selasar-loader

Berapa jumlah bintang yang ada di langit?

Last Updated Nov 15, 2016

Saya suka sekali menatap langit. Dari kegiatan itu saya kemudian bertanya-tanya, berapa jumlah bintang di langit?

8 answers

Sort by Date | Votes
Manoressy Tobias
Calon Peneliti, Pusat Sains Antariksa, LAPAN

rAJs3DAY3-LrB4yXERock6tiDPpaA_hx.jpg

via malesbanget.com (FR)

Ada milyaran bintang dalam galaksi kita (Bima Sakti / Milky Way). Jumlah pastinya cukup sulit ditentukan, tapi para astronom telah membuat berbagai estimasi melalui berbagai teknik observasi dan perhitungan: sekitar 100-400 milyar bintang.

Jumlah yang bisa terlihat di langit dalam kondisi ideal diestimasikan sekitar ~4.500 - ~5.000. Paling sedikit mungkin sekitar ~2.000. Kalau mau diambil angka agak tengah tapi tidak terlalu sedikit, taruhlah angka ~2.500 bintang yang bisa kita lihat di langit. Tapi angka ini tidak pasti.

Banyak faktor yang mempengaruhi jumlah bintang yang bisa kita lihat. Dalam kondisi ideal pun, kemampuan penglihatan kita mempengaruhi jumlah bintang yang dapat kita lihat. Semakin tua seseorang, biasanya kemampuan penglihatannya semakin menurun.

Kemudian ada juga faktor alam dan lokasi. Apabila kita berada di tengah laut / samudera atau di lokasi yang jauh dari cahaya kota, tentunya jumlah bintang yang bisa kita lihat akan lebih banyak daripada saat kita berada di kota dengan banyaknya cahaya lampu yang terang benderang. Tapi cahaya dari Bulan pun mempengaruhi jumlah bintang yang bisa kita lihat. Saat Bulan purnama, langit malam menjadi lebih terang sehingga jumlah bintang yang bisa kita lihat lebih sedikit. Belum lagi faktor awan.

Astronom menggunakan skala magnitudo yang merupakan skala logaritmik untuk mengkuantifikasi terang atau cerahnya suatu bintang / benda langit tertentu. Semakin terang suatu benda langit, semakin kecil nilai skala magnitudonya, dan demikian juga sebaliknya. Terdengar counterintuitive? Profesor saya dulu membuat lelucon, "Astronomy is the oldest science, guys. So don't be surprised if the scale is kinda weird :p "

Ada dua tipe skala magnitudo: magnitudo tampak/semu (apparent magnitude) dan magnitudo mutlak (absolute magnitude). Magnitudo tampak/semu adalah angka pengukuran terangnya suatu benda langit sebagaimana yang kita lihat dari Bumi tanpa memperhitungkan jarak ke benda langit tersebut. Sebagai contoh, Matahari memiliki magnitudo tampak sebesar -27, Bulan purnama -13, International Space Station -7 (nilai maksimum), Venus -5 (maksimum), Jupiter dan Mars -3 (maksimum), Merkurius -2 (maksimum), Vega 0 (maksimum; bintang ini dijadikan standar), Polaris 2, Uranus 5, dan batas maksimum penglihatan kita (mata telanjang) biasanya 6. Dengan Hubble Space Telescope, kita bisa mencapai magnitudo 30-31.

Magnitudo mutlak adalah skala yang digunakan dengan memperhitungkan faktor jarak. Suatu benda langit bisa terlihat terang karena jaraknya dekat, tapi bisa juga karena ukurannya besar walau jaraknya jauh. Sebaliknya, suatu benda langit bisa terlihat redup karena jaraknya jauh atau jaraknya dekat tapi ukurannya kecil. Untuk bintang, magnitudo mutlak adalah terangnya bintang tersebut apabila ia berjarak 10 parsec (32,6 tahun cahaya) dari kita.

Contoh: Betelgeuse (jarak: 642,5 tahun cahaya) memiliki magnitudo tampak sebesar 0,42; lebih redup dari Matahari (jarak: 0,0000158 tahun cahaya), tapi magnitudo mutlaknya -5,6. Magnitudo mutlak Matahari hanya sekitar 4,8. Dengan kata lain, apabila Matahari dan Betelgeuse sama-sama "ditaruh" di jarak 10 parsec dari kita, justru Betelgeuse yang akan tampak lebih terang.

Answered Apr 14, 2017
suci ika Dewi
Mahasiswa FIK UI 2017

Menurut saya, bintang di langit tidak dapat di hitung karena jumlahnya banyak sekali, bahkan sampai ribuan.

Answered Aug 5, 2017
Al-A'la Dzulfikar
Full Time Blogger

Menjawab pertanyaan ini saja, saya jadi teringat pada kisah para sahabat, persisnya saya tidak ingat. Namun, jika kita ingin menghitung berapa banyak jumlah bintang yang ada di langit bisa dibandingkan dengan menghitung jumlah pasir yang ada di bumi.

Answered Dec 13, 2017
Anonymous

Jumlah bintang dilangit sama dengan jumlah pasir di padang pasir

Answered Jan 1, 2018
Fikrie Maulana
Mahasiswa Biologi UGM 2014

QIImubvCAbXnzcKfDr2JjJj4GZJ76JZK.jpg

Ada berapa jumlah Bintang dilangit ?

Bintang dilangit oh bintang dilangit ada berapakah jumlah mu ?

Sebelumnya saya kasih spoiler kalau jawaban ini sedikit nyeleneh. so jangan terlalu serius.

Pertanyaan mendasar tapi susah buat di jawab. Oke mari kita bahas perihal bintang yang ada dilangit.

Kita asumsikan langit yang kita maksud itu adalah langit yang hanya kita liat di belahan bumi pada waktu kita melihat langit, berarti asumsinya jumlah bintang yang kita lihat dilangit adalah setengah dari total jumlah bintang yang seharusnya bisa kita liat di keseluruhan bumi. Beda lagi kalau kita bahas jumlah bintang yang ada di angkasa.

Pada website esa.int.com menyatakan bahwa para astronom mengasumiskan pada galaksi milki way terdapat 100.000.000.000.000 bintang yang berkonstelasi membentuk milki way itu sendiri. Dan diluar itu masih banyak galaksi yang terdiri dari lebih banyak bintang-bintang. Dari mana angka 100.000.000.000.000 ? . Asumsi. Menghitung jumlah bintang dilangit sama halnya dengan menghitung pasir di pantai. Kita tidak dapat menghitungya satu persatu hingga jumlah semua pasir terhitung. Jadi kita hanya perlu menghitung jumlah pasir pada volume tertentu lalu kita kalikan dengan luas total penutupan pasir di pantai. Lalu bagaimana cara menghitung bintang ? beterimakasihlah kepada ESA’s Infrared space observatory. Mereka melakukan perhitungan tersebut dengan menggunakan pemotretan dengan bantuan cahaya infrared. Sehingga akan terlihat titik-titik yang kompak untuk selanjutnya dihitung. Dari hasil tersebut dapat diktahui bahwa terdapat kurang lebih 1024 jumlah bintang di alam semesta dan terdapat 1012 Bintang di galaksi kita. jadi ada berapa jumlah bintang dilangit yang kita liat dimalam hari ? you ask something hard to answer.

Answered Jan 2, 2018
Devita Olyviana
Mahasiswi Biologi FMIPA UI 2014. Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta.

Kita tidak pernah tahu dengan pasti berapa jumlah bintang di langit. Pun, butuh waktu yang sangat lama, hingga ratusan tahun untuk cahaya bintang tersebut dapat mencapai bumi sehingga mungkin saja bintang yang kita lihat malam itu sebenarnya sudah mati.

Answered Mar 30, 2018
Muhammad Bagoes Himawan
Mahasiswa Arsitektur ITB | Peserta Rumah Kepemimpinan Bandung | @goeshhimawan

2lxanusgyD3LsZMpGHc2plWImkUc_pjq.jpg

Saya tertarik dengan pertanyaan ini, karena saya dulu juga pernah bertanya-tanya tentang ini. Dan lebih menarik lagi ketika ternyata saya juga pernah belajar astronomi di SMA.

Sebelum menjawab, mungkin perlu didefinisikan dulu istilah langit di sini. Kalau istilah langit di sini adalah langit yang mata kita lihat, ya mungkin tinggal hitung saja bintang yang terlihat oleh mata kita haha.. Tapi jelas itu tidak mungkin karena jumlahnya masih terlalu banyak, dan lagi bintang yang kita lihat di langit ternyata masih belum mencakup semua bintang yang ada. Masih banyak lagi bintang yang cahayanya lebih kecil atau bahkan lebih besar yang lolos dari kemampuan penglihatan mata kita.

Kalau begitu kita perluas istilah langit menjadi alam semesta yang telah Tuhan ciptakan. Seluas apa alam semesta ini para ilmuan pun tidak tahu, bisa jadi tidak terbatas atau sebaliknya. Jika merujuk dari artikel berikut, radius alam semesta yang teramati saat ini adalah 13,8 milyar tahun cahaya, yakni yang diukur dari pusat cahaya terjauh alam semesta. Nah, dengan adanya alam semesta yang teramati (observable universe) ini mungkin memudahkan kita untuk menghitung jumlah bintang yang ada. Secara sederhana jumlah bintang yang ada di  observable universe adalah sejumlah galaksi yang teramati dikalikan dengan jumlah bintang rata-rata dalam satu galaksi. Jumlah galaksi yang teramati oleh Hubble Space Telescope dalam Deep-field Image nya adalah 2 triliun atau sejumlah 10 kali lipat yang teramati oleh ilmuan sebelumnya. Lalu jumlah rata-rata bintang dalam satu galaksi adalah 100 juta bintang. Maka jumlah bintang yang teramati saat ini adalah... silahkan dihitung sendiri hehe
Namun tetap saja, nilai itu bukanlah jumlah pasti bintang di alam semesta kita. Tentu saja masih ada error dalam perhitungannya karena peralatan kita masih terbatas.

Answered Apr 3, 2018
Galih Fajar Ramadhan
Mahasiswa Teknik Biomedis ITB

Tidak ada yang tahu jumlah bintang yang ada di alam semesta, kecuali Tuhan, karena ilmuwan juga masih belum tahu seluas apa sebenarnya alam semesta itu. Saat ini, jarak terjauh observasi alam semesta adalah sekitar 13.8 miliar tahun cahaya. Dengan perkiraan luas alam semesta yang ada, David Kornreich, asisten profesor di Ithaca College New York, memperkirakan ada sekitar 10 triliun galaksi. Kemudian, secara kasar Kornreich juga memperkirakan terdapat 100 milyar bintang (jumlah bintang di galaksi Milky Way) di setiap galaksi. Dengan mengalikan kedua angka tersebut, Kornreich memperkirakan terdapat 10^24 bintang yang ada di alam semesta. Perkiraan tersebut tentu saja masih sangat kasar, dan berdasarkan data yang ada saat ini saja. Bisa jadi, di masa yang akan mendatang ternyata luas alam semesta yang dapat diobservasi menjadi semakin luas, sehingga perkiraan jumlah bintang pun bertambah.

Answered Apr 3, 2018