selasar-loader

Apa yang membuat sektor pariwisata Indonesia tidak bisa bersaing melawan Thailand dan bahkan Malaysia?

Last Updated Jan 17, 2017

3 answers

Sort by Date | Votes
Al-A'la Dzulfikar
Travel Writer Reservasi.com

IMG_9996 Pantai Matras, Pulau Bangka

Ini sebetulnya pekerjaan rumah bagi Kementerian Pariwisata. Tapi setidaknya ada beberapa hal  yang bisa saya sampaikan kenapa Indonesia selalu berada di belakang Thailand dan Bahkan Malaysia.

Persoalan pertama adalah masalah promo. Begini, Indonesia kerap kali selangkah dibelakang dibandingkan Malaysia dan Thailand. Kedua negara tersebut begitu gencar dengan promosi dan promosi. Salah satunya dengan menggandeng Blogger. Bukan hanya event tertentu saja, hampir setiap tahun bloger dari Indonesia diajak ke Malaysia dan Thailand untuk menceritakan pengalaman wisata meraka. Indonesia?

Indonesia bisa dibilang amat sangat telat menggandeng blogger untuk mempromosikan wisata dalam negerinya sendiri. Akhir Tahun 2016 dilaporkan bahwa Banyuwangi kekurangan hotel karena wistawan membludak? Mengapa? Karena ini tidak lepas dari promosi yang dilakukan pemerintah dengan menggandeng blogger.

Review blogger berupa pengalaman langsung inilah yang menjadi content marketing terbaik saat ini. Meskipun begitu audience sudah cukup paham dengan keberadaan blogerpreneur. Blogger yang mendapatkan bayaran dari review atau jalan-jalan.

Kerala India punya event tiap tahun yang mengajak bloger seluruh dunia jalan-jalan dengan melalui berbagai kompetisi. Indonesia?

Indonesia rasanya terlalu pelit untuk mengajak blogger luar negeri untuk mempromosikan wisatanya sendiri. Jangankan mengundang bloger luar negeri, mengundang bloger dalam negeri untuk event tahunan saja hampir dipastikan menjadi porsi terkecil dibandingkan dengan mengundang media.

5

Itu persoalan pertama yang bisa dilihat dari ketimpangan yang ada. Meskipun memang sekarang Indonesia sudah mulai menyadari peran penting seorang blogger dalam mempromosikan wisata dalam negeri di luar negeri.

Kedua, Infrastruktur yang masih kurang. Jangankan menyediakan infrastruktur yang mememadai buat wisawatan asing, untuk merawat wisatawan dalam negeri saja masih keteteran sepertinya. Koordinasi dengan kementerian yang saling terkait sangat kurang.

Baru-baru ini berita rawannya Terminal Ubung Bali membuktikan bahwa pemerintah tidak hadir dalam melindungi para pelancong serta backpacker yang transit di Terminal Ubung Bali. Bahkan aparat yang ada terkesan menutup mata. Inilah pekerjaan rumah paling penting yang segera harus dibenani.

Pungli dalam dunia pariwisata bukan rahasia umum lagi. Pengalaman buruk turis asing diperas oknum hotel hingga oknum di lokasi wisata hampir dipastikan senyap di dalam negeri tapi bergaung di luar negeri. Apalagi kesan Indonesia menjadi bangsa yang kurang toleran semakin menggema belakangan ini. Setidaknya isu dalam negeri berpengaruh juga terhadap minat wisatawan berwisata ke Indonesia.

Yang terakhir adalah belum jelasnya target market yang dibidik oleh Indonesia. Beberapa negara kini gencar membidik wisatawan muslim untuk bertandang ke negaranya. Promo wisata halal ke luar negeri gencar di Indonesia. Sementara Indonesia sendiri tidak memiliki formulasi wisata apa yang ingin diusung untuk menarik wisatawan asing.

Memang Thailand dikenal dengan wisata "erotis"nya di luar negeri. Tapi itu sisi lain yang sebetulnya tidak akan long lasting. Malaysia yang merupakan negeri serumpun tetap laku dalam wisata dunia. Karena Malaysia berhasil membentuk image bahwa Malaysia benar-benar wisatanya Asia. Pasti anda tahu kan slogan Truly Asia?

Tiga hal itulah yang setidaknya menjadi tantangan bagi Pariwisata Indonesia. Bersyukur saat ini sudah ada kelompok masyarakat desa wisata di berbagai daerah dengan munculnya wisata baru. Inilah yang juga harus dirangkul dan dibina oleh Pemerintah. Saya yakin wisata yang biasa jika masyarakatnya siap dan menerima akan menjadi wisata yang menjanjikan dan memberikan income EKONOMI bagi masyarakat sekitar.

Answered Jan 18, 2017
Doni Akbar
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Hasil gambar untuk pariwisata indonesia

Kurang memadainya akses informasi serta akomodasi pariwisata Indonesia, padahal menurut saya, jikalau pun Malaysia dan Thailand menjadi satu negara, keelokan pariwisata Indonesia tetap nomor satu.  Based on my experience, di negara Thailand dan Malaysia sangat gencar dalam mempromosikan tempat-tempat wisatanya serta mereka mampu "mengemas" tempat wisata mereka yang biasa saja menjadi menarik untuk dikunjungi. Juga, akomodasi ke tempat-tempat wisata mereka tersebut mudah diakses. Brosur, map, information center tersebar di setiap sudut-sudut tempat yang mana hal tersebut cukup membantu para wisatawan asing. Yang sampai saat ini membuat saya suka travel ke Malaysia adalah public transport-nya yang sangat bagus dan menjangkau ke setiap tempat wisata yang ada, sedangkan yang saya suka dari Thailand adalah orang-orangnya yang sangat ramah dan attractive terhadap wisatawan asing.

#JawabankuAgustus2017

 

Ilustrasi via blogspot.com

Answered Aug 2, 2017

Menurut saya karena kurangnya fasilitas yang dapat menunjang tempat wisata itu sendiri dan minimnya informasi tentang tempat tersebut yang dapat menarik wisatawan untuk datang. 

Answered Aug 2, 2017

Question Overview


4 Followers
1193 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Negara mana yang tidak mau Anda kunjungi untuk yang kedua kali?

Gunung apa yang paling indah dan berkesan di Indonesia? Mengapa?

Apa destinasi wisata terbaik di Indonesia?

Apa yang istimewa dari Candi Borobudur sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Gili Trawangan sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Pulau Bali sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Nasional Gunung Rinjani sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Danau Toba sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sehingga banyak turis mengunjunginya?

Tempat hiburan malam apa yang paling "undercover" di Bangkok?

Mengapa Bangkok jadi kota paling banyak dikunjungi turis di dunia?

Menurut anda manakah yang lebih baik, Thai series atau Drakor (Drama Korea) ?

Hal apa yang paling harus diketahui dan dipersiapkan sebelum berwisata ke Thailand?

Mengapa film horor Thailand lebih seram dibandingkan film horor Hollywood?

Makanan Thailand apa yang Anda rekomendasikan? Mengapa?

Mengapa film-film produksi Thailand identik dengan tema horor?

Berapakah jumlah masjid yang ada di Kota Bangkok, Thailand?

Apa yang kamu pikirkan tentang orang Malaysia?

Jika Indonesia dan Malaysia berkebangsaan sama, kenapa kini menjadi dua negara berbeda?

Mengapa Indonesia sering berseteru dengan Malaysia?

Apa perbedaan menjadi Cina di Indonesia dibandingkan di Malaysia?

Apa yang Anda ketahui tentang penyanyi Yunalis Zarai atau Yuna?

Sebagai negara yang juga merayakan hari Raya Idul Fitri, apakah Malaysia mempunyai tradisi yang sama dengan Indonesia? Jika berbeda, apa saja perbedaannya?

Bagaimana cara anak Indonesia bisa sekolah menengah atas di Malaysia?

Bagaimana hubungan bilateral Korea Utara dan Malaysia pascakematian Kim Jong Nam?

Siapakah pemenangnya jika terjadi perang antara Indonesia dengan Malaysia?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?