selasar-loader

Lebih berbahaya mana, rokok atau vape (rokok elektrik)?

Last Updated Jan 12, 2017

lebih bahaya mana antara rokok tembakau ataukah rokok elektrik (vape)? 

1 answer

Sort by Date | Votes
Restu Bagus Riyanto
Wakil Ketua BEM IM FKM UI 2017 | Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8

Karena rokok konvensional dinyalakan dengan menggunakan api, ribuan zat kimia yang dibakar dan asap yang dihirup seringkali dinilai lebih membahayakan tubuh. Rokok elektrik yang tidak dibakar dianggap lebih aman. Namun, rokok elektrik mengandung bahan-bahan yang juga tidak kalah berbahaya dari rokok konvensional salah satunya adalah nikotin. 

Seorang peneliti dari National Institute of Public Health di Jepang mengungkapkan bahwa dalam salah satu rokok elektrik ditemukan karsinogen (kelompok zat yang dapat merusak DNA secara langsung dan memicu timbulnya penyakit kanker) 10 tingkat lebih tinggi daripada satu batang rokok biasa. Beberapa penelitian menemukan bahwa rokok elektrik dapat memicu inflamasi dalam tubuh, infeksi paru-paru dan meningkatkan risiko asma, stroke, serta penyakit jantung.

Walaupun rokok elektrik tidak mengeluarkan asap bakaran, tapi uap yang dihasilkan rokok elektrik ternyata paling berbahaya dibandingkan dengan rokok tembakau karena dapat menyebabkan serangan asma, sesak napas, dan batuk. Kebiasaan menghisap rokok elektrik juga dapat memengaruhi kesehatan tenggorokan dan pernapasan.

Answered May 6, 2018