selasar-loader

Seberapa penting pendidikan bagi anda?

Last Updated Jan 15, 2017

3 answers

Sort by Date | Votes
Rezha Taufani
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

http://www.berdikarionline.com/cdn/2014/10/pendidikan.jpg.jpg

Sudah menjadi kesepakatan mayoritas masyarakat bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang penting dan merupakan suatu kebodohan bagi yang tidak pernah mau masuk kedalam sistem pendidikan. Itu adalah pernyataan yang harus saya tegaskan sesuai dengan bagaimana penyikapan masyarakat terhadap pendidikan sekarang. Angkatan saya termasuk angkatan yang selalu menyalahkan pemerintah dalam mengimplementasikan model pendidikannya mulai dari kurikulumnya, cara penilaian ujian nasional beserta pelaksanaannya dan kompetensi yang menjadi acuan dasar untuk mengukur kapasitas kami setelah lulus dari pendidikan tinggi.

Saya lihat dari segi manajemen memang segala hal tersebut merupakan perkembangan yang tidak bisa tidak diberikan tepuk tangan. Namun dari segi mindset dan mental kita...maaf saya lebih tepatnya belum memiliki kemampuan untuk menerima produk modern tersebut. Keresahan terbesar yang saya alami saat ini adalah bagaimana pendidikan benar-benar membentuk seseorang menjadi tidak mau kreatif, bahkan ada indikasi kita merupakan mass produced object yang memiliki tujuan secara linear setelah terjun dalam pendidikan yang disistematisasikan hijrah ke dunia industri saja.

Setelah revolusi industri, pendidikan bertendensi untuk menjadi alat dari dunia industri itu sendiri. Tak ubahnya dengan gaya penindasan secara gender dengan analogi Industri yang memiliki peran seperti ayah dan Pendidikan memiliki peran sebagai ibu. Hal ini membentuk kultur yang terus menggerus nilai-nilai keilmuan.

Pendidikan bukan hal yang penting atau tidak penting sebenarnya bagi saya. Pendidikan merupakan proses yang dialami oleh setiap individu semenjak lahir dari ibunya, bahkan untuk merangkak dari tidur dan berdiri dari merangkak merupakan proses pendidikan yang alami. Ilmu dalam pikiran kita yang menentukan bagaimana kita berkembang dan bagaimana kita menyikapi segala hal yang ada dan terjadi di sekitar kita.

Pendidikan bukan hal yang membuat seseorang menjadi takut berbicara di depan guru dan banyak orang, Pendidikan bukan sesuatu yang harus berwujud materi, Pendidikan bukan yang membuat seseorang merasa diatas orang lain.

Pendidikan adalah tentang keberanian, kreativitas dan mental manusia itu sendiri.

 

Gambar via Berdikari Online

Answered Aug 5, 2017
Anonymous

Sebanyak denyut jantung saya sampai akhir hayat saya, karena jika tanpa ilmu saya seperti mayat hidup.

Answered Aug 18, 2017
Rohani Elita
Pendidikan itu penting

Pendidikan jelas sangat penting.

Answered Aug 25, 2017