selasar-loader

Siapakah perempuan paling cantik di Indonesia?

Last Updated Nov 8, 2016

Mohon memberikan jawaban beserta deskripsi/alasannya. Jawaban dengan deskripsi yang panjang (tidak hanya menyebutkan nama) akan sangat diapresiasi dan berpeluang disebarkan oleh tim media sosial Selasar.

245 answers

Sort by Date | Votes
Pepih Nugraha
Karena budaya melekat dalam kehidupan sehari-hari, maka budaya itu penting

 

vguuybBKnL6D9n4KrHEfccpqvYPWIWPI.jpg

Ibu saya. Cantik itu relatif, tetapi jelek itu absolut. Maka almarhumah Ibu saya adalah relatif cantik. Wajah ibu saya seperti perempuan India, Dimple Kapadia. Wajah India ini diturunkan ayahnya atau kakek saya, Maknun Iskandar. Wajahnya benar-benar seperti India. Ibu kakek saya atau Uyut saya bernama Maleka. Saya juga heran, kenapa di sebuah kampung di Banjarsari, Ciawi, Tasikmalaya, ada perempuan yang lahir tahun 1900-an, bernama Maleka. Bukankah nama Maleka itu nama yang mirip-mirip nama India?

Saya kadang melihat diri sendiri, jangan-jangan saya ini keturunan India juga. Kesadaran itu muncul ketika pada masa kanak-kanak di Bioskop Karya, satu-satunya bioskop desa saya, sering diputar film-film India. Saya akrab dengan nama-nama Hema Malini, Dhamendra, Dimple Kapadia, Rishi Kapoor, dan lain-lain. Di kota kabupaten, Tasikmalaya, ada satu bioskop, namanya Nusantara, yang selalu memuar film-film India. Jadi, India bukan hal yang aneh dalam hidup saya dan Ibu saya.

Answered Nov 8, 2016
Zulmi Hendrik
Adat nan Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah

desy ratnasari

Menurut saya Desi Ratnasari. Dan itu tiada duanya sampai hari ini Akhir tahub 2016. Meskipun usianya sudah diluruh waktu

Answered Nov 15, 2016
Anonymous

43 Siti Nurbaya... duduk di jendela

Menurut saya adalah Siti Nurbaya karena buku tentangnya laris manis.

Answered Nov 15, 2016
Arief Mizan
Praktisi Komunikasi Pemasaran

Wanita Indonesia memang terlihat lebih cantik setelah kemerdekaan. Saya rasa, faktor yang paling mempengaruhi itu adalah rasa bahagia terlepas dari belenggu penjajahan. Namun, saya tidak bisa menyebut satu nama saja karena akan sangat subjektif. Saya tentu akan menyebut kekasih hati dan juga ibu saya sendiri, tentunya.

Oleh karena itu, saya akan mengatakan bahwa wanita yang tercantik di Indonesia pasca 1945 adalah Ibu Pertiwi kita sendiri: Indonesia. Kecantikannya terbentang dari Sabang hingga Merauke, terpancar di setiap gugusan pulaunya, di biru lautnya, di keindahan manusianya, dan juga di persatuan yang terjalin di antara semua itu.

Maka, tidak salah jika tagline pariwisata Indonesia adalah Wonderful Indonesia. Karena Indonesia itu cantik jauh sebelum kemerdekaan dan ia terlihat lebih cantik setelahnya.

I love Indonesia.

GzbiTVoatf0yaqfxf0x1w0kuwKAZajLH.jpg

Answered Nov 17, 2016
Miftah Sabri
Pendiri dan CEO Selasar

mVGRMnZ2pOHNLOPLzf3yiqZ6Y9kukjjo.jpg

Desy Ratnasari.

Mungkin ini soal memory masa kecil. Saat itu saya masih kanak kanak terbawa latah karena orang sekampung menanti filem "Sengsara Membawa Nikmat". Si Midun yang diperankan oleh Sandi Nayoan dan Halimah yang diperankan oleh Desy Ratnasari. 

Saya belum lagi remaja kala itu. Menyaksikan bagaimana Halimah dan Midun mesti berpisah. Mengingat rambutnya yang panjang terurai dihembus angin pantai padang. Bahkan beberapa dialog mereka saya masih bisa rekam kuat. 

Misalnya: "Desy: Kakanda, entah jalan mana musim pabila, adinda bisa kembali datang ke kota ini"

Desy sedih karena hendak berpisah dan living for good dari Padang meninggalkan Midun. Halimah ikut dengan Ayahnya kembali ke tanah Sunda. 

Sejak saat itu, wanita yang cantik itu ya Desy Ratnasari. Dia masuk ke dalam relung hati budak kecil itu. Bahkan ketika Desy merilis "Tenda Biru", saya pun larut dalam kesedihan, menyangka kala itu dia terluka. Setelah berapa lama saya sadar itu hanya nyanyian.

Pernah saat sudah dewasa dan merantau di Jakarta. Saya hadir satu forum dengan beliau. Saya sudah lelaki dewasa mula-mula. Desy, eh Tante Desy tentunya sudah sangat matang. Kami berjabat tangan. Dada saya bergetar sehebat hebatnya Luar biasa.  Ingatan kemudian tiba tiba terbang pada suatu sore di awal masa remaja saya. Saya membaca berita kisah asmara Desy dengan Abdul Latief, mantan Menteri Tenaga Kerja. Saya terbakar api cemburu. 

Demikianlah wanita tercantik sejak Indonesia merdeka yang sepertinya belum pernah berganti dalam hidup saya. Selamanya akan tetap begitu. Dia Desy. Dan dia selalu ada di hati.

 

Answered Nov 18, 2016
Armedianto Putra St Rky Mulia
DBM MNC Sky Vision ( MNC Group )

Hasil gambar untuk mama

Sumber gambar: http://logos.textgiraffe.com/logos/logo-name/Mama-designstyle-love-heart-m.png (SUM)

Yang pastinya mama saya, Ibuk Med. Beliau adalah wanita paling hebat, paling cantik di mata saya, dan sebagai cinta pertama saya.

Answered Nov 23, 2016
Banu Muhammad
pembelajar, alumni FEUI

Mariana_Renata-Ida_Iasha-KapanLagi

Ida Iasha.

Answered Nov 23, 2016
Ade Santo
Penggiat SDGs Program

Hasil gambar untuk WANITA MEMELUK IBUNYA

Saya berubah-ubah tentang ini... antara nafsu, kagum, suka ataupun terpaksa...

Tergantung kondisi, mood... dan situasi

Tapi tidaklah mengalahkan kecantikan seorang wanita ketika ia... memeluk ibunya

Entahlah siapa namanya... yang aku lihat ada buku Indonesia merdeka di tangannya..

Sumber gambar: mirajnews.com 

Answered Nov 23, 2016
Ahmad Fikri Arief Rasyid
Mahasiswa Fakultas Hukum UGM | Bukan Peserta Rumah Kepemimpinan

Hasil gambar untuk ibu

Sumber gambar: https://1.bp.blogspot.com/-taquMmPur74/V2UdyJTF5eI/AAAAAAAACls/8xSaljTz9XIOsdbLaYP_muPxDe1xu5dpQCLcB/s1600/ibu-anak.jpg (SUM)

Jika ditanyakan wanita yang paling cantik, jawabannya pasti adalah ibu saya. Sebagian besar orang pasti juga memiliki jawaban yang sama.

Ibu adalah cinta pertama saya. Dia yang mengajari saya apa yang tidak diajarkan guru di sekolah. Dia yang memandikan saya ketika tangan-tangan saya belum kuat untuk mengangkat segayung air di kamar mandi. Dia yang menghibur saya ketika saya terjatuh dari sepeda. Dia yang merawat saya ketika saya sakit. Dia yang memarahi saya ketika saya melakukan perbuatan tercela. Dia yang selalu mengkritik dan memberikan masukan kepada saya agar saya bisa lebih baik lagi kedepannya. Dia yang selalu mengingatkan kepada saya untuk beribadah kepada Tuhan. Dia yang selalu menanyakan kabar dan kondisi saya ketika saya sedang menempuh pendidikan di kota lain dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Dari situlah, saya memberikan penghargaan wanita paling cantik di Indonesia kepada ibu saya. Tak peduli siapapun artis paling cantik di Indonesia ini tetap bagi saya, ibu saya lah yang berhak atas kategori yang paling cantik.

Answered Nov 24, 2016

Hasil gambar untuk ibu

Sumber gambar via https://1.bp.blogspot.com/ (SUM)

Jelas, wanita yang paling cantik adalah Ibu.

Answered Nov 30, 2016

Gambar terkait

Sumberg gambar via http://psikologi.uin-malang.ac.id/ (SUM)

Ibu saya, karena cantik itu relatif.

Answered Nov 30, 2016
Eddri Sumitra
saat saya ngaku bernama e.s. ito maka saya adalah fake historian

Hasil gambar untuk Gusti Nurul

Gusti Nurul dari Keraton Surakarta. Saking cantiknya, biar foto Gusti Nurul saja yang bicara.

Answered Dec 5, 2016

Hasil gambar untuk EMAK

Emak, wanita cantik yang pastinya merawat ane sedari kecil.

Answered Dec 6, 2016
Venusgazer E P
Medan - North Sumatra

Hasil gambar untuk WIDYAWATI

Paling cantik itu aktris Widyawati, dari muda hingga sekarang kecantikannya tidak pernah memudar. Wajahnya begitu "teduh" sehingga memberi kedamaian bagi yang memandangnya.

Gambar via cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Answered Dec 6, 2016
Yohan Wahyu
Peneliti Politik, Pembelajar Sejati

Hasil gambar untuk ibu dan istri

Saya mengerti konsep cantik ketika dilihatkan foto muda almarhum ibu saya. Cantik itu ya ibu saya, kemudian posisinya "dilanjutkan" oleh istri saya.

Gambar via 3.bp.blogspot.com 

Answered Dec 7, 2016
Arifki Chaniago
KMS KKI WARSI

Hasil gambar untuk bayangan wanita cantik

Calon pacar saya, semakin cantiknya sampai sekarang saya masih memperjuangkannya.

Gambar via 2.bp.blogspot.com

Answered Dec 9, 2016

g577TquJDtKcF9qVaSAmzc_aft_QNDZj.jpg

Ibu Pertiwi 

 

sumber gambar: blogspot.com

Answered Dec 15, 2016
Heru Prasetyo
Seorang pejalan kaki yang juga suka naik trans Jogja dan becak.

Ibu saya, ibunya ibu saya, ibunya nenek ibu saya, ibunya nenek nenek ibu saya, ibunya nenek nenek nenek ibu saya.

Hasil gambar untuk ibu

Gambar via blogspot.com

Answered Dec 19, 2016
Pekik Rochman
ASN Imigrasi dan Penulis So Amatir

tugu kartini

Saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini dengan tepat, sebab saya manusia yang dilahirkan 38 tahun setelah Indonesia merdeka. Namun jika dipaksa untuk menjawab sesuai dengan pertanyaannya, maka jawaban saya adalah ibu kita Kartini. Beliau adalah seorang pahlawan dan juga seorang wanita. Bagi saya yang sekarang, kriteria cantik itu tidak hanya berbentuk fisik semata. Gelar pahlawan adalah panggilan khusus untuk orang yang memiliki budi yang luar biasa. Dia dengan gigih berani untuk mempertaruhkan segalanya bahkan nyawanya sendiri demi membela kebenaran. Bukan hanya kebenaran biasa, namun yang dibela adalah memperjuangkan kemerdekaan 100 - 200 juta penduduk Indonesia yang telah lama menderita di bawah kebengisan penjajahan.

Saya paham jika penilaiannya ini dirasa tidak adil, sebab yang menjadi pahlawan wanita bukan saja ibu RA Kartini. Akan tetapi, itulah yang bisa saya tangkap dan paling saya ingat di masa-masa belajar mengenal pahlawan saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Bila berbicara tentang kemerdekaan Indonesia, takkan lepas dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan Indonesia. 

Sepertinya jawaban saya kurang tepat juga, sebab Ibu RA Kartini wafat jauh sebelum Indonesia merdeka. Semoga jawaban ini tidak dianulir, karena pertanyaan tersebut masih bisa dimodifikasi tafsirannya menjadi wanita paling cantik yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sedangkan untuk saat ini, wanita yang paling cantik adalah istriku tercinta. Adapun Ibuku tidak lagi cantik secara fisik, namun cahaya kecantikan dari dalamnyalah yang akan selalu menyinari perjalanan hidupku.

Answered Dec 22, 2016
Agus Setyono
Pencari Kebenaran.

Wanita ini.

qON7gmjAmZAQ4kHLZYXFs_lvRFDgyYn8.jpg

HARI itu, tepat 11 Desember 1906, Bupati Sumedang waktu itu, Pangeran Aria Suriaatmaja, kedatangan tiga orang tamu. Ketiganya merupakan tawanan titipan dari pemerintah Hindia Belanda. Seorang perempuan tua, renta, rabun, serta menderita encok. 

Sisanya adalah seorang lagi lelaki tegap berumur kurang lebih berumur 50 tahun dan remaja tanggung berusia 15 tahun. Walau tampak lelah, mereka bertiga tetap kelihatan tabah. Pakaian lusuh yang dikenakan perempuan itu merupakan satu-satunya pakaian yang ia punya selain sebuah tasbih dan sebuah periuk nasi dari tanah liat. 

Belakangan karena melihat perempuan tua itu sangat taat beragama, Pangeran Aria Suriaatmaja tidak menempatkannya di penjara. melainkan memilih menempatkannya di salah satu rumah milik tokoh agama setempat. 

Kepada Pangeran Suriaatmaja, Belanda tak mengungkap siapa perempuan tua renta dan menderita encok itu. Bahkan sampai kematiannya, 6 November 1908, masyarakat Sumedang tak pernah tahu siapa sebenarnya perempuan tua itu. 

Perjalanan sangat panjang telah ditempuh perempuan tua itu sebelum akhirnya beristirahat dengan damai dan dimakamkan di Gunung Puyuh, tak jauh dari pusat Kota Sumedang. Yang mereka tahu, karena kesehatannya yang sangat buruk, perempuan tua itu nyaris tak pernah keluar rumah. Kegiatannya pun terbatas hanya pada berzikir atau mengajar mengaji kepada ibu-ibu dan anak-anak setempat yang datang berkunjung. 

Sesekali, mereka membawakannya pakaian atau sekadar makanan pada perempuan tua yang santun itu yang belakangan karena penguasaannya terhadap ilmu-ilmu agama disebut dengan Ibu Perbu. 

Waktu itu, tak ada yang menyangka bila perempuan tua yang mereka panggil Ibu Perbu itu adalah The Queen of Aceh Battle dari Perang Aceh (1873-1904) bernama Tjoet Nyak Dhien. Ya, hari-hari terakhir Tjoet Nyak Dhien memang dihiasi oleh kesenyapan dan sepi. Jauh dari tanah air dan orang-orang yang dicintai.

Ilustrasi via wikimedia.org

Answered Dec 24, 2016

Question Overview


and 821 more
839 Followers
19783 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Benarkah anggapan pemimpin perempuan itu lebih tangguh dibanding pemimpin pria? Apa alasannya?

Apakah menyukai pria mapan lantas membuat perempuan menjadi materialistis (matre)?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Apa kriteria tingkatan tertinggi wanita salihah itu yang mau dipoligami?

Apa pendapatmu tentang sosok Awkarin?

Mengapa banyak anak perempuan yang menjadikan ayahnya sebagai cinta pertamanya?

Bagaimana pandanganmu terhadap perempuan bertangan kidal (left-handed)?

Apakah setiap wanita dominan sudah pasti adalah "Alpha Woman"?

Dapatkah Anda bercerita mengenai keseruan, manfaat dan asyiknya menjadi blogger perempuan?

Siapa Yohana Yembise?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?