selasar-loader

Apa yang Anda ketahui tentang Green GDP?

Last Updated Nov 17, 2016

3 answers

Sort by Date | Votes

Green GDP adalah GDP yang  mempertimbangkan faktor lingkungan. Green GDP memperhitungkan biaya yang digunakan untuk usaha pelindungan lingkungan,  serta deplesi dan degradasi terhadap lingkungan.


Pemakaian Green GDP sebagai indikator kinerja ekonomi suatu negara akan memberikan nilai yang jauh lebih kecil dengan perhitungan GDP biasa. Karena Green GDP memperhatikan konstrain lingkungan dengan tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Answered Jan 26, 2017
Nopitri Wahyuni
Sarjana Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia

Green Gross Domestic Product (Green GDP) merupakan indeks pertumbuhan ekonomi dengan konsekuensi lingkungan dari pertumbuhan yang diperhitungkan dalam perhitungan GDP konvensional. Green GDP ini memperhitungkan nilai rusaknya keanekaragaman hayati dan biaya yang timbul dari perubahan iklim. Dalam kata lain, Green GDP sama dengan GDP dikurangi kerusakan sumberdaya alam atau keanekaragaman hayati dan dikurangi kerusakan diakibatkan polusi atau perubahan iklim.

Secara umum, Green GDP memiliki tujuan umum dalam memberikan perhitungan yang akurat terkait kesejahteraan dan menilai keberlanjutan dari ekonomi negara. Green GDP memberikan catatan penting bagi kita, yaitu perspektif baru tentang GDP yang mampu mendorong perlindungan lingkungan dan penggunaan sumberdaya alam yang rasional. Selain itu, Green GDP juga mempromosikan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang bukan hanya melibatkan generasi saat ini tetapi juga generasi yang akan datang.

 

Answered Nov 1, 2017
Juwito Purnomo
RUMAH KEPEMIMPINAN REGIONAL 6 MEDAN ANGKATAN 8

Konsep PDB (Produk Domestik Produk) Hijau atau Green GDP (Gross Domestik Product) – PDB hijau adalah sistem akuntasi yang dikembangkan dari sistem pendapatan nasional. Dalam PDB hijau berbeda dengan perhitungan PDB konvensional karena memperhitungkan sumbangan sumber daya alam terhadap pembangunan dan biaya-biaya yang disebabkan oleh adanya polusi dan degradasi lingkungan.

 

Dari segi metode perhitungan metode perhitungan PDB Hijau secara teori dibagi menjadi 3 jenis, pertama PDB hijau diperhitungan dengan deplesi lingkungan. Kedua PDB hijau berdasarkan degradasi lingkungan. Ketiga PDB hijau diukur berdasarkan pengeluaran untuk perlindungan lingkungan. Dari 3 metode perhitungan PDB hijau tersebut metodepertama yang paling sederhana.

Answered Dec 3, 2017