selasar-loader

Apakah motivasi itu?

Last Updated Jan 18, 2017


 

2 answers

Sort by Date | Votes
Indria Salim
Motivasi sangat penting. Setiap orang punya motivasi, lemah atau kuat.

Menurut tokoh motivator dunia, dan favorit saya -- Stephen R. Covey, motivasi adalah dorongan (semangat) yang berasal dari dalam diri seseorang. Covey selanjutnya mengatakan bahwa apabila orang lain menyalakan semangat itu pada individu yang motivasinya kuat, kemungkinan besar yang terjadi adalah percikan nyala api yang berkobar dengan cepat. Ini bukan definisi persisnya namun lebih kurang pemahaman saya dari pendapat Covey.

Setiap individu dipastikan punya motivasi tertentu dalam hidupnya. Meskipun begitu, motivasi mengalami dinamika dan pasang surut serta keragaman perwujudannya. Motivasi diperlukan agar seorang individu atau kelompok mampu menjalankan proses mencapai tujuan. Ada kalanya seseorang merasa kehilangan motivasi ketika dia gagal mencapai tujuan, terlebih bila perjuangannya itu sungguh berat.

Namun jika peran motivasi itu disadari oleh seseorang, walaupun mengalami keputusasaan atau kekecewaan atas kegagalan mencapai tujuan, maka dia akan terus berusaha mempertahankan motivasinya agar kehidupan berlanjut dengan baik, agar rintangan bisa sedikit diabaikan, dan itu memerlukan cara menyikapinya. Peran motivasi adalah sebagai energi, kekuatan, daya dorong untuk mencapai tujuan seseorang. Misalnya, mengapa saya mulai rajin, atau semakin rajin menulis jawaban di Selasar? Tentu saya punya motivasi, antara lain agar kemampuan menulis saya semakin terasah, dan tujuan lainnya yang mungkin saja ada kesamaan dengan sebagian Selasarers.

Motivasi yang sejatinya harus menjadi kekuatan, bisa hilang atau meredup. Penyebabnya mungkin adalah peristiwa dan kejadian yang dialami oleh seseorang. Mungkin kekecewaan, rasa kehilangan, gangguan rasa keamanan, situasi lingkungan yang mematikan motivasi, tekanan-tekanan dari sekeliling, bahkan bisa saja hanya disebabkan oleh kelelahan baik mental mau pun fisik.

Nah, ini yang penting dan relevan buat kita. Bagaimana mengatasi motivasi yang kian melemah? Atau, bagaimana cara kita menjaga agar tetap punya motivasi kuat dalam kehidupan ini? Mungkin "mundur selangkah", atau "diam sejenak", dan introspeksi, tidak menghindari kenyataan, dan sebaliknya hadapi realita dengan penerimaan dan harapan. Kita tinjau apakah tujuan yang kita inginkan dapat tercapai itu masih bisa diusahakan? Mungkin kita perlu sedikit memodifikasinya? Atau tetap fokus pada tujuan utama, dan memikirkan kemungkin cara yang berbeda atau lebih mendekati keberhasilan. Ini abstrak ya, praktiknya tentu tidak sesederhana konsepnya he he he ..

Prinsipnya, kita berupaya mendapatkan kembali motivasi yang hilang, dan menguatkannya. Kita ciptakan kondisi diri agar bersemangat kembali, memvisualisasikan gambaran besar keberhasilan diri, memformat ulang tujuan kita sedemikian rupa hingga membuat rencana-rencana untuk mencapainya lebih realistis dan mungkin lebih mudah dilakukan. Selain itu, kita arahkan perhatian pada sumber-sumber yang menginspirasi diri, juga mengenali lingkungan yang mendukung rencana kita. Masih abstrak ya? Prinsipnya sih begitu.

Dengan menulis ini, saya mengupayakan agar motivasi saya terjaga, berbagi dengan pembaca, bertukar pikiran dengan teman-teman dekat, dan menjadi Selasarers yang mudah-mudahan tetap giat dan konsisten menulis. Uhuy banget nggak, sih? Bagaimana menurut Anda? Salam semangat! -- 18.01.2017 @IndriaSalim

Answered Jan 18, 2017

Dorongan dari diri pribadi untuk melakukan dan menggapai sesuatu apa yang menjadi kebutuhan dan impian dalam hidup. :)

Answered Jan 19, 2017