selasar-loader

Bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung di blog?

Last Updated Jan 14, 2017

Tulisan yang bagus tentu tidak akan berarti kalau tidak ada orang yang membacanya. Bagaimana caranya agar website atau blog yang kita isi dengan artikel-artikel bisa memiliki banyak pengunjung?

6 answers

Sort by Date | Votes

Yang pasti jangan spam, isi dengan konten berkualitas dan update secara teratur.

Answered Jan 15, 2017
Wisa Rahardi
Blogger dan Pendiri BLOGOOBLOK.com

2Zy1ULzk7U93NGuo-3XVSK6bL8Yi9_oC.png

Meningkatkan pengunjung blog sebenarnya cukup mudah. Rumus dasarnya adalah konten yang banyak ditambah ilmu SEO. Ilmu SEO yang dimiliki tidak mesti tingkatan ahli, cukup yang dasar-dasarnya saja. Konten yang baik dan banyak akan lebih optimal dalam meningkatkan pengunjung blog. 

Filosofi dasarnya adalah "Content is the King and Distribution is the Queen". Untuk apa juga konten yang baik jika distribusinya kurang maksimal? Itulah mengapa menjadi blogger harus paham pula kedua hal ini; Membuat kontennya dan menyebarkannya. 

Untuk konten, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya: 

1. Buat Judul Artikel yang Menarik
Judul artikel memiliki peranan paling besar atas laris tidaknya satu artikel tersebut. Jika judulnya saja tidak memberikan ketertarikan untuk membaca, maka jangan harap ada yang mau mengklik dan membaca isinya. Kriteria judul yang baik memang memiliki banyak penjelasan. Namun yang pasti, buatlah judul artikel dengan menautkan kata kunci utama.

2. Ciptakan Konten Berkualitas
Konten berkualitas memang punya ideologi tersendiri. Banyak persepsi yang diutarakan seorang blogger tentang kriteria konten berkualitas ini. Namun, pada dasarnya, konten berkualitas adalah konten yang unik dan berbeda dengan yang lainnya. Kalaupun hampir sama, konten yang kita produksi minimal punya kelebihan dari yang lain.

3. Blog Niche
Banyak blogger pemula yang sering mengeluh karena trafik blognya tidak naik-naik atau tidak diterima oleh publisher, misalnya Google Adsense. Salah satu penyebabnya adalah karena blog yang dikelolanya menganut sistem gado-gado. Olehnya itu, alangkah baiknya membuat blog dengan tema yang tunggal atau niche.

4. Buat Konten yang Membuat Gambar dan Video
Kadang ini disalahartikan oleh seorang blogger. Dikiranya, blog yang baik hanya memuat gambar dan video saja. Bukan itu maksudnya, melainkan buatlah artikel yang didalamnya juga memuat gambar dan video. Karena konten yang demikian akan bernilai lebih tinggi di mesin pencari ketimbang hanya artikel saja.

5. Buat Artikel dengan Panjang Bervariasi
Ada yang mengira bahwa setiap artikel yang ideal harus panjang. Jadi semua postingan di blog tersebut memuat artikel yang panjang-panjang. Memang hal ini bagus. Tapi akan menyiksa juga pengelolanya. Idealnya adalah memproduksi konten yang panjangnya bervariasi.

6. Update Blog Secara Berkala
Jika niatnya memang mendapat trafik atau kunjungan secara alami dari mesin pencari, maka hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah postingan atau update berkala. Jangan malah posting sekali sebulan atau sekali setahun. Beberapa blogger pernah bertanya, berapa sih idealnya jumlah postingan sehingga disebut berkala. Jawabannya tidak sekali dalam sebulan. 

7. Buat Tag Keyword yang Penting dan Populer
Kadang kala, seorang blogger menyepelekan hal ini saat membuat artikel. Dikiranya, tag dalam sebuah artikel itu tidak penting dan hanya menambah pekerjaan saat meng-upload artikel. Padahal, tag itu punya peranan penting dalam mesin pencari semisal Google.

8. Ciptakan Link Building
Banyak blogger malah menyepelekan link building karena alasan ribet dan malas. Padahal ini juga punya peranan penting, baik itu internal link atau external link. Namun, satu yang perlu dan wajib bagi seorang blogger adalah membangun internal link terlebih dahulu baru menciptakan external link.

9. Membangun Sindikasi dan Cross Content
Ini juga sangat penting untuk membangun pembaca yang alami untuk datang ke blog kita. Hanya saja, memang tidak semua orang bisa dan mau melakukan ini, yaitu membangun sindikasi dan membuat cross content atau konten lintasan. Salah satu cross content yang ideal adalah mengikuti atau bekerjasama dengan media agregator.

Sembilan hal di atas tentu masih kurang, namun garis besarnya demikian.

Sementara itu, untuk distribusinya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

1. Delivery atau Distribusi
Karena data menunjukkan bahwa pengguna sosial media di Indonesia sangat besar, hal pertama yang harus dilakukan adalah konsentrasi pendistribusian konten di media sosial. Facebook dengan jumlah pengguna terbesar harus menjadi prioritas utama. Saat sudah meng-update blog, langkah pertama yang harus dilakukan adalah meng-share-nya.

2. Berebut Pasar
Saat ini jamannya informasi yang menghampiri pembaca, bukan lagi pembaca yang setengah mati mencari informasi. Oleh karena itu, hal yang harus dilakukan adalah berebut pasar. Salah satu cara merebut pasar adalah dengan melakukan promosi. Bisa promosi berbayar, bisa juga gratisan.

3. Membuat Target Pembaca
Kalau yang satu ini, saya rasa semua blogger sudah mengetahuinya. Sebelum sebuah blog dibuat dan dikembangkan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menarget siapa yang akan menjadi pembaca utamanya. Dalam dunia blog, hal ini biasa disebut pula blog niche.

4. Mengoptimalkan Data Measure
Seorang blogger yang punya target yang baik, tujuan yang jelas akan juga mengoptimalkan tingkat analisa data. Data-data apa saja yang penting buat seorang blogger. Tentu saja data Google Analytics, Alexa, Comscore dan Effective Measure lainnya akan menjadi penting.

5. Jadilah Pemimpin
Berani tampil beda tentu adalah pilihan yang sulit, karena harus membangun sesuatu yang belum tentu diterima oleh orang-orang. Namun, jika sukses dengan jalan tersebut, itu akan menggiring kita menjadi seorang leader atau pemimpin di segmen yang kita ciptakan.

6. Jangan Berpikir Semua Bisa Dikerjakan Sendiri
Semakin besar satu blog maka tantangannya juga semakin berat. Jika blog yang kita kelola masih menampung pengunjung dibawah 10.000 orang dalam sehari, mungkin masih bisa dikerjakan sendiri. Tapi bagaimana jika jumlahnya sudah di atas itu, apalagi mencapai jutaan? Tentu melakukannya sendiri akan terasa berat.

Maka tidak heran kalau ada satu blog yang sudah punya nama, juga telah memiliki beberapa tim. Hal ini karena untuk membuat satu blog cepat melejit tidak akan mudah dilakukan jika hanya sendiri. Bentuklah tim dan buat mereka mengerjakan semuanya secara bersama-sama.

7. Shareable
Hal ini mungkin yang paling...(more)

Answered Feb 4, 2017
Christie Damayanti
Just disabled woman, architect, urban planner, author, philatelist; motivator

H9hioYvKDYUYaa6NEPkuco33F3fcT-1X.jpg

via maxmanroe.com (FR)

Bangun blog yang menarik termasuk materinya.

Answered Apr 14, 2017
Fajrin
Blogger (Pendiri anakdagang.com)

Pertanyaan sejuta umat. Pertanyaan yang jika tidak dikontrol akan membuat frustrasi dan akhirnya blog tidak terurus.

Answered Jul 29, 2017
Febriyan Lukito
Blogger Indonesia yang jatuh cinta pada dunia #DigitalMarketing dan #SocialMedia

1. Tulis Konten yang berkualitas dan dibutuhkan oleh pembaca. Content is the King. 

2. Terapkan SEO on Page dalam tulisan. 

3. Promosikan di social media - pastikan menyebar alias promosi di tempat yang benar dan di waktu yang benar. 

4. Kalau perlu, edit post lama untuk menambahkan informasi terbaru. 

Answered Aug 21, 2017
Al-A'la Dzulfikar
Full Time Blogger

Ada dua sumber utama traffic yang datang ke blog saya. Pertama datang secara organic dan yang kedua adalah melalui referensi media sosial.

Mana yang paling banyak?

Terntu saja dari traffic organic karena medsos saya hanya memiliki follower micro sehingga tidak bisa dimaksimalkan kecuali jika konten yang saya tulis menjadi viral.

Ngomong-ngomong soal viral content, saya pernah mengikuti workshopnya bersama Editor Trivia.id yang bisa kamu baca di sini tips-tipsnya untuk menulis konten viral.

Lalu langkah apa saja yang saya lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung di blog?

1. Menulis konten secara konsisten

Sebetulnya menulis bagi saya tidak terlalu sulit. Menulis itu mudah. Kalau susah mikir, saya tinggal merekam apa apa saja yang ada dalam pikiran saya dalam bentuk suara. Kemudian selanjutnya saya dengarkan kembali dan saya tuliskan dengan cara dan sudut pandang yang berbeda.

Konsistensi itu penting. Contohnya salah satu praktisi Sosial Media, Nukman Lutfie pernah membagikan kultwit paling berpengaruh di Twitter dengan tagar #wiRABUsaha

Mas Nukman membagikan tips-tips usaha setiap hari Rabu. Dan, karena konten yang dibagiakan sangat menarik dan membahas satu tema yang sedang hits dan dicari, akhirnya twit-twit mas Nukman banyak diikuti oleh netizen. Tentu saja followernya bertambah.

Cara Nukman Lutfi di Twitter bisa ditiru dalam meningkatkan pengunjung di blog. Tulis satu tema berkelanjutan dengan cara yang unik dan menarik dan kemudian tentukan hari yang sama untuk mempublikasikan blog post kamu.

Berapa banyak?

Jika memang punya banyak waktu, satu tulisan setiap minggu sudah cukup. Sehingga setiap bulannya ada empat tulisan baru yang mengacu pada kualitas bukan kuantitas.

2. Menulis yang bermanfaat

Bermanfaat di sini ada dua aspek yang harus diperhatikan. Satu sisi konten harus bermanfaat untuk pembaca dan yang kedua kata kunci yang ditulis harus dinilai bermanfaat menurut Google.

Nah, bagaimana caranya sebuah keyword dianggap cukup bernilai di mata pencarian Google? 

Saya menggunakan dua tools dalam melakukan riset kecil kata kunci ini. Pertama, gunakan https://www.keyword.io untuk mencari berapa banyak suggestion yang diberikan. Semakin banyak suggestionsnya semakin baik tapi juga kompetisi semakin sulit.

Kedua, saya menggunakan tools KeywordPlanner dari Google Adwords. Kamu harus terdaftar terlebih dahulu untuk dapat menggunakan KeywordPlanner Google. Dengan menggunakan KeywordPlanners saya bisa mendapatkan informasi search volume atau berapa banyak kata kunci tersebut selalu di cari orang saat menggunakan pencarian Google.

3. Jangan hanya terpaku pada kata kunci

Alogaritma Google saat ini sudah sangat pintar bahkan ke depan akan menerapkan akan menerapkan Artificial Intelligence dalam semua produk Google. 

Intinya, teknik black hat dengan spamming kata kunci dalam sebuah satu postingan tidak akan lagi berhasil. Tulislah dengan cara dan gaya bercerita. Gunakan bahasa yang sederhana dan tidak terlalu sulit untuk dipahami.

Untuk soal gaya tulisan, kembangkanlah gaya masing-masing. Bisa sambil nyinyir seperti tulisan di Mojok.co atau lugas dan mendalam seperti tulisan-tulisan di Tirto.id.

4. Terakhir adalah promosi

Mempromosikan tulisan haruslah punya etika juga. Jangan mengotori timeline teman kamu di Facebook dengan membombardir satu tulisan ke dalam beberapa grup dalam waktu yang sama.

Aturan promosi

Facebook Grup 3 kali berinteraksi dan 1 kali promosi

Twitter bebas bisa dilakukan kapan saja dengan memention tokoh, teman dan gunakan tanda pagar yang relevan

Instagram bisa gunakan post atau stories lakukan pada golden time antara pukul 16.00 sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dimana kamu berada. Gunakan tanda pagar yang relevan dan juga location yang sesuai.

Nah, kalau masih ada yang ditanyakan, silakan bertanya di kolom komentar.

Answered Aug 30, 2017