selasar-loader

Siapa Achmad Zaky Pendiri dan CEO Bukalapak?

Last Updated Jan 6, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Pepih Nugraha
Mengikuti perkembangan gaya hidup setelah membaca buku Jean Baudrillard

wvZTHb57rhvLco6rHuCYOHOaZncGJrPr.jpg

Tengah malam tadi, saat akan terjadi pergantian malam dari hari Kamis ke hari Jumat 13 Januari 2017, saya baru tahu kualitas anak muda ini dalam memimpin dan menjatuhkan putusan. Pada pergantian malam tadi, saya baru tahu bagaimana bisnis aplikasi berdagang yang digarapnya dijalankan dengan baik sampai mendapat predikat "unicorn" alias valuasi di atas Rp1 triliun. Pada pergantian malam tadi, saya diyakinkan, anak muda ini akan "menjadi orang" sekaligus "menjadi orang penting" di negeri ini.

Anak muda ini bernama Achmad Zaky!

Anak muda ini bukan sekadar paham konsep “dunia datar” di mana setiap orang memiliki kesempatan sama di internet sebagaimana didengungkan Thomas L. Friedman. Lebih dari itu, ia mampu meloloskan diri dari statistika umum dengan menjadi “the Outliers” seperti ditengarai Malcolm Gladwell tentang orang-orang sukses di dunia bisnis. Achmad Zaky dengan Bukalapak yang diciptakannya adalah fenomena startup (bisnis rintisan) Indonesia yang siap mengglobal.

Sekarang, Bukalapak boleh dibilang merupakan situs jual beli online paling berpengaruh di Indonesia. Peringkatnya di Alexa bertengger di urutan 9 atau satu peringkat di bawah Kaskus, situs berbagi yang pernah dikeceng-nya (benchmark) karena ramainya Forum Jual-Beli yang mengawali keriuhan situs e-dagang Tanah Air.

Penampilannya santai untuk ukuran seorang CEO sebuah perusahaan online yang baru saja mendapat gelontoran ratusan miliar rupiah modal dari Emtek Group. “Berapa jumlah persisnya tidak bisa saya sebutkan, itu investor confidential,” kata Zaky, mengawali bincang-bincang saya dengannya beberapa waktu lalu di kantor Bukalapak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Zaky adalah lulusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2009 yang melawan paradigma orangtua umumnya mengenai ukuran sukses anak. Orangtua Zaky, pasangan Rusdi dan Royhattul Djannah, keduanya guru, memintanya bekerja kantoran agar mendapat gaji tetap dari perusahaan. Tetapi, Zaky dan umumnya mahasiswa ITB, seperti diakuinya, menganggap gaji bukan segala-galanya. “Mereka lebih mengutamakan noble atau grand, mulia dan agung begitulah, yakni bagaimana bisa berguna untuk orang banyak,” katanya.

Pemberontakan terhadap paradigma orangtua ia manifestasikan dengan ngoprek teknologi informasi sejak masuk ITB di tahun 2004. Zaky banyak mengikuti lomba membuat aplikasi internet. Akibat seringnya ikut lomba, ia pernah mendapat proyek dan diundang sebuah stasiun televisi. Debut bisnis pertamanya terjadi tidak lain saat diminta membuat software untuk keperluan hitung cepat Pilkada DKI Jakarta tahun 2007.

Mulanya, Zaky tidak yakin bisa memenuhi tenggat waktu yang ditentukan pihak pemesan, yakni kurang lebih dua minggu. Namun karena sebagaimana diakuinya memiliki “Mental ITB”, ia malah bisa menyelesaikan software dalam waktu satu minggu. “Itulah kerja komersial pertama saya dengan nilai satu setengah juta rupiah, waktu itu sudah dipakai saja senangnya minta ampun, apalagi ini secara nasional,” ungkapnya.

Kesadaran bahwa teknologi bisa memberikan nilai tambah, setidak-tidaknya memberi pencerahan, dimulai sejak membuat aplikasi hitung-cepat dengan “hanya” mengolah SMS yang masuk ke stasiun televisi beberapa saat setelah Pilkada DKI dimulai. Zaky memproses dari server untuk menentukan siapa paling unggul. “Tidak semata-mata nilai uang, melainkan proses mengubah paradigma bahwa suatu persoalan rumit yang bersifat prediktif bisa diselesaikan dengan menggunakan teknologi,” katanya.

Bukalapak sebagai sebuah nomenklatur lahir di akhir perkuliahan tahun 2009 dengan mengintip ramainya Forum Jual-Beli di Kaskus. Zaky mengakui, mulanya sulit meyakinkan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mengenai aplikasi e-dagang yang diciptakannya. Sebagian besar dari mereka awalnya menolak karena inginnya langsung berjualan di kios fisik, bukan lapak-lapak virtual di Internet seperti di Bukalapak. Zaky harus meyakinkan pengelola UKM bahwa internet adalah peluang bisnis masa depan yang bisa membantu.

Bersama rekannya, Nugroho Herucahyono yang sekarang didapuk menjadi CTO Bukalapak, Zaky lebih memilih kelayapan ke ITC Mangga Dua dan Tanah Abang untuk menemui para pelaku UKM, menawarkan situsnya dengan modal awal sekadar membeli domain Rp100.000 dan hosting ratusan ribu rupiah sebulan. Membangun Bukalapak di awal tahun 2010 bagi Zaky adalah mimpinya memajukan memajukan UKM.

Untuk mencari pelaku UKM yang mau membuka lapaknya di Bukalapak, Zaky berpromosi secara “door to door”, ke toko-toko di ITC, memperkenalkan diri, berteman di Facebook, kemudian mengirimkan pesan. “Sehari saya bisa menawarkan Bukalapak ke 100 sampai 200 orang, tetapi 95 persen menolak,” kenangnya. “Namun kepada yang berminat, saya membantunya membuatkan akun dan cara mengunggah dagangannya.”

Uniknya, Zaky diuntungkan dengan banyaknya pedagang yang sedang menghadapi kesulitan, yaitu para pedagang yang bangkrut, hampir bangkrut, atau kesulitan modal. Menurut Zaky, golongan pedagang inilah yang bisa menerima kehadiran Bukalapak. Alasannya, mereka yang semula berdagang secara offline jadi punya harapan dengan berdagang di Bukalapak, tidak harus memiliki lapak fisik dengan sewa yang mahal adalah alasannya.

Mengapa sasarannya UKM? Zaky beranjak dari data pemerintah di mana jumlah UKM mencapai 50 juta. Angka ini sama dengan 90 persen pekerja. Sementara, 60 persen Gross Domestic Product (GDP) disumbangkan oleh UKM. “Saya melihat potensi UKM besar sekali dan saya punya cita-cita in the long term golongan UKM ini harus naik kelas, paling tidak menjadi dua atau tiga kali lipat,” urai Zaky membandingkan cara kerja Bukalapak dengan penyaluran tenaga kerja ke Saudia Arabia yang berpola pikir jangka pendek.

Sebagai anak daerah yang lahir di Sragen, Jawa Tengah, pilihannya hanya dua; menjadi PNS atau merantau ke kota Jakarta. Tetapi, menjadi PNS juga tidak murah, harus memakai uang pelicin yang tidak sedikit.

Pilihan jatuh ke merantau. Zaky bertanya, apakah pengusaha harus lahir di kota-kota...(more)

Answered Jan 13, 2017

Question Overview


3 Followers
823 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa beda antara startup dan perusahaan lainnya? Mengapa istilah startup begitu naik daun?

Bagaimana cara membangun tim awal startup/perusahaan?

Bagaimana proses mendirikan Bukalapak?

Siapa pengusaha paling top di Indonesia menurut Anda?

Apa yang menyebabkan sebuah startup digital mengalami kegagalan pada tahun pertamanya?

Apakah nama perusahaan startup terbaik di Indonesia?

Apa yang menyebabkan jumlah venture capital di Indonesia tidak sebanyak di Amerika?

Apa rahasia membangun sebuah startup digital yang sukses?

Apa yang dimaksud dengan design thinking?

Apa yang dimaksud dengan design sprint?

Siapa Mar'ie Muhammad?

Siapa Seno Gumira Ajidarma?

Siapa Gaffari Ramadhan?

Siapa Fithra Faisal Hastiadi?

Siapa Edho Mahendra?

Siapa Bane Raja Manalu?

Siapa Ronny P Sasmita?

Siapa Pramudya Oktavinanda?

Siapa Hasan Nasbi Batupahat?

Apa definisi dokter yang sukses menurut Anda?

Apa yang membuat Larry Page (pendiri Google) berbeda dengan kebanyakan orang?

Apa yang membuat Sergey Brin (pendiri Google) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Apa yang membuat Steve Jobs (pendiri Apple) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Apa yang membuat Steve Wozniak (pendiri Apple) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Apa yang membuat Elon Musk (pendiri Tesla Motors dan SpaceX) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Mengapa menteri ekonomi di Indonesia banyak yang berasal dari FE Universitas Indonesia?

Siapa lebih baik: Karen Agustiawan (Mantan CEO Pertamina) atau Sri Mulyani (Menteri Keuangan)?

Siapa Jakob Oetama dalam dunia jurnalistik dan media Indonesia?

Bagaimana peran orang-orang terdekat di balik kesuksesan seorang tokoh?

Siapakah orang yang paling berpengaruh dalam hidup Anda?

Mengapa anak muda saat ini lebih suka mendirikan startup daripada bekerja di perusahaan?

Gen X, Gen Y, hingga Generasi Millenial, apakah ilmiah atau terminologi ekonomi semata ?

Apa evaluasi dan harapan Anda tentang Shafa Community?

Pemimpin Indonesia yang ideal di mata anak muda?

Siapa Roy Suryo?

Apa itu FLAC Jakarta?

Apa kegiatan terdekat FLAC Jakarta?

Bagaimana cara membangun bisnis sejak muda?

Apakah Anda tahu kapan akan dilaksanakan kegiatan Gerakan Pemuda Ansor dalam waktu dekat ini?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?