selasar-loader

Apa makna integritas menurut Anda?

Last Updated Jan 19, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Faisal Basri
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia

V-BXDDpY1UXuoQD7Vh6iQZpzZHwkTyVA.jpg

Umar bin Khattab, salah seorang sahabat Rasulullah paling terkemuka, bertemu dengan seorang pengembala domba. Umar RA menguji sang pengembala. “Bolehkan aku membeli seokor domba yang engkau gembalai? Sang pengembala menjawab: “domba-domba ini milik majikanku”.

Umar RA: “Betapa banyak domba yang engkau gembalai. Kalau satu saja aku beli, niscaya majikanmu tidak akan mengetahuinya. Kalaupun majikanmu mengetahui dombanya kurang satu, katakan saja dimakan srigala”.

Sang pengembala menatap wajah Amirulmukminin seraya berkata: “Kalaulah majikanku tidak mengetahui, sesungguhnya Allah mengetahuinya”. Khalifah Umar berlinangan air mata, lalu ia peluk pengembala hamba sahaya itu.

Itulah sosok berintegritas.

Suku Samin memiliki nilai-nilai yang terun temurun. Orang Samin pantang mencelakakan dan merebut hak orang lain. Ajarannya tidak membolehkan iri hati, usil terhadap orang lain, apalagi berbohong. Harus jujur terhadap orang lain dan diri sendiri.

Itulah unsur-unsur manusia berintegritas.

Pedagang yang mempermainkan timbangan adalah pedagang tak berintegritas. Menutup-nutupi cacat barang dagangan demikian pula. Pengusaha yang membayar upah pekerjanya ketika peluh sudah lama kering dan nilainya tidak patut sama saja dengan praktek eksploitasi.

Perusahaan yang tidak membayar pajak dengan benar sama saja dengan pencoleng. Juga kalau melakukan mark up atau menimbun barang dagangan atau bersekongkol mengatur harga dan kuantitas di pasar untuk mengeruk laba tak wajar dengan cara “merampok” surplus konsumen.

“There should not be tension between making profits and adhering to traditional principles of decency and fairness, pesan Jon M. Huntsman dalam bukunya Winners Never Cheat.

Umar bin Abdul Azis terkenal sebagai pemimpin yang berintegritas. Sebagai pemimpin, integritas tertingginya adalah menegakkan keadilan tanpa pandang bulu.

Khalifah yang masih keturunan Umar bin Kattab ini melakukan reformasi birokrasi radikal, antara lain merampas kembali harta kekayaan khalifah sebelumnya yang didapat dengan menyalahgunakan kekuasaan dan mengembalikannya ke baitul mal, memecat pegawai yang tidak cakap akibat KKN dan mengangkat pejabat-pejabat yang kompeten, tidak menikmati fasilitas negara, mengutamakan penigkatan kesejahteraan golongan masyarakat yang lemah, serta tidak memupuk kekayaan untuk diri dan keluarganya.

Selama kurun waktu pemerintahannya yang singkat, tak sampai tiga tahun, Umar bin Abdul Azis berhasil menyejahterakan rakyatnya, sehingga baitul mal penuh dengan timbunan harta zakat karena tak seorang pun merasa berhak menerima zakat.

Bukan karena rakyatnya sudah amat makmur, melainkan karena segala kebutuhan pokok rakyat terpenuhi dan kebahagiaan dunia akhirat telah merasuk dalam hati sanubari rakyat—sebagai wujud bersyukur kepada Sang Pencipta atas apa yang telah mereka peroleh.

Integritas mengandung makna sangat dalam dan multidimensional. Oleh karena itu sosoknya hadir dalam setiap komunitas dan jenjang dalam benbagai bentuk, dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks.

Integritas bisa melekat pada diri seorang pengembala, buruh rendahan, profesional, ibu rumah tangga, ayah kepala keluarga, pengusaha, maupun penguasa dari jenjang terendah hingga tertinggi.

Juga bisa melekat pada perusahaan, sekolah, lembaga nonpemerintah atau NGO. Integritas pada organisasi-organisasi itu menjelma dengan istilah good corporate governance, kredibilitas dan akuntabilitas.

Terbukti dari kajian ilmiah, perusahaan-perusahaan yang menyandang good corporate governance, harga sahamnya memperoleh harga premium sekitar 10 persen di atas harga rerata perusahaan yang terjaring sebagai sampel penelitian.

Sebaliknya, sangat kasat mata perusahaan-perusahaan yang tata kelolanya buruk harga sahamnya tidak kunjung melebihi tingkat tetinggi sebelumnya setelah mengalami kemerosotan akibat krisis. Saham perusahaan-perusahaan itu mendapat julukan saham gorengan. Harganya tersudut mendekati nol rupiah.

Sosok-sosok pribadi yang tidak berintegritas berpotensi mengalami nasib malang dalam perjalanan hidupnya jika tidak mau berbenah diri.

Bagi yang hanya memikirkan diri sendiri, tidak memupuk modal sosial atau tidak peduli terhadap sekelilingnya—apalagi terhadap kelompok masyarakat yang lemah—sangat berpotensi mengalami ekslusi sosial, tidak ada yang menolong ketika menghadapi kesulitan, dan ketika tiba ajalnya tak banyak sanak famili dan handai taulan yang mengantarkan jasadnya ke penguburan.

Sosok yang berintegritas boleh jadi hidup tak bergelimangan harta tetapi selalu terpenuhi kebutuhan hidupnya taktaka dibutuhkan. Tumpukan uang dan harta benda yang disimpan di safe deposit box atau dipamerkan di rumah mewah belumlah menjadi rezeki. Baru menjadi rezeki jika kita sudah mengonsumsinya atau masuk ke dalam tubuh kita dan menikmatinya dengan penuh bahagia.

Kita pernah mengalami masa yang ditandai oleh para penegak hukum yang berintegritas, para guru yang penuh dedikasi dan berkarakter, pemimpin bangsa yang berkepribadian terpuji. Ada sekolah yang tak memberikan toleransi bagi muridnya yang menyontek.

Makin banyak kepala daerah yang melakukan pembaruan nyata tanpa kerap mengampanyekan dirinya di media massa. Satpam atau pembersih kantor yang menyerahkan jutaan uang yang ditemukannya ketika bertugas karena merasa bukan haknya.

Benih-benih integritas ada dalam masyarakat maupun pribadi-pribadi manusia Indonesia. Namun benih-benih kebaikan itu tertutup oleh praktek-praktek tak terpuji yang setiap hari kita jumpai, terutama yang dipamerkan para pemimpin.

Memang, tidak cukup kita menunggu sampai kebaikan tumbuh alami mengalahkan keburuhan dan kejahatan. Integritas bakal menjadi minoritas kalau kita mendiamkan kezaliman merajalela.

Peradaban harus dibangun dengan seperangkat instutusi yang terus diperbarui—institutions matter. Integritas bakal kian menyeruak jika dan hanya jika aturan main dalam interaksi sosial diperbarui agar hak setiap warga negara terlindungi.

Lantas, memperluas kesempatan atau akses bagi setiap...(more)

Answered Jan 19, 2017
FLAC Jogja
Future Leader For Anti Corruption Yogyakarta. IG : Flac Jogja.

l2_uR3PYX_b_OR2fi3RkTzJShiD1H10T.jpg

Integritas merupakan sikap pribadi yang mengedepankan kejujuran dalam melihat suatu keadaan dan hal tersebut secara konsisten dijalankan. Integritas merupakan hal dasar yang dimiliki oleh seseorang dan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang membuat tinggi, rendah, bahkan menghilangnya integritas. Oleh karena itu, seseorang sering tidak sadar bahwa integritas yang dimiliki menurun secara perlahan ataupun berubah standarnya. Hal tersebut membuat setiap individu harus menjaga integritas mereka dengan mulai dari memperhatikan hal-hal kecil yang membuat mereka selalu terjaga dan membuat mereka dapat mengendalikan atau memimpin diri sendiri secara benar. Hal tersebut dapat dilakukan juga ketika mereka memimpin orang lain dalam suatu organisasi atau lebih luasnya ketika mereka mendapatkan kesempatan memimpin negaranya atau kepemimpinannya dapat memberikan efek untuk masyarakat luas. Hal kecil tersebut dapat dilakukan dengan tidak berbohong untuk hal sederhana atau mengambil sesuatu milik orang lain tanpa izin, sekecil apapun itu.

Kejujuran berarti menyampaikan kebenaran, ucapannya sesuai dengan kenyataan, sedang integritas membuktikan tindakannya sesuai dengan ucapannya. Orang yang memiliki integritas dan kejujuran adalah orang yang merdeka. Mereka menunjukan keotentikan dirinya sebagai orang yang tanggung jawab dan berdedikasi. Integritas menjadi kunci kepemimpinan bagaimana dia dapat membuat keputusan yang benar pada waktu yang benar.

“Without integrity, motivation is dangerous; without motivation, capacity is impotent; without capacity, understanding is limited; without understanding, knowledge is meaningless; without knowledge, experience is blind”

“Tanpa integritas , motivasi menjadi berbahaya; tanpa motivasi, kapasitas menjadi tak berdaya; tanpa kapasitas, pemahaman menjadi terbatas; tanpa pemahaman pengetahuan tidak ada artinya; tanpa pengetahuan, pengalaman menjadi buta”

Di atas`merupakan sedikit  kata-kata inspirasi tentang pentingnya integritas. Semoga kita semua selalu termotivasi untuk selalu berintegritas ya.

 

sumber gambar: ibccogca.org

Answered May 31, 2017

Question Overview


4 Followers
1179 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan?

Apa sepatah kata/nasihat yang Anda berikan kepada generasi muda berusia 15-20 tahun?

Apa tips/trik yang bisa dilakukan dalam 5 menit dan bisa mengubah hidup kita di masa depan?

Bagaimana cara terbaik untuk memaafkan diri sendiri?

Apa nasihat Anda untuk remaja SMA sebagai bekal menghadapi masa depannya?

Apa nasihat Anda untuk remaja kuliahan sebagai bekal menghadapi masa depannya?

Apa itu makna Sura Dira Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti?

Bagaimana cara terbaik melupakan kesalahan orang lain setelah kita memaafkannya?

Bagaimana cara terbaik menjawab pertanyaan "Kapan nikah?"?

Benarkah kebangkitan umat Islam akan hadir dari Indonesia?

Apa motto hidup paling keren?

Siapakah cinta pertama Anda?

Siapa orang yang sangat berpengaruh dalam hidup Anda?

Apa fenomena alam yang menakjubkan menurut Anda?

Apa video penyelamatan menakjubkan yang pernah anda lihat?

Apa prinsip atau motto hidup yang kamu pegang?

Kenapa kamu percaya bumi itu datar?

Apa rahasiamu yang tidak diberitahukan kepada siapapun di dunia nyata tapi diberitahukan di selasar dengan fitur anonim?

Bagaimana agar tetap termotivasi?

Pekerjaan apa yang paling menyenangkan di dunia?

Mengapa definisi korupsi tidak hanya menyangkut "memperkaya diri sendiri", tapi juga "memperkaya orang lain"?

Bunga Sakura, Apa Makna Bunga Indah ini?