selasar-loader

Bagaimana cara terbaik untuk mengenal diri sendiri?

Last Updated Jan 3, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Rene Suhardono
Career Coach | Cofounder at Happy5 dan Impact Factory

-vpJUhDVeAgC0pDug6hrSHKJZxt9WXJC.jpg

Siapa bilang kita unik? Apakah Anda menggunakan rute yang sama setiap hari? 

Jika jawaban Anda “ya” artinya sama dengan 90% pekerja lain yang selalu menggunakan rute sama setiap hari untuk menghindari ketidakpastian melewati jalan baru. Jika ada alasan lain mungkin sudah terlanjur lazim sehingga terpikir pun tidak untuk mencari rute berbeda. Bagaimana dengan pilihan tempat-tempat liburan keluarga? 

Saya duga jawaban paling populer bagi orang Jakarta adalah Singapura / Bali jika punya cukup uang – atau Bandung jika kantong cekak. Maka, tidak heran jika 80% keluarga memilih tempat-tempat liburan yang direkomendasikan oleh teman, saudara atau media terpercaya. Sejalan dengan itu, tidak perlu kaget jika mayoritas keluarga selalu pergi ke mall yang sama setiap akhir pekan. 

Jadi, di mana letak keunikan kita?

Dalam konteks pendidikan, melalui serangkaian observasi setiap kali mengikuti @KelasInspirasi saya dapati keberagaman yang juga semakin berkurang. 

Tidak percaya? Coba tanya anak-anak SD marjinal tentang cita-cita mereka. Saya jamin 3 profesi ini akan mendominasi: pemain sepak bola, artis dan dokter. Dua pilihan pertama karena pengaruh televisi. Sementara yang mau jadi dokter/guru hampir pasti pernah berinteraksi dan memperoleh inspirasi dari figur-figur penuh kepedulian dalam kehidupan mereka. 

Jika sebagian besar anak SD marjinal menjadi semakin tidak berbeda karena tontonan televisi, sebenarnya hal yang sama juga terjadi dalam kehidupan kita secara umum. Bukankah kita semua ingin jadi sukses? Bukankah lebih mudah dan menenangkan untuk menghendaki jadi seperti pengusaha tajir melintir itu atau pejabat dan petinggi lain yang sering muncul di media? Bukankah kita paling tidak nyaman jika harus menjawab pertanyaan terkait dengan diri sendiri: Apa prioritas hidup kita? Apa hal-hal terpenting dalam kehidupan ini? Kenapa? Dan seterusnya. 

If you are unique – why are you trying so hard to be someone else? Pertanyaan seputar inner-self adalah pertanyaan paling alamiah yang hampir tidak pernah ditanyakan oleh orang-orang terdekat, termasuk oleh diri sendiri. Kita terlatih untuk bertanya berapa nilai ujian matematika, apa prasyarat kelulusan, berapa skor IPK dan persyaratan masuk tes CPNS. Tapi, kita awam saat ditanya “Apa yang sedang dirasakan oleh diri sekarang?”

What makes you, you? Pertanyaan-pertanyaan seputar “kenapa” akan membantu proses pemahaman aspirasi diri. Celakanya, rancang bangun sistem pendidikan, mekanisme kerja organisasi dan tatanan hidup bermasyarakat sepertinya menitikberatkan untuk mencari jawaban-jawaban atas pertanyaan “apa?” dan “bagaimana?” – dan melupakan pentingnya untuk bertanya “kenapa?” Konsekuensinya, sebagian besar dari kita hampir selalu tidak menyadari hal-hal yang mendorong dan menggerakkan kita. Akibatnya, setiap orang bagaikan sebuah kapal yang melaut tanpa kemudi.

Are we all unique or are all just trying to be different? Kita dilahirkan dengan penuh segala keunikan. Problemnya saat tumbuh dewasa kita dipaksa menukar keunikan dengan keteraturan. Kita jadi terlatih untuk mengganti keistimewaan diri dengan tatanan dan kesopanan. Kita tidak lagi bertanya pada diri sendiri, namun lebih sering meminta izin – kepada orang tua, guru, dosen, atasan, dan banyak orang lain. Mau sampai kapan menafikan keunikan diri?

Kelengkapan panca indra bisa jadi justru mempersulit kemampuan memikirkan, merefleksikan, dan merenungkan diri sendiri. Jika benar-benar siap menjadi diri sendiri dengan segala keunikannya, silakan jalankan langkah-langkah berikut.

(1) Tanya kenapa untuk setiap prioritas dan pilihan hidup hingga Anda benar-benar bisa merasakan jawaban Anda.
(2) Ceritakan hal-hal yang hanya bisa diceritakan oleh Anda.
(3) Jika ada cermin didekat Anda, coba beranjak sejenak kesana untuk melihat pantulan Anda. Tarik napas. And tell this to the guy in front of the mirror: You were born unlike nobody else. All you need to do is to be yourself, everyone else is already taken – Oscar Wilde.

Ilustrasi via enbuenasmanos.com

Answered Jan 3, 2017
Anonymous

RWE3FGCMyu_rtEmrzywndH1CQdAll6jZ.jpg

                                                                   Gambar Id.wikihow.com

Mengenal diri merupakan hal yang sangat penting, dengan mengetahui batas kemampuaan kita, tentunya kita dapat menentukan hal yang terbaik bagi diri kita sendiri, terkadang kita lupa akan batas diri kita sendiri, terkadang kita juga merasa tidak sanggup lagi untuk melakukan sesuatu padahal kita masih bisa, maka dari itu sebelum kita berkarya alangkah baiknya kita harus menemukan jati diri kita agar energi yang nantinya dikeluarkan akan semakin besar dan sesuai dengan potensi kita. Berikut beberapa hal yang akan membantu kita dalam mengenal diri sendiri :

  1. Melihat hobi kita

Kekuatan yang paling besar akan keluar ketika kita suka mengerjakan hal yang kita kerjakan. Seberat apapun pekerjaan ketika kita suka pekerjaan tersebut hal itu akan terasa mudah dan ringan, maka dari itu cara kita akan bertindak dan berfikir untuk melakukan hal tersebut akan keluar.

  1. Menyadari teman bergaul

Untuk melihat karakter seseorang maka lihatlah sama siapa iya bergaul, kata tersebut mencerminkan untuk mengenal diri kita maka lihatlah bagaimana karakter teman terdekat kita, karena sebagian sikap kita akan terbentuk dari lingkungan yang kita tempati termasuk dengan teman kita dan selebihnya terbentuk dari gen yang kita bawah.

  1. Sering-seringlah merenungkan diri sendiri

Segala sesuatu yang sudah kita kerjakan sebaiknya kita renungkan setiap harinya ketika kita ingin tidur, hal ini akan membatu kita untuk tumbuh lebih dewasa lagi, semakin sering kita merenungkan langkah kita maka semakin dekat pulah kita dengan diri kita sendiri.

  1. Membaca buku tentang mengenal diri sendiri

Ketika kita memperbanyak bacaan tentang mengenal diri sendiri tentu hal ini akan lebih muda untuk mengenal diri kita sendiri, kita dapat mengetahui apa langkah kita selanjutnya dan tentunya kita dapat menentukan dimana nantnya kita akan berlabuh sesuai dengan pesion kita.

 

 

 

Answered Nov 3, 2017
Sponsored

Question Overview


2 Followers
702 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?

Bagaimana pilihan karier terbaik untuk perempuan?

Bagaimana cara memutuskan antara bekerja, berbisnis, dan melanjutkan S2?

Selain menjadi akademisi, karier apakah yang menuntut seseorang meraih pendidikan formal setinggi-tingginya?

Bagaimana cara Anda meniti karier dari bawah sampai ke puncak?

Bagaimana cara meniti karier sebagai seorang selebriti?

Apa yang membuat daya tawar seorang fresh graduate besar di mata perusahaan?

Mengapa seorang lulusan fakultas ekonomi/bisnis sangat menginginkan bekerja di Konsultan Asing/Perusahaan FMCG?

Pekerjaan apa yang paling Anda idamkan setelah kelulusan?

Berapa jumlah gaji yang pantas diterima oleh seorang fresh graduate perguruan tinggi?

Skill apa saja yang seharusnya dimiliki oleh seorang pekerja profesional di 3 tahun masa kerjanya?

Apa perbedaan Anda dan pasangan Anda?

Apa persamaan Anda dan pasangan Anda?

Bagaimana cara berkompetisi dengan orang yang pintar dalam segala bidang?

Bagaimana cara mendapatkan pasangan yang cantik dan pintar?

Mengapa seseorang dijauhi temannya?

Apa yang sebaiknya dilakukan bila mengetahui sahabat berpacaran/menikah dengan mantan pasangan?

Saya gampang marah, bagaimana amarah saya tidak mudah meledak-ledak?

Bagaimana cara memiliki banyak teman?

Siapa yang lebih sering mengalah dalam suatu konflik, Anda atau pasangan Anda?

Apa rahasia terbaik dari hubungan yang harmonis?

Bagaimana cara menemukan passion?

Bagaimana peran orang-orang terdekat di balik kesuksesan seorang tokoh?

Apa yang harus dilakukan si Jomblo agar bisa meningkatkan Personal Branding-nya?

Bagaimana cara menilai diri sendiri?