajiknya  yang berhiaskan irisan daun pandan, ya. Ini (bukan) wajik Week. Namun tetep kategori wajik. :D

Madu Mongso, semacam kue dibungkus kertas minyak, dengan tekstur lembek namun bisa tahan lama karena unsur manis alami dari tape ketan hitam yang diolah dalam proses sangrai yang lama.Di Solo kue ini cukup dikenal, namun entah mengapa makanan ini dikabarkan aslinya dari Madiun, Jawa Timur.
ImF_Utn-3tblhflv8nBKhhyt_nHAhNDJ.jpg
Terserah saja, mau disebut Klepon boleh, mau diklaim Onde-onde Padang, silakan. :D

Kue Klepon (istilah dari orang Solo atau di tempat lain), alias kue Onde-onde (istilah orang Padang atau Sumatra Barat). Berbahan tepung ketan, berwarna hijau dari perasan daun suji atau pandan, berisi potongan gula Jawa/ gula aren yang meleleh, dan berbalut parutan kelapa -- idealnya kelapa yang agak muda dan sudah dikukus agar tidak mudah basi.

Tape ketan -- baik dari bahan ketan putih atau ketan hitam. Proses memasaknya adalah dengan fermentasi. Semakin lama tape ini semakin manis, dan aromanya harum karena juga mengeluarkan unsur alkohol alami. Tape ketan bisa dinikmati begitu saja, bisa dipadu dengan uli, semacam kue gurih yang juga dibuat dari ketan putih. Di Solo, banyak warung atau restoran yang menyediakan es Tape Ketan, atau tape ketan sebagai bagian dari es Campur.
tJBwbNivlK92_ZHvxMXvNd4pgeK8yoEd.jpg

Tape Ketan itu makanan "gaul" karena bisa di-mix and match. Foto di atas menampilkan tape ketan hitam sebagai topping es krim vanila, lezatnya minta ampun. Ya itu sih selera atau kreativitas saja. :D

bOJd1cMQrdBBGbKXdTwElnOJfSKSh4Mw.jpg

Penjual kue serba ketan -- ada tape ketan hitam, ada uli (semacam lemang atau juadah) dengan rasa gurih, dan lainnya. Nah, ini semua dari daerah mana? Saat ini bisa disebutkan saja sebagai kue khas Nusantara, karena mungkin saja kue ini terdapat di sebagian besar daerah di Indonesia. :D

Lemper (nama umum), terbuat dari ketan putih, aslinya dibungkus daun pisang, rasanya gurih karena dicampur dengan santan kelapa. Penyajiannya variatif -- ada lemper berisi ayam cincang yang gurih dan manis, ada yang lebih praktis,  diisi abon sapi atau ayam. Ada pula yang tanpa isi. Kue ini cocok disajikan dalam berbagai kesempatan - pesta, kumpulan arisan, atau buat snack (makanan selingan) keluarga.
TRa_kEjkG0EMRkp7ysHmcXPDo9Y9AlNA.jpg
Wingko Babat edisi terkini, lebih mungil, menggoda, dan kemasan lebih praktis dan higienis.

Kue Wingko Babat khas Semarang. Dalam bahasa Indonesia kadang disebut kue Bingka. Kue ini campuran tepung ketan putih, parutan kelapa muda, dan gula. Lalu prosesnya disangrai atau dipanggang. Kue ini cocok untuk berbagai kesempatan, tahan lama, dan praktis buat oleh-oleh keluarga dan teman.

Masih banyak yang belum disebutkan di sini, sekarang giliran Anda untuk melengkapinya. Silakan. :-)

Vivat Selasares! -- @IndriaSalim
 

Answered Jan 23, 2017

Question Overview


2 Followers
1895 Views
Last Asked 2 years ago