selasar-loader

Pemimpin Indonesia yang ideal di mata anak muda?

Last Updated Jan 22, 2017

Seperti apa Profil/ Karakter Pemimpin Indonesia berikutnya yang ideal di mata anak muda?

6 answers

Sort by Date | Votes
Arfi Bambani
Pimpin peliputan Pemilu Viva di 2009 dan 2014

_Jx6XbfJ5vCMicXtPk_0Wpwm7plinoYv.jpg

Karena masih merasa muda, saya mencoba menjawab pertanyaan ini. Menjadi pemimpin Indonesia di masa kini menuntut keahlian multitasking yang luar biasa karena menghadapi generasi yang juga terbiasa multitasking. Itulah syarat utama. Berikut adalah beberapa kemampuan lain yang saya rasa harus dimiliki seorang pemimpin Indonesia.

1. Memiliki visi ke depan soal Indonesia. Visi terbaik adalah yang meletakkan rakyat atau manusia di ujung tujuan. Ke manapun arah republik ini, harus bervisi pada tujuan menyejahterakan atau meningkatkan taraf kehidupan rakyat.

2. Memiliki kemampuan analisis masalah, misalnya berdasarkan pendekatan cost benefit analysis (CBA). Segala sesuatu dianalisis berdasarkan biaya dan untung yang mungkin timbul. Memang terkesan pragmatis, namun ini akan membantu program pemerintah berjalan sebagaimana mestinya.

3. Memiliki kemampuan berpikir sampai ke detail. Ibarat pepatah Inggris, the devil is in detail. Jika pemimpin tak bisa diajak berpikir detail, kekacauan-kekacauan yang tak perlu akan muncul. Contoh sederhananya, setiap surat yang diteken seorang pemimpin telah melewati proses check and recheck yang ketat sehingga tidak typo apalagi kesalahan substansial yang bisa jadi melanggar peraturan perundang-undangan.

4. Terbuka berkomunikasi dengan masyarakat melalui akun-akun media sosial. Pemimpin harus siap berkomunikasi langsung tanpa melalui perantara media atau pejabat, namun langsung. Kemampuan berbicara, mengutarakan pikiran, menjadi mutlak diperlukan karena komunikasi terbaik adalah komunikasi interpersonal dengan berbicara.

Saya rasa itu ciri pemimpin yang ideal di mata saya. Bagaimana dengan Anda?

Answered Feb 21, 2017
Rohani Elita
Guru | Tenaga Pendidik

-8VlDC0S9zL1Jl00bLNycZtw1x0AkF44.jpg

Pemimpin Indonesia yang ideal di mata anak muda? Pertanyaan ini cukup penting agar menjadi referensi para pemimpin, khususnya jika ingin menarik simpati anak muda di negeri ini.

Ya, berhubung saya juga masih terbilang muda, belum berumur 50 tahun, maka saya coba memberikan beberapa hal yang menurut saya baik dimiliki oleh para pemimpin.

1. Pemimpin ideal harus punya prinsip dan idealisme. Namun, prinsip dan idealisme itu harus lurus dan merepresentasikan kebenaran umum. Tanpa prinsip dan idealisme, pemimpin akan mudah diombang-ambingkan dan dicuci pikirannya oleh pengaruh kuat orang lain maupun desakan negara lain.

2. Pemimpin ideal bagi saya harus berintegritas. Maksud integritas di sini adalah adanya kesamaan antara pikiran, ucapan, dan tindakan dari pemimpin tersebut. Integritas di sini menjadi penting sehingga dia dapat benar-benar bekerja untuk kepentingan umum. Hal ini tentu akan terlihat sehari-hari oleh publik.

3. Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang bekerja dan mau turun ke bawah. Sudah bukan rahasia lagi bahwa selama ini, pemimpin lebih banyak menerima informasi dari bawahannya. Maka tak jarang bila yang didapatkan adalah informasi yang kurang menyentuh persoalan di lapangan. Oleh karena itu, pemimpin harus rutin melihat langsung lapangan yang dipimpinnya. Dengan demikian, dia tahu faktor-faktor yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan dan tahu pejabat mana yang layak atau tidak layak menjabat.

4. Pemimpin yang ideal itu harus memiliki gebrakan. Hal ini penting karena tanpa ada gebrakan, maka pemimpin itu hanya menajalankan kebiasaan-kebiasaan yang sudah dilakukan sebelumnya. Perlu kita pahami bahwa Indonesia sendiri perlu banyak pembaruan dan gebrakan. Karena itu, pemimpin yang penuh dengan gebrakan-gebrakan baru yang rasional sangat dibutuhkan.

5. Pemimpin ideal harus tau kapan harus banyak bicara dan kapan harus sedikit bicara. Pemimpin memang terkadang tidak perlu banyak bicara. Tapi juga terkadang pemimpin harus banyak bicara. Jadi Pemimpin harus bisa dengan tepat menempatkan dirinya.

6. Pemimpin yang ideal itu harus berani dan tegas. Perpaduan dua hal ini tentu penting dimiliki oleh pemimpin sejati. Intinya, persoalan bangsa ini harus memiliki solusi dan solusi itu diambil dengan keberanian dan ketegasan.

Saya kira masih banyak hal-hal lain yang bisa dijabarkan terkait bagaimana sosok pemimpin ideal. Tapi menurut saya beberapa hal di atas sudah cukup mewakili dan dapat dijabarkan lebih lanjut oleh setiap orang.

Ini pendapatku, mana pendapatmu?

Answered Feb 21, 2017

Nama : fardia irma

Fakultas : Ilmu dakwah dan ilmu komunikasi

Jurusan : KPI

Pemimpin yang cerdas dan dekat terhadap tuhanya. Cerdas dalam segala hal, karena orng yg cerdas dan dekat dengan tuhanya mampu melangkah dengan benar atas restu Tuhanya. 

#pbakuinjkt2017

Answered Aug 15, 2017
Abd Jalil
Wakil Kepada Departemen Adkesma BEM UI 2017 | pemilik blog www.hailogue.com

Pemimpin yang ideal bagi anak muda?

Menurut saya ialah pemimpin yang dicintai dan Mencintai

Dalam Islam, pemimpin dan pejabat yang ideal digambarkan ciri-cirinya oleh Rasulullah SAW melalui sebuah hadis, di antaranya, menurut hadis dari 'Auf bin Malik, "Sebaik-baik pemimpin kamu ialah pemimpin yang kamu cintai dan mereka mencintaimu, kamu doakan mereka dan mereka pun mendoakan kamu, dan seburuk-buruk pemimpin ialah pemimpin yang kamu benci dan mereka membenci kamu, kamu mengutuk mereka dan mereka mengutuk kamu." (HR Muslim)

Setiap pemimpin, pasti ingin sekali dicintai bawahannya atau rakyatnya. Hal itu tidak mudah, dan tidak juga instan, butuh proses untuk mencapai itu. Setiap pemimpin, baik ucapan atau tingkah lakunya  akan dinilai oleh semua orang, yang nantinya akan menentukan apakah mereka merupakan sosok pemimpin yang dicintai. Setiap pemimpin harus jujur. Jujur merupakan modal awal yang penting bagi seorang pemimpin. Pemimpin yang jujur akan membuat bawahannya dengan sendirinya jujur pula, sehingga mereka akan dicintai dan dipercaya oleh rakyatnya. Begitu juga, pemimpin yang mencintai rakyatnya akan berbuat apa saja untuk kepentingan semua orang. Sehingga rasa keharmonisan akan muncul dengan sendirinya ketika seorang pemimpin dicintai dan mencintai rakyatnya.

Answered Aug 30, 2017
Ahmad Salim
Aktivis Anti Pornografi. Ketua BEM Psikologi UI 2017. Rumah Kepemimpinan R1 JKT.

vUsonb-w2de__tkmDcZZZrFWsNUwPt1u.jpg

Pemimpin Indonesia yang ideal di mata anak muda adalah pemimpin yang kekinian, atau bahasa pemuda adalah zaman now. Kita bisa mendefinisikan term kekinian dengan teknologi yang semakin berkembang pesat. Pemimpin saat ini dituntut agar dapat menggunakan setiap teknologi dan media sosial untuk mencapai tujuannya, memengaruhi orang lain untuk dapat bekerja agar tujuan bersama dapat tercapai.

Pemimpin Ideal saat ini juga harus mengerti apa yang menjadi karakteristik anak muda. Apa yang anak muda suk dan tidak. Apa yang menjadi trend saat ini. Dengan itu, pemimpin bisa masuk ke kalangan muda dan memberdayakan potensi besar mereka. Contohnya saja, saat ini anak muda lebih senang menerima informasi dari youtube ataupun instagram. Oleh karena itu pemimpin harus menggunakan dua media tersebut dalam mentransparansikan setiap kebijakan yang ia ambil dan juga meminta feedback atas kebijakan yang diambil tersebut.

Selain itu pemuda masa kini, atau yang biasa disebut kids zaman now suka hal yang instan, namun mereka juga memiliki hasrat yang besar untuk berkonribusi bagi bangsanya. Pemimpin harus tau ini. Ia harus menggunakan wadah yang memudahkan dan "instan" sehingga anak muda bisa ikut berpartisipasi. Penggunaan aplikasi di gadget seperti qlue bisa menjadi salah satu solusi dalam menggaet partisipasi anak muda

Answered Dec 2, 2017
Alfian Rahman
Mahasiswa Teknik Geofisika ITB | Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan

- Visioner
- Inovatif
- Fleksibel
- Aktif di media sosial
- Tanggung jawab dan disiplin
 

Answered Dec 3, 2017

Question Overview


7 Followers
928 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Benarkah anggapan pemimpin perempuan itu lebih tangguh dibanding pemimpin pria? Apa alasannya?

Apakah NKRI akan memiliki Kepala Daerah dengan latar belakang pendiri start up?

Jika ada pemilihan Presiden Dunia, siapa sosok yang pantas untuk memimpin dunia tersebut?

Tipe seperti apakah Anda jika memimpin sebuah organisasi atau acara?

Apa yang memicu pertengkaran Anda dengan atasan (boss) Anda dan bagaimana cara terbaik mengatasi pertikaian itu?

Apa itu Rumah Kepemimpinan? Apa saja program dan kegiatannya?

Apakah dalam kaidah berbangsa dan bernegara kita memiliki sebuah kepemilikan tersendiri?

Apa kesan para politisi top PDIP (Ganjar, Bu Risma, Budiman, Pramono Anung, dll.) terhadap Megawati?

Hal apa yang paling membedakan seorang pemimpin yang baik dan yang buruk dalam sebuah perushaan?

Mengapa anak muda saat ini lebih suka mendirikan startup daripada bekerja di perusahaan?

Gen X, Gen Y, hingga Generasi Millenial, apakah ilmiah atau terminologi ekonomi semata ?

Apa evaluasi dan harapan Anda tentang Shafa Community?

Siapa Roy Suryo?

Siapa Achmad Zaky Pendiri dan CEO Bukalapak?

Apa itu FLAC Jakarta?

Apa kegiatan terdekat FLAC Jakarta?

Bagaimana cara membangun bisnis sejak muda?

Apakah Anda tahu kapan akan dilaksanakan kegiatan Gerakan Pemuda Ansor dalam waktu dekat ini?

Online Marketplace apa saja/mana saja yang ada di Indonesia untuk saat ini?

Bagaimana cara membangun tim awal startup/perusahaan?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Komunikasi?

Apa saja hukum/prinsip fisika yang diterapkan pada sebuah roller coaster?

Apakah HIV dan AIDS itu sama?

Bagaimana cara masuk UI (Universitas Indonesia)?

Mengapa kuliah di Universitas Indonesia begitu menarik dan prestisius?

Apa rahasia kehebatan pasangan bulutangkis Tontowi Ahmad - Liliyana Natsir?

Apakah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) penting untuk memperoleh pekerjaan?

Apa yang dimaksud dengan krisis ekonomi?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Mengapa perkembangan teknologi di Indonesia sangat buruk?

Bagaimana menumbuhkan keberanian anak untuk bermimpi?

Apakah pemimpin itu berasal dari karakter yang sifatnya introvert?

Apa menurut kamu studi banding ke luar negeri ke beberapa negara maju untuk guru itu perlu dilakukan?

Mending orang Jawa atau Sunda?

Pilih mana, menjadi mahasiswa pengabdi IPK atau pengabdi organisasi mahasiswa?

Bagaimana pengalaman pertama mendongeng di depan anak-anak?

Apa nama kafe dengan konsep paling unik di Indonesia?