selasar-loader

Apa ciri-ciri orang depresi?

Last Updated Jan 14, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Hari Nugroho
Suka single origin kopi Indonesia

fzDXDUKys4Ex_qyYryxt_7Y9JYZNsZWq.jpg

Gangguan depresi merupakan salah satu dari gangguan mood. Orang yang sedang mengalami episode depresi dapat menunjukkan gejala-gejala tertentu. Gejala utama dari mood terdepresi adalah kehilangan minat dan berkurangnya energi.

Orang yang mengalami episode tersebut mungkin akan mengatakan perasaannya sedih, tidak mempunyai harapan, dicampakkan, atau tidak berharga. Hal ini mirip dengan emosi duka cita atau kesedihan yang normal, akan tetapi pada orang yang mengalami depresi, mood depresinya mempunyai kualitas yang berbeda dengan duka cita atau kesedihan yang normal.

Beberapa orang yang mengalami depresi terkadang tidak menyadari bahwa ia mengalami dan mengeluh tentang mood depresi, meskipun ia kemudian menarik diri dari keluarga, teman, dan aktivitas yang sebelumnya menarik untuk dirinya. Hampir 97 persen orang yang mengalami depresi mengalami keluhan tentang penurunan energi yang membuat mereka kesulitan untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas, baik di sekolah maupun di pekerjaan, serta penurunan motivasi untuk terlibat dalam kegiatan baru. Sebanyak 80 persen orang dengan depresi juga mengeluh mengalami masalah tidur, khususnya terjaga pada dini hari, atau sering terbangun di malam hari karena memikirkan masalahnya.

Peningkatan atau penurunan nafsu makan dapat terjadi sehingga orang dengan depresi dapat menunjukkan kenaikan atau penurunan berat badan, serta mengalami tidur yang lebih lama daripada biasanya. Kecemasan juga merupakan gejala tersering pada depresi. Gejala lain dapat berupa gangguan haid yang tidak normal serta penurunan minat aktivitas seksual.

Berbagai perubahan tersebut, khususnya yang berkaitan dengan asupan makanan dan istirahat, dapat menyebabkan gangguan atau penyakit lainnya, seperti hipertensi, diabetes, dan lain-lain. Orang dengan depresi sering kali juga timbul pikiran berulang tentang mati atau keinginan untuk bunuh diri.

Answered Jan 16, 2017