selasar-loader

Mungkinkah Sumbar Menjadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera?

Last Updated Jan 5, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Abdul Hamid
saya kelahiran minang, 28-08-1996.. saya mahasiswa UNP

Dilihat dari keseriusan pembangunan pariwisata di sumatera barat, perputaran rupiah di sumbar mungkin saja berkembang cukup pesat. 

Namun jika pengelolaan patiwisata dan publikasi pariwisata tidak di tingkatkan, maka minat wisatawan luar untuk datang kesumbar tidak meningkat pesat.

Jadi,  jika pemerintahan daerah sumbar tidak konsisten meningkatkan semua faktor yang dapat mengoptimalkan pariwisata, maka kecil kemungkinan sumbar akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di sumatera. 

Answered Jan 24, 2017
Anonymous

I7YgAoErp5L6nTmEnF8oiV_Azay_5agn.jpg

via blogspot.com (FR)

Soal mungkin atau tidak mungkin, maka jawabannya tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Akan tetapi, yang menjadi persoalan adalah seberapa besar tingkat kemungkinan tersebut.

Menurut hemat saya, untuk saat ini apabila ditinjau dari beberapa aspek. Kemungkinan Sumatera Barat untuk menjadi roda maupun poros bahkan pusat pertumbuhan ekonomi di Sumatera terbilang sangat kecil. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa Sumatera Barat memiliki kemungkinan yang cukup kecil. Pertama, untuk berinvestasi di Sumatera Barat terbilang sangat sulit.Sumatera Barat terbilang sebagai daerah yang cukup proteksionis dalam hal investasi. Selain masalah sulitnya pelepasan tanah, hal yang paling kental adalah soal politis. Dalam hal ini, Sumatera Barat juga tidak melakukan penguatan ekonomi domestik, sehingga wajar jika anda yang pernah berkunjung ke Sumatera Barat beberapa tahun yang lalu, dan anda kembali lagi, maka sangat kasat mata lambannya pembangunan di Daerah ini.

Kedua, dengan minimnya anggaran di Daerah, maka dengan otomatis daerah sangat ketergantungan dengan kucuruan dana dari Pusat. Lemah kekuatan fiskal di daerah menyebabkan Pemerintah sulit untuk menggenjot pembangunan, maka dari pada itu wajar apabila masih banyak sektor-sektor potensial yang tidak mampu digarap.

Oleh karena itu, hampir tidak mungkin Sumatera Barat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Sumatera. Masih banyak daerah di Sumatera yang lebih potensial, seperti Batam, Riau dan Palembang.

Answered Apr 4, 2017