selasar-loader

Siapa Panji Anugerah Dosen Ilmu Politik UI?

Last Updated Jan 7, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Qaedi Aqsa
Political Science University of Indonesia.

omzYcwkPEHdXGttkTfHJtMYAbnRrw7uO.jpg

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, menyelesaikan skripsi adalah sebuah keharusan demi sebuah pertanggungjawaban akademik. Tapi, menyelasaikan skripsi bukanlah sebatas usaha pribadi. Ada peran pembimbing disana. Pembimbing berlaku layaknya pihak yang akan memberi saya jalan menuju ruangan sidang,

Oktober 2015 adalah bulan di mana mahasiswa Politik UI 2012 berlomba mencari pembimbing. Mereka menawarkan proposal kepada setiap dosen hanya untuk sebuah kalimat, "Okey saya akan membimbing kamu." Saat itu, hanya satu usaha saya: memikat hati Panji Anugrah. Dia adalah dosen Ilmu Politik yang terkenal dengan penguasaanya akan materi elite, otonomi daerah, dan birokrasi.

Dibimbing oleh Kang Panji adalah sebuah pengalaman yang akan terpatri dalam ingatan saya. Ingatan terbesar yang tidak saya lupakan sampai saat ini ialah ketika dia mau menjadi pembimbing saya tanpa memberi tanda tangan pada form pembimbing yang harus diisi. Kang Panji dengan santai hanya berucap, "Nanti saja masalah tanda tangan ini, kita cukup gentlement agreement." Konsekuensi besar harus saya terima, mengikuti gaya bimbingan Kang Panji yang begitu detail, benar-benar mendidik saya menulis dengan baik. Bayangkan, titik-koma aja disalahkan akibat kesalahan saya. Perjalanan bersama Kang Panji dalam menulis skripsi yang membuat saya mengenalnya cukup jauh. Mungkin perjalanan ini akan saya jawab dalam pertanyaan yang lain.

Lebih dari itu, Panji Anugrah adalah harapan besar untuk perkembangan Ilmu Politik di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Selama tujuh tahun berada di Jerman, Kang Panji belajar tentang elite. Dan saya rasa, minggu-minggu ini adalah minggu terakhir dari kerja kerasnya menembus batas jiwa dengan profesor yang sangat rigit. Nama profesornya Jurgan Rulans. Aliran guru besar ilmu politik Jerman klasik.

Dulunya, Kang Panji adalah Sekretaris Fakultas, setelah itu jadi Sekretaris Universitas, lalu pulang dari Jerman sembari menyelesaikan disertasi jarak jauh dengan profesor di Jerman. Kang Panji kini menjadi Sekretaris Departemen. Jelas Kang Panji bisa dicap sebagai 'Sekretaris Abadi', canda saya suatu waktu. Dia ketawa saja. Tapi saya duga memang setiap pimpinan akan nyaman jika memiliki tangan kanan seorang Panji Anugrah; detail, ramah, tegas, dan bersahabat. Karena sekretaris yang sempat saya baca di suatu literatur berasal dari kata secret. Pemegang rahasia. Berarti Kang Panji sudah khatam sebagai birokrat kampus, sudah pegang semua rahasia departemen, fakultas, dan universitas. Saya tidak berharap Kang Panji menjadi Sekretaris program. Hehehe... peace, Kang!

Ternyata, Kang Panji orangnya cukup unik. Memberi nama anaknya, yang pertama Lazuardi Putera. Yang kedua Jejak Langkah Jibril. Bahkan, dia juga pernah belajar memasak bakso dari YouTube ketika berada di Jerman. Pribadi yang benar-benar unik. Saya cukupkan di sini bercerita tentang keunikannya. Anda sekalian harus berkenalan dengan Kang Panji.

Saya rasa, Kang Panji akan sampai di titik jenuh menjadi birokrat kampus yang disibukkan oleh surat masuk, surat keluar, plus politik para dosen yang tak pernah berhenti dalam klik dan kelompok-kelompok. Kang Panji lebih pas menjadi ilmuwan politik sejati. Menjadi scholar, istilahnya. Bekerja dalam sunyi, membaca dan menulis, namun di saat-saat tertentu, ikut bersama objek yang diamati, terlibat secara aktif, ikut menyumbangkan pemikirannya untuk bangsa ini. Kang Panji bisa melakukannya. Tunggu waktu saja. Saya rasa, Kang Panji dalam waktu yang tidak akan lama lagi akan menjadi salah seorang ilmuwan politik yang terpandang di Indonesia.

Panji Anugrah. Ya, panji-panji yang membawa anugrah. Semoga di kemudian hari Kang Panji bisa menjadi guru besar ilmu politik yang mengibarkan kembali panji-panji anugrah ilmu bagi kalangan umum. Sebagaimana Prof. Miriam pernah tulis, peran ilmuwan politik adalah untuk membuat kaum politikus selalu mempunyai gambaran mengenai bagaimana melaksanakan politik for virtue. Politik untuk kebajikan. 

Vivat Panji Anugrah, terima kasih atas bimbingannya!

Answered Jan 7, 2017

Question Overview


2 Followers
1574 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Siapa Dosen favorit Anda ketika menempuh studi di jenjang sarjana (S1)?

Siapa Dosen favorit Anda ketika menempuh studi di jenjang pasca sarjana (S2 dan S3)?

Seberapa pentingnya mahasiswa berdiskusi dengan dosen di luar kelas dan seberapa sering kenyataannya diskusi itu terjadi?

Apakah skill atau keahlian paling utama yang harus dimiliki seorang dosen?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan dosen Anda?

Bagaimana cara terbaik menjadi dosen perguruan tinggi dan apa syarat-syaratnya?

Apa yang unik, menarik dan menyenangkan dari gurumu atau dosenmu?

Kriteria-kriteria apa saja yang harus dimiliki seorang dosen agar cara mengajarnya disukai oleh mahasiswanya?

Siapakah pembimbing skripsi Anda?

Perlukah berpolitik?

Mengapa kamu memilih jurusan ilmu politik Universitas Indonesia?

Apa kelebihan ilmu politik dibandingkan disipilin ilmu lainnya?

Universitas/institut/kampus apa yang terbaik untuk seorang calon ahli politik (political scientist) di Indonesia? Mengapa?

Bagaimana kesan pertama Anda ketika melihat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI?

Bagaimana rasanya kuliah di UI?

Mengapa kuliah di Universitas Indonesia begitu menarik dan prestisius?

Bagaimana cara masuk UI (Universitas Indonesia)?

Mengapa Depok berantakan meski ada kampus UI di sana?

Apa pengalaman paling mengesankan selama kuliah di Fasilkom UI?

Apa fakultas terbaik di UI (Universitas Indonesia)?

Apakah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) penting untuk memperoleh pekerjaan?

Apa kelebihan kuliah di Universitas Indonesia (UI)?

Siapa Whinda Y Sabri Psikolog Sosial UI Founder SANDS Analytics?

Siapa Ruby Saputra?