selasar-loader

Bagaimana cara mendapatkan kekayaan 1 miliar rupiah pertama Anda?

Last Updated Nov 15, 2016

Saya penasaran mendengar cerita-cerita penghuni Selasar.

29 answers

Sort by Date | Votes
Achmad Zaky
Pendiri dan CEO Bukalapak

Saya menjual sebagian kecil (0.x %) saham saya di Bukalapak. Selain untuk saving buat masa depan keluarga dan anak saya, sebagian saya berikan ke orang tua saya. 

Answered Nov 17, 2016
Agus Setyono
Pencari Kebenaran

Hasil gambar untuk warisan 1 miliar

Saya mendapatkan warisan dari kematian orang tua saya. Nilainya jauh di atas 1M. Saya anak tunggal. Saya berjanji akan menjaga harta warisan leluhur saya sampai generasi selanjutnya. Saya menabungnya dan mengelola aset tersebut untuk hidup.

Terima kasih untuk orang tua dan leluhur-leluhur saya.

Gambar via sgimage.detik.net.id

Answered Dec 19, 2016

Cara utama adalah dengan konsisten akan sesuatu yang kita geluti. Setelah konsisten di dapat, kita belajar dari master yang telah memiliki ilmu dibidang tersebut, banyak-banyak belajar, lalu membuat strategi dan langsung action ke titik fokus.

Kunci utama adalah siap akan segala resiko, termasuk modal untuk promo2 ads di social media, mengorbankan waktu lebih banyak dan yang paling utama adalah fokus action menjalankannya dengan sungguh-sungguh.

Insya allah, Barang siapa mengerjakan sesuatu dengan bersungguh-sungguh, kesuksesan mudah diraih :)

Answered Jan 18, 2017
Tigor Dalimunthe
Lelaki dan Ganteng

Saya karyawan, yang saya bisa lakukan hanya menabung dan menyimpannya pada investasi yang bisa menjaga nilai (properti atau instrumen keuangan), kemudian membuat target-target yang rasional. Kadang meleset, kadang meleset banget, tapi selama fokus, insya Allah bisa, dan tidak pakai lama.

Answered Jan 19, 2017
Anhar Ismail
Vi Veri Veniversum Vivus Vici | Human - Idealist - Maestro

Saya belum memiliki 1 milyar. Tapi solusi berwirausaha atau berhutang bisa jadi jawabannya. hehe

Answered Jan 31, 2017
Ma Isa Lombu
Rational Doers

GhR6zUOLfa9Y5I7aX4Tssvhbv6KQ3alb.jpg

Pertanyaan menarik!

Satu miliar cash itu setara dengan:

  1. Rumah menengah di pinggiran Jakarta
  2. Satu unit mobil (lumayan) mewah dengan pajaknya
  3. Biaya jalan-jalan keliling dunia selama 3 bulan
  4. Biaya sekolah 10 orang anak dari SD hingga SMU
  5. Lima puluh ribu porsi makanan seharga Rp20.000,00.

Saya coba kasih solusi dengan cara yang paling konservatif.

Anggaplah Anda seorang warga kelas menengah Jakarta. Umur Anda 30 tahun dengan penghasilan 12 juta rupiah/bulan.

Struktur biaya bulanan dalam rumah tangga hanya terdiri dari 3 bagian: cicilan rumah (5 juta), biaya operasional (4 juta), dan juga sekolah anak (1 juta). Akhirnya sebuah rumah tangga hanya mampu menabung sekitar 2 juta rupiah per bulan.

Jika hanya mengandalkan gaji, tentu mendapatkan 1 milyar dengan metode menabung tentu akan sulit, selain lama tentunya.

Mari kita buat ilustrasinya. Dengan tabungan sebesar 2 juta rupiah per bulan, maka secara kasar, sebuah rumah tangga baru dapat memiliki 1 miliar pertamanya ketika ia menabungkan uangnya secara konsisten selama 41 tahun (tidak termasuk inflasi).

So tough!

Maka, jika Anda adalah seorang karyawan dengan potensi tabungan hanya 2 juta rupiah per bulan, mungkin cara konservatif-halal seperti ini yang Anda dapat lakukan.

a. Menabung Rp2 juta/bulan secara konsisten selama 2 tahun. Total saving Rp48 juta.

b. Nominal Rp48 juta yang ada digunakan untuk bisnis online yang memiliki potensi untung besar selama 2 tahun. Mengapa bisnis online? Karena dengan berjualan secara online, market akan lebih besar. Tentu saja. Asumsikan istri (pasangan Anda) adalah ibu rumah tangga, minta ia yang melakukannya. Selain melatih setiap anggota keluarga memiliki business sense yang baik, memberdayakan istri sendiri sebagai bagian dari proses usaha seperti ini jelas costless.

Asumsikan berjalan dengan lancar, net profit akan didapatkan selama 2 tahun tersebut adalah Rp300 juta. Dengan valuasi nilai perusahaan mencapai Rp200 juta. Bertumbuh sekitar 4 kali lipat. Dari Rp300 juta net profit yang Anda miliki, Rp100 juta Anda dapat gunakan untuk memperbesar bisnis (dialokasikan untuk membeli aset baru/retained earning), sedangkan Rp200 juta sisanya untuk beli rumah di pinggiran kota Jakarta.

c. Tunggu 2 tahun lagi, dengan asumsi bisnis Anda berkembang, Anda akan memiliki tiga hal ini.

  1. Valuasi bisnis selama 4 tahun sebesar Rp800 juta (meningkat 4 kali lipat selama 2 tahun)
  2. Net profit sebesar Rp400 juta
  3. Rumah senilai Rp400 juta (meningkat 2 kali lipat selama 2 tahun)

Total; Rp1,6 M dalam waktu 5 tahun. 

Yang kemudian harus Anda lakukan untuk mendapatkan Rp1 miliar pertama Anda hanyalah dengan menjual sebagian saham Anda dalam bisnis ekuivalen dengan Rp200 juta, menjual rumah Anda yang saat ini sudah bernilai Rp400 juta, dan tentu menggunakan net profit sebesar Rp400 juta dari bisnis Anda tersebut, maka Rp1 miliar pertama Anda sudah ada di hadapan.

Lebih hemat sekitar 36 tahun dibandingkan dengan metode menabung, bukan?

Selamat mencoba!

Answered Feb 9, 2017
afdanella ella
alumni SMANSA PAPA, abdi negara, planner, bestfriend nya bintang ketjil

nrvns-j6l_0UAaLXDS531MMs8o_s4SBh.jpg

Menikah. Itu saja.

Karena menikah adalah sama dengan increasing return to scale of rezeki. Menikah dengan perempuan minang, karena perempuan minang punya banyak sekali tanah warisan. Anda tidak dapat menjual tentu saja, tapi Anda dapat mengelola dan mengambil hasilnya. 

Simple.

 

sumber gambar: idepernikahan.com

Answered Apr 29, 2017
Anonymous

Hasil gambar untuk cara mendapatkan kekayaan 1 milyar

Sambil bekerja di media, saya menjalankan bisnis properti kecil-kecilan. Bisnis di sini tidak memerlukan kegiatan apa pun, sebab setelah membeli properti (tanah, sawah, maupun rumah), saya biarkan begitu saja, paling mengupah saudara yang menunggu dan mengurusnya. Sejak tahun 1994, saya mulai main bank dengan cara meminjam uang secara berkala, lalu membeli cash properti. Gaji dipotong hampir 40 persen oleh bank setiap bulannya, dan saya menerima gaji dari "sisa" pemotongan bank. Begitu seterusnya dan kebiasaan ini berlangsung sampai pertengahan 2018 nanti saat cicilan saya lunas.

Tahun 2000-an saya membeli properti di kampung saya, 300 kilometer arah timur dari Jakarta, seharga Rp175 juta berupa tanah seluas hampir satu hektar. Di atas tanah berdiri rumah, delapan kolam ikan dan kandang sapi kapasitas 50 ekor. Saya tidak punya tenaga untuk mengelola aset yang saya beli itu. Saya biarkan saja. Kini sudah ada yang menawar di atas Rp1,5M, tetapi belum saya lepas sampai sekarang.

Saya juga pernah membeli properti lainnya berupa rumah, juga di kota yang sama tahun 2006 seharga Rp200 juta. Sepuluh tahun kemudian, harganya sudah melonjak menjadi Rp1M. Yang ini sudah saya lepas tahun lalu, sebagian hasil penjualan saya pakai keliling Asia dan Eropa bersama keluarga. Menunaikan ibadah haji sudah saya lakukan tahun 2009, sesudahnya ke Mekkah untuk umroh.

Membeli properti itu sangat menguntungkan, asalkan dilakukan dengan penuh perhitungan. Lihat lokasi, lokasi, dan lokasi. Saya selalu membeli properti (apalagi rumah) selalu tepat di pinggir jalan Provinsi dan selalu dalam cluster perumahan. Harus berani berutang ke bank dan sesuaikan dengan kemampuan. 

Jangan segan-segan keluarkan tabungan untuk menambahi jika pinjaman tidak mencukupi. Upayakan membeli properti secara cash, bukan kredit. Saya biasa nyicil ke bank untuk pinjaman saja, bukan kredit kepemilikan rumah. Kalau lagi beruntung, harga rumah bisa meloncat dua atau tiga kali lipat pada dua tahun berikutnya. 

Terakhir, dua tahun lalu saya membeli properti berupa rumah dua lantai dengan luas tanah 170 meter persegi dan luas bangunan atas-bawah 200 meter persegi di kota yang sama seharga Rp572juta. Lokasi perumahan di tepi jalan provinsi. Dua tahun kemudian, rumah itu sudah dihargai Rp1,3M. Tentu tidak saya lepas, karena rumah itu dialokasikan untuk tempat tinggal saat saya kembali ke kampung nanti.

Gambar via abangdidi.com

Answered Apr 29, 2017
Anonymous

Bekerja dengan keras, dan kalau bisa membuka banyak cabang usaha sampingan.

Answered Aug 2, 2017

Kekayaan 1 miliar yang pertama? Menurut saya yang punya pemikiran seperti ini kebanyakan adalah para pengusaha yang punya ekspektasi tinggi. Untuk mendapatkannya tentu harus punya banyak relasi dan inovasi yang berbeda. Selain itu, kerja keras dan yang pasti punya target.

Answered Aug 8, 2017
Aulia Jasmine Fachrunisa
Man 'arofa nafsahu faqod 'arofa robbuhu

Dengan cara rajin menabung.

Answered Aug 11, 2017
Elkana Amelia
Mahasiswa fakultas kedokteran ilmu gizi undip 2017

Dengan cara berkerja keras sesuai bidangnya masing masing atau dengan berwirausaha.

Elkana Amelia Fitrialistanti_FK UNDIP_ilmu gizi

Answered Aug 12, 2017
Dina Mariana
Mathematics student'17 of UIN Jakarta

Menurut saya, cara untuk mendapatkan kekayaan 1 miliar pertama adalah dengan kerja keras, karena jumlah itu tidak sedikit dan diperlukan waktu yang relatif lama. Biasanya akan dapat peluang cepat jika bekerja di bidang bisnis atau sebagai pengusaha. Menabung dari bekerja di bidang yang dicintai juga menjadi salah satu caranya.

Answered Aug 14, 2017
Riko Andrian
Fakultas Adab Dan Humaniora BSA UIN Syarif Hidayatullah Ciputat

Langkah awal yg harus dilakukan adalah rajin melaksanakan shalat malam dan bermunajat kepada Allah,Berusaha segiat mungkin dan selalu berdoa kepada Allah

Answered Aug 15, 2017

Dengan bekerja tetap semangat dan optimis, walau banyak rintangan yang datang dan yakin akan kesuksesan.

 

Answered Aug 18, 2017
Nur Hikmah
Khoirunnas anfa'uhum linnas

Dengan bekerja keras dan sabar dalam mengumpulkannya.

Answered Aug 18, 2017
Anonymous

Kerja keras,doa dan yakin

Answered Aug 19, 2017
Chacha Khoirunisa
Syariah dan hukum || hukum tata negara

Kerja keras dan doa .

Answered Aug 19, 2017

Doa kepada Allah melalui sejadah sholat malam, dhuha, shoum senin kamis, dzikir pagi petang, sholawat, dsb. Bahkan, bukan hanya 1 M. 10 T juga Allah kasih. Insya Allah...

Answered Aug 20, 2017
sasa sa'adah
081281229256

nama: nur saádah

jurusan: tarjamah

 cara mendapatkannya adalah dengan tekat dan kerja keras yang kuat dan disertai dengan doa serta keyakinan kpd sang pencipta, karna rizky masing2 setiap manusia sdh diatur sedemikian rupa oleh allah, jika ada keinginan pasti ada jalan .

Answered Aug 20, 2017

Question Overview


and 80 more
98 Followers
2608 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana cara untuk mendapatkan return yang tinggi saat berinvestasi di bursa saham?

Berapa pendapatan selebriti Indonesia per bulan?

Berapa pendapatan seorang motivator terkenal Indonesia setiap bulan?

Berapa pendapatan penyanyi tunggal Indonesia setiap bulan?

Berapa pendapatan penyanyi group band Indonesia setiap bulan?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan untuk pasangan muda?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan untuk seorang mahasiswa?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan kala bulan ramadhan?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan kala akhir bulan menjelang?

Bagaimana transaksi keuangan dilakukan di Jerman pada Perang Dunia II?

Bila diwarisi utang Rp 1 miliar, apa yang akan Anda lakukan?

Apa masalah utama dari banyaknya UKM/bisnis di Indonesia sulit membesar?

Apa hal penting dalam mengelola keuangan yang harus diketahui agar bisnis kita melejit?

Bagaimana cara meningkatkan jumlah investor dalam negeri di BEI?

Mengapa IPO di BEI masih minim dan apa yang harus dilakukan otoritas terkait?

Apa beda antara startup dan perusahaan lainnya? Mengapa istilah startup begitu naik daun?

Siapa pengusaha paling top di Indonesia menurut Anda?

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat parfum?

Bagaimana cara membuat slogan atau jingle iklan pada sebuah produk agar menarik perhatian masyarakat?

Apa skill paling penting dalam membangun bisnis?

Apakah terlambat memulai bisnis pada usia 40?

Apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula?

Bagaimana pengalaman Anda gagal/bangkrut membangun bisnis?

Bagaimana cara paling efisien membangun bisnis dengan cepat?

Saya seorang OB, Bagaimana cara menjadi direktur sebuah perusahaan?

Jam tangan apa yang Anda rekomendasikan untuk profesi penyelam?

Bagaimana cara meningkatkan sense of humor kita?

Bagaimana cara membuat diri saya menjadi lebih percaya diri?

Bagaimana Memperluas Sudut Pandang?

Bagaimana cara mengakselerasi budaya meritokrasi dalam birokrasi pemerintahan?

Apa pengalaman paling berkesan Anda dengan istri/suami yang berprofesi sebagai dokter gigi?

Apa pengalaman paling berkesan Anda dengan istri/suami yang berprofesi sebagai dokter?

Apa pengalaman paling berkesan Anda dengan istri/suami yang berprofesi sebagai pilot pesawat komersial?