selasar-loader

Apakah faktor penyebab seseorang mudah lelah?

Last Updated Jan 10, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Erlan Pratama
25 yo, Moeslim, Medical Doctor, Pianist, Indonesian. :D

8BM0zg8EUPmHSIKpANC65vn6bJpsKz9B.jpg

Prinsipnya, faktor seseorang mudah lelah adalah karena kekurangan energi. Untuk memahami ini, kita harus terlebih dahulu memahami bagaimana energi atau kita menyebutnya adenosine triphosphate (ATP) tercipta di dalam tubuh ini.

Untuk membentuk ATP (energi), faktor yang dibutuhkan adalah oksigen dan juga bahan makanan yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Segala macam hal yang dapat menghambat masuknya oksigen dan bahan makanan ke dalam tubuh kita tentunya akan menyebabkan seseorang mudah mengalami kelelahan.

Hal paling sederhana adalah seperti istirahat yang tidak cukup atau seseorang yang menderita anemia karena dapat berdampak terhadap menurunnya kemampuan sel darah merah dalam mengikat oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Seseorang yang jarang sarapan juga dapat mengalami kelelahan dan anemia dikarenakan tidak adanya asupan bahan makanan untuk diolah menjadi energi. Banyak hal-hal lainnya seperti orang-orang dengan penyakit kronik seperti gagal jantung, penyakit paru obstruktif kronik, dan lainnya.

Prinsipnya selama Anda dapat menjaga kebutuhan oksigen dan bahan makanan untuk tubuh disertai olahraga dan istirahat yang cukup, Anda akan lebih mudah terhindar dari keadaan mudah lelah. Tentunya biasakan juga diri Anda untuk memeriksakan diri secara teratur ke fasilitas kesehatan tanpa harus menunggu adanya keluhan.  :D

Answered Jan 25, 2017
Resa Paksi Mandariska
Pendididikan Dokter UGM | Rumah Kepemimpinan Reg 3 Yogyakarta

A man checks his cell phone in bed.

Kelelahan adalah masalah umum, yakni kondisi dimana fisik dan mental dalam keadaan lemah. Kelelahan fisik dan kelelahan mental tidaklah sama, namun perlu digarisbawahi bahwa kelelahan fisik dalam mengantarkan seseorang menuju kelelahan mental.

Jenis dari kelelahan ada dua.

  1. Kelelahan fisik: kondisi anggota gerak sulit untuk melakukan aktivitas biasa. Kondisi ini disertai dengan kelemahan otot.
  2. Kelelahan mental: kondisi dimana seseorang mengalami gangguan psikis seperti sulit fokus, merasa mengantuk, dan kesadaran berkurang.

Ada banyak penyebab dari kelelahan itu sendiri, namun saya akan memberikan 8 penyebab umum terjadinya kelelahan.

  1. Gangguan mental; Hal ini bisa disebabkan karena stres, penggunaan obat-obatan, makanan, maupun lingkungan. Biasanya, kondisi ini bisa menyebabkan depresi.
  2. Gangguan metabolic dan hormonal; Kondisi hipotiroid, anemia, diabetes, dan gagal ginjal membuat pengidapnya mudah mengalami kelelahan.
  3. Gangguan tidur; Kurang tidur, tidur yang tidak berkualitas, dan gangguan pernapasan saat tidur bisa memebuat seseorang mudah lelah di hari selanjutnya. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memastikan apakah tidur kita berkualitas atau tidak.
  4. Kurang nutrisi ataupun kelebihan nutrisi; Kurang nutrisi bisa menyebabkan kadar gula darah menurun. Penyesuaian pola makan seperti sarapan menjadi penting untuk menjaga energi untuk beraktivitas seharian. Namun, ketika porsinya berlebih juga memberikan efek yang sama, karena kondisi perut yang terlalu terisi penuh akan membuat saraf parasimpatis dalam tubuh lebih dominan sehingga kita merasa mengantuk dan malas beraktivitas.
  5. Kurang berolahraga; Perlu kita ketahui bahwa otot-otot kita butuh dilatih untuk mencapai kebugaran jasmani. Lakukan olahraga 2x seminggu untuk hasil yang lebih baik selama masing- masing 30 menit. Namun jika hal tersebut masih susah, ada banyak sekali aplikasi work out yang menawarkan olahraga selama 7 menit di smartphone
  6. Gangguan kardiovaskular dan respirasi; Salah satu gejala dari penyakit kardiovaskular dan respirasi adalah kelelahan fisik. Maka tidaklah jarang pasien yang mengalami ini memang disarankan untuk mengurangi aktivitas berat.
  7. Konsumsi obat dan zat tertentu; Tahukah kalian? Kafein yang berlebih bisa menghantarkan seseorang kepada kelelahan karena kondisi fisiologi tubuh terforsir.
  8. Dehidrasi; Kurang minum menjadi salah satu penyebab utama kelelahan. Hal yang berlu kita ketahui adalah ketika kita merasa haus, tubuh kita sudah mengalami dehidrasi. Maka dari itu, jaga asupan air dalam tubuh dan minumlah sebelum haus.

Selengkapnya:

1. https://www.onhealth.com/content/1/causes_of_fatigue
2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/248002.php

Answered Oct 30, 2017