selasar-loader

Apa yang membuatmu merasa bermakna dalam hidup?

Last Updated Jan 19, 2017

5 answers

Sort by Date | Votes
Siti Nurhikmah
a journalism student

rw0cR1VG0fbhCJ_9uYRl2t5OlLPgC6HM.jpg

Thinking via Tumblr (SN)

Setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk membuat hidupnya bermakna. Ada yang memutuskan untuk menggunakan tenaganya, uangnya, atau pemikirannya. Semuanya sama saja, asal didasari dengan niat baik yang dicampur dengan bumbu ketulusan.

Ini mungkin jawaban klasik, tetapi hal yang membuat saya bermakna dalam hidup ini adalah saat saya bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Apa pun yang membuat orang lain merasa lebih mudah karena hadirnya saya. Tidak perlu memaksakan, cukup berikan apa yang Anda punya dan apa yang Anda bisa.

Kalau Anda bukan orang yang mempunyai materi berlimpah, Anda bisa memberikan tenaga yang Anda punya. Kalau Anda tak punya waktu, Anda bisa memberikan sedikit rezeki Anda. Kalau Anda tak punya tenaga yang cukup, Anda bisa membantu dengan ide dan pemikiran yang ada di kepala Anda.

Sekalipun Anda tak punya materi, waktu, tenaga, atau bahkan pemikiran yang bisa diberikan, barangkali, sebuah doa yang tuluslah yang bisa Anda hadiahkan kepada orang lain. Sekalipun Anda tidak mampu mengucap, melihat, atau bahkan mendengar, Anda masih bisa memberikan doa kepada orang lain. Doa yang tulus dari dalam hati Anda. Mungkin orang tak mampu melihat dengan kasat mata "hadiah" tersebut, tapi percayalah mereka pasti bisa merasakannya.

Answered Apr 10, 2017
Kartika Aprilia
Indonesian Literature, University of Indonesia.

HZSkWzOBCZhOYqJUpZ7rBi6AXnvrnQW8.jpg

Foto via carithers.files.wordpress.com

Hidup saya akan bermakna ketika saya bisa berguna untuk orang lain, terutama keluarga.

Terkadang, kita selalu mengutamakan untuk membantu orang lain, seperti teman. Namun, sadarkah Anda bahwa sebenarnya hidup kita akan bermakna jika kita bisa berguna untuk orang yang paling dekat, yaitu keluarga?

Hal kecil, seperti ada saat orang tua atau sanak saudara butuh, atau hal lain bisa dilakukan jika hidup Anda ingin lebih bermakna.

Jangan terlalu mementingkan mendapat pujian atau apresiasi dari teman atau orang lain, posisikan saja dulu diri Anda untuk keluarga. Teman bisa datang dan pergi begitu saja, namun keluarga akan tetap ada sampai kapanpun.

Answered Apr 16, 2017
Mhd Marwan Batubara
NIM: 11170170000022

Dapat memberi ilmu yang bermanpaat bagi orang lain dan mengingatkan seseorang dari sebuah kesalahan

Answered Aug 20, 2017
Fikri Mauli Utomo
Mahasiswa Agribisnis IPB 2014 l Rumah Kepemimpinan Angkatan 8

Setiap manusia yang hidup di bumi ini memiliki maknanya masing-masing. Setiap manusia pula pasti berusaha agar hidupnya dapat bermakna tidak hanya untuk diri pribadi tetapi juga bermakna untuk orang lain.

Sebagai manusia biasa tentu saja saya meninginkan agar hidup saya dapat memiliki makna tersendiri bagi pribadi maupun orang lain. Ada tiga hal yang membuat hidup saya di dunia ini dapat bermakna, diantaranya :

1. Dapat melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dengan baik dan benar sesuai tuntunan yang diberikan yaitu Al-Qur'an dan Sunah Rasulullah SAW (Hadist).

 Sebagai seorang muslim saya menyakini bahwa alam semesta beserta isinya itu diciptakan oleh Allah SWT dan segala hal yang ada di dunia ini mulai dari rezeki, kenikmatan, jodoh, dan maut pun Allah SWT yang mengaturnya termasuk juga manusia. Manusia adalah makhluk yang Allah ciptkan paling sempurna diantara makhluk-makhluk lainnya karena manusia diberikan akal dan hawa nafsu sekaligus yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita sebagai sebagai makhluk ciptaan-Nya bersyukur kepada Allah dengan cara beribadah dengan sebenar-benarnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT di dalam Al-Qur'an surah Adz-Dzariyat ayat 56 yang menjelaskan tentang makna dan tujuan manusia diciptakan :

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” [Adz- Dzariyat: 56]

Sumber : https://rumaysho.com/342-untuk-apa-kita-diciptakan-di-dunia-ini.html   

2. Dapat berbakti kepada kedua orang tua

Sebagai seorang anak kita diperintahkan untuk berbuat baik dan berbakti kepada kedua orang tua yang telah bersusah payah merawat dan membesarkan kita dari kecil hingga besar nantinya. Walaupun, terkadang sering membuat mereka kecewa tetapi kita harus tetap ingat dan berupaya untuk memperlakukan kedua orang tua kita dengan sebaik-baik perlakuan dan membuat mereka selalu bahagia dalam situasi serta kondisi apapun. Hal ini tercermin dalam Al-Qur'an Surah Al-Isra ayat 24 :

Dan katakanlah kepada keduanya perkataan yang mulia dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang. Dan katakanlah, “Wahai Rabb-ku sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu kecil” [Al-Isra : 24]

Sumber: https://almanhaj.or.id/358-wajibnya-berbakti-dan-haramnya-durhaka-kepada-kedua-orang-tua.html

 3. Menjadi Insan yang bermanfaat bagi orang lain 

Dalam hidup ini tentunya kita tidak menginkan hidup hanya sia-sia dan lewat begitu saja sampai ajal menghampiri. Tetapi kita ingin agar hidup ini dapat bermakna dan bermanfaat bagi orang lain. Sebagai seorang insan yang telah banyak diberikan kenikmatan oleh Sang Maha Pencipta, saya akan mencoba untuk menjadi insan yang dapat berguna dan bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi yang terpenting adalah dapat bermanfaat bagi orang lain disekitar saya. Saya ingin memberikan kebermanfaatan dengan berbagi kenikmatan yang telah diberikan Allah SWT kepada saya. Hal ini akan coba saya lakukan dengan berpedoman kepada hadist yang diriwayatkan oleh imam Ahmad yaitu : 

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’no:3289)

Answered Feb 6, 2018
Siti Fauziyyah
SITI FAUZIYYAH_FMIPA_UNJ_BAKTI NUSA

Hasil gambar untuk hidup harus bermaknaTidak semua orang bisa dengan mudah menemukan makna hidupnya. Tidak terkecuali dengan saya. Roda kehidupan yang terus berputar dari hidup tanpa makna, yang terasa hampa, begitu menyiksa, menjadi hidup yang penuh impian, harapan, tujuan, makna, dan senyuman.

Silahkan renungan untuk apa kesuksesan yang anda raih?. Untuk Anda sendiri? silahkan.Untuk menghidupi keluarga? juga silahkan.Untuk berbagi dengan sesama? ini lebih baik lagi.

Hal tertentu dikatakan bermakna jika merupakan sesuatu yang penting dan bermanfaat. Begitu juga dengan hidup kita. Kehidupan yang kita jalani baru terasa bermakna apabila memiliki tujuan yang bermanfaat dan signifikan. Kehidupan yang tidak bermakna bisa memicu depresi dan rasa putus asa. Walaupun belum ada ilmu pasti yang mengajarkan caranya, Anda bisa membangun kehidupan yang bermakna dengan melakukan beberapa cara berikut dan bersikap bijaksana selama menjalani prosesnya.

Salah satu caranya yaitu mulailah senyum, hentikan mengeluh, berpikir positif, selalu mengambil hikmah setiap kejadian, dan menyadari bahwa masa depan jauh lebih penting untuk dipikirkan daripada masa lalu yang kelam.

Sulit melakukan sendiri? Ikut pelatihan, seminar, dan semacamnya. Baca artikel atau blog yang positif, membangun, dan menginspirasi. Jadi, carilah makna hidup Anda. Ketika sudah memiliki makna hidup yang bermanfaat bagi banyak orang, Anda akan merasa selalu bahagia. Apa gunanya nilai bagus, jabatan tinggi, kalau dilakukan tanpa makna?

Karena, Apalah arti ijazah bertumpuk jika kepedulian tidak dipupuk. Apa arinya sekolah tinggi-tinggi jika hanya memperkaya diri dan sanak family?

Yuk kita benahi peran kita masing-masing didunia ini, dan berikan makna dari setiap hembusan hela nafas kita kepada sesama:)

 

Answered Nov 2, 2018

Question Overview


8 Followers
754 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Siapa yang paling menginspirasi hidup Anda?

Apa cerita yang paling menginspirasi dan mengubah hidup Anda?

Novel apa yang paling menginspirasi dalam hidup Anda hingga mengubah hidup Anda?

Apa kegagalan-kegagalan terbesar dalam hidup Anda?

Apa film yang paling menginspirasi dan mengubah hidup Anda?

Siapakah tokoh olahraga Indonesia paling menginspirasi?

Siapakah tokoh olahraga dunia yang paling menginspirasi?

Apa hal paling menyedihkan yang pernah Anda dengar, baca, dan lihat?

Siapa di antara anggota keluarga besar Anda yang memiliki prestasi paling mengesankan?

Apa 10 pengalaman yang harus dijalani selama hidup?

Apa tips/trik yang bisa dilakukan dalam 5 menit dan bisa mengubah hidup kita di masa depan?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan?

Apa sepatah kata/nasihat yang Anda berikan kepada generasi muda berusia 15-20 tahun?

Apa kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan dan membuat Anda bahagia?

Bagaimana cara sederhana/singkat menjadi orang yang rapi dan teratur?

Apa satu kebiasaan Anda yang membuat hidup Anda sangat produktif?

Bagaimana cara singkat/sederhana untuk membiasakan bangun pagi?

Bagaimana cara terbaik untuk keluar dari zona nyaman?

Apa yang akan kamu lakukan bila hidupmu tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan?

Bagaimana cara berhenti melukai diri sendiri?

Menurut Anda, bagaimana kualitas seorang artis atau selebritis di Indonesia dari segi moral?

Siapakah diri Anda?

Apa arti nama Anda?

Siapa kamu?

Apa hasil Myers-Briggs Type Indicator-mu ?

Bagaimana kepribadian mu pada hasil tes Myers-Birggs Type Indicator?