selasar-loader

Mengapa perhitungan Gross National Product (GNP) jarang digunakan sebagai alat ukur kinerja ekonomi?

Last Updated Nov 17, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes

858yZU5npMKsmk6iwe6raNuIxBgWbQnJ.jpg

Karena GNP kita sangatlah rendah. Coba saja lihat bagaimana pertumbuhan usaha kecil, menengah, dan koperasi. Tak seberapa besar. Kasarnya, GNP gak cocok buat kampanye.

Makanya, negara kita biasanya hanya mempublikasikan GDP sebagai alat ukur pertumbuhan ekonomi. Hal ini dikarenakan GDP kita tidak buruk-buruk amat karena sokongan investasi asing yang cukup besar. (Ini baru cocok untuk dipamerin.)

Ketergantungan kita pada investasi dapat ditunjukkan dari antusiasme masyarakat ketika kedatangan Raja Salman, kedatangan konsulat Cina, maupun Obama. Agak lebay sih, menurut saya, semacam mau melakukan apa saja demi duit.

Answered Mar 18, 2017
Jhoice Noor Syahid Admaja
Mawapres III Universitas Padjadjaran | Awardee Rumah Kepemimpinan 8 | Astra1st 6

GNP adalah patokan seberapa produk yang dapat dihasilkan oleh penduduk suatu negara, baik di dalam dan luar negeri. Pembuatan produk ini bersinggungan dengan adanya permintaan akan suatu produk tersebut yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Kesejahteraan masyarakat sangat berkaitan erat dengan nilai yang dikonsumsi oleh masyakart. Dengan GNP yang tinggi, negara memproduksi banyak produk yang menunjang kesejahteraan suatu negara.

#Jawabanku September 2017
#Rumah Kepemimpinan
#RK Regional Bandung

Answered Oct 3, 2017